1. Pantai

Pantai Kasap Pacitan, Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Pacitan terkenal sebagai kota yang kaya akan keindahan pantainya, salah satunya adalah Pantai Kasap. Pantai satu ini memang terkenal cantik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik warga lokal Pacitan maupun dari luar.

Kali ini, Advontura akan membahas lebih dalam tentang Pantai Kasap, mulai dari lokasi, harga tiket, sampai berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di area pantai. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Sekilas Tentang Pantai Kasap

Pantai Kasap adalah salah satu pantai yang paling populer di Pacitan. Pantai yang terkenal karean pesona alaminya ini terletak di Dusun Ketro, Desa Watukarungi, Kec. Pringkuku, Pacitan. Tempat wisata ini berada tepat di sebelah Pantai Seruni dan memiliki ciri khas pantai selatan, yaitu gugusan karang, pasir putih, dan ombak yang relatif besar. Pantainya agak sempit berupa teluk berpasir yang melengkung yang di bagian kiri dan kanannya dibatasi oleh bebatuan.

Sumber: Trip Jalan Jalan

Pantai ini memiliki pemandangan yang mirip dengan salah satu pantai Indonesia yang sangat populer, yaitu Pantai Raja Ampat. Jika ingin menikmati pemandangan seperti Raja Ampat Papua, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Papua. Kamu dapat mendaki bukit di sebelah pantai ini melalui jalan setapak dan menyaksikan pemandangan yang indah berupa gugusan pulau kecil yang ada di tengah laut, layaknya gugusan pulau yang ada di Raja Ampat Papua.

Pantai ini masih tergolong alami dan belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah. Selain itu, tidak banyak orang yang mengunjungi pantai ini. Jadi, kamu dapat bersantai sembari merasakan angin segar dan menikmati deburan ombak. Kamu juga dapat mengabadikan pemandangan matahari terbenam lho dari pantai ini!

Baca Juga: Pantai Pasir Putih PIK 2, Pantai Indah yang Dekat Jakarta

Lokasi Pantai Kasap

Pantai Kasap berlokasi di Dusun Ketro, Desa Watu Karung, Kec. Pringkuku, Pacitan. Untuk menuju pantai ini, kamu harus menempuh rute yang memakan waktu kurang lebih 45 menit dari pusat kota yang mengarah ke selatan menuju Pantai Watu Karung. Jika kamu datang dari daerah Yogyakarta, kamu harus menempuh waktu perjalanan selama kurang lebih 3 jam dengan jalanan yang cukup curam.

Sumber: ijenindonesia

Harga Tiket Pantai Kasap

Untuk dapat memasuki kawasan ini, kamu cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp7.000.  Tiket masuk tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Watu Karung yang terletak tidak jauh dari Pantai Kasap. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu harus membayar uang parkir sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Selain itu, pantai ini juga buka setiap hari, jadi kamu dapat berkunjung kapanpun kamu mau!

Fasilitas Pantai Kasap

Meskipun pantai ini masih memiliki kesan yang alam, Pantai Kasap sudah memiliki fasilitas penunjang yang tentunya mendukung pengalaman pengunjung. Beberapa di antaranya adalah:

  • Area parkir kendaraan wisatawan
  • Toilet umum
  • Wahana menarik
  • Gardu pandang
  • Spot foto kekinian
  • Mushola
  • Area camping
  • Gazebo 
  • Beberapa warung makan

Baca Juga: Pantai Widodaren : Lokasi, Harga Tiket Masuk & Daya Tarik

Daya Tarik Pantai

Sebagai salah pantai yang terkenal, Pantai Kasap memiliki daya tarik tersendiri, lho. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menikmati Pemandangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Kasap memiliki keindahan alam yang mirip dengan Pantai Raja Ampat di Papua. Gugusan batu karang yang berada di tengah lautan menciptakan pemandangan layaknya sebuah pulau kecil di tengah lautan. Beberapa pulau karang tersebut ditumbuhi rerumputan sehingga terlihat hijau dan asri. Pulau karang yang ada di pantai sekitar 50 sampai 100 meter dari bibir pantai.

Jika kamu ingin menyaksikan seluruh pemandangan indah ini, kamu dapat naik ke atas puncak bukit yang berada di sebelah pantai. Untuk mencapai bukit tersebut, kamu harus berjalan kaki sejauh 200 meter. Ketika sudah sampai di puncak bukit, kamu dapat melihat pemandangan secara menyeluruh, termasuk gugusan pulau karang. Selain mendaki bukit, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan tersebut dengan menaiki gardu pandang yang ada.

2. Menikmati Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam

Selain pemandangan gugusan pulau karang yang mirip seperti di Raja Ampat, Pantai Kasap juga memberikan pengunjung pemandangan matahari terbenam sekaligus  matahari terbit yang indah. Banyak wisatawan yang sengaja datang jauh-jauh hanya untuk menikmati pemandangan dari pantai ini dan, memang, pantai ini adalah salah spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunset serta sunrise. Memang apa bedanya? Coba kamu kunjungi Pantai Kasap supaya sendiri apa yang membuatnya berbeda.

Sumber: Detik Travel

3. Tempat Foto yang Menarik

Pantai Kasap memiliki pemandangan yang indah. Sangat disayangkan kalau kamu tidak mengabadikan momen di sekitar area pantai yang masih alami ini. Selain itu, banyak spot foto yang disediakan pengelola dan juga tidak kalah menariknya, seperti spot foto dengan love, ayunan, sampai sepeda onthel.Kamu juga dapat berfoto ria di gardu pandang yang terbuat dari material kayu dan dilengkapi dengan tangga serta jembatan kecil. Sealin itu, juga ada spot foto berbentuk gerbang yang mengarah ke bukit. Gerbang ini terbuat dari tumpukan dahan dan akar kayu, di mana tersedia sebuah kafe yang wisatawan dapat kunjungi.

4. Berkemah

Jika kamu ingin menyaksikan matahari terbit secara langsung, kamu dapat berkemah di area pantai. Pantai Kasap memiliki area yang dapat digunakan sebagai tempat berkemah. Perlu kamu ingat supaya tidak mendirikan tenda dekat dengan bibir pantai karena ombak lautnya cukup deras.

5. Berkeliling dengan Perahu

Kamu juga dapat menyewa perahu milik pelayan lokal di mana kamu dapat berkeliling melihat pantai dan gugusan pulau karang dari dekat. Terlebih lagi, area pantai ini juga masih alami, jadi kamu dapat menikmati suasana pantai yang masih asli layaknya belum terjamah manusia. Kamu juga dapat berkunjung ke pantai-pantai lainnya seperti Pantai Klayar dan Pantai Sra karena letaknya yang juga tidak begitu jauh.

Baca Juga: Pantai Wediombo Gunung Kidul: Lokasi & Harga Tiket Masuk

Demikian penjelasan Advontura kali ini tentang lokasi, fasilitas, harga tiket, dan daya tarik dari Pantai Kasap. Memang, Pacitan memiliki banyak sekali pantai tapi pantai satu ini harus kamu kunjungi. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu kamu, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Kasap Pacitan, Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]