Pantai Kuta Bali | Pesona Pantai Berpasir Putih yang Menarik

Aktivitas di pantai kuta bali
Photo by Google Maps (이주영)
Daftar isi

Memasuki minggu-minggu akhir tahun 2020, nuansa perayaan hari raya Natal dan pergantian tahun mulai terasa di seluruh dunia. Termasuk juga di kawasan objek wisata Pantai Kuta Bali.

Pantai yang cantik nan elok ini memang menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasi wisata ini banyak dipilih oleh para wisatawan sebagai tempat berlibur untuk merayakan Natal dan tahun baru.

Penasaran seperti apa penampakan keindahan panorama Pantai Kuta Bali? Yuk baca artikel ini sampai habis.

Sejarah Pantai Kuta Bali

Tahukah Anda sebelum menjadi objek wisata terkenal di Bali, dulunya lokasi ini digunakan sebagai pelabuhan perdagangan yang menjual hasil bumi masyarakat ke keluar daerah Bali. Warga setempat menyebut area ini sebagai pasih perahu yang berarti pantai perahu.

Hingga sekitar abad ke-19, seorang penulis bernama Hugh Mahbett menyadari pesona keindahan Pantai Kuta dilengkapi dengan berbagai keragaman adat dan budaya masyarakatnya, akan banyak menarik minat orang-orang untuk datang kesana. 

Artikel Terkait

Beliau akhirnya menulis dan menerbitkan sebuah buku berjudul Praise to Kuta. Buku ini diterbitkan dengan tujuan untuk membangun kesadaran sekaligus ajakan kepada masyarakat setempat untuk membangun Pantai Kuta menjadi lokasi wisata.

Usaha tersebut akhirnya membuahkan hasil dimana banyak orang terinspirasi dari buku tersebut. Hingga sejak saat itu sampai sekarang, baik masyarakat, kalangan swasta dan pemerintah daerah bersama-sama membangun fasilitas wisata di pantai tersebut.

Wisata Pantai Kuta Bali

Mendengar kata Pantai Kuta Bali pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Yup, destinasi wisata yang menyajikan panorama alam yang begitu eksotis dengan hamparan pasir putih nan halus di bibir pantai, dilengkapi birunya air laut dijamin membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai tersebut.

Lokasi wisata yang terletak di bagian barat pulau Bali ini sudah terkenal dengan keindahan dan keunikan pantainya yang bisa menarik banyak wisatawan untuk datang. Bahkan beberapa serial tv menjadikan area pantai ini sebagai lokasi syuting mereka.

Tidak heran bahwa pantai ini menjadi salah satu Icon pulau Dewata Bali selain Garuda Wisnu Kencana(GWK) Jimbaran. Berbagai aktivitas bisa pengunjung lakukan di lokasi pantai ini, antara lain sebagai berikut:

Berenang atau Bermain Air

Berenang merupakan kegiatan utama yang biasa dilakukan pengunjung saat berwisata ke pantai ini. Karena ombak disini relatif besar, sehingga bagi Anda yang tidak bisa berenang dianjurkan untuk bermain air di pinggir pantai saja. 

Surfing

Selain itu berenang, aktivitas yang bisa pengunjung coba yakni surfing atau berselancar. Ombak lumayan besar sangat menantang dan cocok bagi para peselancar profesional. Bahkan pantai ini pernah dijadikan lokasi event kejuaraan dunia selancar air.

Bagi pengunjung yang baru mencoba dan ingin belajar surfing tidak perlu khawatir, sebab hanya dengan membayar biaya sekitar Rp 150.000 Anda sudah bisa belajar surfing dengan jasa instruktur profesional.

Jika pengunjung hanya ingin menyewa papan selancar saja akan dikenai tarif sekitar 50 ribu hingga 150 ribu per jam. Harga sewa papan tersebut cukup bervariasi tergantung dari bahan dan kualitas papan selancar yang akan Anda sewa.

Pantai kuta bali
Pantai kuta (Photo by anekawisata.com)

Foto foto di Pantai 

Bagi pengunjung yang menyukai fotografi, maka destinasi wisata satu ini cocok bagi Anda. Wisatawan dapat berswafoto dengan latar belakang keindahan panorama pantai yang begitu menakjubkan. Bahkan lokasi wisata ini seringkali digunakan oleh photographer profesional sebagai tempat pemotretan foto prewedding.

Berjemur dan Bersantai di Bibir Pantai

Berjemur di bibir pantai merupakan salah satu kegiatan favorit wisatawan yang datang khususnya bagi wisatawan asing. Pengunjung juga bisa bersantai dengan duduk menikmati keindahan pemandangan pantai sambil menikmati minuman dingin yang dijajakan di sepanjang pinggiran pantai akan membuat pikiran Anda rileks.

Kegiatan yang sangat cocok untuk Anda lakukan bersama keluarga, teman ataupun pasangan untuk mengisi hari libur selama natal dan pergantian tahun.

Pijat Santai

Di area wisata ini pengunjung juga bisa menikmati pijatan santai dibawah pohon rindang pinggir pantai yang akan membuat badan Anda rileks. Hanya dengan membayar sekitar 60-80 ribu Anda bisa menikmati tiduran dipantai sambil dipijat oleh ibu-ibu.

Menikmati Sunset

Selain menyajikan pemandangan laut yang indah nan eksotis, pantai ini juga memberikan panorama alam yang begitu menakjubkan berupa pesona matahari terbenam di ufuk barat  yang bisa menenangkan jiwa Anda.

Perayaan Tahunan 

Destinasi wisata satu ini biasanya juga dijadikan lokasi berbagai macam event, pagelaran ataupun festival tahunan yang bisa pengunjung nikmati secara gratis. Setiap pergantian tahun, biasanya pantai ini juga menyajikan pesta kembang api yang meriah.

Baca Juga: Wisata Pantai Pandawa Bali – Sejarah, Lokasi, & Tiket

Jalan Pantai Kuta

Pantai Kuta terletak di Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. Lokasi Pantai Kuta ini berjarak sekitar 9-10 km dari pusat Kota Denpasar dan membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih 27 hingga 32 menit untuk sampai di titik lokasi wisata.

Apabila dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 14-15 menit saja untuk sampai di area pantai. Namun situasi ini tergantung dari kondisi jalan dan rute yang Anda tempuh. Sebab beberapa area di Bali rawan akan kemacetan.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta Bali

Lokasi pantai kuta bali
Lokasi pantai kuta (Photo by indonesiakaya.com)

Salah satu alasan mengapa Anda wajib ke objek wisata saat ke berlibur Bali karena pengunjung tidak perlu membayar tarif tiket masuk alias gratis. Selain itu Anda dapat datang kapan pun karena lokasi pantai dibuka selama 24 jam. 

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan akan tetap dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000/motor dan Rp 10.000/mobil. Bagaimana murah bukan pariwisata kelas atas ini.

Hotel Dekat Pantai Kuta Bali

Bagi pengunjung yang lelah setelah merayakan Natal ataupun pergantian tahun baru. Wisatawan bisa beristirahat di hotel ataupun penginapan yang letaknya tidak jauh dari area pantai, dengan berbagai pilihan harga dan fasilitas menarik yang bisa Anda coba.

Beberapa penginapan dan hotel di dekat Pantai Kuta Bali yang bisa Anda dijadikan pilihan antara lain adalah Sheraton Bali Kuta Resort, Grand Istana Rama Hotel Bali, Best Western Kuta Beach, The Stones Hotel Legian dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Demikian informasi mengenai wisata ataupun sejarah Pantai Kuta Bali. Semoga informasi di atas bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari referensi lokasi wisata untuk merayakan Natal dan tahun baru 2022. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata seru lainnya.

Baca Juga: Pantai Melasti Bali – Lokasi Hingga Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *