1. Pantai

Pantai Lasiana, Pantai dengan Suasana Eksotis di Kupang

Dikenal sebagai kota yang cenderung panas dan kering, Kupang ternyata menyimpan berbagai pantai menarik yang dapat dijadikan alternatif pilihan untuk wisata. Salah satunya adalah Pantai Lasiana, yang mulai dibuka sebagai tujuan wisata umum pada tahun 1970-an.

Seperti informasi selengkapnya tentang pantai yang berada tidak jauh dari pusat kota ini? Yuk, simak pembahasan lebih dalamnya bersama Advontura!

Sekilas Tentang Pantai Lasiana

Pantai Lasiana, dengan luas area 3,5 hektar, didekorasi oleh sekitar 65 pohon kelapa dan 230 pohon lontar yang menjulang di sepanjang pasir putihnya. Dengan ombak yang tidak terlalu besar, lingkungan sekitar pantai memberikan kesan sejuk dan asri. 

Keindahan Pantai Lasiana semakin diperkaya oleh perpaduan pasir putihnya dengan warna biru laut yang memikat. Pantai wisata ini hanya berjarak sekitar 12 km ke arah timur dari pusat Kota Kupang. 

Sumber: Nativeindonesia

Di pantai ini, yang menjadi destinasi favorit masyarakat Kupang, para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, memancing, bermain sepak bola, bernyanyi karaoke, atau sekadar bersantai di pinggir pantai. 

Seiring berjalannya waktu, jumlah wisatawan yang datang, baik dari dalam maupun luar Kota Kupang, semakin meningkat, menandakan daya tarik yang kuat dari Pantai Lasiana.

Lokasi Pantai Lasiana

Pantai kebanggan Kupang ini terletak di Desa Lasiana, Kelapa Lima, Kupang Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jaraknya daru pusat kota Kupang hanya sekitar 12 km perjalanan untuk mencapai lokasi pantai. 

Bagi wisatawan yang baru mengunjungi Pantai Lasiana, kamu dapat dengan mudah menemukan arah menggunakan Google Maps. Akses jalan yang lancar dan telah beraspal membuat perjalanan menuju pantai ini nyaman tanpa hambatan batu.

Kamu bisa membawa kendaraan pribadi atau memilih opsi menyewa travel yang umumnya tersedia di sekitar bandara. Bagi yang memilih angkutan umum, pilihan colt dengan tarif Rp5.000 adalah opsi yang layak kamu pertimbangkan. Selain itu, Di sekitar area wisata juga banyak ojek yang tersedia dan dapat kamu gunakan sebagai moda transportasi.

Sumber: Pinterest

Wisatawan yang datang dari Bandar Udara Internasional El Tari Kupang hanya membutuhkan sekitar 16 menit perjalanan untuk mencapai pantai ini. Terdapat papan penunjuk jalan yang dapat diikuti atau kamu bisa bertanya kepada penduduk lokal mengenai lokasi pantai. 

Jalur rute perjalanan yang sudah baik dan mudah untuk dilalui membuat Pantai Lasiana selalu ramai oleh pengunjung, terutama pada saat hari libur.

Harga Tiket Masuk Pantai Lasiana

Berlibur ke Pantai Lasiana memang sangat terjangkau. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk orang dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak. Harga ini mulai diberlakukan oleh pengelola setempat sejak tahun 2020, menggantikan harga tiket sebelumnya yang hanya Rp1.000. 

Meskipun terjadi kenaikan tarif, hal ini tidak membuat minat wisatawan berkurang dalam mengunjungi tempat wisata ini. Dengan biaya masuk yang ekonomis, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari pagi hingga menjelang malam. 

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, tersedia karcis parkir dengan tarif Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Bahkan saat hari libur, harga tiket dan parkir tetap stabil tanpa ada peningkatan tarif.

Fasilitas Pantai Lasiana

Pantai Lasiana menyediakan beragam fasilitas lengkap untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia mencakup warung makan, toko kecil, kolam renang, toilet, kafe, panggung hiburan tradisional, homestay, dan area bermain untuk anak-anak. 

Di sekitar area parkir, terdapat sejumlah warung kecil yang berjejer, menawarkan berbagai macam makanan dan minuman yang dapat pengunjung nikmati. Warung-warung tersebut juga menyediakan menu khas seperti es kelapa muda, pisang ape bakar, jagung bakar, dan berbagai pilihan hidangan lezat lainnya.

Sumber: Indonesia Kaya

Sebagai saran, aat menikmati makanan dan minuman ini, kamu juga bisa bersantai di sekitar pantai sambil menikmati keindahan pemandangan Pantai Lasiana. 

Umumnya, para pedagang makanan mulai membuka warung pada sore hari Sabtu, hari Minggu, dan hari libur. Bagi kamu yang ingin merasakan suasana berbeda, terdapat juga opsi untuk mengunjungi kafe atau menginap di homestay yang tersedia di kawasan pantai ini.

Kegiatan yang dapat Kamu Lakukan di Pantai Lasiana

Kamu dapat melakukan kegiatan menarik jika mengunjungi tempat ini. Beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Berjogging Ria

Selain menikmati liburan, para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menikmati hawa pantai melalui olahraga jogging. Kegiatan ini umumnya dilakukan pada pagi hari ketika udara masih sejuk dan belum begitu panas. Melalui jogging, tidak hanya pengunjung dapat merasakan kenyamanan pantai, tetapi juga membantu membakar kalori tubuh.

2. Berenang di Tepi Pantai

Berenang menjadi salah satu kegiatan yang sangat direkomendasikan saat berkunjung ke pantai bersama keluarga. Keuntungan di Pantai Lasiana adalah ombaknya yang tidak terlalu besar, menjadikan berenang lebih aman dan nyaman. Meski begitu, pengelola tetap mengingatkan agar para pengunjung berhati-hati karena kondisi angin kadang-kadang dapat mempengaruhi keadaan ombak.

3. Menyaksikan Pertunjukkan Hiburan

Pada hari-hari tertentu, para pengunjung memiliki kesempatan untuk menikmati pertunjukan hiburan rakyat di area pantai. Tujuan dari panggung hiburan ini adalah untuk mempromosikan lokasi wisata dan membuat para pengunjung merasa nyaman dan terhibur selama berlibur di sana. Pertunjukan biasanya berupa tari tradisional, musik live, atau teater yang dibawakan oleh penduduk setempat.

Sumber: Indonesia Kaya

4. Berwisata Kuliner 

Di kawasan pantai, kamu akan menemukan berbagai warung pedagang yang menyediakan beragam makanan ringan dan minuman. Mulai dari jagung bakar, es kelapa muda, olahan seafood, serta berbagai makanan berat lainnya bisa kamu nikmati di warung-warung terdekat. Waktu yang tepat untuk mengunjungi kios ini adalah siang atau sore hari, karena biasanya warung-warung ini tidak beroperasi 24 jam.

5. Bermain Voli Pantai

Para pengunjung memiliki kesempatan untuk membawa permainan sendiri saat berada di Pantai Lasiana, salah satunya adalah bola voli. Pasir putih pantai menjadi arena yang sempurna untuk bermain voli. Permainan ini biasanya dimainkan oleh empat orang atau lebih dengan tujuan melewati bola melalui jaring di tengah lapangan. Bermain voli pantai dengan kerabat pasti akan menjadi pengalaman menyenangkan untuk menghabiskan waktu di pantai.

6. Snorkeling

Air laut yang jernih dengan warna biru kehijauan sangat mengundang minat para pengunjung untuk melakukan snorkeling. Dengan ber-snorkeling, kamu dapat menyaksikan pesona terumbu karang dan kehidupan bawah laut secara langsung, mengingatkanmu betapa indahnya potensi laut Indonesia . 

Beragam ikan berwarna-warni, cumi-cumi, gurita, dan berbagai jenis biota laut menjadi pemandangan menakjubkan di pantai ini. Namun, perlu kamu ingat bahwa pengunjung perlu membawa peralatan snorkeling sendiri, karena fasilitas penyewaan peralatan snorkeling belum tersedia di Pantai Lasiana.

Baca Juga: Pantai Kolbano, Mutiara Tersembunyi di Timor Tengah Selatan

Demikian pembahasan Advontura mengenai Pantai Lasiana. Semoga informasi kali ini dapat membantumu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Lasiana, Pantai dengan Suasana Eksotis di Kupang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]