1. Pantai

Pantai Ngliyep Malang: Rute, Tiket Masuk, dan Kegiatan Menarik

Pantai Ngliyep Malang adalah salah satu pantai di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini menawarkan pemandangan batuan kapur yang indah lengkap dengan hamparan pasir putihnya. 

Advontura kali ini akan membahas lebih dalam mengenai Pantai Ngliyep, mulai dari rute, tiket masuk, sampai kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan di sana. Seperti informasi selengkapnya? Yuk simak pembahasan selengkapnya dalam artikel Advontura kali ini!

Sekilas tentang Pantai Ngliyep

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Pantai Ngliyep Malang, kamu harus mengetahui terlebih dahulu di mana pantai ini berada. Lokasi Pantai Ngliyep berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, sekitar 62 km arah selatan dari Kota Malang.

Kawasan wisata Pantai Ngliyep memiliki luas sekitar 10 hektar, yang mencakup hutan lindung, area wisata, fasilitas penginapan, dan ruang parkir. Di pantai ini, terdapat sejumlah fasilitas, termasuk empat pesanggrahan, enam penginapan, dan dua cottage.

Sumber: Rumah123

Sejak tahun 1980-an, Pantai Ngliyep telah menjadi tujuan wisata populer di Jawa Timur. Bahkan sebelum Pantai Balekambang dan Pantai Sendangbiru menjadi terkenal di kalangan wisatawan, Pantai Ngliyep telah lama dikenal sebagai destinasi wisata.

Menurut sejarahnya, pantai ini ditemukan pertama kali oleh Mbah Atun, seorang perantau asal Yogyakarta, pada tahun 1919 dan dibuka untuk umum pada tahun 1951. Pantai Ngliyep memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pasir putih yang lembut dan area bermain yang luas yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Selain itu, pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing curam dan hutan tropis yang luas. Terdapat juga sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang yang memiliki sebuah petilasan yang bisa kamu kunjungi.

Suara ombak yang menenangkan juga membuat pengalaman di pantai ini semakin lengkap. Oleh karena itu, pantai ini bernama Ngliyep, yang berarti bahwa siapa pun yang melihat pantai ini akan merasa mengantuk dan tertidur, di mana dalam bahasa Jawa diartikan sebagai “liyep-liyep”.

Rute Menuju Pantai Ngliyep Malang

Tak perlu khawatir, akses menuju Pantai Ngliyep sangatlah mudah karena seluruh jalannya sudah beraspal. Dari pusat Kota Malang, perjalanan ke pantai ini hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam saja.

Jika kamu memilih menggunakan angkutan umum dari Kota Malang, ada pilihan mikrolet jalur GN1, yang melalui rute Gadang-Ngliyep lewat Donomulyo, atau jalur GN2, yaitu rute Gadang-Ngliyep lewat Sumbermanjing Kulon, yang sekarang lebih terkenal sebagai Kecamatan Pagak.

Sumber: Wikipedia

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Jika perjalanan kamu mulai dari Kota Malang, kamu cukup mengikuti rute menuju arah Karangkates atau Kepanjen. Setelah itu, lanjutkan perjalanan di jalan besar dan terus lurus menuju daerah Pagak.

Ketika kamu sudah tiba di Pagak, carilah jalan yang menuju Donomulyo. Begitu tiba di Donomulyo, kamu akan menemui papan penunjuk jalan yang akan mengarahkanmu ke Pantai Ngliyep. Cukup ikuti petunjuk jalan tersebut hingga kamu mencapai lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep

Bagi kamu yang berencana menjelajahi Pantai Ngliyep di Malang, jangan khawatir, karena tiket masuknya cukup terjangkau, hanya seharga Rp15.000. Selain itu, untuk biaya parkir, kamu hanya perlu menyediakan Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Sumber: Wikipedia

Bagi yang ingin camping, Pantai Ngliyep memungkinkan kamu untuk mendirikan tenda di sekitar pantai. Namun, jika kamu tidak ingin camping, kamu juga memiliki opsi untuk menginap di penginapan atau homestay dengan tarif berkisar antara Rp150.000 hingga Rp250.000 per malam.

Kamu bisa mengunjungi Pantai Ngliyep kapan saja karena pantai ini buka 24 jam. Meskipun demikian, kamu dapat datang pada sore hari sebelum matahari terbenam. Waktu ini adalah saat yang ideal untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di pantai ini, dan suasananya sudah tidak terlalu ramai.

Kegiatan Menarik di Pantai Ngliyep Malang

Di Pantai Ngliyep, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan menarik. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Bermain di Pantai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan lembut. Di sini, kamu bisa dengan bebas bermain dan berlarian di atas pasir putih. Anggap saja kamu sedang mengobati inner child dalam dirimu

Biasanya, banyak anak-anak senang membuat istana pasir dan bermain-main di sekitar pantai. Pasir yang halus ini juga nyaman dan aman untuk segala umur duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Pantai ini memiliki karakteristik yang landai dengan ombak yang tidak terlalu tinggi, sehingga banyak pengunjung menggunakan kesempatan ini untuk berenang dan bermain air. 

Hal baiknya adalah orang tua tidak perlu khawatir anak-anak akan terseret ombak besar karena di sepanjang pinggiran Pantai Ngliyep airnya relatif dangkal.

Menyaksikan Matahari Terbenam

Pemandangan Pantai Ngliyep semakin memukau saat matahari mulai tenggelam. Warna jingga matahari dan sentuhan senja yang mempesona menghiasi langit Pantai ini menjelang senja, menciptakan pemandangan yang benar-benar mengagumkan.

Banyak pengunjung yang dengan sabar menanti momen keindahan ini agar dapat mengabadikannya dalam foto yang sempurna untuk mereka unggah melalui media sosial. Ayunan yang terletak di tengah pantai menjadi tempat favorit para wisatawan untuk menyaksikan kecantikan matahari terbenam di pantai ini.

Tidak hanya itu, bukit-bukit di sekitar pantai juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Menikmati matahari terbenam di Pantai Ngliyep sambil duduk santai di atas pasir juga merupakan pengalaman yang luar biasa dan tidak terlupakan.

Kamu bisa berbagi momen indah ini dengan teman-teman Anda sambil menikmati minuman hangat atau segar. Pemandangan senja di Pantai Ngliyep diakui sebagai salah satu yang terbaik di Malang, dan merupakan pengalaman yang tak boleh kamu lewatkan.

Sumber: Wikipedia

Berkemah

Pantai Ngliyep Malang juga sering menjadi lokasi berkemah bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dalam waktu yang lebih lama. Dengan pepohonan rindang dan pasir pantai yang lembut, tempat ini sangat cocok untuk bersantai di malam hari.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah bintang-bintang dan pantai sambil menyalakan api unggun di sekitar area perkemahan mereka. Dengan bantuan sinar bulan, pengalaman berkemah dengan teman-teman akan menjadi momen yang sangat menyenangkan.

Bagi kamu yang ingin berkemah, tidak perlu khawatir membawa tenda dari rumah, karena pengelola telah menyediakan banyak tempat sewa tenda. Selain itu, jika kamu ingin menikmati hidangan khas Malang yang terkenal, warung-warung di sekitar pantai siap menjajakan makanan untuk kamu nikmati.

Tidak hanya itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk memancing dan menangkap ikan di laut yang dapat kamu makan ketika berkemah. Pengalaman berkemah di pantai ini pasti akan menjadi pengalaman yang baru dan berkesan bagimu.

Baca Juga: Pantai Talise:  Keindahan & Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba

Demikian pembahasan Advontura mengenai Pantai Ngliyep Malang. Semoga penjelasan kali ini membantumu menambah referensi pantai wisata di Jawa Timur!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Ngliyep Malang: Rute, Tiket Masuk, dan Kegiatan Menarik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]