Advontura – Platform Informasi Tempat Wisata Seru untuk Traveller

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Pantai Kartini Jepara – Tiket Masuk dan Hotel Terdekatnya

Mempelajari sejarah dan lingkungan hidup sekarang tidak harus lagi ke museum, bahkan Anda bisa mencoba pengalaman belajar sambil menikmati keindahan kawasan pesisir loh. Dimana lagi kalau bukan di Pantai Kartini Jepara.

Pemandangan alam indah yang dimaksimalkan dengan theme park yang unik membuat kawasan ini menjadi primadona banyak wisatawan. Terlebih bagi masyarakat sekitar Jepara. Penasaran dengan bentuknya? Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Asal Usul Pantai Kartini

Pantai Kartini
Photo by tempatwisataseru.com

Seperti namanya, kisah asal usul Pantai Kartini tidak jauh-jauh dari sang Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia yaitu Raden Ajeng Kartini.

Pantai ini juga dimaksudkan sebagai tanda penghargaan pemerintah dan warga Jepara atas pengorbanan beliau untuk kemajuan wanita Indonesia. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa R. A. Kartini sering bermain di sekitar pantai saat masih kecil.

R.A. Kartini sendiri merupakan putri asli Jepara yang lahir pada 21 April 1879 dan meninggal pada 17 September 1904 di kota yang sama. Meski telah berlalu bertahun-tahun lamanya, nama beliau masih harum dan dibanggakan oleh masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk Pantai Kartini 

Harga tiket masuk Pantai Kartini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp5.000,00 untuk hari biasa dan Rp7.500,00 pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Untuk biaya parkirnya, para pengunjung akan dikenakan biaya sesuai kendaraan yang digunakan. Tarifnya berkisar mulai dari Rp2.000,00 hingga Rp12.500,00.

Wisata Pantai Kartini Jepara

Menjadi salah satu destinasi favorite banyak orang, kawasan ini memiliki berbagai wahana dan fasilitas yang cukup lengkap. Bukan hanya bermain, Anda juga bisa belajar di dalamnya. Berikut beberapa objek wisata Pantai Kartini Jepara yang bisa dicoba!

Kura Kura Pantai Kartini

Kura Kura Ocean Park merupakan wahana iconic di kawasan ini. Terdiri dari dua lantai, bangunan ini memiliki aquarium raksasa, kolam sentuh kura-kura hingga fish spa yang bisa dinikmati setiap pengunjung yang datang.

Di dalamnya terdapat berbagai jenis ikan mulai dar Pari, Hiu, Kerapu, Kakap, Mimi, Jeneha, Buntal, Angel FIsh, Dotty Bacak, Penyu dan berbagai terumbu karang.

Selain itu terdapat toko souvenir oleh-oleh, papan informasi touch screen, hingga banyak tempat duduk untuk para orang tua beristirahat sambil mengawasi anaknya bermain.

Bukan hanya wahana wisata bahari, di lantai dua ada berbagai macam alat edukasi untuk anak-anak. Mulai dari kipas angin tanpa baling-baling, alat peraga sensor manusia, simulator pesawat terbang, hingga IMAX Deep Sea 3D.

Sedangkan untuk memasuki area Kura Kura Pantai Kartini atau taman edukasinya, pengunjung ditarik biaya sebesar Rp12.500,00 saat hari biasa dan Rp17.500,00 pada akhir pekan dan libur panjang. 

Berolahraga Sore di Sekitar Pantai

Sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk datang keindahan pantai ini. Selain duduk-duduk Anda bisa menikmati suasana sore pesisir sambil berolahraga di jalan setapak yang sudah disediakan.

Selain menjadi lebih sehat, tentunya Anda akan lebih semangat karena mendapatkan udara bebas dan pesona panorama jingga yang begitu cantik.

Baca juga: Pantai Goa Cina Malang – Rute Hingga Tiket Masuknya

Menjernihkan Pikiran dengan Bersantai

Kawasan ini telah dikembangakan dengan baik dengan memberikan berbagai fasilitas, salah satunya gazebo yang terhubung langsung dengan jembatan semi permanen yang menghadap langsung ke laut bebas.

Disini Anda bisa merelaksasikan pikiran dengan melihat pemandangan laut lepas sembari dimanjakan dengan semilir angin sejuk. 

Bukan hanya itu, banyak pengunjung yang datang juga memanfaatkan momen dan pemandangan di sini untuk menjadi latar belakang foto pre-wedding mereka loh.

Mengunjungi Pulau Panjang

Selain pantainya sendiri, terdapat objek wisata lain yang bisa dilalui dari pantai ini, yaitu Pulau Panjang. Kawasan ini merupakan tempat khusus untuk memelihara flora dan fauna yang dilindungi.

Bagi para pengunjung yang ingin pergi ke pulau ini, Anda harus merogoh kocek mulia dari Rp50.000,00 hingga Rp70.000,00 untuk menyeberang menggunakan perahu motor.

Berendam di Pemandian

Selain pulau suaka alam, di bagian barat pantai ada sebuah pemandian yang dipercaya warga sekitar dapat mengobati segala macam penyakit. 

Terlebih penyakit kulit seperti rematik, eksim, panu, paru-paru dan lain sebagainya. Bagi Anda yang penasaran dengan khasiatnya? Yuk coba langsung sensasinya dengan mengunjungi pantai ini.

Bermain di Wahana Edukasi

Selain Kura Kura Pantai Kartini ada wahana edukasi lainnya seperti rumah kecek, panggung hiburan, catur raksasa, spoor mini, pesawat terbang TNI AU, dan lain sebagainya. Pemerintah setempat pun sedang gencar untuk menambah fasilitas edukasi untuk lebih menarik para pengunjung.

Menyaksikan Pesta Lomban

Pesta Lomban atau Bakda Kupat merupakan festival sedekah laut yang diadakan setiap tahunnya oleh para nelayan dari Kabupaten Jepara. Biasanya acara ini akan digelar pada tanggal 7 Syawal atau satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri. 

Lokasi Pantai Kartini Jepara

Pelabuhan Pantai Kartini
Photo by 205m4d1.blogspot.com

Lokasi Pantai Kartini Jepara berada cukup strategis dengan akses jalan raya. Tepatnya berada di Desa Bulu, Kecamatan Jepara. Letaknya berjarak sekitar 2,5 kilometer dari sebelah barat Pendopo Kabupaten Jepara. 

Apabila berangkat dari daerah Semarang, Demak atau Kudus, Anda bisa berangkat langsung menggunakan bus menuju terminal Jepara. Sesampainya di sana, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menaiki becak ontel dengan waktu tempuh 15-20 menit saja. 

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang ada di sini sudah cukup lengkap dan mengakomodasi semua keperluan pengunjung. Seperti tempat ibadah, area parkir luas, pusat oleh-oleh, rumah makan, kamar mandi, gazebo, kolam renang, hingga penginapan. 

Hotel di Jepara Dekat Pantai Kartini

Bagi para pengunjung yang memilih menginap di sekitar kawasan wisata ini, Advontura telah menyiapkan beberapa rekomendasi hotel di Jepara dekat Pantai Kartini yang bisa Anda coba. 

Beberapa rekomendasinya antara lain OYO 3374 Hotel Mile, Jepara Beach Hotel, Wisma Andany, Joglo Jawa, Jepara Indah Hotel, Harum Manis Cottages dan lain sebagainya.

Untuk menikmati pengalaman menginap di beberapa pilihan hotel di atas, Anda bisa menyiapkan dana mulai dari Rp200.000,00 hingga Rp420.000,00 untuk satu malam. Namun Sobat Advontura bisa mendapatkan tarif yang lebih murah dengan memesan jauh-jauh hari.

Demikian penjelasan kita kali ini mengenai Pantai Kartini Jepara. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari destinasi liburan yang dekat dari rumah. Untuk mendapatkan informasi objek wisata lainnya bisa klik link dibawah ini ya. Sampai Jumpa!

Baca juga: Pantai Gemah Tulungagung – Lokasi, Tiket Masuk & Rute

0

Artikel Terkait