1. Rekomendasi Wisata

Rekomendasi Wisata di Pulau Alor Nusa Tenggara Timur 

Pulau Alor Nusa Tenggara Timur terkenal akan keindahan alamnya yang tidak perlu kamu ragukan lagi. Selain tempat wisatanya yang indah, pulau ini juga masih menjadi habitat asli dari ikan-ikan langka, terumbu karang, dan tumbuhan-tumbuhan laut yang tidak dapat kamu temukan di tempat lain. 

Pada kesempatan kali ini, Advontura akan memperkenalkan tentang Pulau Alor serta beberapa rekomendasi tempat wisata yang akan memanjakan mata. Simak informasi selengkapnya dalam artikel kali ini!

Daftar Isi

Mengenal Pulau Alor Nusa Tenggara Timur

Sebelum membahas rekomendasi wisata di Pulau Alor, alangkah baiknya kita mengenal dahulu pulau yang terkenal sebagai Surga Timur ini. 

Pulau Alor sendiri terkenal sebagai surganya Indonesia Timur karena memiliki banyak spot diving dengan pemandangan bawah laut yang indah. Hal ini tidak dipungkiri karena kelestarian biota laut Pulau Alor sangat terjaga dengan baik.

Sumber: Wikipedia

Pulau yang berbatasan langsung dengan Timor Leste ini terletak sekitar 260 kilometer dari Kupang dan sekitar 360 kilometer dari Ende, Flores. Akses ke pulau ini bisa kamu tempuh melalui perjalanan laut dari Kupang menggunakan kapal boat, atau dengan pesawat melalui Bandara Mali di Pulau Alor, yang menerima pesawat jenis CASA.

Jika kamu memilih lewat perjalanan laut, kamu dapat menggunakan kapal feri yang berlayar menuju Alor dua kali seminggu, yakni pada hari Minggu dan Selasa, dengan waktu tempuh sekitar 12 jam. 

Selain itu, terdapat kapal feri dari Atambua (Pelabuhan Gurita) yang menempuh perjalanan selama delapan jam, meskipun kapal ini hanya beroperasi satu kali seminggu. Selain itu, juga terdapat kapal motor yang melayani rute Semarang-Alor dan Benoa-Alor.

Rekomendasi Wisata di Pulau Alor Nusa Tenggara Timur

Setelah mengetahui sekilas tentang Pulau Alor, Advontura akan memberimu beberapa rekomendasi wisata di Pulau Alor yang wajib untuk kamu kunjungi.

Desa Takpala

Kampung Takpala mulai mendapat sorotan pada tahun 1973, ketika seorang turis dari Belanda menampilkan foto-foto tentang kehidupan tradisional warga kampung ini dalam sebuah kalender, yang kemudian menarik perhatian turis Eropa lainnya untuk berkunjung.

Sejak saat itu, Kampung Takpala menjadi terkenal dan menjadi tujuan populer bagi wisatawan mancanegara. Pada tahun 1980, kampung ini meraih peringkat kedua dalam ajang penghargaan Desa Paling Tradisional di Indonesia, dan pada tahun 1983, Pemerintah Kabupaten Alor menjadikan Kampung Takpala sebagai ikon pariwisata Alor.

Sumber: Info Publik

Ketika berkunjung ke Kampung Takpala, kamu akan disambut dengan tarian adat bernama “tarian lego-lego”. Selama pertunjukan tarian ini, semua penduduk kampung mengenakan pakaian adat, lengkap dengan aksesoris seperti panah, busur, dan parang bagi pria, serta tas fu’ulak dan gelang pada kedua kaki bagi wanita.

Para wisatawan dapat berfoto dengan mengenakan pakaian adat Kampung Takpala beserta aksesorisnya, termasuk busur, anak panah, tombak, tas kamol, dan pedang bagi pria, serta kain tenun, selendang, dan tas fu’ulak bagi pengunjung wanita. Biaya penggunaan pakaian adat dan aksesoris biasanya dapat menyesuaikan dengan pemimpin adat desa.

Namun, penting untuk kamu ingat bahwa pertunjukan kamu mendapat tarian penyambutan ini jika kamu sudah memberitahukan kedatangan kepada pemimpin adat kampung sebelum ke Kampung Takpala.

Pantai Tongke Lima

Alor juga memiliki banyak keindahan lain yang menakjubkan, salah satunya adalah Pantai Tongke Lima. Sesuai dengan bahasa lokal, “Tongke” adalah istilah yang merujuk pada pohon Mangrove, sementara “Lima” mengacu pada jumlah pohon yang tumbuh kokoh di tengah pantai ini.

Pantai Tongke Lima termasuk dalam Kawasan Konservasi Perairan Daerah Suaka Alam Perairan (KKPD-SAP) di Selat Pantai dan sekitarnya, dengan luas mencapai lebih dari 276.000 hektar.

Lokasi Tongke Lima berada di Kampung Seieng, Desa Aimoli, Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, NTT. Untuk mencapai pantai ini, pertama-tama kamu harus menuju Seribu Moko dengan menggunakan kapal laut atau melalui Bandara Mali Alor.

Sumber: Indozone Travel

Setelah itu, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk mencapai pantai ini, yang terletak sekitar 27 kilometer dari Kota Kalabahi dan memakan waktu perjalanan sekitar 40-50 menit.

Perlu kamu catat, tidak ada biaya tiket masuk yang dikenakan saat kamu mengunjungi pantai ini. Namun, kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman, karena tidak terdapat penjual makanan di sekitar pantai. Selain itu, jarak antara pantai ini dan jalan utama terbilang cukup jauh.

Pantai Maimol

Pantai Maimol terletak dekat dengan pusat Kota Kalabahi, yang merupakan pusat Kabupaten Alor. Akses ke tempat ini bisa kamu melalui transportasi darat atau laut. Namun, mayoritas penduduk setempat lebih memilih menggunakan transportasi darat seperti mobil dan sepeda motor. 

Dari beragam objek wisata yang ada di Kabupaten Alor, Pantai Maimol menjadi salah satu destinasi unggulan yang menjadi kebanggaan masyarakat Alor. Karena alasan tersebut, pantai ini selalu ramai wisatawan kunjungi, baik saat liburan maupun pada hari biasa.

Sumber: Wikipedia

Pantai Maimol menawarkan pemandangan pantai yang memukau, dengan kebersihan pantai, air yang bening, dan udara yang segar. Sayangnya, pantai ini tidak memiliki pasir putih, melainkan banyak batu tajam dan potongan karang mati yang tersebar sepanjang pantai. 

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan sendal jepit agar melindungi kakimu. Salah satu momen terbaik untuk mengambil foto adalah di pagi menjelang siang. Kamu dapat menikmati keindahan pantai ini dengan latar belakang langit biru, pegunungan hijau, dan air yang berkilauan.

Baca Juga: Pantai Bira Sulawesi Selatan, Wisata Bahari yang Penuh Pesona

Demikian pembahasan Advontura mengenai Pulau Alor Nusa Tenggara Timur dan tempat wisata rekomendasi yang wajib kamu kunjungi. Sempatkan waktu untuk mengunjungi pulau satu ini. Kamu tidak akan pernah melupakan pengalaman ketika berkunjung ke sini!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Rekomendasi Wisata di Pulau Alor Nusa Tenggara Timur 

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]