Pantai Sanur Bali : Aktivitas Seru, Lokasi dan Harga Tiket

Harga tiket pantai Sanur Bali
Daftar isi

Pantai Sanur Bali dikenalkan pada tahun 1937 oleh pelukis asal Belgia yang bernama A.J. Le Mayeur yang membawa lukisan Pantai Sanur buatannya ke berbagai pameran di mancanegara. Hingga akhirnya pantai ini dikenal oleh banyak orang dan menjadi salah satu perintis pariwisata di pulau Bali.

Berbeda dengan Pantai Kuta, Pantai Sanur memiliki julukan sebagai Pantai Matahari Terbit karena pemandangan matahari terbitnya yang terlihat sangat jelas dan indah. 

Bukan hanya pesona matahari terbitnya saja, pantai ini memiliki berbagai pesona lainnya yang bisa Anda nikmati bila berkunjung. Ingin tahu informasinya lebih lanjut? Yuk simak tulisan di bawah ini sampai habis ya…

Deskripsi Pantai Sanur

Pantai Sanur terbentang sejauh 8 kilometer dengan jarak perairan sejauh 100 meter dari bibir pantai. Pantai ini juga menjadi salah satu destinasi favorite bagi para wisatawan, baik dari dalam negeri hingga mancanegara.

Kawasan Pantai Sanur sebenarnya tidak hanya berisi satu pantai saja, melainkan 7 pantai cantik lainnya. Ketujuh pantai tersebut adalah pantai Sindu, Segara Ayu, Semawang, Batu Jimbar, Merta Sari, dan Matahari Terbit.

Artikel Terkait

Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan cenderung dangkal sehingga cocok untuk keluarga dan anak-anak tapi tidak cocok untuk surfing. 

Keindahan Pantai Sanur

 PANTAI SANUR Bali
Pantai sanur (Photo by pantainesia.com)

Keindahan Pantai Sanur yang paling menonjol adalah pesona pantai putih yang bersih dan pemandangan matahari terbitnya. Namun berbagai macam daya tariknya tidak berhenti pada dua hal di atas. 

Kegiatan wisata bahari, watersport dan festival kebudayaan menjadi beberapa alasan kenapa Anda harus berkunjung kesini bila sedang berada di Bali. Kali ini, Advontura akan memberikan beberapa list kegiatan yang bisa Anda nikmati selama berkunjung ke pantai.

Berenang dan Bermain Pasir

Pantai ini memang cocok bagi Anda yang ingin mengajak keluarga serta anak-anak untuk berenang dan bermain pasir di pantai. 

Pantai ini selalu dijaga kebersihannya dan jarak perairan dan bibir pantai yang lumayan jauh membuat Anda akan lebih leluasa ketika bermain pasir dan mengawasi anak. Terlebih dengan ombaknya cenderung tenang dan dangkal, Anda lebih bisa merasa aman ketika mengajak anak-anak untuk berenang.

Selain itu, bagi Anda yang hanya ingin berjemur bisa menyewa sundeck dengan harga Rp 25.000,00 untuk wisatawan lokal.

Jalan Kaki atau Bersepeda

Salah satu fasilitas unggulan di sini adalah jalan setapak sepanjang 5 kilometer untuk jalan-jalan sambil menikmati keindahan pantai. Selain jalan-jalan, Anda bisa mencoba bersepeda dengan menyewa sepeda dengan tarif Rp 15.000,00 per jamnya. 

Mencoba Watersport

Meski tidak cocok untuk surfing, pantai ini menyediakan banyak pilihan olahraga air yang bisa Anda coba. Mulai dari snorkeling, jet ski, banana boat hingga seawalker. Beberapa list watersport dan harganya bisa dilihat di bawah ini:

  1. Paket Seawalker Sanur ditarik biaya Rp 830.000,00 per orangnya. 
  2. Paket Parasailing ditarik biaya Rp 225.000,00 per orang.
  3. Banana Boat ditarik biaya Rp 200.000,00 per orang.
  4. Rolling Donut Watersport Sanur ditarik biaya Rp 210.000,00 per orang.
  5. Sewa Jet Ski sebesar Rp 300.000,00 per orang
  6. Sewa Kano sebesar Rp 25.000,00 per orang.

Dari keenam jenis permainan di atas, sewa kano adalah kegiatan yang paling digemari para wisatawan.

Pantai Sanur Sunrise

Pemandangan matahari terbit di Pantai Sanur selalu menjadi banyak incaran para wisatawan. Pada pukul 05.30 WITA, banyak wisatawan yang sudah berkumpul untuk melihat matahari terbit bersama-sama.

Bagi Anda yang ingin ikut menyaksikan sensasi matahari terbit, ada baiknya untuk memilih tempat yang cocok agar matahari terlihat lebih jelas dan cerah. Anda bisa datang ke area Pantai Karang di bagian selatan dan Sanur Pusat di Utara.

Festival Layang-Layang Tradisional

Festival Layang-Layang Tradisional merupakan festival budaya bagi masyarakat Hindu Bali. Festival ini bertujuan sebagai upacara pembukaan jalan kepada dewa untuk memberikan hasil yang melimpah.

Festival ini dilaksanakan setiap bulan Juli pada setiap tahunnya. Layang-layang yang ditampilkan sangat beragam dan besarnya bisa mencapai 10 meter. Layang-layang dibuat juga merupakan hasil tangan asli para pemuda Bali.

Baca juga: Pantai Kuta Bali – Sejarah hingga Hotel Terdekat

Big Garden Corner Sanur

Bukan hanya pantai, beberapa lokasi wisata juga ada di daerah ini. Salah satunya adalah Big Garden Corner Sanur.Lokasi wisata ini juga ramah dengan anak dan keluarga.  Fasilitas yang diberikan juga lengkap, seperti restoran, kamar mandi dan lain sebagainya.

Di lokasi wisata ini, para pengunjung bisa melihat jejeran tanaman yang indah dan berfoto di berbagai spot foto yang telah disediakan. Selain itu ada waterpark untuk anak-anak dan kolam ikan.

Bagi Anda yang ingin mengajak anak berenang, Anda Perlu menyiapkan baju dan perlengkapan renang sendiri. Tiket masuk ke area waterpark sebesar Rp 50.000,00 per satu anak dan satu orang dewasa.

Selain berenang, Anda bisa mengajak anak untuk memberi makan ikan di kolam dengan membayar Rp 5.000,00 saja. 

Biaya tiket masuknya sebesar Rp 30.000,00 per orang. Tiket masuk bisa ditukarkan dengan segelas minuman atau es krim ketika masuk.

Bali Orchid Garden Sanur

Bagi para pecinta anggrek, Anda bisa mengunjungi lokasi wisata ini. Bali Orchid Garden Sanur berada di Jalan Bypass Ngurah Rai Tohpati Bali dan terbuka untuk umum.

Lokasi Pantai Sanur

Lokasi Pantai Sanur Bali berada di bagian timur kota Denpasar. Tepatnya di Jalan Kusuma Sari No 1 Sanur, Kota Denpasar, Bali. Hanya berjarak sekitar 10 menit dari pusat kota Denpasar.

Bila berangkat dari Bandara Ngurah Rai Bali, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 17 kilometer atau 35 menit melalui jalan tol. Namun itu pun bergantung pada arus lalu lintas saat itu.

Tiket Masuk Pantai Sanur

Tiket masuk Pantai Sanur adalah gratis. Tapi para pengunjung diwajibkan untuk membayar biaya parkir. Biaya parkir untuk motor sebesar Rp 2.000,00 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000,00.

Para pengunjung bisa datang kapan saja karena pantai ini buka 24 jam sehari. Fasilitas yang disediakan juga cukup menjawab kebutuhan para wisatawan seperti area parkir luas, rumah makan disekitar pantai, penginapan, gazebo, kamar mandi, MCK, artshop dan lain sebagainya.

Hotel Dekat Pantai Sanur

Hotel sekitar pantai  sangat beragam dan mudah ditemui. Beberapa rekomendasi hotel dekat Pantai Sanur versi Advontura untuk Anda antara lain Griya 18 Residence, Sayang Residence 2, Tangtu Beach Inn Villa, Mars City Hotel, Uma de VIlla, Kayu Suar Bali Luxury Villas and Spa, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang berniat menginap, ada baiknya untuk menyiapkan biaya mulai dari Rp 120.000,00 hingga Rp 1.500.000,00.

Tips Datang ke Pantai Sanur

 Objek wisata PANTAI SANUR
Objek Wisata Pantai Sanur (Photo by kompasiana.com)

Persiapan sebelum berlibur tentu penting, karena itu yuk ketahui beberapa tips dibawah ini agar liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan aman.

Datang pada Bulan Juni-Agustus

Datanglah pada bulan Juni-Agustus merupakan saat matahari bersinar paling lama dan cerah. Pada bulan ini pun Festival Layang-Layang Tradisional dibuka. 

Hati-hati Bermain Kano

Kano memang menyenangkan dan murah daripada jenis permainan lain. Tapi perlu diingat bahwa pantai ini cenderung dangkal dan banyak orang yang berenang di air. Jadi, Anda harus hati-hati agar tidak melukai orang-orang yang sedang berenang.

Beli Lumpia Sanur

Lumpia Sanur merupakan jajanan khas Sanur yang bisa ditemui di sepanjang area wisata. Harganya juga cukup murah dan praktis untuk dimakan setelah bermain-main di pantai.

Perhatikan Barang dan Sampah Pribadi

Membuang sampah sembarang di pantai ini adalah larangan keras. Perhatikan barang dan sampah masing-masing kemudian buang pada tempat yang disediakan. Ingatlah untuk tetap hormat dan melestarikan alam.

Demikian pembahasan kita mengenai Pantai Matahari Terbit alias Pantai Sanur Bali kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan tempat berlibur. Sampai jumpa di pembahsan lokasi wisata menarik lainnya!

Baca juga: Wisata Pantai Pandawa Bali – Sejarah, Lokasi, & Tiket

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *