Pantai Menganti – Wisata Eksotis Kebumen yang Wajib Dikunjungi

Pantai menganti
Photo by merdeka.com
Daftar isi

Bagi Anda yang hendak pergi ke kota Cilacap, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Menganti. Meski belum terkenal dan tidak diketahui banyak orang, pantai ini menawarkan panorama pemandangan yang cukup menakjubkan. Salah satu pantai di pesisir Jawa Tengah ini sering disebut dengan New Zealand-nya Indonesia, lho.  

Hamparan laut dan bukit hijau di sekitar pantai mampu menghipnotis setiap mata yang memandangnya. Selain tampilannya yang memukau, pantai ini juga memiliki banyak spot foto menarik. 

Apakah Anda penasaran dengan daya tarik pantai ini? Simak ulasan lengkapnya mengenai lokasi wisata, harga tiket masuk dan apa saja spot foto yang instagramable melalui artikel berikut. 

Lokasi Pantai Menganti

Alamat lengkap dari Pantai Menganti adalah terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Apabila Anda sedang berada di pusat kota Kebumen, membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai disini. 

Tiket Masuk Pantai Menganti

Indahnya pemandangan pada objek wisata baru ini, membuat harga tiket masuk Pantai Menganti cukup terjangkau dari pantai-pantai lainnya di Cilacap maupun sekitar kota Kebumen. 

Artikel Terkait

Siapkan uang tunai sebesar Rp10.000 untuk masuk ke lokasi pantai. Pembelian tiket sudah termasuk dengan biaya parkir sehingga Anda tidak perlu menyisihkan uang untuk membayar lagi. 

Jam Buka

Sebelum Anda berangkat ke lokasi, sebaiknya mengetahui informasi tentang jam buka pantai. Salah satu keunggulan dari tempat ini adalah lokasi dibuka selama 24 jam sehingga wisatawan dapat berkunjung kesini kapan saja. 

Rute Tercepat Menuju Lokasi Pantai Menganti

Terdapat dua jalur untuk mengunjungi tempat ini. Pertama, dari arah pusat kota Kebumen. Pilih jalur selatan yang hanya menempuh waktu perjalanan sekitar 60 menit. Rute yang dilewati adalah Kebumen-Petanahan-Puring-Karang Bolong-Menganti. 

Kedua, dari arah Kota Purwokerto. Pilih rute yang melewati Pantai Ayah dan Pantai Logending. Selanjutnya, Anda akan menemukan perempatan. Ambil arah ke kiri untuk menuju ke lokasi Pantai Menganti. eok

Ketika Anda hendak berwisata disini, sebaiknya menggunakan kendaraan atau mobil pribadi. Karena saat ini lokasi belum bisa diakses oleh transportasi umum seperti bus. 

Baca juga: Pesona Pantai Ngrawe Jogja yang Instagramable

Daya Tarik Pantai Menganti Cilacap

pantai-menganti
Pantai menganti (Photo by explorewisata.com)

Pantai yang baru diresmikan pada tahun 2011 ini keindahan menawan. Karena lokasinya dikelilingi oleh perbukitan hijau, siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum dan tidak ingin cepat pulang ke rumah. 

Sebelum dijadikan sebagai objek wisata, tempat ini dulunya adalah lokasi pendaratan para nelayan setelah mencari ikan di laut. Seiring berjalannya waktu, lokasinya diubah menjadi tempat pelelangan ikan (TPI) yang estetik untuk difoto. 

Meski hanya TPI, kapal-kapal yang bersandar dengan rapi di tempat ini sangat bagus dipotret dari atas dengan menggunakan drone atau kamera khusus. 

Selain itu, juga terdapat mercusuar dengan tinggi sekitar 20 meter. Anda bisa menikmati pemandangan pantai dengan leluasa. Para anak muda sering menjadikan spot foto ini untuk menunggu momen tenggelamnya matahari sunset di sore hari. 

Spot Foto Instagramable

Selain daya tarik diatas, Pantai Menganti Cilacap juga memiliki beberapa spot foto yang unik dan Instagramable. Simak informasinya melalui poin-poin berikut:

Tebing Bidadari

Salah satu surga tersembunyi di pantai ini adalah Tebing Bidadari. Tempat ini diapit oleh perbukitan Karst sehingga terlihat memukau apabila dilihat dari atas. Selain itu, spot ini menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk berfoto. Untuk mendapatkan hasil foto terbaik, gunakan tambahan properti seperti topi, kacamata dan slayer. 

Hamparan Pasir Putih

Pasir putih dan bebatuan karang di tempat ini terkenal bersih dan memiliki ombak yang tidak besar. Selain swafoto, Anda dapat berenang atau melakukan surfing. Selain itu, keindahan sunrise dan sunset-nya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. 

Jembatan Merah

Merupakan ikon terkenal di pada lokasi wisata ini. Untuk menuju kesini, Anda bisa mencoba shuttle bus gratis yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

 Waktu perjalanan pun terbilang cukup singkat, yakni hanya membutuhkan sekitar 10 menit dari halte

Bukit Sigatel

Selain berswafoto dengan background pantai, Anda dapat mendaki Bukit Sigatel untuk mencari sensasi baru. Pastikan memakai baju yang nyaman dan sepatu gunung saat melakukan pendakian. 

Lembah Menguneng 

Tempat inilah yang menjadikan Pantai dari Kota Cilacap memiliki sebutan sebagai New Zealand-nya Indonesia. Karena memiliki panorama indah yang terbukti dengan hamparan bukit dan lembah berwarna hijau. 

Fasilitas

Meski berada jauh dari kawasan perkampungan, para wisatawan tidak perlu khawatir. Karena telah tersedia fasilitas lengkap seperti toilet, kamar mandi, mushola, area parkir, kios makanan, penginapan, homestay hingga villa. 

Berwisata di Pantai Menganti Cilacap memang seru dan membuat pengunjung memiliki momen yang tak terlupakan. Untuk berkunjung kesini, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saja untuk menikmati keindahannya. 

Itu tadi ulasan singkat namun tetap lengkap mengenai Pantai Menganti yang berlokasi di Kota Kebumen. Tertarik untuk mengunjunginya?

Baca juga: 30 Pantai di Malang: Surga Indah Tersembunyi

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *