1. Pantai

Pantai Ngandong: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik Wisatanya

Pantai Ngandong adalah pantai yang berada di kawasan Gunung Kidul. Pantai ini masih di area yang sama dengan Pantai Sundak, dengan hanya dibatasi sebuah bukit besar di sebelah timurnya. 

Pada kesempatan ini, Advontura akan membahas tentang lokasi, harga tiket, dan daya tarik dari Pantai Ngandong. Penasaran kan? Yuk simak artikel Advontura selengkapnya di bawah ini!

Tentang Pantai Ngandong

Pantai yang menjadi kebanggaan Gunung Kidul ini termasuk salah satu pantai tempat nelayan bersandar, meskipun tidak sepadat Pantai Sadeng atau Pantai Ngrenehan. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang halus dan bersih. Di tepi pantai terdapat batuan yang sering menjadi tempat untuk bermain air atau berbagai permainan air seperti kano.

Selain itu, pantai ini menawarkan pemandangan menarik berupa sebuah pulau yang terletak di tengah laut. Ketika air surut, pengunjung dapat mengunjungi pulau tersebut dengan berjalan kaki. Para pencari ikan juga sering beraktivitas di sekitar pulau ini.

Sumber: Beritawisata

Keunikan pantai ini terlihat dari dua bukit batu karst yang berada di kanan dan kiri pantai. Bukit karst yang cantik dan berwarna hijau memberikan keindahan tambahan dan sangat cocok untuk kamu abadikan dalam foto. Jika kamutertarik dengan bukit karst tersebut, tak perlu khawatir, karena pengunjung diperbolehkan naik ke bukit karst saat cuaca sedang cerah. Dari puncak bukit karst, kamu dapat melihat pantai dan lautan lepas dengan lebih jelas. Namun, tetaplah berhati-hati untuk menjaga keselamatan, karena bukit ini memiliki ketinggian dan kemiringan yang cukup signifikan.

Lokasi dan Rute Pantai Ngandong

Secara geografis, Pantai Ngandong terletak di Jl. Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidu, Yogyakartal. Dari pusat Kota Jogja, kamu dapat mengarahkan perjalanan ke selatan hingga mencapai Piyungan, lalu melanjutkan ke Pathuk. Teruskan perjalanan hingga mencapai pertigaan Lanud Gading, kemudian belok kanan menuju Playen dan Paliyan, ikuti jalan hingga mencapai Pantai Baron, dan temukan papan petunjuk Pantai Ngandong sebelum mencapai Pantai Baron. Perjalanan menuju Pantai Ngandong membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Sumber: Wisata App

Untuk mencapai pantai ini, kamu dapat masuk ke area Pantai Sundak dan berkendara sejauh 100 meter ke arah barat menuju Pantai Ngandong. Kendaraan dapat diparkir di Pantai Sundak atau Pantai Ngandong. Jalan menuju kawasan pantai ini dapat kamu lalui menggunakan kendaraan pribadi. Pantai ini memiliki fasilitas lengkap, seperti toilet, musala, tempat makan, penginapan, permainan air, tempat pelelangan ikan, camping ground, dan area parkir untuk mobil dan motor.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong

Biaya masuk ke Pantai Ngandong sangat terjangkau, hanya sekitar Rp10.000. Harga tersebut juga mencakup tiket masuk untuk mengeksplor pantai-pantai lain di sekitarnya. Sungguh terjangkau, bukan?

Bagi kamu yang ingin menjelajahi pantai, tersedia perahu yang dapat kamu sewa dari nelayan setempat. Menikmati keindahan pantai yang alami bisa lebih dekat dengan perahu ini. Untuk menyewa perahu, kamu hanya perlu membayar Rp50.000 tanpa batasan waktu, sehingga kamu dapat menikmati bermain perahu sepuasnya. Meskipun perahu dioperasikan oleh nelayan berpengalaman dan aman, tetaplah berhati-hati. Jika kamu tertarik dengan kehidupan bawah laut, snorkeling juga merupakan pilihan yang dapat kamu coba bersama rombongan.

Sumber: Bobobox

Tenang, Pantai Ngandong menyediakan perlengkapan snorkeling yang dapat kamu sewa dengan harga terjangkau. Selain baju khusus snorkeling, kamu juga dapat menyewa kamera snorkeling dengan biaya sekitar Rp50.000. Pastinya, kesempatan ini tidak boleh dilewatkan, bukan?

Bagi yang suka tantangan, disarankan untuk mencoba jetski. Meskipun biaya sewa jetski relatif tinggi, pengalaman luar biasa dan uji adrenalin yang akan kamu dapatkan pasti sebanding.

Daya Tarik Pantai Ngandong

Berikut adalah beberapa daya tarik yang dapat kamu temukan di Pantai Ngandong.

1. Menyaksikan Matahari Terbenam

Pantai Ngandong menjadi salah satu destinasi dengan pemandangan matahari terbenam yang indah di Gunung Kidul. Keindahan ini terjadi karena pantai ini terletak langsung menghadap Samudera Hindia, dengan sedikit cenderung ke arah barat. Sangat ideal untuk dikunjungi saat senja, terutama jika kamu ingin menikmati momen tersebut bersama orang terkasih.

2. Berfoto di Pohon Cemara Udang

Selain sebagai tempat yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah, Pantai Ngandong juga menonjolkan daya tariknya melalui keberadaan Cemara Udang. Pohon cemara udang yang tumbuh subur di area ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk dijadikan latar belakang foto dan sebagai tempat berteduh setelah melakukan berbagai aktivitas di tepi pantai.

Sumber: TripAdvisor

3. Menikmati Pasir Putih

Selain keindahan warna air lautnya, Pantai Ngandong juga terkenal akan pesona pasir putihnya yang indah. Pihak pengelola pantai menjaga kebersihan pantai ini dengan penuh perhatian, sehingga para pengunjung dapat menikmati cantiknya pasir putih alami. Ketika ombak menyapu sepanjang tepian pantai, warna pasir putih berubah menjadi nuansa krem atau sedikit kecokelatan, memberikan tambahan gradasi warna yang indah pada pantai ini.

4. Menyaksikan Batuan Karang

Di bawah Pantai Ngandong, terdapat formasi bebatuan karang yang menawan ketika air laut surut. Batu-batu ini dipenuhi oleh lumut dan rumput laut hijau, menciptakan pemandangan yang luar biasa. Banyak wisatawan yang aktif mencari momen untuk mengabadikan foto eksotis dengan latar belakang batu karang indah ini.

5. Sumber Air Tawar di Dalam Laut

Kamu juga dapat menemukan fenomena alam yang unik di pantai satu ini, yakni adanya sumber air tawar di dalam laut. Terletak di sekitar salah satu bukit karang, sumber air tawar ini mengalir dari dalam laut. Saat diperhatikan lebih dekat, mata air tersebut tampak seolah-olah sedang mendidih karena adanya gelembung-gelembung yang naik ke permukaan. Tentu saja, hal ini menciptakan pengalaman yang menarik bagi para wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga: Pantai Serangan Bali: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Demikian pembahasan Advontura mengenai lokasi, harga tiket, dan daya tarik wisata dari Pantai Ngandong. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Ngandong: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik Wisatanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]