1. Pantai

Pantai Tegal Wangi: Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Bali adalah pulau yang terkenal akan wisata pantainya. Kali ini, Advontura akan membahas tentang salah satu pantai di Bali yang bernama Pantai Tegal Wangi. Pantai satu ini terkenal sebagai hidden gem di Jimbaran Bali. 

Kira-kira apa daya tarik dari pantai ini dan bagaiamana cara menuju ke sana? Yuk, ikuti pembahasan Advontura kali ini tentang Pantai Tegal Wangi!

Pantai Tegal Wangi sebagai Tempat Melihat Sunset

Dikenal sebagai Jimbaran hidden beach, Pantai Tegal Wangi menjadi salah satu pantai paling cocok kamu kunjungi untuk menikmati matahari terbenam di wilayah selatan Pulau Bali. Oleh karena itu, waktu yang ideal untuk mengunjungi lokasi ini adalah ketika menjelang senja.

Selain menikmati panorama matahari terbenam, pengunjung dapat menikmati kegiatan berenang atau mengabadikan momen indah dengan latar belakang laut yang menakjubkan. Namun, tetap perlu berhati-hati saat berenang karena garis pantai yang pendek dan disarankan untuk menghindari saat ombak sedang tinggi.

Sumber: Flickr

Pantai dengan pasir putih ini terletak di bawah tebing. Untuk menuju ke area pantai, kamu harus menuruni menuruni anak tangga yang terbuat dari bebatuan. Tetap berhati-hati ya karena jalan menurun ini cukup terjal dan penuh dengan batuan tajam.

Kamu juga dapat menyaksikan kolam alami yang ada di tepi pantai. Kolam ini terbilang cantik dan cocok menjadi background foto Instagrammu. Tak jauh dari sana, terdapat gua dengan kedalaman sekitar 4 meter. Gua ini juga menjadi tempat favorit wisatawan untuk berburu foto .

Selain itu, terdapat pula aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di Pantai Tegal Wangi, seperti menikmati pemandangan pantai dari atas tebing.

Jika kamu enggan turun ke pantai, kamu dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari atas tebing karena hal ini juga merupakan cara alternatif untuk melihat pemandangan cantik matahari senja. Terlebih lagi, pengunjung juga berkesempatan menikmati cahaya gemerlap dari kawasan Tuban dan Kuta di malam hari.

Daya Tarik Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi terletak berdekatan dengan Pura Segara Tegal Wangi, yang terletak di Desa Adat Jimbaran. Pantai ini juga digunakan sebagai tempat pelaksanaan Hari Raya Melasti, sebuah acara sakral untuk membersihkan diri dalam rangka menyongsong Hari Raya Nyepi. Umat Hindu di Bali biasanya melaksanakan upacara Melasti di lokasi ini. 

Pada hari istimewa tersebut, masyarakat berkumpul di Pantai Tegal Wangi untuk menjalankan ibadah. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menyaksikan Prosesi Upacara Melasti, dapat berkunjung ke tempat ini.

Sumber: Hotel

Selain itu, suasana Pantai Tegal Wangi juga cocok untuk menjadi tempat foto pre-wedding. Banyak pasangan yang sudah mengabadikan momen tersebut di pantai ini. Mungkin jika kamu menikah nanti, kamu dapat memilih pantai ini sebagai tempat untuk sesi foto pre-wedding.

Kamu juga dapat menemukan jacuzzi alami di bibir Pantai Tegal Wangi, terutama ketika air laut sedang surut dan ombak lautan tidak begitu besar. Jacuzzi alami ini dapat kamu gunakan untuk berendam juga, lho.

Bagi kamu yang hobi memancing, kamu dapat memancing di dekat bukit yang ada di kawasan pantai. Jika kamu ingin mencari makanan, disarankan supaya kamu sudah membawa bekal makan dan minuman sendiri karena pantai ini tidak memiliki warung makan.

Rute Menuju Pantai Tegal Wangi

Terdapat berbagai cara untuk mencapai Pantai Tegal Wangi, baik menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi. Salah satu rute perjalanan yang paling mudah adalah jika kamu berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali, karena lokasi bandara ini cukup familiar bagi banyak orang.

Dari bandara, perjalanan menuju pantai memakan waktu sekitar 40 menit jika kondisi lalu lintas lancar. Kendaraan apa pun dapat kamu gunakan sampai mencapai tempat parkir yang terletak dekat dengan Pura Tegal Wangi.

Sumber: Wikipedia

Sebagai patokan, kamu dapat mengarahkan kendaraanmu menuju Ayana atau Ayana Resort. Dari sana, belok kanan menuju arah Pura Tegal Wangi. Jika kamu sudah mencapai kawasan Ayana, maka kamu sudah dekat dengan pantai ini. Kamu hanya perlu mengikuti tanda-tanda jalan yang mengarah ke pantai.

Cara paling mudah mengenali lokasi Pantai Tegal Wangi adalah dengan mencari Pura Tegal Wangi. Dari pura tersebut, pantai akan terlihat jelas dari atas bukit, bahkan area parkirnya pun tidak jauh dari pantai itu sendiri.

Tips Wisata Ke Pantai Tegal Wangi

Supaya pengalaman wisatamu ke Pantai Tegal Wangi semakin menyenangkan, maka Advontura akan memberimu beberapa tips-tips menarik.

Pertama, meski waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Tegal Wangi ini adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam, kamu juga dapat berkunjung ke pantai ini pada waktu siang hari. Suasana pada siang hari juga tidak kalah asyik karena biasanya masih belum banyak wisatawan yang datang. 

Jika kamu berniat untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam, kamu perlu datang maksimal pukul 16.00 WITA supaya kamu tidak ketinggalan momen terbaiknya. Kamu dapat mengajak orang terdekat untuk menyaksikan matahari terbenam supaya suasananya semakin syahdu dan berkesan.

Kedua, Selalu ingat untuk untuk menggunakan sunblock. Hal ini dikarenakan cuaca Pantai Tegal Wangi cukup panas dan terik. Kamu tidak mau kan kulitmu terbakar karena berlama-lama di pantai ini?

Sumber: Water Sport Bali

Ketiga, Advontura menganjurkan kamu untuk menggunakan sandal atau sepatu yang layak untuk naik turun tebing. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, jalan turun ke pantai cukup terjal dan curam, jadi kamu perlu alas kaki yang baik supaya kakimu tetap terlindungi dan tidak tergelincir ketika turun.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk menjaga kebersihan pantai. Buang sampah pada tempatnya supaya kelestarian dan keindahan pantai ini tetap terjaga. Kamu tidak mau kan Pantai Tegal Wangi ini tercemar oleh sampah sampah.

Penginapan atau Hotel Dekat Pantai Tegal Wangi

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Pantai Tegal Wangi, Advontura akan memberimu beberapa saran penginapan dan hotel yang dekat dengan area pantai. Beberapa di antaranya adalah:

  • Jro Balangan Homestay
  • Villa Ayu, The Halcyon Villas
  • Ayana Residence Bali Apartment
  • Balangan Garden Bungalow
  • Royal Tulip Springhill Resort – Jimbaran
  • RIMBA Jimbaran BALI by AYANA
  • AYANA Resort and Spa
  • AYANA Residences Luxury Apartments
  • The Villas at AYANA Resort
  • Villa Aum
  • The Bali Barn
  • Equity Jimbaran Resort & Spa
  • La Joya Bungalows
  • The Mutiara Jimbaran Boutique Villas
  • Nayla Boutique Villa
  • Sakura House Jimbaran
  • Villa Bukit Heights By The Kulawi
  • Taman Suci Villa
  • Kayumera Villa Jimbaran

Baca Juga: Pantai Cemara Sewu, Daya Tarik, Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Demikian pembahasan Advontura kali ini tentang Pantai Tegal Wangi. Kamu dapat mengunjungi pantai ini kapanpun kamu mau, baik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam atau melihat upacara Melasti. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Tegal Wangi: Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket Masuk

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]