1. Pantai

Pantai Slili Gunung Kidul, Pantai Eksotis di Selatan Jawa

Gunung Kidul terkenal akan daya tarik pantai pasir putihnya. Salah satu pantai yang menarik dikunjungi adalah Pantai Slili. Pantai satu ini tidak kalah menariknya dengan beberapa pantai pasir putih lain di daerah Gunung Kidul. 

Meskipun pantai ini relatif kecil dan belum banyak dikunjungi, kamu tetap dapat menemui pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan pantai satu ini. Penasaran seperti apa Pantai Sili? Yuk simak artikel di bawah ini!

Pantai Slili yang Disebut Juga Pantai Watu Lawang

Pantai Slili di Gunung Kidul terkenal memiliki garis pantai yang pendek, sehingga tempatnya cukup sempit. Namun, kamu tetap dapat melihat keindahan batu karang lengkap dengan biota laut di tepi pantainya. Karang-karang yang ada di sekitar pantai mungkin akan cukup licin, jadi kamu perlu berhati-hati ketika memijaknya.

Sumber: pantaipedia

Nama Pantai Slili mungkin terbilang cukup familiar di telinga warga lokal dan wisatawan, tapi sebenarnya pantai ini memiliki nama lain. Para wisatawan dan warga lokal sering menyebutnya sebagai Pantai Watu Lawang. Nama ini berasal dari pulau kecil yang ada di dekat pantai berupa bukit karang di dasar sebuah cekungan, sekitar 500 meter dari Pantai Sundak. Selain itu, Pantai Slili juga terkenal sebagai Pantai Slili Love karena adanya hiasan berbentuk hati yang terbuat dari bunga plastik. Banyak pengunjung berfoto di hiasan ini. 

Baca Juga: Pantai Indrayanti, Pantai Pasir Putih Elok dan Menawan

Lokasi Pantai Slili 

Pantai Slili terletak di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Slili terbilang mudah diakses karena memiliki akses jalan yang baik, sehingga tidak perlu melalui rute yang sulit. 

Pantai seluas sekitar 100 meter persegi ini berdekatan dengan Pantai Sadranan, yang terkenal sebagai salah satu pantai untuk kegiatan snorkeling. Jika dari pusat Kota Yogyakarta, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 65 km. Perjalanan tersebut dapat memakan waktu sekitar 1 jam 42 menit.

Sumber: mytrip123

Kamu dapat mengambil rute melalui Jalan Mataram ke arah Jalan Muja Muju. Lalu melalui Jalan Wonosari dsambung melewati Jalan Nasional III. Setelah sampai, ambil Jalan Baron yang mengarah ke Jalan Pantai Selatan Jawa. Mulai dari sini, kamu dapat langsung menuju Jalan Sadranan yang langsung mengarah ke Pantai Slili.

Baca Juga: Pantai Parangtritis, Menikmati Sunset di Selatan Yogyakarta

Selain melalui Kota Yogyakarta, kamu juga dapat mengambil rute dari Wonosari. Rute ini jauh lebih dekat daripada rute Yogyakarta karena berjarak sekitar 25 saja dan memakan waktu sekitar 30-45 menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Slili

Tiket masuk ke Pantai Slili ini tergolong murah, yaitu hanya seharga Rp 10.000. Harga tiket masuk tersebut sudah memungkinkan kamu untuk menikmati pantai-pantai terdekat di Gunung Kidul. Untuk biaya parkir cukup variatif, kamu harus membayar Rp2.000 jika membawa motor dan membayar Rp10.000 jika membawa mobil. Namun, jika kamu datang bersama rombongan menggunakan bus, kamu harus membayar uang parkir sebesar Rp15.000.

Sumber: tribun.travel

Pantai ini buka 24 jam, jadi kamu dapat mengunjunginya kapanpun. Perlu diingat, pantai ini mungkin tidak begitu terkenal, tapi pantai ini pasti ramai pengunjung pada akhir pekan atau libur panjang. Sebagai saran, kamu dapat datang pada waktu-waktu di luar akhir pekan atau liburan panjang karena ketenangan dan keindahan akan lebih dapat kamu rasakan.

Fasilitas Pantai Slili

Pantai Slili memang memiliki area yang kecil, tapi fasilitas yang ada di pantai ini sudah tergolong lengkap dan membuat nyaman para pengunjungnya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Gazebo
  • Area parkir luas
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman
  • Penyewaan alat snorkling
  • Penginapan

Baca Juga: Pantai Tirang Semarang: HTM, Daya Tarik, & Jam Buka

Berbagai Kegiatan di Pantai Slili

Ketika mengunjungi Pantai Slili, kamu dapat melakukan kegiatan yang tentu seru dan menyenangkan. Beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan meliputi:

1. Snorkeling

Selanjutnya adalah snorkeling. Seperti yang sudah disebutkan, Pantai Slili memiliki karang yang indah dan lengkap akan biota laut, mulai dari ikan sampai berbagai tumbuhan laut. Untuk sekali sesi snorkeling, kamu harus menyewa peralatannya dengan membayar Rp50.000. Perlu diingat, kamu juga harus menjaga jarak dengan karang karena kamu dapat merusak habitat berbagai biota laut dan terluka oleh goresan karang.

Sumber: mytrip123

2. Bermain Air

Tentu saja, jika datang ke pantai, salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan adalah bermain air. Ombak di pantai ini juga tergolong kecil jadi kamu dapat bermain air di bibir pantai, bahkan beberapa orang juga berenang di sekitar pantai. Sebagai catatan, kamu harus tetap berhati-hati ketika bermain air atau berenang karena jika sudah menjauh dari bibir pantai ombak laut dapat menyeret kamu lebih jauh. Jika kamu datang bersama sanak saudara atau anak-anak, kamu perlu memperhatikan ketika mereka bermain di bibir pantai.

Sumber: travel.okezone

3. Mendaki Bukit

Salah satu kegiatan yang pengunjung sering lakukan saat mengunjungi Pantai Slili adalah mendaki bukit. Di pantai ini terdapat dua bukit kecil yang terletak di sisi kanan dan kiri. Kamu dapat mendaki bukit supaya dapat menikmati pemandangan dari ketinggian dan melihat pantai secara menyeluruh. 

Jalur menuju bukit memiliki kemiringan yang curam, sehingga perlu berhati-hati terutama saat kondisi jalanan basah setelah hujan. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan pendakian bukit ketika cuaca sedang cerah.

Sumber: mytrip123

4. Berjemur dan Bermain Pasir

Salah satu daya tari Pantai Slili adalah hamparan pasir putihnya. Pantai ini memiliki luas mencapai 100 meter persegi. Ukuran ini dapat tergolong tidak terlalu besar jika dibandingkan pantai lainnya. Meskipun begitu, pantai satu ini tetap menawarkan pemandangan yang indah. 

Kamu dapat bermain pasir atau berjemur di area pantai. Waktu berjemur yang cocok adalah pada pukul 10.00-11.00 atau pukul 14.00-15.00 WIB. Jam-jam tersebut sangat cocok untuk berjemur karena sinar matahari tidak begitu terik dan aman untuk kulit.

Sumber: orami

5. Bersantai di Gazebo

Jika kamu tipe orang yang suka rileks dan menikmati saja suasana pantai, kamu dapat duduk-duduk santai gazebo yang ada di dekat Pantai Slili. Gazebo di sekitar pantai ini terbuat dari kayu, daun kelapa kering dan juga jerami.

Sumber: yogyes

Keberadaan gazebo-gazebo di pantai ini membuat suasana lebih eksostis layaknya di Bali dan Maladewa. Jika kamu tertarik untuk bersantai di gazebo maka kamu harus membayar Rp2.000 sebagai bentuk uang sewa.

Baca Juga: Pantai Ngobaran Gunung Kidul: HTM, Spot Foto, & Rute

Sekian artikel Advontura kali ini tentang Pantai Slili Gunung Kidul. Pantai ini memang sangat cocok dikunjungi pada waktu luang, tapi ingat bahwa pantai ini juga ramai pengunjung. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi pantai satu ini?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Slili Gunung Kidul, Pantai Eksotis di Selatan Jawa

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]