Tiket Masuk dan Lokasi Pantai Baron Gunungkidul Terbaru

pantai baron jogja
Daftar isi

Pantai Baron Jogja merupakan salah satu dari empat kawasan pesisir klasik yang ada di Yogyakarta. Bukan hanya itu, di sini Anda juga bisa menemukan fenomena alam langka yaitu bertemunya air sungai dan air laut.

Garis pantainya yang cekung dengan dikelilingi pemandangan bukit hijau, air laut jernih bersanding bersama pasir hitam yang memukau, membuat kawasan Pantai Baron Jogja dinobatkan menjadi tempat wisata terindah yang ada di kawasan Gunung Kidul.

Bukan hanya keindahan alamnya, keanekaragaman hasil laut dan nilai budaya peninggalan nenek moyang yang masih kental memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ingin berkunjung? Yuk baca artikel di bawah ini terlebih dahulu.

Sejarah Pantai Baron Gunung Kidul Jogja

Sejarah Pantai Baron Gunung Kidul Jogja sudah dimulai semenjak zaman penjajahan Belanda. Awalnya ada seorang bangsawan yang tidak sengaja berhenti di kawasan ini. Konglomerat tersebut bernama Baron Skeber.

Bangsawan ini ternyata terkesan dengan keindahan alam sekitar dan memutuskan menjadikannya tempat persembunyian. Karena hal tersebut banyak orang yang memanggil nama pantai ini seperti nama bangsawan Belanda tersebut.

Artikel Terkait

Sayangnya, kisah sejarah ini masih belum benar-benar terbukti keasliannya. Namun yang pasti, keindahan dan keunikannya masih tetap terjaga sampai sekarang.

Lokasi Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Lokasi Pantai Baron ada di kawasan Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota, Anda harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 60 kilometer atau sekitar 1 jam 45 menit waktu perjalanan.

Selain mengendarai kendaraan pribadi, Anda juga bisa sudah bisa menggunakan transportasi umum yaitu bus. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa naik dari terminal Giwangan ke Wonosari. Setelah sampai di Wonosari, perjalanan dilanjutkan menggunakan bus lagi untuk sampai ke tempat tujuan.

Kegiatan Wisata Pantai Baron Jogja

pantai baron jogja
Pantai Baron (Photo by datawisata.com)

Menjadi salah satu tempat destinasi wisata favorite di Jogja, tak mengherankan kalau banyak sekali kegiatan wisata Pantai Baron yang bisa Anda nikmati di sini. Berikut beberapa pilihan aktivitas seru yang disiapkan khusus untuk Sobat Advontura!

Menyaksikan Keindahan Budaya di Upacara 1 Suro

Salah satu daya tarik wisatawan yang datang adalah keunikan budaya yang ada di sekitar sini, salah satunya Upacara 1 Suro yang dilaksanakan setiap tahunnya berdasarkan hitungan kalender Jawa.

Upacara 1 Suro sendiri merupakan upacara larung sesaji atau disebut juga sedekah laut sebagai rasa syukur warga sekitar kepada Tuhan Yang Maha Esa atas melimpahnya hasil laut.

Bersantai di Tepi Pantai

Selain bermain air, pihak pengelola sudah menyiapkan beberapa kursi malas dan tempat penyewaan tikar untuk para pengunjung yang lebih suka bersantai. Semilir udara sejuk dengan pepohonan rindang di kanan dan kiri membuat siapa saja betah untuk berlama-lama.

Berkunjung ke Baron Technopark

Bagi Anda yang penasaran dengan bentuk jam matahari, datanglah ke Baron Technopark yang berada tidak jauh dari kawasan pantai. 

Di sana terdapat monumen sekaligus jam matahari raksasa yang unik dan sangat instragmable. Selain itu dari kawasan ini Anda bisa melihat pemandangan lautan bebas dan kehidupan masyarakat pesisir dari atas bukit.

Berfoto Aesthetic di Mercusuar

Selain menjadi tempat wisata, kawasan ini juga memiliki mercusuar untuk membantu navigasi kapal-kapal yang lewat. Para pengunjung ternyata juga bisa naik ke atas di pagi atau siang hari dan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00.

Namun Anda juga harus berhati-hati, karena menaiki tangga mercusuar bisa menjadi pengalaman yang menantang.  Mengingat banyaknya tangga melingkar dan hembusan angin yang kencang, pastikan Anda menggunakan sepatu anti licin dan jaket hangat.

Baca juga: Pantai Goa Cina Malang – Rute Hingga Tiket Masuknya

Berburu Kuliner Laut

Dengan ekosistem yang masih terjaga, kawasan ini memiliki hasil laut yang melimpah. Mulai dari berbagai macam ikan, kepiting, lobster, kakap, udang, cumi dan lain sebagainya. Harga dan kualitasnya juga bersaing dengan tempat lain.

Selain belanja ikan mentahnya, Anda bisa menikmati hidangan khasnya di beberapa restoran yang tersebar di setiap sudut. Beberapa menunya ad asam manis, rica, goreng, bakar, gulai dan lain sebagainya.

Tiket Masuk Pantai Baron Gunung Kidul Jogja

Harga tiket masuk Pantai Baron hanya sebesar Rp10.000,00 saja. Bahkan dengan sekali bayar, para pengunjung sudah bisa menikmati tujuan wisata lain seperti pantai Drini, Indrayanti, Krakal, hingga Kukup.

Khusus untuk biaya retribusi parkir, para pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp5.000,00 untuk kendaraan bermotor dan Rp10.000,00 untuk mobil.

Hotel di Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan lebih puas Anda bisa mencoba menginap di beberapa hotel terdekat. Meskipun kebanyakan hotel di Pantai Baron terdekat hanya berkelas melati, fasilitasnya masih cukup lengkap. Selain itu, Anda juga bisa lebih menghemat pengeluaran.

Sedangkan bagi Sobat Advontura yang lebih suka menginap di penginapan dengan kualitas dan fasilitas prima dengan harga yang masuk terjangkau, Anda bisa jalan lebih jauh menuju hotel Baronsari atau Dwi Ratih. 

Informasi Selama Pandemi

Kawasan sudah melakukan uji coba pembukaan semenjak tanggal 22 Juni 2020. Saat ini objek wisatanya sudah terbuka untuk umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Jadi, bagi para pengunjung yang ingin berlibur ke sini pastikanlah kondisi badan Anda sehat, tetap gunakan masker dan membawa alat makan atau hand sanitizer sendiri.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pantai Baron Jogja. Semoga tulisan di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk menentukan tujuan liburan bersama keluarga selanjutnya. Sampai jumpa di pembahasan tempat wisata terbaik Indonesia selanjutnya!

Baca juga: Pantai Gemah Tulungagung – Lokasi, Tiket Masuk & Rute

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *