1. Pantai

Pantai Goa Cina Malang – Rute Hingga Tiket Masuknya

Pantai Goa Cina merupakan salah satu dari 30 destinasi wisata pesisir yang ada di Malang. Karena keindahan alamnya, kawasan ini menjadi salah satu tujuan liburan bagi masyarakat dalam dan luar kota.

Sebenarnya namanya adalah Rowo Indah, namun kalah populer dengan sebutan ‘Goa Cina’ yang berasal dari peristiwa kematian seorang Tionghoa yang bertapa di sebuah Goa.

Selain menjadi kawasan wisata, pantai ini menawarkan berbagai kegiatan edukatif dan berkemah yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tertarik untuk berkunjung? Yuk simak terlebih dahulu artikel di bawah ini! 

Kegiatan Wisata Pantai Goa Cina Malang Jawa Timur

Bersantai di pantai goa cina malang
Pantai Goa Cina Malang (Photo by travelspromo)

Memiliki tiga pulau kecil di dalamnya, kawasan wisata Pantai Goa Cina menawarkan berbagai kegiatan liburan yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau sahabat terdekat. Berikut ini, Advontura telah merangkum berbagai kegiatan berlibur yang bisa Anda coba!

Berburu Sunset dan Sunrise

Pemandangan disaat matahari terbit dan terbenam di sini ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena memang tidak semua pantai bisa memberikan panorama sunset dan sunrise yang begitu lepas.

Bahkan banyak orang yang mengatakan kalau pemandangan matahari terbit dan tenggelam di sini sama cantiknya dengan yang ada di Bali loh.

Bagi Anda yang ingin berburu matahari terbit disini datanglah sebelum jam 04.30 WIB untuk mendapatkan panorama yang paling cantik. Sedangkan untuk pemandangan sunset-nya para pengunjung bisa menunggu senja datang sambil minum air kelapa atau makan mie instan di warung terdekat.

Berpiknik Ria di Pasir Putih

Bagi para pengunjung yang membawa keluarga untuk berkunjung, terlebih anak-anak. Berpiknik menjadi kegiatan alternatif liburan selain berenang, apabila ombak di pantai ini sedang besar.

Disekitar pantai sudah tersedia banyak warung hingga restoran yang bisa membawakan makanan ke tempat Anda berpiknik loh. 

Berkemah Seru

Selain bersantai di pesisir pantai, Anda juga bisa mencoba berkemah di sekitar pantai bersama teman-teman secara gratis loh. Bagi para pengunjung yang datang dengan tidak membawa perlengkapan kemah juga bisa menyewa tenda dengan harga mulai dari Rp100.000,00.

Pihak pengelola juga memperbolehkan para pengunjung untuk membuat api unggun atau bakar-bakar asalkan sampah dan bekas makanan dirapikan kembali.

Belajar Sejarah di Goa Cina

Salah satu wahana menarik yang ada di kawasan ini adalah sebuah gua yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Para pengunjung yang ingin memasuki gua juga tidak boleh sembarangan masuk. Ada beberapa larangan seperti tidak boleh berkata kasar, membuang sampah sebarang dan wanita yang sedang haid juga tidak diperbolehkan masuk.

Goa ini menjorok ke dalam sekitar 8 meter dengan tinggi dan lebar kurang lebih 2 meter. Letaknya ada di Karang, 50 meter dari pantai bagian kanan.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahi wahan satu ini, pakailah alas kaki anti licin dan selalu berhati-hati ketika melangkah di gua yang gelap. Selain itu ada tarif tambahan untuk para pengunjung yang ingin memasukinya.

Berburu Oleh-Oleh Khas

Salah satu daya tarik lain dari kawasan ini adalah hasil hutannya yang melimpah. Biasanya hasil tangkapan nelayan ini dijadikan berbagai olahan makanan sebagai oleh-oleh khas daerah ini.

Para pengunjung bisa mencicipi kelezatannya sambil menikmati angin semilir di berbagai warung yang ada di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Goa Cina Malang Jawa Timur

Lokasi Pantai Goa Cina Malang ada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. 

Akses menuju pantai bisa dilalui dengan Jalur Lintas Selatan (JLS). Meski sudah diaspal halus, Anda tetap harus berhati-hati karena jalannya yang berkelok dan dikelilingi oleh jurang. Terlebih masih ada jalan utamanya yang rusak parah sejauh 500 meter.

Rute Pantai Goa Cina Malang Jawa Timur

Kawasan ini bisa dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil. Rute Pantai Goa Cina dari Malang sendiri bisa ditempuh melewati daerah Gadang.

Setelah sampai dari daerah Gadang, ambilah jalan ke arah Bululawang, Turen hingga Sumbermanjing Wetan. Dari sana, Anda akan bertemu jalan menuju Dusun Sitirejo. Ikutlah jalan tersebut dan ikuti petunjuk arah yang ada dan berbelok ke kanan menuju tempat tujuan.

Baca juga: Pantai Gemah Tulungagung – Lokasi, Tiket Masuk & Rute

Jam Buka & Tiket Masuk Pantai Goa Cina 

Jam Buka & Tiket Masuk Pantai Goa Cina 
Goa Cina (Photo ksmtour)

Kawasan ini dibuka selama 24 jam penuh dari Senin hingga Minggu. Kecuali dai hari besar seperti libur Lebaran, tempat ini ditutup sebelum dibuka lagi 3 hari kemudian. Sedangkan tarif tiket masuk Pantai Goa Cina cukup murah, yaitu Rp10.000,00 saja. 

Sedangkan biaya parkirnya dibayar terpisah. Untuk kendaraan bermotor dikenakan biaya Rp5.000,00, mobil sebesar Rp7.000,00 dan bus ditarik tarif Rp10.000,00/ 

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di kawasan sudah cukup lengkap mulai dari tempat ibadah, toilet, ruang ganti, penyewaan tenda dan tikar, warung makan hingga restoran.

Penginapan di Pantai Goa Cina 

Bagi Anda yang ingin mencoba bermalam di sekitar pantai, ada beberapa rekomendasi penginapan di Pantai Goa Cina yang bisa dicoba.

Beberapa rekomendasinya antara lain Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam, Homestay Labda Asri, Homestay Ariesta, Pondok Bamboe, Villa Asmara Hills dan lain sebagainya.

Untuk menginap di beberapa penginapan di atas, dana yang perlu disiapkan berkisar antara Rp300.000,00 hingga Rp1.200.000,00 sesuai dengan tipe kamar dan waktu berkunjung.

Tips Berkunjung

Bagi Sobat Advontura yang ingin berkunjung ke pantai ini, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips berkunjung berikut ini agar pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

Gunakan Topi atau Kaca Mata Hitam

Layaknya cuaca pantai pada umumnya, di siang hari daerah ini cukup terik dan bisa membuat penglihatan Anda terganggu. Untuk itu bawalah kaca mata hitam atau topi. Jangan lupa gunakan sunblock untuk melindungi kulit. 

Gunakan Pakaian yang Tepat

Tampil keren dan kece memang diperbolehkan, tapi jangan sampai outfit yang  digunakan malah mengganggu gerak Anda ya. Gunakanlah pakaian yang tipis, menyerap keringat dan nyaman di badan.

Jaga Kebersihan

Banyak tempat sampah yang disediakan para pengelola di sekitar pantai. Sebagai pengunjung yang baik, jagalah kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya. 

Bukan itu saja, bersikap sopan dan menghormati keberagaman sekitar tetap penting untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih menyenangkan dan aman.

Objek Wisata Terdekat Lainnya

Selain menikmati indahnya kawasan Goa Cina, ada beberapa objek wisata lainnya yang tidak jauh dari kawasan ini.

Beberapa objek wisata lainnya antara lain Pantai Teluk Asmara, Pulau Sempu, Pantai Ungapan, Pantai Gatra, Pantai Tiga Warna, Pantai Batu Bengkung, Pantai Balekambang dan lain sebagainya. 

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Pantai Goa Cina Malang Jawa Timur. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari destinasi liburan yang murah dan  menyenangkan. Sampai jumpa di pembahasan tempat wisata lainnya!

Baca juga: Pantai Balekambang Malang: Tiket Masuk, Lokasi, & Spot Wisata

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Goa Cina Malang – Rute Hingga Tiket Masuknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]