1. Pantai

Wisata Pantai Pandawa Bali – Sejarah, Lokasi, & Harga Tiket

Sobat Advontura tentu sudah tahu jika Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata alam yang memukau, bukan? Yup, salah satunya adalah Pantai Pandawa Bali.

Wisata Pantai Pandawa atau dikenal juga sebagai Secret Beach (Pantai Rahasia) merupakan destinasi liburan yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke pulau eksotis tersebut. Indahnya pemandangan dijamin membuat pengunjung tak ingin beranjak pergi dari sini.

Penasaran seperti apa penampakan wisata Pantai Pandawa selengkapnya? Yuk baca artikel berikut sampai habis.

Sejarah Nama Pantai Pandawa Bali

Sebelum terkenal dengan nama Pandawa, masyarakat lokal menyebutnya sebagai Pantai Kutuh. Hal tersebut dikarenakan lokasinya berada di Desa Kutuh. Namun, tak sedikit pula warga sekitar yang memberinya julukan Pantai Rahasia atau Secret Beach.

Rupanya, julukan tersebut diberikan karena dulunya letak Pantai Pandawa tersembunyi dibalik batuan kapur yang dipenuhi pohon dan semak belukar. 

Sehingga jika ingin berkunjung kesana, orang-orang harus menuruni tebing batuan kapur yang curam. Hal ini menyebabkan daerah pantai dan Desa Kutuh terisolir. Masyarakat Kutuh pun berinisiatif untuk membuat jalan dengan cara memecah tebing batuan kapur.

Hingga di tahun 2010, tebingan batuan kapur yang selama ini menjadi penghalang menuju akhirnya berhasil dibelah dan desa memiliki akses jalan. Tepat pada tanggal 27 Desember 2012, pantai tersebut diresmikan serta berubah nama menjadi Pantai Pandawa.

Wisata Pantai Pandawa Bali

Begitu memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut oleh pemandangan tebing kapur tinggi mencapai 100 meter yang berada di sisi kiri dan kanan jalan. 

Tidak hanya itu, ada juga patung tokoh pewayangan Pandawa yang terletak di antara dinding-dinding tebing. Tidak jarang wisatawan berswafoto di depan patung-patung tersebut.

Begitu melewati area ini, pengunjung akan dibuat terpukau dengan panorama alam yang disajikan. Mulai dari hamparan pasir halus berwarna putih, warna kehijauan dari air laut di pinggir pantai, hingga warna biru menandakan kedalaman air laut. Pesona inilah yang akan membuat pengunjung takjub dan betah berlama-lama di sana.

Keindahan panorama alam ini sudah bukan suatu hal yang perlu diragukan lagi, sehingga tidak heran jika wisata Pantai Pandawa menjadi destinasi liburan wajib di Pulau Bali.

Kegiatan Menarik di Pantai Pandawa

pantai Pandawa
pantai Pandawa (Photo by reviewukalapak)

Selain menikmati panorama pantai dan keindahan pemandangannya, Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan menarik seperti:

Berenang

Berenang merupakan kegiatan utama yang bisa anda lakukan saat berwisata ke pantai ini. Tidak perlu khawatir, karena ombak disini relatif tenang dan tidak terlalu besar, sehingga anda pun bisa berenang dengan nyaman. 

Namun diharapkan pengunjung juga tetap harus waspada dan berhati-hati saat demi keselamatan diri sendiri.

Berjemur dan Bersantai di Tepi Pantai

Jika malas untuk bermain air, wisatawan dapat berjemur dan bersantai di tepi pantai. anda bisa membawa tikar sendiri atau menyewa kursi lengkap dengan payung lebar yang akan melindungi anda dari panasnya sinar matahari. Pengunjung dapat menyewa peralatan tersebut dengan tarif sebesar Rp 50.000 tanpa ada batas waktunya.

Keliling Pantai Menggunakan Kano

Meskipun ombak di tengah pantainya biasa dimanfaatkan para peselancar, namun arus ombak di tepinya relatif tenang dan aman untuk kegiatan berkano.

Tarif sewa kano sendiri cukup terjangkau. Pengunjung dapat menyewa kano dengan kapasitas 1 orang dengan tarif Rp 25.000/jam. Sedangkan untuk kapasitas 2 orang, tarif sewa sebesar Rp 50.000/jam. Penyewaan kano ini sudah dilengkapi fasilitas jaket pelampung sebagai alat keselamatan saat bermain.

Bermain Paralayang

Jika wisatawan ingin menikmati keindahan Pantai Pandawa dari ketinggian, cobalah kegiatan olahraga memacu adrenalin yakni paragliding (paralayang) dari atas bukit Timbis.

Tarif sewa peralatan paralayang cukup bervariasi tergantung jenis paket yang diambil. Namun biasanya, tarif penyewaan peralatan paralayang di mulai dari harga Rp 400 ribu.

Melihat Budidaya Rumput Laut

Keunikan yang jarang anda temui di wisata pantai lainnya yaitu melihat budidaya rumput laut. Di tempat wisata ini siapapun dapat melihat dari dekat aktivitas petani rumput laut bekerja. Mulai dari mengikat benih, menanam di laut, hingga menjemur rumput laut.

Lokasi Pantai Pandawa Bali

Lokasi Pantai Pandawa Bali berada di Jalan Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini berjarak 25,5 km dari Pusat Kota Denpasar dan membutuhkan waktu tempuh selama 46 menit hingga 60 menit untuk sampai di lokasi.

Situasi ini tergantung dari kondisi jalan dan rute yang anda tempuh. Terlebih jalan menuju tempat wisata cukup berliku dan termasuk area rawan kemacetan, terutama di kawasan Garuda Wisnu Kencana(GWK) Jimbaran.

Baca juga: Pantai Melasti Bali – Lokasi Hingga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk

Pantai Pandawa
Pantai Pandawa (Photo by travelspromo)

Harga tiket masuk Pantai Pandawa Bali terbilang cukup terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 8.000 untuk wisatawan lokal, Rp 15.000 untuk wisatawan asing, dan Rp 4.000 untuk anak-anak.

Para pengunjung yang membawa kendaraan juga dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4, Rp 2.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 10.000 untuk bus pariwisata.

Hotel Terdekat

Setelah menikmati pesona alam Pantai Pandawa, pengunjung juga bisa bermalam atau menginap di hotel ataupun penginapan yang letaknya tidak jauh dari kawasan wisata tersebut.

Banyak sekali pilihan hotel dan penginapan yang bisa anda temukan di dekat kawasan wisata ini dengan berbagai pilihan harga dan fasilitas menarik di dalamnya. 

Beberapa hotel dekat Pantai Pandawa yang dapat dijadikan pilihan untuk bermalam adalah Puri Pandawa Resort, Green Bowl Beach Villas, Ady Homestay, Luxury Clifftop Villas of Bali, Indigo Dream Surf & Holiday Retreat dan masih banyak lagi lainnya.

Restoran di Pantai Pandawa Bali

Jangan Khawatir apabila anda merasa lapar setelah seharian menyusuri Pantai Pandawa. Sebab di sekitar area pantai terdapat banyak sekali warung maupun restoran yang menjual berbagai macam makanan dengan ciri khasnya sendiri. 

Daftar warung dan restoran di Pantai Pandawa Bali yang bisa anda jadikan pilihan berwisata kuliner antara lain Warung Merta Mesari, Pandawa Breeze, Roosterfish Beach Club, Goodway Sunrise Cafe dan masih banyak lagi lainnya.

Demikian informasi mengenai wisata ataupun sejarah Pantai Pandawa Bali, semoga informasi di atas bermanfaat dan berguna bagi anda sebagai referensi untuk menghabiskan waktu liburan. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata seru lainnya.

Baca juga: Tempat Wisata di Bali yang Keren dan Instagramable

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Wisata Pantai Pandawa Bali – Sejarah, Lokasi, & Harga Tiket

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]