Pesona Pantai Indah Bosowa, Destinasi Favorit Warga Makassar

Pantai Bosowa (sumber: @fiji_rumi08 on Instagram)
Pantai Bosowa (sumber: @fiji_rumi08 on Instagram)
Daftar isi

Sedang berwisata ke Sulawesi Selatan dan Ingin berwisata ke pantai yang indah dan bersih di Makassar? Pantai Bosowa solusinya! Airnya yang jernih, pantai yang masih bersih, dan juga pemandangan yang indah, menjadikan tempat ini kayak untuk dikunjungi. Yuk ikut artikel Advontura berikut ini!

Menikmati Bersih dan Eloknya Pantai Bosowa Makassar

Indahnya Pantai Bosowa Makassar (Sumber: @sittinurainii_ on Instagram)
Indahnya Pantai Bosowa Makassar (Sumber: @sittinurainii_ on Instagram)

Selain pantai populer lain seperti Pantai Losari dan Pantai Akkarena, Pantai Bosowa juga layak dimasukkan ke opsi wisata alam pantai di Kota Makassar. Pantai Bosowa Makassar memiliki nama lain Pantai Indah Bosowa dan Pantai Biru Makassar yang sebenarnya merujuk pada pantai yang sama. Terkenal dengan pemandangan birunya yang indah, pantai ini jadi salah satu destinasi favorit warga Kota Makassar.

Dengan keindahan langit biru dan kejernihan air lautnya, Pantai Bosowa Makassar tidak jarang juga dijadikan tempat para calon pengantin untuk melakukan sesi foto pre-wedding. Tidak heran, dengan keindahan yang menawan mata tempat ini menjadi wajib dimasukkan ke dalam list kunjungan wisata Kota Makassar,

Lokasi Pantai Bosowa Makassar

Lokasi Pantai Bosowa Makassar ini secara administratif terletak di kawasan Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, tepatnya sebelum Pantai Akkarena. Terletak cukup dekat dengan pusat Kota Makassar, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 8 km dengan estimasi waktu yang dihabiskan adalah 18 – 25 menit tergantung tingkat kepadatan jalan menuju Pantai Bosowa Makassar.

Saat mengunjungi Pantai Bosowa, Advonturers kami sarankan untuk pergi disaat langit sedang cerah. Hal ini bertujuan agar pengunjung dapat menikmati panorama keindahan pantai dengan maksimal tanpa harus takut kehujanan. Advonturers sekalian juga disarankan untuk pergi di waktu-waktu tertentu seperti waktu matahari terbit untuk menikmati sunrise, dan waktu matahari terbenam untuk menikmati langit jingga sunset.

Artikel Terkait

Tarif Masuk Pantai Bosowa Makassar

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Pantai Indah Bosowa, tarif masuk dari Pantai Bosowa tergolong sangat terjangkau. Pengunjung hanya diharuskan membayar Rp10.000 saja per orang. Sementara untuk biaya parkir kendaraan, dibanderol harga Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat. Area parkir yang disediakan juga luas, jadi pengunjung tidak perlu khawatir tidak dapat kebagian lahan parkir.

Namun perlu diketahui bahwasanya tarif masuk Pantai Bosowa dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola pantai. Advonturers disarankan untuk menyiapkan uang berlebih saat ingin memasuki kawasan pantai. Dengan harga tiket yang murah, wisatawan sudah dapat menikmati eloknya pemandangan di Pantai Indah Bosowa. 

Aktivitas Menyenangkan di Pantai Bosowa

1. Bermain Air Pantai yang Jernih

Bermain air di Pantai Bosowa (Sumber: @uyototo on Instagram)
Bermain air di Pantai Bosowa (Sumber: @uyototo on Instagram)

Daya tarik utama dari Pantai Bosowa Makassar tentu saja air di pantainya yang jernih dan nampak biru. Desiran ombak yang lembut, udara sejuk pantai, dan hamparan pasir putih yang luas membuat pengalaman mengunjungi Pantai Indah Bosowa menjadi sangat menyenangkan. Tak jarang pula di pinggir pantai terdapat batu karang yang semakin menambah keindahan dari pantai ini.

Dengan air pantai yang jernih, banyak sekali wisatawan bersama kerabat dan keluarganya yang bermain air di pinggir pantai. Air pantai jernih tentunya mengundang sekali untuk wisatawan dapat bermain dan berenang dengannya. Tidak kalah ramai, banyak juga wisatawan yang bermain pasir di sekitar pantai.

Sekeliling pantai yang masih bersih tentunya merupakan hasil kerja keras dari pihak pengelola Pantai Indah Bosowa. Tentunya, pantai ini akan tetap bersih dengan kerjasama dari pengunjung yang taat aturan agar tidak membuang sampah sembarangan. Terlihat beberapa tulisan himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan yang dipasang di sekeliling pantai. Hal ini ditujukan guna mengedukasi masyarakat agar tidak mengotori pantai yang indah ini.

2. Berjemur sambil menikmati pemandangan Pantai

Kursi berjemur yang disediakan pengelola untuk kebutuhan berjemur (Sumber: @tudanzki on Instagram)
Kursi berjemur yang disediakan pengelola untuk kebutuhan berjemur (Sumber: @tudanzki on Instagram)

Setelah lelah basah-basahan bermain air di pantai, pengunjung dapat berjemur di kursi berjemur yang disediakan oleh pengelola pantai. Berjemur santai sambil rebahan di bawah terik matahari langsung, ditemani pemandangan langit cerah dan pepohonan rindang di sekitar pantai yang memberi kesejukan, membuat pengalaman berjemur di Pantai Indah Bosowa menjadi menyenangkan dan tidak kalah dengan pantai-pantai lain.

Langit senja yang indah di Pantai Indah Bosowa (Sumber: @tudanzki on Instagram)
Langit senja yang indah di Pantai Indah Bosowa (Sumber: @tudanzki on Instagram)

Apabila berjemur di bawah terik matahari terlalu menyilaukan, pengunjung masih dapat menikmati langit jingga matahari terbenam yang juga menyajikan panorama yang indah. Campuran sedikit aksen langit biru siang hari, ditambah dengan warna oranye langit senja, menambah cantik pemandangan langit bak dilukis langsung oleh yang Maha Kuasa. Tidak sedikit juga pengunjung yang mengambil foto di saat matahari terbenam.

3. Seru-seruan Naik Wahana Air

Donut Boat, wahana air seru yang bisa dinaiki oleh wisatawan (Sumber: detikcom)
Donut Boat, wahana air seru yang bisa dinaiki oleh wisatawan (Sumber: detikcom)

Untuk mengakomodasi kebutuhan liburan di pantai, pihak pengelola juga menyediakan beberapa wahana air yang dapat disewa untuk seru-seruan dengan teman dan keluarga. Wahana air yang bisa dinaiki salah satunya adalah Banana Boat dan Donut Boat. Sembari menaiki wahana yang memacu adrenalin ini, kita dapat menyaksikan keindahan alam pantai dari tengah lautan. Seru sekali!

4. Wisata Kuliner di Malam Hari

Wisata Kuliner Malam Hari di Tepi Pantai (Sumber: @cerita_pantai_makassar on Instagram)
Wisata Kuliner Malam Hari di Tepi Pantai (Sumber: @cerita_pantai_makassar on Instagram)

Setelah selesai dengan aktivitas pantai dari pagi sampai sore hari, alangkah lebih baiknya kalau Advonturers juga melakukan wisata kuliner pada malam hari.. Beberapa restoran di Pantai Bosowa buka sampai malam hari demi menyajikan pengalaman unik menyantap berbagai macam makanan dengan suasana pinggir pantai.  Pada malam hari, wisatawan yang berkunjung tidak kalah ramai dengan siang hari demi berwisata kuliner malam.

Temaram lampu restoran, angin pantai yang sejuk, dan juga desiran ombak laut, kombinasi tersebut akan menambah pengalaman wisata kuliner jadi jauh lebih seru.Tidak lupa juga sambil menyantap makanan lezat, Advonturers akan diiringi oleh pertunjukan musik lokal setempat yang sangat piawai dimainkan oleh para musisi. Pengalaman yang tidak dapat dilupakan.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Pantai Bosowa yang jernih nan indah? Jangan lupa ajak saudara serta kerabat terdekat untuk berkunjung ke pantai ini. Salam traveling!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *