Pasar Klewer Solo – Sejarah, Lokasi dan Hotel Terdekat

Pasar Klewer Solo
Photo by jejakpiknik.com
Daftar isi

Pasar Klewer Solo merupakan pusat perbelanjaan tradisional yang terkenal di kalangan masyarakat Surakarta dan Indonesia. Menjadi salah satu pasar tekstil terbesar, kawasan ini tidak hanya terkenal dengan barangnya yang murah dan berkualitas saja tapi juga syarat dengan nilai budaya dan sejarah.

Bahkan pasar ini telah menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia dan berjasa dalam menyelamatkan perekonomian negara selama krisis moneter. Penasaran dengan info lebih lengkapnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah Pasar Klewer Solo

Sejarah Pasar Klewer Solo
Pasar Klewer (Photo by republika.co.id)

Sejarah Pasar Klewer telah dimulai semenjak zaman penjajahan Jepang di Indonesia. Pada awal berdirinya, kawasan ini adalah stasiun atau tempat pemberhentian kereta api yang kemudian dimanfaatkan para pedagang pribumi sebagai tempat jual beli.

Awalnya pusat jual beli ini dinamakan Pasar Slompretan yang diambil dari kata Terompet. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini berganti nama menjadi “Klewer” karena dagangan kain batik yang menjuntai tak beraturan.

Pasar ini mulai semakin berkembang di tahun 1986 yang kemudian diperbaharui menjadi bangunan bertingkat permanen pada tanggal 9 Juni 1970 oleh Presiden Soeharto.

Artikel Terkait

Keunikan dan Kegiatan Wisata Menariknya

Pasar unik ini mempunyai dua lantai yang menampung 1.467 pedagang dengan jumlah kios mencapai 2.064 unit. Barang-barang yang dijajakan seperti berbagai macam batik dari seluruh Indonesia seperti Solo, Madura, Betawi, Yogyakarta, Pekalongan, Banyumas dan lain sebagainya.

Tidak hanya menjual kain batik saja, Anda juga dapat menjumpai berbagai produksi tekstil seperti baju, seprai, kaos, jaket, kain katun dan sutra, aksesoris pakaian hingga emas dan barang elektronik.

Kawasan ini juga terkenal di kalangan reseller pakaian karena harganya yang murah, berkualitas dan coraknya yang bervariasi. Kebanyakan dari mereka juga lebih suka membeli secara grosir karena lebih murah dan hemat.

Selain berbelanja, para pengunjung juga bisa berwisata kuliner yang ada di lantai dua. Karena memang kawasan ini tidak hanya berguna sebagai pusat ekonomi dan perbelanjaan melainkan destinasi iconic kota Solo. Berikut Advontura telah meringkas berbagai kegiatan wisata yang bisa Anda nikmati di sini!

Wisata Kuliner Pasar Klewer

Di lantai dua, Anda akan menemukan jejeran kios makanan yang menjual berbagai makanan tradisional legendaris yang mungkin sudah sulit ditemukan di tempat lain.

Beberapa makanan khas yang wajib Anda coba adalah Selat Solo, Nasi Timlo dan Dawet Selasih yang akan melepas dahaga Anda setelah lelah berbelanja.

Selain itu ada berbagai pilihan menu lainnya yang bisa dibeli seperti bakso, soto, bakmi ketoprak, nasi sayur, es dengan dan lain sebagainya.

Baca juga: Wisata Kampung Betawi Setu Babakan Jakarta Selatan

Berkunjung ke Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta terletak tepat di depan pasar dan juga menjadi salah satu destinasi iconic kota Solo. Kawasan ini sulit untuk dilewatkan karena kaya dengan nilai sejarah dan keteduhan dan kebersihan tempatnya yang sangat nyaman untuk dijadikan tempat beribadah.

Bertandang ke Keraton Solo

Bagi Anda yang masih punya banyak waktu dan bingung mencari destinasi liburan selanjutnya, datanglah ke Keraton Solo yang letaknya juga tidak jauh dari pasar.

Disini Anda bisa melihat berbagai benda keraton kuno dan berbagai alat yang digunakan di masa Solo Kuno. Bukan itu saja, apabila beruntung Anda bisa ikut menyaksikan pagelaran festival budaya tahunannya.

Pasar Klewer Solo Online

Khusus bagi Anda yang ada di luar Solo tapi ingin membeli barang di sini, jangan khawatir karena kini sudah hadir Pasar Klewer Solo Online yang bisa ditemui di berbagai platfrom onlines shopping.

Barang yang dijual juga produk asli yang dijajakan di kios pasar, jadi Anda sudah bisa mendapatkan barang dengan kualitas dan harga yang sama tanpa perlu datang ke tempatnya.

Lokasi Pasar Klewer Solo

Alamat Pasar Klewer Solo berada di Jalan Dr. Radjiman No.5A, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Lokasi Pasar Klewer juga sangat strategis dengan berbagai icon sejarah dan budaya seperti Keraton Solo dan Masjid Agung Kota Surakarta.

Rute perjalanan menuju pusat perbelanjaan ini sudah cukup mudah. Para pengunjung cukup berjalan menuju Jalan Jogja-Solo yang bisa dilalui dengan kendaraan pribadi. 

Bila menggunakan kereta api, Anda bisa mencapai lokasi dengan berhenti di Stasiun Purwosari atau Solo Balapan. Kemudian berjalan kaki atau menggunakan delman/becak.

Jam Buka Pasar Klewer Solo

Bagi Anda yang ingin berkunjung secara langsung, jam buka Pasar Klewer dimulai pada pukul 7 pagi dan mulai ditutup pada jam 5 sore. Pastikan datang pagi bila tidak ingin terlalu berdesak-desakan.

Hotel Dekat Pasar Klewer Solo

Bagi Anda yang ingin menginap dekat dengan kawasan belanja ini, Advontura telah meringkas beberapa rekomendasi hotel dekat Pasar Klewer yang bisa dicoba.

Beberapa rekomendasinya antara lain RedDoorz Premium, Assalam Syariah Guest House, The Royal Surakarta Heritage MGallery by Sofitel, Grand Amira Hotel, Petit Boutique Hotel dan lain sebagianya. 

Harga penginapannya untuk satu malam dan dua orang juga lumayan murah, yaitu berkisar antara Rp170.000,00 hingga Rp500.000,00. 

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Pasar Klewer Solo yang penuh cerita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pusat belanja murah, unik, dan mudah dijangkau. Sampai jumpa di pembahasan destinasi wisata unik Indonesia lainnya!

Baca juga: Petak Sembilan Glodok, Semarak Tahun Baru Imlek 2021

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *