1. Pantai

Pantai Bira Sulawesi Selatan, Wisata Bahari yang Penuh Pesona

Pantai Tanjung Bira, terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi, lebih tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tempat wisata satu ini benar-benar memikat wisatawan dengan kecantikan dan kenyamannya yang tidak ada duanya. 

Pantai ini tak hanya memikat hati wisatawan lokal, tetapi juga menarik perhatian wisatawan mancanegara. Kira-kira apa yang membuat pengunjung lokal dan mancanegara tertarik untuk mengunjungi pantai ini? Yuk simak informasi selengkapnya di sini.

Tentang Pantai Bira Sulawesi Selatan

Jaraknya sekitar 40 kilometer dari Kota Bulukumba atau sekitar 200 kilometer dari Kota Makassar, dan memerlukan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam. Namun, Tanjung Bira tak hanya dikenal sebagai tempat wisata pantai yang memesona. 

Pantai ini juga menjadi rumah bagi para pengrajin kapal tradisional khas Sulawesi Selatan, dan pengunjung dapat menyaksikan langsung proses pembuatan kapal ini di tepi pantai.

Pantai Tanjung Bira memikat mata dengan pasir putih yang lembut, lalu menawarkan pemandangan laut yang memukau dengan gradasi warna biru dan hijau tosca yang mempesona, semuanya dipadukan dengan panorama langit yang cerah.

Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati pantai ini dengan berenang, atau bahkan menjelajahi keindahan bawah lautnya melalui kegiatan snorkeling. Tidak hanya itu, tersedia juga fasilitas banana boat yang siap memacu adrenalin kamu.

Dan jika perutmu mulai keroncongan, tak perlu khawatir. Di sepanjang Pantai Tanjung Bira, kamu akan menemukan lapak-lapak dan warung yang menyajikan beragam makanan dan minuman. Ditambah lagi, kamu juga dapat bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang mempesona.

Harga Tiket Pantai Bira Sulawesi Selatan

Untuk pengunjung anak-anak, biayanya sebesar Rp6.000, sementara dewasa dikenakan biaya sebesar Rp. 16.000. Pengunjung mancanegara akan dikenakan biaya sebesar Rp41.000, dan ini sudah mencakup biaya asuransi.

Sedangkan untuk biaya kendaraan, sepeda motor dikenai biaya sebesar Rp5.000, mobil pribadi dan jenis kendaraan serupa akan dikenai biaya sebesar Rp10.000, dan untuk bus atau minibus, biayanya adalah Rp15.000.

Sumber: Wikipedia

Jika kamu ingin berkunjung ke Titik Nol, biaya masuknya adalah Rp5.000 untuk anak-anak, Rp10.000 untuk dewasa, dan Rp20.000 untuk wisatawan mancanegara.

Kegiatan di Pantai Bira Sulawesi Selatan

Di kawasan wisata Pantai Bira, tersedia banyak kegiatan seru yang bisa pengunjung nikmati. Salah satunya adalah snorkeling untuk menyaksikan pesona bawah laut di berbagai spot menarik yang ada di sekitar pantai ini.

Salah satu spot yang sangat direkomendasikan adalah sekitar Pulau Liukang Loe, sebuah pulau kecil yang terletak di seberang barat Tanjung Bira. Di sini, kamu dapat melihat keindahan laut yang menakjubkan. 

Sumber: Wikipedia

Tetapi jika kamu lebih suka bersantai, Pantai Bira juga adalah tempat yang sempurna untuk berjemur di bawah sinar matahari, menikmati angin sepoi-sepoi yang menyegarkan, dan menyaksikan keajaiban matahari terbit dan terbenam.

Bagi kamu para penggemar pantai, Pantai Bira Sulawesi Selatan adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi. Dengan segala kecantikannya, pantai ini adalah pilihan yang sempurna untuk menghabiskan liburan akhir pekan kamu.

Pesona Wisata di Sekitar Pantai Bira

Selain Pantai Bira, juga ada beberapa tempat wisata menarik di sekitarnya. Berikut adalah beberapa wisata yang ada di sekitar Pantai Bira:

Pantai Bara

Pantai Bara, sering dianggap sebagai saudara kembar Pantai Tanjung Bira, terletak di sebelah timur Bulukumba. Objek wisata bahari ini juga terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan indah.

Terdapat barisan tebing yang dapat menjadi spot foto menarik bagi para pengunjung, sehingga kamu bisa memiliki kenangan indah dari kunjunganke tempat wisata yang begitu mempesona ini.

Bagi kamu yang ingin menjelajahi Pantai Bara lebih lama, tak perlu khawatir karena terdapat penginapan di sekitar kawasan ini. Tak jarang juga pengunjung yang memilih mendirikan tenda tidak jauh dari tepi pantai.

Pantai Kaluku

Pantai Kaluku, yang juga terletak di Kecamatan Bonto Bahari, tidak terlalu jauh dari kawasan Tanjung Bira di Bulukumba. Wisata satu ini memiliki ciri khas tersendiri dengan keberadaan pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Tempat ini sering dipilih sebagai lokasi untuk menikmati matahari terbit atau sunrise, terutama karena letaknya yang berada di sebelah timur Tanjung Bira.

Kamu akan menemukan penginapan-penginapan yang strategis, tidak terlalu jauh dari tepi pantai. Pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang Sulawesi.

Sumber: Flickr

Pantai Kasuso

Pantai Kasuso memiliki daya tarik yang unik. Di wisata bahari satu ini, terdapat formasi batu karang yang sering digunakan sebagai latar belakang dalam foto para pengunjung.

Lokasi pantai, yang terletak di Dusun Kasuso, Kecamatan Bonto Bahari, memang kurang banyak wisatawan kenal, namun itulah yang membuatnya menjadi salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Bulukumba.

Pantai Kasuso terletak sekitar 5 kilometer sebelum mencapai Pantai Bira, jadi jaraknya dekat, meskipun aksesnya mungkin sedikit sulit karena jalannya sempit dan berkelok. Bagi pengendara, tetap waspada jika mengunjungi pantai ini.

Pantai Mandala Ria

Objek wisata yang terletak di Desa Ara ini tidak hanya memanjakan pengunjung dengan keindahan pantainya. Di kawasan Pantai Mandala Ria, yang terletak di pesisir Teluk Bone, kamu akan menemukan berbagai gua menarik yang tersebar di sekitarnya.

Keistimewaan Pantai Mandala Ria adalah ombak yang cukup tenang, cocok bagi mereka yang menginginkan momen ketenangan selama liburan tanpa harus melewatkan pesona alamnya.

Tersedia berbagai pilihan penginapan di Pantai Mandala Ria, termasuk villa yang bisa pengunjung sewa. Namun, jika kamu menginginkan pengalaman yang berbeda, tak masalah, kamu juga dapat mendirikan tenda untuk merasakan sensasi unik dalam menikmati pantai ini.

Sumber: Flickr

Pantai Marumasa

Pantai Marumasa, yang terletak di Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba, menawarkan pesona alam yang memukau dengan pemandangan laut yang memiliki gradasi warna biru dan putih yang indah.

Destinasi wisata ini menyuguhkan segala yang kamu butuhkan untuk mendapatkan spot foto yang menarik, termasuk tebing eksotis yang menambah daya tariknya. Selain itu, terdapat juga hammock yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati suara ombak dan angin pantai yang menyejukkan.

Pantai Marumasa sering menjadi tempat berkemah, sehingga jika kamu ingin menikmati destinasi wisata ini lebih lama, kamu dapat mendirikan tenda di kawasan pantai. Ini akan memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan keindahan alam Pantai Marumasa.

Baca Juga: Pantai Pulisan, Pantai Indah nan Eksotis di Sulawesi Utara

Demikian pembahasan Advontura mengenai Pantai Bira Sulawesi Selatan. Semoga penjelasan yang kami berikan kali ini dapat membantumu memilih tempat wisata menarik di Sulawesi Selatan, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Bira Sulawesi Selatan, Wisata Bahari yang Penuh Pesona

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]