Pemandian Cipanas Garut – Khasiat, Tiket & Hotel Sekitar

Fasiilitas pemandian cipanas garut
Daftar isi

Pemandian Cipanas Garut adalah destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin mengajak sanak keluarga berlibur untuk menikmati keindahan alam selain pergi ke pantai atau gunung.

Nama Cipanas berasal dari kata “Cipanas” yang artinya “Air yang panas.” Letaknya tidak terlalu jauh dari perkotaan dengan akses yang mudah, membuat lokasi ini bisa menjadi alternatif liburan untuk Anda sekeluarga. Sebelum datang berkunjung, yuk ikuti terus informasi lengkapnya di bawah ini!

Keunggulan Pemandian Cipanas Garut

pemandian air panas cipanas
Wisata Pemandian Cipanas (Photo by penginapan.net)

Pemandian Cipanas Garut atau dikenal juga dengan Pemandian Cipanas Bogor mempunyai beberapa keunikan dan keunggulan yang berbeda dari tempat pemandian pada umumnya. Berbagai keunggulan tersebut membuat pemandian ini selalu ramai dengan pengunjung.

Sumber Air Panasnya

Berbeda dari pemandian air panas lainnya, pemandian ini berasal dari panas geyser yang keluar dari kerak bumi. Uniknya, warga sekitar menumpuk beberapa batuan di sekitar sumber hingga memancar setinggi 3 meter. Anda juga bisa menyaksikan semburan air panas ini sembari berendam di dalam sungai.

Air Panas yang Punya Banyak Manfaat

Karena air panas di pemandian ini berasal dari geyser, air di sini mengandung mineral yang tinggi. Karena banyak yang percaya bahwa berendam di sini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Artikel Terkait

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan antara lain sakit rematik, penyakit kulit, sakit kepala, stress, insomnia, jerawat, melancarkan peredaran darah, detoksifikasi, kelelahan, pegal-pegal bahkan menurunkan kolesterol.

Bagi para pengunjung yang datang hanya untuk berobat, telah disediakan kolam khusus bagi Anda. Karena digunakan sebagai tempat pengobatan, kebersihan di tempat ini sangat dijaga. Jadi, Anda tidak perlu ragu dengan kenyamanan dan khasiat air panas yang ditawarkan.

Punya Berbagai Jenis Kolam Air Panas

Pemandian ini memiliki berbagai jenis kolam air panas. Mulai dari Sabda Alam, Banyu Alam, dan Tirta Angga. Beberapa kolam air panas berikut juga mempunyai keunggulannya masing-masing.

Kolam Sabda Alam berfasilitas taman bermain air yang cocok bagi para pengunjung yang membawa buah hati. Sedangkan untuk kolam pengobatan, Anda bisa mencoba kolam Tirta Gangga yang ada di dalam kawasan pemandian.

Sebenarnya Anda bisa mencoba menceburkan diri langsung ke dalam sungai sambil melihat pancuran sumber air panas setinggi 3 meter. Namun bagi Anda yang menginginkan privasi dan kepuasan berendam di air panas yang lebih, Anda bisa menyewa kamar atau kolam kecil khusus dengan tambahan biaya tertentu.

Berfoto di Jembatan Gantung

Bukan pemandiannya saja yang menjadi juara, pesona alam yang ada di sekitar pemandian juga tidak kalah menarik. Untuk menikmati keindahan alam ini, para pengelola tempat wisata sudah menyediakan jembatan gantung yang biasa ditemui sebelum masuk ke area pemandian.

Baca juga: Sungai Kapuas – Asal Usul, Wisata & Festival, Hotel

Lokasi Pemandian Cipanas Garut

Lokasi Pemandian Cipanas Garut berada di kawasan Cipanas Desa Cisolok, Garut, Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Raya Cipanas No.16. Kawasan ini hanya berjarak 7 kilometer dari kota Garut atau dengan jarak tempuh selama 17 menit. Sedangkan dari kota Pelabuhan Ratu hanya memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 15 menit saja. 

Tiket Masuk Pemandian Cipanas

Pemandian cipanas
Pemandian cipanas (Photo by bisniswisata.co.id)

Tiket masuk Pemandian Cipanas Bogor sebesar Rp15.000,00/orang di kolam renang anak-anak, Rp20.000,00/orang di kolam renang dewasa dan sebesar Rp30.000,00 sampai Rp40.000,00 di kolam atau kamar berendam.

Tarif Parkir Pemandian Cipanas

Area parkir di sini cukup luas. Tarif parkirnya di patok harga sebesar Rp10.000,00. Sebelum masuk ada baiknya untuk memastikan harga parkir terlebih dahulu. Biasanya biaya parkir tiba-tiba berubah lebih tinggi dikarenakan ada jasa pencucian mobil meski kita tidak memintanya.

Jam Buka Pemandian Cipanas

Pemandian ini dibuka selama 24 jam sehari dan biasanya akan sangat ramai di hari-hari libur panjang. Bagi Anda yang tidak terlalu suka keramaian, dianjurkan untuk datang pada hari-hari kerja.

Hotel Sekitar Pemandian Cipanas

Sebagai kawasan wisata, banyak sekali pilihan hotel atau penginapan yang ada di sekitar Pemandian Cipanas. Bahkan kalau Anda pintar mencari informasi, beberapa penginapan mempunyai fasilitas kolam air panas pribadi. 

Beberapa rekomendasi penginapan dan hotel versi Advontura antara lain OYO 1347 Joglo Garut Cottage, Alana Gardenia Syariah, Sabda Alam Hotel dan Resort, Danau Dariza Hotel dan Resort, Cahaya Villa Hotel, Cipanas Indah Hotel, Hotel Banyu Arta, dan Sibentang Wellness Private Villa.

Beberapa penginapan yang menyediakan kolam air panas antara lain Cipanas Indah Hotel, Hotel Banyu Arta dan Sibentang Wellness Private Villa.

Persiapan biaya yang harus dikeluarkan untuk menginap di kawasan wisata pemandian berkisar antara Rp 210.000,00 hingga Rp 500.000,00 untuk 2 orang dalam 1 malam.

Tips Berkunjung

Sebelum berkunjung, yuk simak beberapa tips berlibur yang sudah Advontura siapkan untuk Anda!

Bawa Bekal yang Cukup

Harga makanan di sekitar pemandian cukup mahal, jadi Anda bisa menyiapkan bekal yang cukup sebelum berkunjung untuk menghemat pengeluaran.

Jangan Pakai Calo

Ketika Anda berkunjung jangan kaget kalau Anda menemukan banyak calo yang menawarkan penginapan, pesan tiket dan lain sebagainya. Namun banyak pula kasus penipuan dengan menggunakan calo. Jadi daripada menggunakan jasa calo yang belum pasti, carilah informasi penginapan dari website yang terpercaya.

Jaga Keluarga dan Diri Anda

Kawasan memang cenderung aman untuk wisata keluarga dan anak-anak. Tapi tetaplah berhati-hati dan waspada dengan keselamatan diri sendiri, anak-anak dan keluarga Anda.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Kawasan ini selalu dijaga kebersihannya oleh pengelola, begitu pula harusnya Anda. Simpan sampah bila memang tidak ada tempat sampah yang tersedia. Hargai dan hormati lingkungan sekitar sebagaimana mana Anda ingin rumah Anda dijaga.

Sekian pembahasan kita tentang Pemandian Cipanas hari ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung atau sedang merencanakan liburan bersama keluarga. Sampai jumpa di pembahasan destinasi wisata menarik di Indonesia lainnya!

Baca juga: 11 Tempat Wisata Air Terjun di Bali Terbaik dan Terindah

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *