1. Pantai

Pantai Hidden di Jawa Timur yang bernama, Osanna Beach

Osanna Beach atau dikenal juga sebagai Pantai Osanna adalah salah satu pantai yang berada di Pulau Jawa, letaknya perbatasan antara Wonogiri (Jawa Tengah) dengan Pacitan (Jawa Timur). Warga sekitar menyebutnya sebagai Pantai Wiji, lantaran menghadirkan perpaduan budaya Jawa dan Bali yang unik. Sebagai media yang bergerak di bidang pariwisata, tak lupa Advontura juga membuat artikel tentang Pantai Osanna ini. Lihat artikel ini sampai selesai, untuk lebih tahu detailnya!

Mengenal Osanna Beach

Jadi, Pantai Osanna ini memang letaknya berada di perbatasan 2 kota dan provinsi. Namun secara administrasi letaknya berada di Desa Gesing, Kelurahan Widoro, Kecamatan Donorojo, Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Karena baru beroperasi sejak 24 Juni 2023, makanya suasana pantainya masih sepi dari keramaian. Meski begitu, tempatnya ideal untuk kamu melarikan diri sejenak dari keramaian dan menikmati ketenangan alam.

Sumber: Bondowoso Network

Mengenai keunikannya yang memadukan budaya Jawa dan Bali tercermin dalam berbagai ornamen dan dekorasi di area pantai. Patung-patung dewa Hindu dan gapura khas Bali menghiasi area pantai, berpadu dengan arsitektur tradisional Jawa yang kental.

Jalan Menuju Osanna Beach

Lama perjalanan kalau dari Kota Wonogiri sekitar 2 jam. Sedangkan dari Pacitan kurang lebih 1 jam 20 menit. Perhitungan kedua jarak tempuh tersebut sama-sama berdasarkan aplikasi maps dengan melalui jalur darat.

Biar tidak kebingungan yang bisau kesasar, cara untuk menemukan Osanna Beach ini, jika sudah berada di parkiran Pantai Nampu jalan terus, lalu belok kiri yang mengarah ke Pantai Osanna.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Destinasi Wisata Tawangmangu Jawa Tengah

Harga Tiket & Waktu Operasional Osanna Beach

Berdasarkan salah satu video vlogger yang Advontura pantau, harga tiket masuk ke Osanna Beach adalah seharga Rp40.000. Memang cukup mahal untuk area wisata di kota kecil seperti, Pacitan. Tapi cukup worth it, lantaran dengan harga segitu, sudah terdapat fasilitas yang memadai. Plusnya lagi bisa sekalian melihat indahnya pemandangan dari pantai atau laut. Waktu operasionalnya, Setiap Hari dari Pukul 08.00 hingga 18.00

Sumber: Native Indonesia

Fasilitas Lengkap yang Tersedia

Walaupun masih tergolong pantai baru, Osana Beach sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Di sini tersedia toilet, bilik untuk mandi, mushola, dan warung makan yang menyajikan hidangan khas Pacitan. Selain itu, tersedia juga fasilitas, seperti gazebo, payung, dan kursi pantai untuk bersantai menikmati keindahan pantai.

Baca Juga: Pantai Kuta Bali | Pesona Pantai Berpasir Putih yang Menarik

Wahana & Aktivitas Menarik

Pantai Osana menawarkan berbagai wahana seru dan aktivitas menarik bagi para pengunjung. Inilah beberapa daftar aktivitas yang dapat kamu coba:

Berenang dengan Air yang Jernih

Berhubung tempatnya masih baru dan belum banyak yang didatangi banyak orang. Maka airnya masih jernih. Nah bagi yang ingin berenang dengan tenang, inilah waktu yang pas untuk melakukannya.

Bermain Pasir di Pantai

Selain renang, aktivitas lainnya yang jadi favorit pengunjung tiap kali berkunjung ke Pantai, yakni bermain pasir. Banyak hal yang bisa dilakukan antara lain membuat beragam bentuk bangunan, memperagakan kegiatan, seperti menanam atau hanya sekadar ingin duduk santai saja. 

Sumber: Jatim Hari Ini

Mencoba Berbagai Wahana Permainan

Pihak pengelola juga menyediakan berbagai wahana permainan yang dijamin membuat pengunjung semakin betah. Adapun seperti banana boat, jet ski, hingga perosotan yang sempat viral, Rainbow Slide ini juga jadi ciri khas yang bisa pengingat pengunjung pada Pantai Osanna.

Mengambil Foto

Bagi pecinta fotografi, pantai ini juga menyediakan berbagai spot instagramable dengan latar belakang panorama alam yang indah, antara lain  pasir putihnya yang halus, birunya air laut yang jernih, pohon kelapa dan tebing batu karang. Buat yang sedang belajar foto dengan kamera profesional, juga bisa jadi sarana latihan untuk mempraktekannya.

Staycation

Bagi yang ingin eksplor area sekitar Osanna Beach lebih mendalam dan lama. Terdapat penginapan yang bisa kamu sewa. Harganya sekitar Rp500.000, itu sudah termasuk kasur berukuran king size, AC, TV dan kamar mandi. Karena kamarnya tidak terlalu besar untuk kenyamanan maksimal 2 orang dewasa. 

Tips Berkunjung ke Pantai Osanna

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam merencanakan perjalanan ke Pantai Osanna:

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Pantai Osanna idealnya dikunjungi pada musim kemarau (April-Oktober) saat cuaca cerah dan air laut tenang (surut). Sehingga meminimalisir kejadian, seperti tersedet arus air. Pastinya pengunjung akan lebih aman. Namun tetap berhati-hati dan kalau tidak mampu berenang, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk ke bagian tengah pantai.

Sumber: KabarBUMN

Sewa Kamar Tambahan Jika Dibutuhkan

Ini berkaitan dengan yang staycation, yang ada pada pembahasan sebelumnya. Karena lebih diperuntukan untuk 2 orang. Jadi kalau jumlah orangnya lebih, alangkah baiknya untuk memesan kamar tambahan.

Update Informasi Terbaru Sebelum Berkunjung

Agar selalu update, sebaiknya kamu selalu pantau informasi terbarunya. Hal ini karena terkadang pada media sosialnya terdapat promo khusus, seperti bagi yang menggunakan hak suara (pemilu) dan hari besar (Hari Raya Idul Fitri). Tentu ini bisa jadi solusi untuk menghemat dana buat wisata

Baca Juga: Pantai Banyu Tibo – Lokasi & Harga Tiket Masuk

Dengan keindahan alam yang memukau, perpaduan budaya yang unik, dan fasilitas yang lengkap, Osanna Beach cocok masuk destinasi wisata buat dikunjungi selanjutnya, jika berkunjung ke sekitar Pacitan atau Wonogiri. Apalagi menawarkan keindahan alam, cuma sayang masih kurang promosi. Sehingga masih banyak orang yang asing dengan pantai satu ini!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Hidden di Jawa Timur yang bernama, Osanna Beach

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]