Wisata Pantai Oetune, Gurun Pasir ala NTT yang Eksotis

Pantai Oetune NTT (sumber: Instagram)
Pantai Oetune NTT (sumber: Instagram)
Gurun pasir tak hanya ada di Timur Tengah, namun juga ada di Indonesia. Pantai Oetune nama tempatnya. Yuk ikuti informasi selengkapnya di Advontura.
Daftar isi

Indonesia memiliki sejuta pesona alam yang tak ada habisnya. Tak hanya di bagian barat, Indonesia bagian timur memiliki banyak tempat wisata yang jarang terjamah manusia. Banyak pantai indah yang dimiliki oleh negara kita, tentu dengan keunikannya masing-masing. Salah pesona tak terhingga yang dimiliki oleh pantai di Nusantara adalah Pantai Oetune NTT.

Pantai Oetune memiliki beragam daya tarik yang membuat tempat wisata ini ramai dikunjungi. Lautnya yang biru, angin yang sejuk, dan tentu keberadaan gumuk pasir yang membuat pantai ini semakin unik. Yuk intip daya tarik pantai Oetune selengkapnya di bawah ini!

Cantiknya Laut Timor Tengah Selatan di Pantai Oetune

Melakukan Yoga di Pantai dengan Laut yang Cantik (@chinchin72 on Instagram)
Melakukan Yoga di Pantai dengan Laut yang Cantik (@chinchin72 on Instagram)

 

Pantai Oetune adalah pantai dengan laut biru yang memiliki banyak gurun pasir. Sebenarnya, gurun pasir ini adalah gumuk pasir yang terakumulasi akibat terbawa ombak dari dasar laut dan tertiup angin. Sangat unik sekali, bukan? Tak hanya di padang pasir, gurun pasir pun ada di tepi pantai Indonesia.

Selain itu, air laut yang biru pun sangat memanjakan mata. Kamu bisa berenang dan berselancar di air laut yang jernih. Namun, tetap berhati-hati karena laut ini memiliki gelombang ombak yang unik ketika menggulung bibir pantai. Dan karena pasirnya halus, ombak dapat dengan mudah menarik apapun dari bibir pantai ke tengah laut. Di samping itu, suasananya pun sejuk dengan hembusan angin laut yang kencang. 

Artikel Terkait

Tak hanya itu, keberadaan pohon Kasuari dan Lontar ikut menghiasi dengan jarak 6-8 meter dari laut. Bersantai di pantai dengan menikmati segarnya buah lontar adalah aktivitas yang sayang untuk dilewatkan. Untuk harga buah lontar sendiri sangat murah, yaitu sekitar Rp3.000-Rp5.000 per buahnya. Kamu bisa membelinya pada anak-anak yang menjual buah ini. 

Bagi Advonturers yang ingin mengunjungi pantai ini, kamu bisa datang ke Tuafanu, Kualin, Kab. Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Bagaimana Advonturers, sudah tertarik untuk berkunjung ke pantai Oetune?

Daya Tarik Pantai Oetune

1. Eksotisnya Gurun Sahara ala NTT

Foto Prewedding di Gumuk Pasir (@erichprayudi on Instagram)
Foto Prewedding di Gumuk Pasir (@erichprayudi on Instagram)

Tentunya, keberadaan gurun sahara pantai Oetune menambah keunikan tempat wisata ini. Jika biasanya kita hanya dapat melihat gurun pasir di Timur Tengah, namun kini dapat melihatnya secara langsung di Indonesia. Pasirnya halus ketika digenggam karena butirannya kecil. Kemudian terbentuk ulir di permukaannya akibat tiupan angin, hal ini menambah keeksotisan pantai Oetune.

Lokasinya pun tak terlalu jauh dari bibir pantai, yaitu sekitar 200 meter. Kamu bisa berjalan kaki hingga ke sana. Dengan luas yang mencapai kurang lebih 100 meter persegi, gumuk pasir ini bak gurun sahara cantiknya. Karena keindahannya, banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai tempat photoshoot, seperti foto prewedding atau sekadar foto bersama keluarga.

Sedikit tips buat kamu yang ingin ke gumuk pasir, sediakan kacamata hitam dan masker. Karena banyak butiran pasir yang berterbangan dan dapat masuk ke dalam mata. Selain itu, gunakan sandal jepit atau sandal biasa. Tidak disarankan menggunakan sepatu karena dapat dengan mudah terisi pasir.

2. Sandboarding dengan Pemandangan Laut Biru

Dapat Bermain Sandboarding dengan Pemandangan Laut Biru (@ayodolan on Instagram)
Dapat Bermain Sandboarding dengan Pemandangan Laut Biru (@ayodolan on Instagram)

Jika ingin melakukan sandboarding, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di gumuk pasir pantai Oetune, kamu dapat melakukan sandboarding dengan hamparan laut biru di hadapannya. Tak terkecuali, cerahnya langit pun ikut menambah keasyikan sandboarding. 

Karena karakteristik gumuk pasir pantai Oetune yang berbukit-bukit, sangat pas melakukan olahraga ini. Selain itu, ketinggian gumuk pasir yang berbeda-beda, dapat memudahkan kamu untuk menentukan tingkat ketinggian snowboarding. Jika masih pemula, disarankan untuk memulainya dari tingkat yang rendah terlebih dahulu.

Sayangnya, di pantai Oetune belum disediakan tempat penyewaan alat snowboarding, seperti papan luncur atau kaca mata. Sehingga jika kamu ingin bermain, kamu dapat membawa peralatannya dari rumah.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset yang Indah

Sunrise di Pantai Oetune (@mepiebong on Instagram)
Sunrise di Pantai Oetune (@mepiebong on Instagram)

Salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset adalah di pantai. Kamu dapat melihat jelas terbit dan tenggelamnya matahari di ujung laut karena tidak ada yang menghalangi, selain hamparan laut biru yang luas. Termasuk di pantai Oetune.

Indahnya matahari jingga yang hendak muncul dan turun di ujung laut sana, ikut menambah kecantikan pantai ini. Selain di bibir pantai, kamu juga dapat menikmatinya di atas gumuk pasir yang tinggi. Sehingga terlihat jelas permukaan laut keemasan yang terpantul cahaya matahari dengan suara deburan ombak yang berlari menuju pesisir.

Harga Tiket Masuk

Pantai Oetune NTT (@pet_dedi_fernandez on Instagram)
Pantai Oetune NTT (@pet_dedi_fernandez on Instagram)

Harga untuk dapat masuk ke pantai ini masih sangat murah. Harga tiket masuk ke pantai Oetune adalah Rp3.000/orang. Untuk parkir motor hanya perlu Rp2.000 saja dan untuk parkir mobil sebesar Rp5.000. Namun, perlu diingat ya, harga ini sewaktu-waktu dapat berubah. Sehingga selalu sediakan uang lebih ketika berkunjung ke sini.

Fasilitas di Pantai Oetune

Rumah Lopo-Lopo Utama di Pantai Oetune (@andrikilua on Instagram)
Rumah Lopo-Lopo Utama di Pantai Oetune (@andrikilua on Instagram)

Kamu tidak perlu khawatir ketika berkunjung pantai Oetune, karena fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Berikut fasilitas umum yang tersedia di sekitar pantai.

  • Terdapat 7-9 lopo-lopo (rumah tradisional Pulau Timor) yang dapat dijadikan tempat bersantai
  • Toilet dan kamar bilas
  • Kios makanan dan minuman ringan
  • Area parkir yang luas dan cukup untuk memarkir motor dan mobil

Penginapan di Pantai Oetune

Bersantai di Gumuk Pasir (@daengkukuw on Instagram)
Bersantai di Gumuk Pasir (@daengkukuw on Instagram)

Bagi kamu yang ingin berencana menginap di sekitar pantai ini, kamu dapat menemukan beberapa tempat penginapan di kota Soe. Jarak yang ditempuh sekitar 70 kilometer dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 1.5 jam. Mengapa harus di kota Soe? Karena sayangnya belum tersedia tempat penginapan di sekitar tempat wisata.

Akses Menuju Tempat Wisata

Laut Biru dan Pasir Putih Oetune (@vanda2510 on Instagram)
Laut Biru dan Pasir Putih Oetune (@vanda2510 on Instagram)

Meskipun sering disebut pantai Oetune Kupang, jarak dari kota Kupang menuju tempat wisata adalah sekitar 115 kilometer. Dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam, bagi kamu yang menaiki mobil. Jika menggunakan motor, tentu akan memakan waktu lebih lama lagi. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa menyewanya di kota Kupang.

Jalur yang digunakan adalah jalur lintas selatan dengan kondisi jalan yang bervariatif. Contohnya, seperti naik turun bukit, berkelok-kelok, dan melewati pemukiman warga. Sehingga kamu perlu memiliki skill menyetir yang baik. Jika tidak ingin menyetir, kamu bisa sekaligus menyewa supir ketika menyewa kendaraan.

Dan tentunya, di sepanjang perjalanan kamu akan disambut pemandangan alam NTT yang luar biasa. Dengan deretan rumah tradisional khas pulau Timor pun akan menyambut kamu. Rimbunnya pepohonan yang menjulang di sepanjang jalan, kemudian akan digantikan birunya air laut yang ikut meramaikan pemandangan.

Faktanya, selain pantai Oetune, terdapat juga pantai Kolbano yang tak kalah indahnya. Jika kamu ingin pergi ke sana, kamu dapat mengambil arah lurus di persimpangan. Dan tak lama kemudian, jika sudah ada spanduk tempat wisata pantai Oetune, maka kamu dapat belok ke arah kanan menuju tempat wisata.

Baca Juga: Pantai Goa Cina Malang – Rute Hingga Tiket Masuknya

Bagaimana Advonturers, sudah ingin cepat packing dan pergi ke pantai Oetune? Sedikit tips sebelum berangkat, buatlah rencana sematang mungkin. Rencanakan budget yang akan dikeluarkan dan barang bawaan yang diperlukan dengan matang. Ketika sampai di kota Kupang, jangan lupa juga untuk menyewa kendaraan agar dapat pergi menuju lokasi tempat wisata.

Tetap menjaga kebersihan dan memakai masker, ya. Jangan lupa selalu ikuti aturan dan norma setempat yang berlaku. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *