Pemandian Air Panas Pariban, Wisata Alam Menyegarkan

Pemandian Air Panas Pariban dengan Pemandangan yang Indah (Sumber: @paribanhotspring on Instagram)
Pemandian Air Panas Pariban dengan Pemandangan yang Indah (Sumber: @paribanhotspring on Instagram)
Daftar isi

Butuh berwisata ke tempat yang punya efek menyegarkan sekaligus relaksasi? Jika Advonturers sedang berada di Sumatera Utara, Pemandian Air Panas Pariban dapat jadi pilihan wisata alam yang seru dan menyegarkan. Cek lebih lanjut di artikel Advontura berikut ini!

Segarnya Berendam di Pemandian Air Panas Pariban

Jika berkunjung ke Sumatera Utara tepatnya ke Berastagi, Advonturers tidak boleh melewatkan untuk berwisata ke Pemandian Air Panas Pariban. Mengangkat konsep wisata alam mata air panas, area pemandian ini memiliki fasilitas yang terbilang lengkap dan cukup unik. Area pemandian ini memiliki kolam air panas berbeda temperatur, kolam air dingin, juga penginapan yang dapat ditempati untuk kebutuhan menginap.

Lokasi Pemandian Air Panas Pariban

Daerah Pemandian Air Panas Pariban (Sumber: @paribanhotspring on Instagram)
Daerah Pemandian Air Panas Pariban (Sumber: @paribanhotspring on Instagram)

Secara administratif, Pemandian Air Panas Pariban terletak di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pemandian Air Panas Pariban sendiri menjadi spot yang Advonturers tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Berastagi. Berada di ujung Desa Sidebuk-Debuk, area pemandian air panas ini juga sering disebut dengan Sidebuk-debuk Hot Spring oleh warga sekitar.

Bertempat langsung di bawah kaki Gunung Sibayak, area pemandian ini menyediakan keindahan pemandangan khas pegunungan. Lokasi Pemandian Air Panas Pariban dapat ditempuh dari Berastagi sekitar 30 menit perjalanan menggunakan moda transportasi darat. Sedangkan dari pusat Kota Medan, butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk dapat tiba di area lokasi pemandian ini.

Akses jalan untuk dapat ke lokasi ini bisa dikatakan cukup mulus. Di sepanjang perjalanan, Advonturers akan disuguhkan dengan barisan pepohonan rindang beserta udara yang sejuk. Namun saat sampai di persimpangan jalan menuju lokasi, sekitar 500 meter dari lokasi jalan akan menjadi berbatu. Maka dari itu Advonturers dihimbau untuk berhati-hati dalam berkendara saat ingin mengakses lokasi pemandian ini.

Artikel Terkait

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pemandian Air Panas Pariban

Wisata ke Pariban Hot Spring bersama Keluarga (Sumber: @azmalil on Instagram)
Wisata ke Pariban Hot Spring bersama Keluarga (Sumber: @azmalil on Instagram)

Untuk harga tiket masuk Pemandian Air Panas Pariban, dibandrol seharga Rp 15.000 per orang untuk orang yang sudah berumur 2 tahun ke atas. Tentunya harga tiket masuk ini dapat berubah seiring berjalan waktu tergantung kebijakan dari pengelola. Pada beberapa wahana dan fasilitas di dalam area pemandian akan dikenakan biaya tambahan di luar harga tiket masuk.

Untuk menaiki wahana ATV, Advonturers akan dikenakan biaya Rp 25.000 untuk dua kali putaran. Terdapat juga saung atau pondok lesehan yang dapat Advonturers sewa mulai dari Rp25.000 – Rp60.000 sesuai ukuran besar dan luasnya saung.

Pemandian Air Panas ini secara unik ternyata buka selama 24 jam setiap harinya loh Advonturers! Jadi Advonturers sekalian tidak perlu khawatir karena bisa datang kapan saja di jam berapapun. Jika ingin datang untuk mendapatkan kehangatan dari sumber mata air panas, Advonturers bisa datang jam berapapun ke pemandian ini.

Harga Penginapan di Pemandian Air Panas Pariban

Bagi pengunjung yang datang dari kawasan yang jauh dengan Pemandian Air Panas Pariban, jangan khawatir! Pihak wisata juga menyediakan fasilitas penginapan yang berada di dalam area pemandian. Penginapan Pemandian Air Panas Pariban tentunya dijamin kebersihan dan kenyamanannya. Untuk harga penginapan di dalam area pemandian dipatok tarif mulai dari Rp50.000 – Rp500.000 per malam menginap. Sangat terjangkau bukan?

Apabila di dalam area pemandian tidak kebagian tempat menginap, terdapat juga penginapan lain di sekitaran daerah pemandian yang disediakan dengan rentang jarak yang beragam mulai dari 66 meter sampai 2,52 kilometer, yang memiliki fasilitas berbeda-beda. Rentang harga yang ditawarkan juga berbeda-beda per masing-masing hotel. Mulai dari Rp200.000 – Rp900.000 pengunjung dapat menyewa penginapan di sekitar area pemandian. Berikut merupakan daftar beserta harga penginapan di sekitar pemandian air panas pariban.

Harga penginapan di Pemandian Air Panas Pariban ataupun di daerah sekitarnya dikumpulkan dari beberapa sumber situs booking penginapan online. Harga tersebut tentunya dapat berubah-ubah tergantung kebijakan pengelola penginapan, tanggal pemesanan, dan juga situs booking yang Advonturers gunakan. Rentang harga tersebut hanya bersifat patokan agar Advonturers dapat mempersiapkan sejumlah uang jika ingin menginap di tempat tertentu.

Berbagai Fasilitas Menyegarkan di Pemandian Air Panas Pariban

Kolam Air Panas

Kolam Air Panas di Pemandian Air Panas Pariban (Sumber: pariwisatasumut)

Sebagai destinasi wisata alam, Pemandian Air Panas Pariban mempunyai area pemandian yang luas. Selain itu juga, letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Sibayak membuat pengalaman mandi air panas di Pemandian Air Panas Pariban menjadi sangat menyenangkan karena ditemani oleh panorama indah pegunungan hijau beserta udara sejuknya. Kombinasi pemandangan elok dan kolam hangat akan memberikan efek relaksasi bagi para pengunjung.

Area pemandian air panas yang luas ini juga dilengkapi dengan lima kolam air panas yang memiliki tingkat temperatur air berbeda-beda. Konsep lima kolam dengan panas yang berbeda ini bisa dibilang unik dikarenakan pengunjung akan disediakan pilihan untuk mandi dan berendam di kolam yang sepanas apa. Advonturers jadinya tidak perlu khawatir kalau kerabat dan saudara punya tingkat ketahanan akan air panas yang berbeda-beda.

Waterboom dan Kolam Air Dingin

Waterboom dan Kolam Air Dingin (Sumber: tfamanasek)
Waterboom dan Kolam Air Dingin (Sumber: tfamanasek)

Selain kolam air panas, area ini juga memiliki kolam air dingin yang disediakan bersama dengan waterboom yang dapat dijadikan wahana bermain air seru-seruan bersama keluarga terutama anak-anak. Hadirnya kolam air dingin dapat menjadi pilihan bagi anak-anak kecil yang tidak kuat untuk berendam di air panas namun tetap ingin merasakan kesegaran bermain air. 

Saung Teduh

Saung yang dapat disewakan untuk beristirahat (Sumber: @eddu_njeg on Instagram)

Setelah selesai berendam air panas dan seru-seruan berenang di kolam air dingin, pengunjung dapat beristirahat di saung-saung atau gazebo yang luas serta bersih. Saung-saung dengan luas yang beragam tersebut dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat setelah lelah berendam sambil mengonsumsi makanan yang tersedia di kantin. Tentunya untuk menggunakan saung diharuskan membayar uang sewa terlebih dahulu.

El-Resto Pariban

Di dalam area Pemandian Air Panas Pariban terdapat juga restoran berbentuk pondokan bernama El-Resto Pariban. Restoran pondok ini menyediakan berbagai menu makanan dan minuman seperti nasi goreng, mie goreng, kopi khas Karo, dan menu-menu lezat lainnya. Advonturers jadi tidak perlu takut kelaparan lagi sehabis berenang karena bisa langsung mengunjungi El-Resto Pariban seselesainya berendam.

Wisata Outdoor

ATV yang bisa dinaiki sebagai wahana outdoor (Sumber: @drgefron on Instagram)
ATV yang bisa dinaiki sebagai wahana outdoor (Sumber: @drgefron on Instagram)

Selain wahana yang berkaitan dengan air, Pemandian Air Panas Pariban juga menyediakan ragam wahana outdoor yang bisa Advonturers kunjungi bersama keluarga. Salah satu wahana outdoor yang tersedia adalah ATV. Motor offroad beroda empat ini tentunya akan sangat seru untuk dinaiki bersama keluarga. Pengalaman menaiki ATV akan sangat menguji adrenalin dikarenakan pengunjung akan melewati jalur yang berlumpur dan tidak stabil.

Kemudian pengunjung juga dapat mengajak keluarga untuk melihat kelinci-kelinci imut dan lucu yang dibiarkan berkeliaran bebas di sekitar lokasi pemandian. Anak-anak pasti akan senang dapat melihat kawanan kelinci dari dekat.

Nah berikut artikel tentang Pemandian Air Panas Pariban yang Advonturers dapat kunjungi saat berada di Sumatera Utara. Semoga informasi yang Advontura rangkum dapat bermanfaat. Salam traveling!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *