Pantai Papuma – Lokasi, Jalan, dan Tiket Masuk

Pantai papuma
Photo by anekatempatwisata.com
Daftar isi

Indonesia memiliki begitu banyak pantai eksotis yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Salah satu pantai yang begitu indah dan mempesona yaitu Pantai Papuma. Pantai ini banyak dijuluki wisatawan pecinta pantai sebagai pantai terindah di Jawa Timur.

Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai populer lainnya di Indonesia. Kota Jember yang berada di Provinsi Jawa Timur dikenal akan keindahan alamnya dan juga budaya yang begitu luar biasa.

Meskipun pantai tanjung papuma ini tidak sepopuler dan terkenal seperti  pantai balekambang, parangtritis,pantai kuta dan pantai-pantai lainnya namun keindahan pantai papuma menawarkan keindahan dan keunikan yang berbeda yang berbeda dari pantai lainnya.

Menikmati Kota Jember tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi pantai indah yang satu ini, kali ini advontura akan mengulas objek wisata pantai yang sangat menawan di jember yaitu Pantai Papuma Jember.

Lokasi

Lokasi Pantai Papuma berlokasi di Desa Lojejer,Kecamatan Wuluhan,Kota Jember. Lokasinya hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pusat Kota Jember.

Artikel Terkait

Jalan menuju Pantai Papuma

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi pantai ini dari arah Kota Jember jalan menuju pantai papuma yakni dengan mengambil arah menuju terminal ambulu yang kemudian dilanjutkan menuju jalan utama menuju pantai.

Jarak pantai berjarak 45 km dengan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1.5 jam perjalanan dari stasiun jember.

Bagi pengunjung diharapkan menggunakan kendaraan umum yang disediakan oleh layanan wisata ataupun rental mobil dan juga kendaraan umum yang biasa melewati jalan menuju pantai papuma.

Hal ini dikarenakan jalur menuju pantai sedikit rawan dengan harus melewati jalanan yang berupa tanjakan dan jurang yang cukup terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Oleh sebab itu dianjurkan menggunakan kendaraan umum, namun apabila pengunjung ingin mengendarai kendaraan pribadi maka bisa menuju lokasi pantai dengan menggunakan maps untuk mempermudah perjalanan. Selain itu diharapkan pengunjung telah menguasai rute jalan yang cukup terjal dan menanjak.

Keindahan Pantai Papuma Jember

Keindahan pantai papuma
Keindahan pantai papuma (by surabaya.liputan6.com)

Para pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan jati yang cukup lebat sebelum memasuki kawasan pantai. Hutan jati ini merupakan jalan masuk untuk menuju ke pantai, hutan tersebut bernama Hutan Maliki.

Hutan ini juga kaya akan flora dan fauna khas Indonesia, para pengunjung juga tak perlu khawatir saat melewati hutan ini karena pihak pengelola telah menyediakan jalur khusus bagi wisatawan yang hendak menuju pantai papuma jember.

Pantai nan indah ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Jember yang keindahannya begitu menawan hati. Yang membedakan pantai ini dengan pantainya ialah jika pantai lainnya adalah wisata teluk namun pantai papuma merupakan wisata tanjung.

Masyarakat sekitar juga menyebut pantai ini dengan nama Pantai Tanjung Papuma karena daratannya menjorok ke arah laut yang menyerupai sebuah tanjung. Hal unik lainnya yaitu bagian daratan papuma menjorok ke lautan, hal tersebut yang membuat pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.

Ciri khas lainnya yang dimiliki pantai ini adalah adanya 7 karang yang berukuran besar dan menjulang tinggi pada bagian depan pantai. Karena ukurannya cukup besar terkadang karang ini disebut sebagai pulau kecil.

Masyarakat sekitar memberikan nama pada masing-masing karang dengan nama Pulau Krisna, Pulau Batara Guru, Pulau Nusa Barong, Pulau Narada, Pulau Kajang dan juga Pulau Kodok. Satu karang tidak diberikan nama karena alasan mistis mengenai karang tersebut.

Setibanya di pantai ini kalian akan dibuat takjub dengan panorama pantai yang indah didepan mata kalian. Keindahan pantai dengan pantai pasir putih yang bersih serta karang berukuran besar dan juga angin sepoi-sepoi membuat kalian akan merasakan sensasi wisata yang menyenangkan di pantai ini.

Saat air laut surut pengunjung juga bisa berdiri atas karang dan juga menikmati terpaan angin yang membuat kalian akan merasa betah berlama-lama di pantai.

Namun pengunjung tetap dihimbau untuk berhati-hati karena batu karang memiliki tekstur yang tajam dan kasar yang bisa melukai kaki. Selain itu apabila beruntung kalian juga bisa melihat kelincahan ikan-ikan kecil yang berenang di sekitaran karang saat laut surut.

Pantai papuma selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berasal dari berbagai kota dan daerah di seluruh Indonesia. Tak hanya wisatawan domestik saja yang tertarik akan keindahan pantai ini namun wisatawan mancanegara juga tak kalah antusias menikmati keindahan pantai yang begitu elok saat dipandang.

Banyak juga fotografer yang mendatangi kawasan wisata ini untuk mengabadikan foto landscape keindahan karang-karang yang menjulang dengan kokohnya.

Lokasi pantai ini juga banyak dijadikan sebagai tempat prewedding para calon pengantin karena wisata ini menawarkan banyak sekali spot-spot menarik yang begitu indah. 

Baca juga: Pantai Gili Labak – Rute, Tiket Masuk, & Penginapan

Aktivitas Seru yang Dapat dilakukan di Pantai Tanjung Papuma

Pantai papuma jember
Pantai papuma (Photo by cariinfoyuk.com)

Keindahan pantai dan karang di pantai ini memang mampu membuat semua orang terpana saat melihatnya. Selain menikmati keindahan pemandangan dengan pantai pasir putih ini, kalian juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya di pantai tanjung papuma ini seperti :

Mendaki Tebing Karang

Menikmati keindahan pantai secara keseluruhan pengunjung bisa mendaki ke puncak siti hinggil yang ada di bagian atas bukit karang,untuk dapat menaikinya telah disediakan anak tangga yang memudahkan pengunjung yang ingin melihat keindahan pantai dari atas.

Setibanya diatas siti hinggil kalian akan melihat pantai papuma dari ujung hingga ujung yang begitu elok. Dari sini kalian juga bisa menyaksikan dengan jelas ketujuh karang yang menjadi ciri khas pantai ini.

Hunting Foto

Pantai yang juga memiliki pasir putih yang cukup luas ini juga sayang sekali untuk dilewatkan. Air pantainya juga sangat jernih dan berwarna biru membuat pantai ini begitu manis dengan hamparan pasir putihnya.

Keberadaan karang-karang yang menjulang tinggi juga menambah kesan kemegahan semua itu merupakan sebuah perpaduan yang cukup unik dan sempurna. Banyak sekali pengunjung yang datang untuk berfoto dan berselfie ria bersama kawan-kawan.

Foto dengan latar belakan gagahnya batuan karang juga akan membuat hasil foto terlihat aesthetic dan begitu mengagumkan. Tak heran apabila kawasan wisata pantai ini dijadikan tempat foto-foto kekinian oleh para millenial karena spot foto yang ada di sini juga sangat instagramable. 

Camping

Bagi kalian yang merasa ingin berlama-lama di pantai ini kalian juga bisa mendirikan tenda untuk camping bersama teman ataupun keluarga. Suasana pantai yang cukup sejuk di siang hari dan cukup dingin di malam hari sangat cocok jika ingin ngecamp disini.

Diperlukan beberapa persiapan dan biaya bagi kalian yang ingin ngecamp di pantai tanjung papuma. Bagaimana penasaran serunya ngecamp di pinggiran pantai papuma jember? Datang dan coba sendiri sensasi keseruannya.

Tiket Masuk

Tiket masuk pantai papuma bagi wisatawan domestik dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang untuk weekdays sedangkan untuk weekend pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 17.500 per orang.

Sedangkan untuk wisatawan  mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp 30.000 per orang untuk weekdays dan juga weekend. 

Demikian informasi mengenai pantai papuma jember yang dapat advontura sampaikan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan juga memberikan gambaran mengenai destinasi wisata pantai tanjung papuma yang ada di Jember. Sampai jumpa kembali pada ulasan objek wisata seru lainnya.

Baca juga: Pantai Losari – Sejarah, Daya Tarik hingga Letaknya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *