Pantai Sadranan Jogja Tiket Masuk, Rute, dan Aktivitas Seru

Pantai sadranan
Photo by hellosemarang.com
Daftar isi

Selain wisata bersejarah, Daerah Istimewa Yogyakarta juga menyimpan berbagai tempat wisata alam yang indah penuh pesona. Berbagai objek wisata alam mulai dari pantai hingga gunung semua tersedia di Yogyakarta. Salah satu wisata alam yang sedang ramai dibicarakan oleh para pecinta traveling adalah Pantai Sadranan Jogja.

Pantai Sadranan merupakan pantai di kawasan Gunung Kidul yang keindahannya mampu menghipnotis mata pengunjung yang datang.

Sama seperti pantai lain yang berada di kawasan Selatan Yogyakarta, pantai ini juga memiliki pasir putih dilengkapi dengan karang koral yang menjadi ciri khasnya. Keindahan pantai ini membuat wisatawan menyebutnya mirip dengan pantai Kuta yang ada di Bali.

Kondisinya yang masih relatif sepi membuat wisatawan merasa lebih tenang dan nyaman untuk menghabiskan waktu di tempat ini. Pantai Sadranan Jogja memiliki karakteristik ombak yang relatif tenang.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya Gili (pulau kecil) dan juga gugusan karang yang menjadi penghalang alami pemecah ombak sebelum sampai di bibir pantai.

Artikel Terkait

Pasir putih yang ada disini juga sangat lembut dan halus. Air lautnya bening dan jernih dengan warna biru kehijauan alami sehingga dapat menunjukkan keindahan yang ada di bawahnya.

Hal tersebut membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi snorkeling indah yang ada di daerah Gunung Kidul. Berbagai jenis terumbu karang dan spesies ikan melengkapi keindahan bawah laut pantai ini.

Sejarah Singkat

Kata ‘Sadranan’ yang digunakan sebagai nama dari pantai ini berasal dari kata awal “Nyadran”. Nyadran adalah sebuah ritual tradisi oleh masyarakat Jawa yang rutin dilakukan di kawasan pantai ini. Nyadran juga biasa disebut sebagai ritual sedekah laut.

Ritual tersebut dilakukan oleh penduduk sekitar agar hasil tangkap ikan nelayan lebih melimpah. Ritual Nyadran sendiri biasanya rutin diselenggarakan pada pasaran pahing pada setiap tahun ataupun saat selesai panen sebagai bentuk rasa syukur.

Lokasi dan Rute Pantai Sadranan Jogja

Lokasi Pantai Sadranan berada di Daerah Gunung Kidul, kawasan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dilihat secara administratif, lokasi Pantai Sadranan terletak pada kawasan Gunung Kidul tepatnya di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Lokasi pantai ini berjarak kurang lebih 66 kilometer dari stasiun Tugu Yogyakarta dan berada satu kompleks dengan wisata pantai lain yang ada di sekitar kawasan Gunung Kidul. Jika lalu lintas sedang lancar, rute Pantai Sadranan dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Rute Pantai Sadranan dimulai dari pusat Kota Jogja menuju daerah Gunung Kidul melewati rute jalan wonosari. Setelah sampai pasar wonosari, perjalanan dilanjutkan dengan mengambil arah kanan menuju Pantai Baron.

Setelah sampai di kawasan Pantai Baron, perjalanan lanjut menuju arah timur hingga menemukan papan nama menuju lokasi Pantai Sadranan yang berada di kanan jalan.

Setelah itu pengunjung hanya perlu mengikuti petunjuk arah yang terdapat  di papan petunjuk hingga sampai di lokasi Pantai Sadranan Jogja.

Jika dirasa rute Pantai Sadranan melewati wonosari terlalu jauh dan lalu lintasnya padat, pengunjung dapat mengambil jalur dengan rute alternatif melewati Jalan Imogiri – Panggang.

Tiket Masuk Pantai Sadranan Jogja

Pantai sadranan
Pantai Sandranan (Photo by mytrip123.com)

Pantai Sadranan Jogja merupakan objek wisata yang cukup baru sehingga keberadaannya masih belum banyak diketahui masyarakat. Pengelola mematok harga tiket masuk Pantai Sadranan Jogja dengan biaya yang relatif murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang ada di dalamnya.

Tiket masuk Pantai Sadranan Jogja dibandrol dengan harga Rp 10.000 untuk setiap pengunjung yang datang. Tiket masuk Pantai Sadranan tersebut belum termasuk dengan biaya parkir jika wisatawan membawa kendaraan.

Kendaraan roda dua akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000 saja. Lokasi pantai dibuka untuk umum selama 24 jam penuh.

Namun waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pagi sekitar pukul 06.00 hingga 08.00 pagi dan sore hari mulai pukul 16.00 hingga matahari tenggelam.

Waktu tersebut dipilih sebagai waktu berkunjung terbaik karena matahari belum terlalu terik sehingga wisatawan dapat bermain air dan juga berfoto dengan lebih nyaman tanpa takut kepanasan.

Baca juga: Pesona Pantai Ngrawe Jogja yang Instagramable

Penginapan di Pantai Sadranan Jogja

Meskipun tergolong sebagai objek wisata baru dengan lokasi cukup terpencil, fasilitas yang dimiliki Pantai yang ada di gunung kidul ini tersedia cukup lengkap. Pengelola membuat fasilitas umum dengan cukup lengkap agar wisatawan merasa nyaman dan aman selama berada di kawasan pantai.

Fasilitas umum tersebut antara lain area parkir luas, kamar mandi umum, ruang ganti baju, warung makan, kios, gazebo, saung, penyewaan alat snorkeling, jasa foto, hingga penginapan di Pantai Sadranan semua lengkap tersedia.

Di sekitar kawasan pantai juga terdapat beberapa penginapan berupa homestay yang dikelola langsung oleh warga setempat. Walaupun sederhana, penginapan di Pantai Sadranan Jogja yang dikelola oleh masyarakat ini termasuk nyaman untuk ditinggali serta memiliki fasilitas yang baik.

Penginapan di Pantai Sadranan Jogja dibanderol dengan harga sangat terjangkau, yaitu Rp 200.000 per malam. Penginapan di Pantai Sadranan Jogja mayoritas berada di atas bukit dengan view menghadap pantai yang indah.

Jika tidak ingin menginap di penginapan, wisatawan dapat memilih untuk menginap di tenda camping. Wisatawan dapat mendirikan tenda pada camping ground yang telah disediakan oleh pengelola di pinggiran pantai.

Perlu diingat, pengunjung harus selalu menjaga kebersihan selama berada di kawasan pantai. Pengelola menghimbau wisatawan untuk tidak membuang sampah di pinggir pantai. 

Aktivitas Seru dan Menarik di Pantai Sadranan Jogja

snorkeling di pantai sandranan Yogyakarta
snorkeling (photo by mediaaceh.com)

Snorkeling

Snorkeling merupakan kegiatan andalan yang selalu dipilih wisatawan saat mengunjungi Pantai Sadranan Jogja. Pantai ini disebut sebagai salah satu spot alternatif terbaik bagi para pecinta snorkeling. Keindahan pemandangan alam bawah permukaan laut pantai ini tidak perlu diragukan lagi.

Pantai ini menyimpan keindahan berbagai spesies terumbu karang dan juga biota laut. Bagi wisatawan yang tidak memiliki perlengkapan snorkeling tidak perlu khawatir, disini terdapat penyewaan alat snorkeling yang cukup lengkap.

Biaya snorkeling di Pantai Sadranan Jogja dibanderol dengan harga Rp 50.000 saja. Biaya snorkeling di Pantai Sadranan tersebut termasuk murah jika dibandingkan dengan keindahan alam bawah laut yang ada di dalamnya.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan aktivitas snorkeling adalah pada pagi hari sekitar pukul 06.00 hingga 08.00 pagi.

Jika jam tersebut dirasa terlalu pagi, snorkeling bisa dilakukan di sore hari dengan rentang waktu antara pukul 16.00 hingga 18.00. Mayoritas wisatawan memilih untuk snorkeling di sore hari karena dapat sekaligus menikmati keindahan sunset yang memukau. 

Berenang

Berenang merupakan salah satu kegiatan yang paling wajib dilakukan saat mengunjungi pantai ini. Deburan ombak yang tenang membuat aktivitas berenang di tempat ini lebih aman.

Lokasinya yang dihimpit oleh dua pantai yang ada di sekitarnya yaitu Pantai Ngandong dan Pantai Krakal membuat ombak disini lebih tenang.

Selain itu sebelum sampai di bibir pantai, ombak telah lebih dahulu dihalau oleh keberadaan pulau kecil. Namun agar lebih aman wisatawan dihimbau agar tidak berenang terlalu jauh. Untuk kecil yang ingin berenang juga lebih baik tetap berada di bawah pengawasan orang tua. 

Menikmati Keindahan Sunrise dan Sunset

di Pantai ini wisatawan dapat menikmati tak hanya keindahan sunset namun juga sunrise dalam satu lokasi sekaligus. Berbeda dari kebanyakan pantai yang hanya dapat melihat keindahan sunsetnya saja, disini keindahan sunrise juga dapat terlihat dengan sempurna.

Panorama pantai terlihat semakin indah saat memasuki waktu sunrise dan sunset. Kedua waktu ini juga menjadi waktu terfavorit untuk menghasilkan foto – foto yang memukau. 

Camping Ground

Pengelola telah menyediakan area camping yang cukup luas sebagai tempat bagi wisatawan yang ingin menginap sambil mendirikan tenda dan menikmati api unggun di pinggir pantai.

Camping ground ini cukup ramai oleh pengunjung yang tertarik untuk menikmati malam pantai dengan mendirikan tenda sambil menyalakan api unggun untuk menghalau dinginnya udara malam. Pemandangan indah alam pantai dapat terlihat jelas dari camping ground.

Selama menginap dan berada di area kemping, pengunjung diharapkan selalu menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah di area tersebut.

Jika ingin menginap, pengunjung tidak perlu repot untuk membawa perlengkapan camping sendiri karena pengelola telah menyediakan tenda atau dome dengan kapasitas maksimal 4 orang. Tenda tersebut disewakan dengan harga Rp 50.000 saja.

Bermain Perahu Kano

Selain snorkeling, aktivitas air yang dapat dilakukan di pantai ini adalah mendayung perahu kano. Karena arus air di pantai ini cukup tenang, permainan kano dapat dilakukan dengan aman.

Wisatawan dapat mendayung perahu kano di sekitaran pantai sambil menikmati segarnya hempasan ombak, bukit karang yang menjulang cukup tinggi, dan juga birunya air laut. Jika tertarik wisatawan dapat bermain perahu kano yang disewakan dengan harga Rp 50.000 per jamnya. 

Bersantai di Gazebo

Bagi pengunjung yang tidak ingin bermain aktivitas air dapat duduk di gazebo yang telah disediakan pengelola sambil menikmati indahnya pemandangan pantai.

Duduk bersantai menikmati tiupan angin laut dapat membuat pikiran sedikit tenang sehingga cocok untuk pengunjung yang ingin sejenak rehat dari kesibukan aktivitas sehari – hari.

Saung dan gazebo yang berada di sekitar kawasan pantai ini disewakan dengan harga mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Selain itu untuk pengunjung yang ingin duduk sambil bermain pasir dapat menyewa tikar dengan tarif Rp 20.000.

Wisata Kuliner Seafood Segar

Berwisata kuliner setelah lelah bermain permainan air yang benar – benar menguras habis tenaga dan juga energi memanglah pilihan yang tepat.

Di sekitar area pantai terdapat banyak warung yang menjual makanan dengan menu hidangan laut yang masih segar seperti udang, cumi, aneka ikan, kerang, dan berbagai hidangan laut lainnya.

Walaupun menu yang dijual cukup sederhana, namun kondisi seafood yang masih segar ditambah bumbu rempah yang telah diracik dengan sedemikian rupa membuat cita rasa hidangan ini begitu nikmat. Harga untuk setiap porsi makanan di warung ini juga termasuk murah dan dijamin tidak akan membuat kantong bolong.

Baca juga: Pantai Menganti – Lokasi, Tiket Masuk, dan Spot Foto

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *