15 Rekomendasi Pantai Paling Mempesona di Gunung Kidul

Daftar isi

Selain populer akan wisata budaya dan sejarah, Yogyakarta juga terkenal lewat eksotisme wisata baharinya yang masih sangat terjaga. Apalagi yang berada di Selatan Yogyakarta, tepatnya Kabupaten Gunung Kidul. Nah, kali ini Advontura sudah merangkum 15 rekomendasi pantai paling mempesona di Gunung Kidul yang dapat kamu kunjungi!

1. Pantai Drini

Pantai Drini (@jogjainfo on Instagram)

Wisata Gunung Kidul yang bagus pertama adalah Drini di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah lingkungan yang super bersih sehingga pengunjung bebas bersantai menikmati keindahannya dengan nyaman.

Kamu bisa mencoba beragam aktivitas di sini, mulai dari berenang, bermain air, memancing, sampai menikmati puncak kosakora. Biaya masuknya sendiri pun tergolong bersahabat, yakni hanya Rp 10.000 per orang.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti (@hariimaulana_024 on Instagram)

Mempunyai lokasi yang sangat strategis, pantai Gunung Kidul yang bagus ini terbilang mudah untuk dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk setiap kunjungan, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10.000.

Sewaktu tiba di sini, kamu akan langsung disuguhkan dengan pesona Pantai Indrayanti yang bersih dan terawat. Di samping itu, terdapat pula sejumlah gazebo yang hadir untuk memanjakan para turis. Warna-warni payung pantai pun akan melindungi kepalamu dari terik sinar matahari sehabis puas berenang dan bermain air.

Artikel Terkait

3. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu (@bastantaprawira on Instagram)

Beralamat di Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Wohkudu merupakan salah satu pantai Gunung Kidul yang bagus dan sayang buat kamu lewatkan.

Lokasi pantai yang terapit oleh dua bukit karang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk merasakan keheningan alam yang menenangkan hati. Tidak cuma itu, objek wisata ini juga kerap menjadi pilihan untuk kegiatan perkemahan.

4. Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan (@andaa on Instagram)

Tahukah kamu bahwa konon katanya tempat ini merupakan kawasan penghasil garam? Itu sebabnya, masyarakat setempat memberinya sebutan ‘nguyahan’ atau ‘uyah’ yang berarti garam.

Lokasi pantai dengan warna pasir putih khas ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Panorama senja di Pantai Nguyahan menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.Kamu juga dapat melaksanakan aneka aktivitas, misalnya memancing, berenang, serta menyelam sembari mencari rumput laut di sela-sela terumbu karang.

5. Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal (@awanrs on Instagram)

Terkenal sebagai wisata bahari paling bersih dan terawat, pantai Gunung Kidul yang bagus dan sepi berikutnya adalah Pantai Pulang Sawal. Memiliki bentangan pasir putih yang halus, objek wisata ini berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus.

Selain karena kebersihannya, daya tarik lain dari tempat ini bersumber dari kekayaan biota laut dan terumbu karang di dalamnya. Pengunjung yang kedapatan membuang sampah sembarangan bahkan wajib membayar denda sebanyak Rp10.000. Sebuah langkah yang patut mendapatkan apresiasi.

6. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong (@jogjajateng on INstagram)

Ngandong merupakan pantai Gunung Kidul yang bagus dan boleh kamu sambangi selanjutnya. Berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. objek wisata air ini menawarkan suguhan pasir berwarna putih bersih.

Di samping itu, pengunjung dapat berenang sambil menyaksikan aneka hewan dan tumbuhan laut yang menggemaskan. Ada pula sejumlah wahana air seru, contohnya perahu kano, selancar, serta perahu nelayan untuk berjelajah di sepanjang pantai.

7. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor (@voilajogja on Instagram)

Berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, pantai ini menawarkan air laut yang sangat bersih dan jernih yang memungkinkan pengunjung melihat langsung bagian dasar air. Tidak heran, Pantai Nglambor sering menjadi pilihan destinasi menyelam terbaik. 

Wisatawan hanya dapat menggunakan kendaraan roda dua untuk mencapai pantai ini. Bila menaiki mobil, kamu mesti berhenti lebih kurang 1-2 kilometer dari area pantai, lalu berjalan kaki maupun menyewa ojek setempat.

8. Pantai Krakal

Pantai Krakal (@veraprethur on Instagram)

Kamu mencari pantai dengan panorama sunset terbaik? Pantai Krakal di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari adalah jawabannya. Destinasi ini merupakan satu dari sekian banyak pantai Gunung Kidul yang bagus dan favorit bagi wisatawan.

Di sini, ada bukit kecil yang dapat menjadi spot paling apik untuk menikmati keindahan matahari tenggelam. Berbagai daya tarik wisata lain yang boleh kamu coba yakni berjemur, snorkeling, berselancar, bermain air, mendaki bukit karang, sampai mencoba aneka kuliner laut.

9. Pantai Jogan

Pantai Jogan (@teparptriwibowo on Instagram)

Kamu ingin merasakan indahnya pantai dan air terjun sekaligus? Coba berkunjung ke Pantai Jogan Dusun Dawet, Kecamatan Tepus. Daya pikat paling utama di sini adalah kehadiran air terjun setinggi 12 meter yang mengalir dari bebatuan karang tepi pantai. Wisata pantai Gunung Kidul yang bagus ini juga tampak mempesona ketika pasirnya yang mengkilap manakala terpapar cahaya matahari.

10. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo (@go.wediombo on Instagram)

Suguhan gugus-gugus batu karang yang menakjubkan dapat kamu temukan di Pantai Wediombo, Desa Jepitu. Bahkan pada salah satu bagian pantai, terdapat sebuah batu karang yang membentuk cekungan atau laguna yang berisi air laut sehingga terlihat mirip seperti kolam kecil.

Kamu juga dapat mengamati fenomena matahari tenggelam dengan leluasa dengan naik ke atas batu karang. Tidak sampai di situ, pantai Gunung Kidul yang bagus ini pun menawarkan daya tarik kuliner, khususnya bagi wisatawan pecinta masakan laut.

11. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok (@violadena on Instagram)

Kalau mau mencari suasana pantai yang sepi, datanglah ke Pantai Jungwok. Letaknya yang lumayan terpencil di Desa Jepitu membuatnya terasa seperti destinasi pribadi bagi pengunjung yang mampir.

Adapun waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Jungwok adalah pagi hari sebelum matahari terbit. Pantai Gunung Kidul yang bagus untuk sunrise ini juga mempunyai hamparan pasir putih yang bersih dan luas, lengkap dengan berbagai fasilitas umum. Mulai dari bangku pantai, toilet, sampai warung makan.

12. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan (@pantaisadranan on Instagram)

Berjarak dua jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, trek menuju pantai Sadranan di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari mempunyai jalur yang sempit, berliku, serta menanjak.

Meskipun begitu, perjuangan tersebut akan terbayar tuntas dengan birunya air laut beserta pemandangannya yang asri. Di pantai Gunung Kidul yang bagus ini, pengunjung dapat berenang, berjemur, sampai melakukan snorkeling ketika air sudah surut.

Terdapat pula sejumlah kano dan jet ski yang bisa kamu sewa untuk berkeliling pantai yang pastinya akan memanjakan liburanmu. Adapun harga tiket masuk yang harus dibayarkan adalah Rp 10.000 per orang.

13. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal (@pantaipoktunggal.id on INstagram)

Berikutnya, ada Pok Tunggal di Desa Tepus sebagai pantai Gunung Kidul yang bagus untuk kamu sambangi. Letaknya sendiri persis di balik bukit, cukup terpencil, tetapi sangat eksotis.

Berbekal pemandangannya yang indah, pengunjung bebas mengabadikan momen dengan berfoto ria. Selain itu, kamu juga bisa bermain air, menyelam, bahkan camping bersama teman maupun keluarga. Cukup dengan tiket masuk Rp 10.000, segala fasilitas yang tersedia sudah dapat kamu nikmati.

14. Pantai Timang

Pantai Timang (@pantai_timang on Instagram)

Dengan cipratan ombak yang luar biasa deras, pantai Gunung Kidul yang bagus satu ini menyajikan wahana ekstrim yang akan menguji adrenalin wisatawan. Untuk bisa masuk, pengunjung akan dipatok tiket seharga Rp 10.000 yang belum termasuk uang fasilitas gondola maupun jembatan.

Terdapat sebuah jembatan gantung dan gondola tradisional buat kamu yang ingin menyebrang ke ujung pantai, tepatnya sebuah batu karang yang besar. Silakan saja merasakan langsung sensasi berjalan di atas ombak laut yang menggila.

15. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran (@padhlul.h on Instagram)

Berada di Jalan Ngobaran, Kecamatan Saptosari, pantai Gunung Kidul yang bagus ini menawarkan pemandangan laut yang memukau beserta deru ombak yang memanjakan mata. Aktivitas memancing juga menjadi salah satu daya tarik lainnya. Adapun biaya masuk Pantai Ngobaran terbilang ekonomis yakni Rp 10.000 yang tidak termasuk retribusi parkir kendaraan.

Itulah 15 rekomendasi pantai paling mempesona di Gunung Kidul yang wajib kamu kunjungi ketika liburan. Dengan pesona laut yang eksotis, wisatawan pun tidak perlu bingung lagi dalam mencari destinasi bahari yang cocok untuk berekreasi.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *