Pantai Siung Jogja: Aktivitas Wisata, Lokasi, & Info Tiket

Pantai Siung (sumber: @nurr_yadi on Instagram)
Pantai Siung (sumber: @nurr_yadi on Instagram)
Daftar isi

Saat berwisata, mengunjungi pantai memang selalu menjadi salah satu opsi yang bagus untuk dilakukan. Terlebih saat kamu sedang berada di Jogja, kamu wajib bergerak sedikit ke daerah Gunung Kidul untuk menemui banyak pantai eksotis yang ada di sana. Seperti yang kita tahu, Gunung Kidul memang memiliki sederet objek wisata berupa pantai yang menawan, seperti Pantai Siung.

Pantai Siung Gunung Kidul merupakan pantai eksotis yang disebut-sebut menjadi salah satu hidden gem yang ada di Jogja. Karena dikenal sebagai hidden gem, tentu belum banyak orang yang mengetahui objek wisata yang satu ini. Advonturers sendiri, sudah tahu belum tentang keberadaan pantai eksotis yang satu ini?

Daripada penasaran, yuk, intip dulu beberapa informasi mengenai lokasi, info tiket masuk, serta aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di pantai eksotis yang satu ini dalam ulasan berikut!

Pantai Siung Gunung Kidul, Eksotisme Anti Mainstream Pantai Berpasir Putih di Jogja

Pantai yang eksotis selalu identik dengan pemandangan alam yang mempesona, air laut berwarna jernih nan kebiruan, serta pasir putih yang bertebaran di tepiannya. Ya, semua ini tentu dapat kamu temukan di Pantai Siung Gunung Kidul, karena pantai yang satu ini memang terkenal sebagai hidden gem berupa pantai eksotis di Jogja. Tak kalah dengan pantai lainnya, pantai yang satu ini turut memiliki daya tarik berbeda.

Daya tarik dari pantai ini yang paling menonjol adalah keberadaan gugusan tebing karang yang berjajar dari timur hingga ke barat. Selain itu, keunikan lain terletak pada penamaan pantai ini, yakni Pantai Siung. Nama Siung berasal dari kata asihe biyung, yang artinya kasih ibu. 

Artikel Terkait

Penamaan pantai yang berasal dari kata asihe biyung ini bukan tanpa alasan, karena penamaan ini berasal dari cerita legenda Pantai Siung yang terkenal di kalangan masyarakat. 

Lokasi & Rute ke Pantai Siung Gunung Kidul

Menikmati Keindahan Pantai (sumber: @eoktavv_ on Instagram)
Menikmati Keindahan Pantai (sumber: @eoktavv_ on Instagram)

Sebelum liburan seru di tempat wisata yang satu ini, sudahkah kamu tahu di mana lokasi Pantai Siung Jogja? Lokasi Pantai Siung Jogja sendiri berada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Untuk menuju ke lokasi Pantai Siung, ada beberapa rute ke Pantai Siung yang bisa kamu lalui.

Salah satu rute ke Pantai Siung yang dapat kamu tempuh adalah dari pusat Kota Jogja. Dari pusat Kota Jogja, menujulah ke ringroad selatan, hingga sampai di persimpangan Terminal Giwangan. Setelah ini, kamu harus berbelok ke kiri untuk menuju ke arah Piyungan, dan Bukit Bintang. 

Lanjutkan perjalananmu menuju ke kawasan Wonosari dan ambillah jalur menuju Pantai Baron. Setelah berkendara sejauh 9 km, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada untuk sampai ke Pantai Siung.

Jam Buka & Tiket Masuk Pantai Siung Jogja

Semakin tak sabar untuk berkunjung ke Pantai Siung Jogja? Tak perlu risau! Kabar baiknya, kamu dapat mengunjungi pantai eksotis yang satu ini selama 24 jam nonstop. Pihak pengelola objek wisata tidak menerapkan jam operasional tertentu untuk pantai ini.

Selain menyenangkan karena dibuka selama 24 jam, harga tiket masuk Pantai Siung yang sangat murah turut menjadi kabar baik untuk Advonturers sekalian. Bagaimana tidak, harga tiket masuk Pantai Siung hanyalah Rp 10.000. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, kamu akan dikenai biaya retribusi parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas di Pantai Siung Gunung Kidul

Untuk memanjakan para pengunjungnya objek wisata yang satu ini memiliki sederet fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya: mushola, area parkir, toilet, warung makan, dan area berkemah bagi wisatawan yang ingin bermalam. Selain itu, kamu dapat menyewa beberapa penginapan Pantai Siung yang tersebar di sekitar pantai, bila masih ingin berlama-lama liburan di sini.

Aktivitas Wisata Menarik di Pantai Siung Gunung Kidul

Advonturers tentu sudah semakin penasaran dengan pantai eksotis di Gunung Kidul yang satu ini. Kalau gitu, kamu wajib simak rekomendasi aktivitas wisata serunya berikut ini!

1. Panjat Tebing

Panjat Tebing (sumber: @lidwinamey on Instagram)
Panjat Tebing (sumber: @lidwinamey on Instagram)

Bagi kamu si pecinta panjat tebing, medan di pantai eksotis yang satu ini boleh juga untuk ditaklukkan. Pasalnya, pantai ini memiliki tebing karang yang kerap dijadikan spot panjat tebing oleh wisatawan. Bahkan, tebing karang di pantai yang satu ini pernah dijadikan lokasi acara ASEAN Climbing Gathering, yang melibatkan ratusan pemanjat tebing dari berbagai negara.

Aktivitas panjat tebing Pantai Siung diawali oleh wisatawan-wisatawan yang berasal dari Jepang pada tahun 1989. Karena memiliki medan panjat tebing yang oke banget, pantai yang satu ini kerap kali dijuluki sebagai The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta. Keren banget, kan?

2. Berenang dan Bermain Air

Bermain Air di Tepi Pantai (sumber: @ynthn015 on Instagram)
Bermain Air di Tepi Pantai (sumber: @ynthn015 on Instagram)

Berenang dan bermain air tentu merupakan aktivitas wisata seru yang wajib kamu lakukan kala berkunjung ke pantai manapun. Menikmati segarnya berenang di air laut jernih sambil menikmati pemandangan yang ada dapat memberikan pengalaman wisata berbeda untukmu. Bagi kamu yang tak ingin berenang, kamu dapat sekedar bermain-main dengan ombak di tepian pantainya.

Namun, saat berenang dan bermain air di pantai ini, kamu harus berhati-hati dan pastikan tak terlalu ke tengah laut. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan Advonturers saat berada di pantai, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Menikmati Keindahan Pantai dari Bukit Pandang

Bukit Pandang (sumber: @eoktavv_ on Instagram)
Bukit Pandang (sumber: @eoktavv_ on Instagram)

Ingin menikmati keindahan pantai eksotis yang satu ini secara keseluruhan? Kamu bisa naik ke bukit Pantai Siung. Untuk menaiki bukit ini, tentu kamu perlu perjuangan yang lebih, sebab kamu harus mendaki dengan hati-hati. Sebaiknya, gunakan sepatu olahraga supaya tidak tergelincir saat mendaki.

Tak perlu takut tersesat saat mendaki, karena jalur pendakian sudah ditetapkan dan terdapat beberapa penunjuk arah bagi para pendaki. Lelahmu selama mendaki tentu akan terbayar setelah menyaksikan keindahan pantai secara utuh, terlebih saat mentari senja tiba.

4. Memancing

Spot di Pantai Siung (sumber: @wwandraksm028 on Instagram)
Spot di Pantai Siung (sumber: @wwandraksm028 on Instagram)

Pantai yang satu ini memiliki spot memancing yang diperbolehkan bagi siapa saja. Biasanya wisatawan akan memancing ikan saat mereka sedang sekalian berkemah, dan menyantap ikan hasil tangkapan untuk malam harinya. Nelayan di sekitar pantai ini pun juga menangkap ikan di sekitar pantai ini, kok.

Dengan memancing ikan sendiri, kamu dapat menikmati sajian laut segar yang kamu dapatkan sendiri. Selain itu, memancing di laut akan memberikan pengalaman wisata berbeda untukmu, karena tak semua pantai memperbolehkan wisatawan untuk memancing dengan bebas.

5. Berkemah

Berkemah di Tepi Pantai (sumber: @xaxlxbert on Instagram)
Berkemah di Tepi Pantai (sumber: @xaxlxbert on Instagram)

Sudah bermain seharian di pantai, namun masih ingin berlama-lama di sini? Maka, bermalam merupakan solusi yang bagus untukmu. Kamu dapat menemukan beberapa penginapan Pantai Siung yang tersebar di sekitar sini. Atau jika kamu tak memiliki cukup budget untuk menyewa penginapan Pantai Siung seperti hotel, kamu dapat berkemah asyik di tepian pantai.

Berkemah di tepian pantai merupakan opsi seru untuk kamu yang ingin bermalam dengan budget terjangkau. Kamu bisa lebih menyatu dengan alam bila berkemah. Selain itu, kamu akan lebih nyaman bila tidur ditemani oleh suara debur ombak yang khas.

6. Berburu Foto Instagramable

Berburu Foto Instagram (sumber: @msbahuddin30 on Instagram)
Berburu Foto Instagram (sumber: @msbahuddin30 on Instagram)

Berlibur ke tempat wisata yang indah tentu sayang bila kamu tak mengabadikan momen-momen selama liburan. Banyak spot instagramable yang dapat kamu temukan di Pantai Siung Jogja ini. Mengabadikan momen liburan dengan latar belakang pantai yang eksotis akan membuatmu memiliki kenang-kenangan kala berlibur di pantai yang satu ini.

Salah satu waktu foto terbaik adalah saat senja, di mana kamu dapat berpose dengan balutan cahaya mentari sore. Intinya, saat kamu berlibur ke pantai ini, jangan sampai tak mengabadikan satu momen pun!

7. Berpiknik dan Bermain di Pinggiran Pantai

Bermain di Pinggiran Pantai (sumber: @jogja_event_tour on Instagram)
Bermain di Pinggiran Pantai (sumber: @jogja_event_tour on Instagram)

Ingin seru-seruan di pantai namun tak mau basah-basahan? Kamu bisa sekedar berjemur atau bermain pasir di tepian pantai. Biasanya, anak-anak akan membangun istana pasir, atau menjadi cangkang-cangkang kerang yang terdampar di pantai. 

Selain itu, menggelar tikar dengan berpiknik di tepian pantai juga terdengar seru untuk dilakukan. Bercengkrama hangat bersama keluarga sambil menyantap hidangan kecil yang kamu bawa untuk piknik akan menjadi momen bagus yang tak setiap saat bisa terjadi.

Baca juga: Pantai Gesing Gunung Kidul: Daya Tarik, Tiket, & Lokasinya

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Pantai Siung Jogja yang dapat Advontura sajikan kali ini. Sudah tertarikkah kamu untuk berkunjung ke pantai eksotis yang satu ini? Jangan sampai kamu melewatkannya karena banyak aktivitas wisata seru yang dapat kamu lakukan di sini. 

Meski belum diketahui banyak orang, pantai eksotis yang satu ini merupakan hidden gem yang tak kalah dengan pantai lainnya. Pantai ini wajib banget jadi referensi liburan kamu!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *