Petak Sembilan Glodok, Nikmati Semarak Tahun Baru Imlek 2022

Petak sembilan
id-blog.zenrooms.com
Daftar isi

Tahun Baru Imlek 2022 sudah sangat dekat. Meskipun di masa pandemi, semangat untuk merayakan Hari Raya Imlek tahun ini tetap tidak pudar. Begitu pula di sebuah kawasan kota Jakarta yang begitu kental dengan budaya Tionghoanya yaitu, Pasar Petak Sembilan Glodok.

Menjadi destinasi penting bagi masyarakat Tionghoa Jakarta, kawasan ini menyimpan berbagai gemerlap dan cerita dibalik warna serba merah dan emasnya. Tertarik berkunjung dan menjelajahinya? Yuk simak perjalanannya pada artikel di bawah ini!

Sejarah Petak Sembilan Glodok

Pasar Petak Sembilan Glodok merupakan pecinan atau sering disebut juga chinatown yang populer di Jakarta. Berbagai macam pernak-pernik, peralatan ibadah, obat tradisional Cina, kuliner hingga tempat cukur khas Tionghoa bisa ditemui dengan mudah.

Kawasan ini berada di Jalan Kemenangan Raya, Glodok, Tamansari Jakarta Barat. Awalnya pada abad ke-17 VOC (Verenigde Oost Indie Compagnie) menjadikan area ini sebagai tempat isolasi masyarakat keturunan Tionghoa. 

Hingga seiring berjalannya waktu, kawasan Glodok telah menjadi area utama bagi kehidupan dan aktivitas keagamaan masyarakat Tionghoa di Jakarta.

Artikel Terkait

Sebutan Petak Sembilan sendiri juga ada ceritanya. Nama ini berasal dari 9 petak rumah yang tinggal di daerah ini. Hingga semakin lama banyak orang yang tinggal sambil membuka kios dan berdagang sampai sekarang.

Sayangnya, para pengunjung tidak bisa melihat bangunan khas Tionghoa lagi karena sudah direnovasi kecuali Vihara Dharma Bakti yang masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Pasar Petak Sembilan Jakarta

Pedagang di Petak sembilan glodok
Pedagang di Petak sembilan glodok (Photo by lokadata id)

Pasar Petak Sembilan Jakarta terbilang sangat unik dari pusat perbelanjaan tradisional lainnya. Barang jasa yang dijajakan juga lengkap dengan nuansa khas Tionghoa yang begitu kental. 

Bagi yang sedang mempersiapkan Hari Raya Imlek 2022, Anda bisa membeli berbagai pernak-perniknya mulai dari lampion, dupa, hio, jinzhi, amplop angpao, cheongsam dan changshan. 

Selain itu ada berbagai jenis kue keranjang, permen, cemilan, daging, ikan, swike (kodok hingga bulus) dan sayuran yang bisa dihidangkan saat perayaan tahun baru.

Anda juga bisa menemukan berbagai toko obat khas Tionghoa, buku mandarin, perkakas dapur “Tian Liong” hingga pusat perbelanjaan tua yang bernama “Chandra Building”.

Ketika menjelang Tahun Baru Imlek seperti ini, para pengunjung akan disambut dengan berbagai ornamen emas dan merah di sepanjang jalan yang membuat pengalaman berbelanja Anda semakin menyenangkan. 

Pasar ini sudah dibuka semenjak subuh sampai sore. Namun, ada beberapa toko yang masih buka hingga jam 8 malam. 

Transportasi umum yang bisa digunakan untuk menjangkau kawasan ini antara lain Bus Transjakarta dan Mikrolet M08.

Bagi yang ingin menggunakan Bus Transjakarta, Anda bisa naik dari Terminal Blok M ke Halte Glodok dengan membayar tarif sebesar Rp3.500,00.

Sedangkan dengan Mikrolet M08, Anda harus membayar ongkos sebesar Rp4.000,00 sampai Rp6.000,00. Pilihlah Jurusan Stasiun Tanah Abang dan turunlah di Glodok. Setelah itu Anda sudah bisa berjalan menuju lokasi. 

Wisata Petak Sembilan Glodok

Wisata di Petak sembilan
Wisata Petak sembilan (Photo by reservasiku.com)

Selain menjadi pusat perbelanjaan, Anda juga bisa menikmati berbagai pilihan kegiatan wisata Petak Sembilan yang penuh warna. Berikut telah Advontura rangkum rekomendasi aktivitas liburan yang bisa dilakukan pada perayaan Tahun Baru Imlek 2022 berikut ini!

Wisata Kuliner Petak Sembilan Jakarta

Wisata kuliner Petak Sembilan telah dikenal sebagai surga dari berbagai makanan khas legendaris. Kawasan ini tepatnya ada di Gang Gloria.

Lokasinya tidak jauh dari klenteng, Anda cukup berjalan ke arah Jalan Pancoran selama 10 menit. Bagi pecinta kuliner non-halal lokasi ini sudah sangat populer.

Berbagai jenis makanan dan minuman seperti Kopi Es Tak Kie hingga Bakmi Amoy telah menjadi ikon kuliner Petak Sembilan. 

1. Kedai Kopi Es Tak Kie

Kedai termasuk salah satu toko tertua yang ada di sini. Meskipun telah berdiri semenjak tahun 1927, rasa kopinya tetap dijaga agar selalu autentik. Dari dulu hingga sekarang, hanya ada dua menu.

Menu pertama yang menjadi signature adalah kopi hitam. Rasanya juga sedikit berbeda dengan rasa asam dan aroma yang kuat. 

Kedua ada kopi susu yang punya rasa cenderung manis tapi masih dalam taraf yang masih bisa dinikmati. Anda juga bisa menikmati kedua menu di atas saat hangat atau dingin. 

Salah satu tips bagi Anda yang ingin mencoba rasa khas Kopi Es Tak Kie adalah datang lebih pagi, karena saat menjelang siang kopi biasa sudah ludes terjual.

Baca juga: Masjid Agung Palembang – Sejarah, Alamat dan Hotel

2. Bakmi Amoy

Kedai kecil satu ini menjadi salah satu ikon Gang Gloria yang selalu dicari banyak orang. Disini terdapat berbagai macam pilihan mie seperti bakmi kuah atau goreng, bihun, kwetiau, hingga nasi capcay.

Proses pembuatan mie-nya juga masih tradisional menggunakan tangan dan tanpa bahan pengawet. Karena itu bakmi di sini hanya dapat bertahan selama tiga hari saja.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasanya, cobalah untuk datang di pagi hari karena semakin siang antrian akan semakin panjang.

3. Rujak Shanghai Encim

Diturunkan secara turun temurun sejak tahun 1950, rujak ini berisikan cumi-cumi atau ubur-ubur besar. Resepnya yang cukup unik membuat banyak orang tertarik datang karena penasaran.

4. Chicongfan Pak Karim

Cicongfan berbentuk seperti lembaran kwetiau yang berasal dari kanji dan tepung beras. Biasanya makanan ini dinikmati dengan kecap asin, wijen, cabai, mayu dan bawang goreng.

5. Ketupat Gloria 65 Cap Go Meh

Makanan ini biasanya disantap pada saat perayaan Tahun Baru Imlek. Satu porsinya berisi ketupat, sayur lodeh, ayam kampung, telur, ati ampela, labu siam, tahu, tempe, dan kentang. Harganya juga cukup murah dengan rasa yang sangat khas.

6. Pantjoran Tea House

Gang Gloria memang sangat padat dan panas di siang hari. Tapi jangan khawatir karena Anda masih bisa bersantai dengan nyaman dan sejuk di Pantjoran Tea House.

Di restoran ini Anda bisa menyejukkan diri karena berbeda dari kedai lainnya, restoran ini menggunakan AC di dalam ruangannya.

Menu yang menjadi jawara adalah teh dan cemilan khas China. Desain ruangan dan arsitektur restoran juga khas Tionghoa dan sangat estetik.

Wisata Religi di Vihara Petak Sembilan Jakarta

Selain menjadi pusat kuliner, kawasan ini juga menjadi pusat wisata religi menjelang perayaan keagamaan seperti Tahun Baru Imlek 2022. Biasanya masyarakat sekitar yang beretnis Tionghoa akan melakukan sembahyang di Vihara Petak Sembilan.

Klenteng Petak Sembilan atau biasa dikenal dengan Vihara Dharma Bhakti merupakan bangunan penuh sejarah dan menjadi destinasi kebanggan masyarakat sekitar.

Vihara Petak Sembilan ini dibangun pada tahun 1650 dengan sebuatan Klenteng Kwan Im Teng yang dibangun oleh Letnan Tionghoa Kwee Hoen berdasarkan nama seorang Dewi Pewelas Asih. 

Namun, karena banyak orang yang kesulitan mengucapkan Kwan Im Teng, tempat ibadah ini lebih dikenal dengan nama “Klenteng Petak Sembilan.”

Sebenarnya Vihara dan Klenteng memiliki arti yang berbeda. Tapi karena penggunaan kata “kelenteng” sempat dilarang pada masa Orde Baru, banyak orang yang menyamakan dua kata tersebut.

Menjadi salah satu bangunan tertua di Jakarta, Klenteng Petak Sembilan masih berdiri kokoh dan mencolok dengan warna merah, emas dan bau hio yang menambah kesakralan Vihara Dharma Bhakti.

Meriahnya Tahun Baru Imlek di Vihara Dharma Bhakti

Menjelang Tahun Baru Imlek 2022 seperti saat ini, mulai banyak lampion dan lilin yang menghiasi tempat ini. Selain ini ada kegiatan rutin lainnya yaitu, membersihkan patung Dewa dan Dewi yang dipuja.

Menurut pengurus yang ada di sana, patung ini harus dibersihkan karena sebelum Imlek dewa-dewi akan naik ke langit. Karena sedang dalam keadaan kosong, inilah kesempatan bagi manusia untuk membersihkannya. Begitu pula dengan baju Dewi Kwan Im yang diganti setiap tahunnya. 

Bagi para turis yang tertarik berkunjung, Klenteng Petak Sembilan membuka pintunya lebar-lebar. Asalkan para pengunjung masih tetap sopan dan menjaga tata krama di tempat ibadah yang emmang harus dihormati.

Tak ada biasanya khusus untuk masuk dan berotot di sini. Sedangkan bagi para pengunjung yang datang bisa memarkirkan kendaraan mereka di jalan umum dan membayar parkir di sana.

Berdasarkan data dari pengurus tempat ini, saat perayaan Tahun Baru Imlek para pengunjung yang datang bisa mencapai 8.000 hingga 10.000 orang.

Demikian penjelasan kita tentang Petak Sembilan Glodok kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari tempat liburan untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2022. Sampai jumpa di pembahasan tempat wisata Indonesia lainnya!

Baca juga: Lasem Rembang, Tempat Berlibur Pilihan Keluarga

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *