30 Wisata Pantai di Malang Selatan Paling Bagus dan Favorit

Pantai batu bengkung
Pantai batu bengkung
Daftar isi

Pernah mendengar istilah penyebutan ‘seribu pantai’? Kabupaten Malang sudah sepantasnya mendapatkan julukan ini. Terdapat beragam destinasi wisata pantai yang tersebar di bagian selatan dari pusat Kota Malang. Kali ini advontura telah menyediakan rekomendasi 30 pantai di Malang yang wajib untuk kalian kunjungi!

Pantai Balekambang

Wisata Pantai balaikambang
Pantai balaikambang

 

Pantai Balekambang terletak di wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Untuk menuju pantai ini, kalian membutuhkan waktu sekitar 120 menit dari pusat Kota Malang.

Pantai di Malang ini diresmikan menjadi kawasan wisata pada tahun 1983 oleh Kol. Inf. Eddy Slamet selaku kepala daerah Kabupaten Malang pada masa itu. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata populer karena menawarkan akses ke tiga pulau kecil dan indah (Wisanggeni, Ismoyo serta Anoman).

Terdapat jembatan penghubung yang memudahkan aksesibilitas. Selain berenang, bersantai dan menikmati kuliner, kamu juga dapat melihat tempat peribadatan umat Hindu (pura) yang bertempat di Pulau Ismoyo.

Objek wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Harga tiket masuk tergolong terjangkau yakni Rp. 10.000 per orang (weekdays) dan Rp. 15.000 per orang (weekend dan hari libur).

Artikel Terkait

Fasilitas dari pantai ini tergolong lengkap. Tersedia toilet umum, penginapan terjangkau (Dhilpratis Homestay, Wibisono Homestay, Wisma Berbunga Villa), warung makanan, musala dan tempat oleh-oleh khas bagi pengunjung.

Pantai Bajul Mati

Menurut cerita, nama bajul mati terinspirasi dari bangkai buaya yang ditemukan di pantai ini. Objek wisata pantai di Malang selatan ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang dan berjarak sekitar 68 km dari pusat kota Malang. Kalian dapat mengunjungi tempat ini pukul 05.00 – 18.00.

Sebelum mencapai lokasi, kalian akan melihat panorama keindahan dari rangka arsitektur Jembatan Bajul Mati. Dengan latar belakang bukit karang dan muara sungai, jembatan ini sering menjadi objek foto yang instagrammable.

Untuk masuk ke area pantai di Malang ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 4000 dan retribusi parkir Rp 3000 – Rp. 5000. Namun, fasilitas di tempat ini cukup terbatas (toilet umum serta beberapa warung makan kecil). Oleh karena itu, advontura sarankan untuk membawa bekal makanan dan tikar pribadi.

Pantai Bantol

Pantai yang bertempat di Sumberceleng, Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Malang memang belum terlalu terkenal di kalangan masyarakat luas. Pasir putih yang bersih dan jauh dari sampah menjadi alasan kuat untuk berkunjung ke tempat ini.

Terdapat juga batu karang raksasa yang menjadi unsur magis dari pantai Bantol. Para wisatawan juga dapat melihat secara langsung gua-gua kecil bekas tambang kapur di area hutan.

Harga tiket masuk Pantai Bantol adalah Rp. 5000 per orang. Tempat menjadi surga para pecinta makanan laut. Terdapat warung-warung kecil yang menjual masakan seafood dan seafood segar.

Pantai Bangsong

Pantai Bangsong terkenal dengan sebutan ‘surga para wisatawan’. Apabila berkunjung ke Kabupaten Malang, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke pantai ini. Objek wisata yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini cocok untuk menjadi tempat berkemah.

Apabila ingin mengunjungi tempat ini, kalian hanya memerlukan biaya sebesar Rp. 10.000 untuk tiket masuk per orang. Ingin sekaligus berkemah? Sayangnya, belum ada tempat penyewaan peralatan berkemah di area Pantai Bangsong. Karena itu, kalian dapat membawa peralatan camping pribadi.

Pantai Banyu Anjlok

Gelar pantai di Malang yang instagrammable dan populer pantas untuk dianugerahkan ke objek wisata Banyu Anjlok. Pantai ini berada di Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Akses menuju lokasi agak sedikit rumit karena wisatawan tidak bisa secara langsung menuju lokasi ini.

Kalian harus menuju ke loket pembayaran yang berada di area Pantai Lenggoksono dan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 / orang. Di area ini juga akan ditawarkan pilihan untuk menuju ke Pantai Banyu Anjlok.

Terdapat dua pilihan yakni berjalan kaki / perahu. Apabila menghendaki untuk menyewa perahu, terdapat biaya tambahan sebesar Rp. 50.000 – Rp. 100.000.

Setelah sampai di area pantai, terdapat air terjun (cekungan) yang indah dan unik. Aliran air dari cekungan ini menyebar dan mengarah secara langsung ke pantai dan laut. Apabila kalian memiliki hobi memancing, tempat ini akan terasa seperti surga.

Jangan khawatir soal perut! Terdapat berbagai macam penjual makanan olahan ikan dan lobster yang rasanya dijamin lezat. Ikan dan lobster segar juga dapat dengan mudah dibeli sebagai oleh-oleh.

Pantai Banyu Meneng

Sesuai dengan namanya, air salah satu pantai di Malang selatan ini termasuk tenang karena ombak besar terhalang oleh batu karang. Terdapat hutan bakau yang berada disekitar wilayah pantai ini sehingga menimbulkan kesan yang sejuk.

Berenang dan bermain pasir menjadi aktivitas yang harus dilakukan di tempat ini. Fasilitas yang tersedia di tempat ini (musala, toilet, camping ground) juga terawat dengan baik. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 per orang (weekdays) dan Rp. 15.000 (weekend).

Kalian membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menuju ke tempat ini dari pusat Kota Malang.

Pantai Batu Bengkung

Bersantai di Pantai batu bengkung
Pantai batu bengkung

Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 10.000 untuk memasuki objek wisata Pantai Batu Bengkung. Keindahan panorama sunset di tempat ini sudah tidak diragukan lagi di kalangan pecinta wisata pantai di Malang. Hal ini dikarenakan letak geografis pantai yang secara langsung menghadap ke arah barat.

Namun, pengunjung dihimbau untuk tidak berenang di pantai ini dikarenakan kategori ombak yang termasuk dalam level berbahaya. Banyak wisatawan yang memilih untuk berkemah dan menghabiskan waktu sore dan malam hari di pantai ini.

Tertarik untuk berkunjung? Segera jadwalkan waktu untuk berkunjung ke Pantai Batu Bengkung yang berada di Desa Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang.

Pantai Bolu-Bolu

Pantai Bolu-Bolu merupakan pantai di Malang yang bertempat di Kecamatan Tirtoyudo. Harga tiket masuk dari objek wisata ini tergolong murah yakni Rp. 10000 per orang. Dengan menempuh jarak sekitar 69 km (150 menit) dari Kota Malang, kalian dapat melihat surga bagi para penggemar snorkeling.

Air yang jernih dan ekosistem laut yang indah dan terjaga memberikan sensasi snorkeling yang berharga. Pengunjung yang ingin melihat terumbu karang maupun biota laut hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 20000 – Rp. 50000 untuk penyewaan alat.

Pantai Clungup

Kawasan pantai ini terkenal dengan Clungup Mangrove Conservation (CMC) yang indah dan sejuk.CMC ini berperan penting dalam pelestarian mangrove di Jawa Timur. Belum banyak masyarakat yang mengetahui objek wisata ini, sehingga kesan sunyi dan damai dapat dirasakan ketika berada di tempat ini.

Dengan biaya masuk Rp. 6000, pengunjung dapat menikmati pesona wisata air (berenang, snorkeling serta berkemah). Namun biaya ini tidak termasuk dengan alat perlengkapan untuk kemah dan snorkeling.

Pantai Gatra

Pantai Gatra terletak di Sendangbiru, Sitiharjo, Sumbermanjing Wetan. Kalian hanya perlu mengeluarkan Rp. 10.000 untuk masuk ke destinasi ini. Pantai ini termasuk dalam kawasan konservasi dan dekat dengan Pantai Tiga Warna serta Pantai Clungup.

Tempat ini juga mendapat julukan Raja Ampat Jawa Timur karena keindahan dari pulau karang yang dimiliki. Kebersihan yang terjaga membuat destinasi ini terasa nyaman dan asri.

Petugas resmi selalu melakukan kontrol terkait barang bawaan pengunjung untuk memastikan tidak ada sampah yang dibuang sembarangan di area pantai. Pengunjung juga dapat mencoba sensasi mendayung kano hanya dengan membayar Rp. 20.000.

Pantai Goa Cina

Liburan di Pantai Goa Cina
Pantai Goa Cina (Photo by hargatiket.net)

Pantai di Malang ini memiliki gua yang berada di karang dengan tinggi dan lebar sekitar 2 meter. Konon, terdapat orang yang berasal dari Cina dan bertapa di gua ini. Orang tersebut ditemukan meninggal pada masa pertapaannya.

Lokasi pantai ini terletak di Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan. Kalian hanya perlu mengeluarkan Rp. 5000 untuk biaya tiket masuk.

Anda dapat menikmati pemandangan sembari menikmati makanan berat dan minuman khas es kelapa muda yang dijual di warung kecil sekitar. Fasilitas di objek wisata ini meliputi toilet, kamar mandi dan masjid.

Pantai Jolangkung

Pantai Jolangkung atau biasa yang disebut Jelangkung bertempat di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Jolangkung memiliki arti jangan lewat. Hal ini berhubungan dengan ombak pantai yang besar bahkan bisa mencapai jalan raya apabila sedang pasang.

Tiket masuk dapat dibeli dengan harga Rp. 10.000 per orang. Terdapat bukit hijau di sisi kanan dan kiri pantai yang menambahkan kesan asri. Kalian juga dapat menikmati pemandangan secara langsung tanpa masuk area wisata dari Jalur Lintas Selatan (JLS).

Pantai Jonggring Saloko

Jarak dari Kota Malang menuju pantai ini adalah sekitar 63 km. Rute yang harus dilalui untuk mencapai tempat ini terbilang cukup sulit. Kalian akan melalui hutan belantara sepanjang 11 km sebelum mencapai lokasi. Maka dari itu, pastikan kondisi kendaraan baik dan bekal pribadi cukup.

Pantai Jonggring Saloko merupakan salah satu pantai di Malang yang memiliki unsur unik. Watu Ngebros menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat semburan air yang bisa mencapai tinggi hingga 10 meter dari batu karang besar.

Sayangnya, pantai ini belum memiliki sistem perawatan dan perhatian yang baik. Kalian tidak perlu membayar biaya masuk karena tidak ada loket tiket yang tersedia. Demikian juga dengan fasilitas, kalian tidak dapat menemukan toilet hingga warung makanan di pantai ini.

Pantai Karang Tengkorak

Pantai Karang Tengkorak bertempat di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Pantai di Malang ini terbilang juga memiliki medan yang agak cukup sulit untuk dilalui mobil, sehingga advontura sarankan untuk menggunakan motor dengan kondisi yang baik untuk menuju ke tempat ini.

Objek wisata ini memiliki bentuk karang yang menyerupai seperti tengkorak manusia. Namun jangan khawatir, karang-karang tersebut bukan tengkorak asli. Sayangnya, fasilitas yang tersedia di pantai ini belum lengkap. Pengunjung juga tidak perlu membayar untuk tiket masuk.

Pantai Kaliapus

Pantai Kaliapus hanya bisa ditempuh melalui pintu masuk utama Pantai Sendiki. Pantai ini terletak di lokasi yang terpencil dan jarang dikunjungi. Akan lebih baik jika kalian menyewa seorang pemandu wisata yang ada di Pantai Sendiki dengan kisaran harga Rp. 100.000 – Rp. 150.000 untuk mengantar menuju ke Kaliapus.

Pantai ini masih tergolong asri karena langsung terhubung dengan hutan. Maka dari itu, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berkemah di area pantai ini karena terdapat kemungkinan adanya binatang buas.

Pantai Kuncaran

Untuk memasuki kompleks wisata ini, pengunjung diharuskan untuk membayar sebesar Rp. 5000 / orang. Biaya ini sudah termasuk akses masuk ke Pantai Ngudel. Sangat murah bukan?

Pantai Kuncaran berada di Sindurejo, Gedangan. Di pantai ini terdapat berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan seperti bermain air, memancing, bermain layang-layang, ataupun berkemah. Fasilitas di tempat ini juga lumayan lengkap.

Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono (Photo by pantainesia.com)

Pantai Lenggoksono menjadi gerbang utama dari beberapa objek wisata lainnya yaitu Pantai Banyu Anjlok dan Pantai Bolu-Bolu. Di pantai ini tersedia perahu yang dapat mengantarkan kalian menuju ke dua destinasi tersebut. Anda hanya perlu membayar Rp. 10000 / orang untuk tiket masuk dan  Rp. 50000 / orang untuk sewa perahu.

Pantai Licin

Pantai ini terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading. Pantai Licin memiliki cukup banyak batu karang besar dan dikelilingi oleh tebing eksotis.

Ombak yang ada di dekat pantai tidak terlalu berbahaya karena terhalang oleh gunung karang. Hal ini membuat tempat ini nyaman dan ramah bagi pengunjung yang ingin bermain dengan air laut.

Pengunjung juga dapat menikmati ekosistem laut (biota, terumbu karang) yang terjaga. Walaupun pantai ini memiliki pasir berwarna hitam, namun pesona keindahannya membuat pengunjung seperti berada di surga. Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5000 untuk tiket masuk.

Pantai Ngudel

Pantai Ngudel berjarak sekitar 60 km dari pusat Kota Malang. Pengunjung dihimbau untuk tidak berenang karena pantai ini secara langsung terhubung dengan Samudra Hindia. Ombak yang cukup besar dikhawatirkan akan berbahaya bagi keselamatan pengunjung. Namun, kalian tetap masih bisa untuk bermain air di bibir pantai.

Terdapat juga Bukit Asmara yang indah dan menjadi daya tarik wisata. Para pengunjung dapat berfoto dengan background hamparan laut selatan yang memikat.

Pantai Parang Dowo

Pantai Parang Dowo menawarkan pemandangan yang sangat berharga. Terdapat kolam kecil alami (mirip jacuzzi) yang terbentuk dari bebatuan di bibir pantai. Air yang tenang dan tidak terlalu dalam, membuat pantai ini juga aman untuk wahana bermain air bagi anak-anak.

Harga tiket masuk tempat wisata ini terbilang agak sedikit mahal dibanding pantai Malang selatan lainnya yaitu Rp. 15.000 / orang. Namun, pemandangan dan panorama yang asli dan instagrammable membuat salah satu pantai di Malang ini wajib untuk dikunjungi.

Baca juga: 40 Tempat Wisata di Bogor yang Hits dan Fenomenal

Pantai Savanna

Harga tiket masuk dari objek wisata ini adalah Rp. 6000 / orang. Cukup murah bukan? Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Clungup. Namun, fasilitas yang tersedia di pantai ini belum ada. Jadi pengunjung dapat menuju ke area Pantai Clungup untuk menikmati fasilitas yang memadai.

Pasir putih pantai yang lembut membuat pantai ini memiliki pesona seperti padang savana. Iklim yang berangin dan ombak besar menjadi alasan bagi pengunjung untuk tidak berenang di area pantai ini.

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru menjadi salah satu pantai di Malang yang cukup terkenal. Kalian cukup membayar Rp. 5000 / orang untuk tiket masuk. Fasil

itas yang dimiliki oleh pantai ini sangat lengkap. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan warung makan hingga penginapan dengan harga terjangkau.

Terdapat juga objek untuk memancing bagi para wisatawan. Selain itu, kalian juga dapat dengan mudah menyewa perahu untuk mengunjungi Pulau Sempu yang indah dan alami. Pulau ini merupakan cagar alam yang dilindungi karena memiliki hutan pantai, hutan mangrove dan hutan hujan tropis.

Pantai Sendiki

pantai sendiki
Pantai Sendiki (Photo by pantainesia.com)

Pantai di Malang yang dibuka sejak 2015 ini memiliki panorama yang sangat memukau. Pengunjung sepenuhnya dilarang untuk berenang karena ombak besar yang berbahaya. Jangan khawatir, kalian masih tetap bisa mengambil foto yang indah dengan beberapa fasilitas iconic yang tersedia seperti ayunan besar dan juga batang pohon alami.

Selain itu, pasir putih yang bersih dapat menjadi sarana bermain yang menyenangkan. Pengunjung biasanya bermain pasir sambil menikmati es kelapa muda. Terdengar menyenangkan bukan?

Pantai Taman Ayu

Salah satu pantai di Malang ini terletak di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan. Pengunjung harus membayar Rp. 5000 untuk masuk ke objek wisata ini. Pantai ini dikelilingi oleh bukit hijau yang indah. Kalian dapat mendaki bukit ini dan secara langsung menikmati hamparan laut dan langit luas.

Akan menjadi ide yang bagus untuk mengunjungi tempat ini pada pagi hari (sunrise) dan sore hari (sunset). Kalian tentunya juga dapat berkemah di area pantai ini.

Pantai Teluk Asmoro

Objek wisata ini diresmikan pada tahun 2017. Nama Teluk Asmara terinspirasi dari gugusan pulau-pulau kecil disekitar pantai  yang membentuk hati. Terdapat gua-gua kecil di pinggir pantai yang menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung juga dapat mencoba sensasi snorkeling dengan air laut yang jernih dan bersih.

Tiket masuk dapat dibeli dengan harga terjangkau yakni Rp. 10000 per orang. Ingin berkemah? Di pantai ini sudah tersedia camping ground tersendiri. Terdapat juga tempat persewaan alat camping di area pantai.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna termasuk dalam kategori konservasi CMC. Pengunjung tidak perlu ragu lagi dengan kebersihan dan keasrian dari pantai ini. Sesuai namanya, Pantai Tiga Warna memiliki kombinasi warna biru (air laut), hijau (bibir pantai), dan putih (pasir). Pantai ini terletak di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan.

Biaya masuk objek wisata ini adalah Rp. 6000 / orang. Apabila ingin berkemah, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 50000 untuk biaya sewa lahan dan tenda. Sangat terjangkau bukan?

Pantai Watu Lepek

Watu Lepek memiliki keindahan alami yang sulit untuk ditemukan di objek wisata pantai lainnya. Terdapat Karang Tangguh (batu karang datar) yang menjorok ke laut.

Batu karang ini memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar 6 meter. Hal inilah yang juga menjadi alasan penamaan pantai. Watu Lepek merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti batu yang datar.

Selain Karang Tangguh, pasir dari pantai ini juga putih bersih dan sangat lembut. Hal ini membuat para wisatawan sering membuat istana pasir. Wisatawan juga dapat menyewa spot untuk camping. Tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

Pantai Watu Leter

Selain Watu Lepek, pantai di Malang yang juga harus dikunjungi adalah Watu Leter. Harga tiket masuk objek ini adalah Rp. 10000 / orang. Pantai ini memiliki air yang tenang sehingga para wisatawan sering berenang dan bermain air. Terdapat juga hutan bakau yang membuat sensasi alami dan sejuk.

Apabila beruntung, wisatawan juga dapat melihat secara langsung proses pelepasan penyu abu-abu. Terdapat balai pelestarian penyu di pantai ini. Sayangnya tidak terdapat pilihan warung disini. Maka dari itu akan lebih baik apabila kalian membawa bekal pribadi.

Pantai Wedi Awu

Pantai di Malang ini menjadi surga dari para peselancar profesional domestik maupun mancanegara. Nama wedi awu terinspirasi dari pasir yang berwarna abu – abu dan kecoklatan.

Harga tiket masuk dari tempat ini adalah Rp. 5000 / orang. Sayangnya, belum terdapat tempat persewaan alat untuk surfing sehingga para peselancar harus membawa sendiri.

Pantai Wedi Putih

Berbanding terbalik dengan wedi awu, Pantai Wedi Putih memiliki hamparan pasir putih yang indah. Terdapat bebatuan karang kecil di bibir pantai yang dapat menjadi objek foto hits dan menarik untuk Instagram. Tiket masuk dapat dibeli dengan harga Rp. 10000 / orang.

Akses menuju Pantai Wedi Putih hanya bisa diakses melalui Pantai Wedi Awu. Wisatawan dapat berjalan melalui bukit. Selain itu terdapat juga opsi penyewaan perahu untuk menuju ke kawasan wisata ini.

Itulah rekomendasi advontura terkait dengan 30 pantai di Malang yang wajib untuk dikunjungi. Wisata pantai di Malang menjadi pilihan yang sayang untuk dilewatkan apabila berkunjung ke area Malang selatan.

Baca artikel lain untuk ide jalan-jalan seru di Advontura.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *