Nepal Van Java, Desa Wisata Magelang Ala Negara Nepal

Nepal van java
Photo by Noveri Tahalea
Daftar isi

Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi dengan kekayaan serta keindahan alam yang beraneka ragam. Selain pantai dan gunung, terdapat destinasi favorit baru para wisatawan di Kabupaten Magelang berupa sebuah desa wisata bernama Nepal Van Java. 

Desa ini begitu luar biasa sebab nuansa pedesaan yang sejuk dan segar masih dapat kalian rasakan di sini. Tertarik untuk mengunjunginya?

Harga Tiket Masuk Wisata Nepal Van Java

Untuk bisa menikmati keindahan desa ala nepal ini, kalian tidak ditarik biaya masuk alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 2000 untuk parkir roda 2 dan Rp 5000 untuk roda 4. Terjangkau sekali, bukan?

Keunikan Desa Nepal Van Java ala Magelang

Wisata Nepal van Java
Wisata Nepal van Java (suaramerdekakedu.id)

Bagi para wisatawan yang ingin berlibur dan menikmati suasana pedesaan Nepal Van Java, kalian akan menempuh waktu perjalanan sekitar 1 jam dengan jarak sejauh 21,5 km dari pusat Kota Magelang. Apabila berangkat dari luar Kota Magelang, terdapat 2 arah yang bisa dipilih yakni melalui arah utara (Kota Semarang) atau arah selatan (Kota Jogja).

Nepal van Java sendiri adalah sebuah julukan untuk Dusun Butuh yang lokasinya  berada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Mengapa dijuluki Nepal Van Java? Dusun ini diberikan julukan tersebut karena terletak di Lereng Gunung Sumbing. Dengan lokasi desa yang berada di lereng gunung, membuat rumah penduduk terlihat bertumpuk sama seperti Negara Nepal

Artikel Terkait

Nepal Van Java menjadi terkenal dan diketahui oleh khalayak ramai saat keindahan desa ini tershooting dari atas. Desa ini begitu mempesona saat dilihat dari langit ketika menggunakan drone.

Dari atas, desa yang diselimuti kabut ini begitu indah dengan perbukitan disekelilingnya, hamparan perkebunan yang menghijau dan pohon-pohon besar, serta tak lupa pemandangan gunung yang menjulang membuat desa ini terlihat begitu sempurna.

Sejak saat itulah banyak pengunjung maupun wisatawan asing yang penasaran dan ingin melihat secara langsung keindahan desa yang seperti Negara Nepal. 

Rumah penduduk Dusun Butuh ini terlihat begitu indah dan mempesona. Tempatnya yang berada di lereng gunung membuat suasana desa ini masih begitu asri. Banyak sekali wisatawan yang merasa jatuh hati dengan keindahan dan keasrian desa ini.

Hawanya yang dingin dan sejuk serta hamparan lahan pertanian dan perkebunan  yang menghijau membuat desa ini begitu indah. Desa ini masih sangat alami dan belum tersentuh unsur modern. Saat berada di sini kalian pun pasti akan merasakan kedamaian akan suasana desa ini. 

Ada banyak hal yang akan kalian jumpai di Nepal Van Java, kalian bisa menikmati kesederhanaan penduduk sekitar serta desa yang begitu sunyi dan damai tanpa keramaian.

Wisata ini cocok sekali untuk kalian yang ingin merileks kan pikiran dan membuang kejenuhan setelah penat berkutik dengan kegiatan kantor atau kuliah. Mata kalian akan dimanjakan dengan pemandangan hijau pepohonan serta keindahan gunung yang terlihat dari desa ini. Berada di desa ini akan membuat kalian betah untuk berlama-lama menikmati desa yang begitu mempesona ini. 

Kalian juga melakukan beberapa aktivitas yang menarik seperti memetik sayur,melihat aktivitas warga sekitar serta menjelajahi kampung. Kalian juga bisa berfoto dengan latar belakang pedesaan ataupun mencari spot foto yang menarik di Nepal Van Java.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen saat berada di sini. Saat kalian berada di Kota Magelang jangan lupa mampir ke desa ini untuk menikmati keindahan dan keasrian desa yang sayang untuk kalian lewatkan.

Baca juga: Svargabumi Magelang: Alternatif Wisata Instagramable

Objek Wisata Menarik di Dekat Kawasan Nepal Van Java

Keindahan Nepal van Java
Keindahan Nepal van Java (Photo by Medcom.id)

Selain berwisata ke Nepal Van Java kalian juga bisa mampir ke beberapa objek wisata yang letaknya tak jauh juga kawasan Dusun Butuh. Berikut beberapa objek yang bisa kalian coba diantaranya:

Silancur Highland

Objek Wisata Silancur Highland berada di Desa Mangli,Kecamatan. Wisata ini berada di bagian tenggara kaki Gunung Sumbing. Silancur Highland berada di atas  ketinggian 1.300 mdpl. Diatas sini kalian bisa melihat megah dan gagahnya deretan pegunungan yang membentang di bagian sisi timur. Saat cuaca cerah kalian dapat melihat keindahan merapi dan Ungaran yang terlihat begitu jelas.

Pada bagian barat kalian akan disuguhi pemandangan kegagahan Gunung Sumbing yang memiliki ketinggian 3.371 mdpl. Kalian juga bisa menikmati sunrise di Silancur Highland ini, ini merupakan salah satu spot berburu sunrise terindah di Kota Magelang.

Selain itu kalian juga bisa berkemah disini untuk menikmati keindahan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Dimalam harinya kalian dapat menyaksikan gemerlap lampu Kota Magelang yang menambah nuansa romantis saat malam hari tiba.

Curug Silawe

Curug Silawe berada di Dusun Kopeng,Desa Sutopati,Kecamatan Kajoran,Magelang. Curug ini berada di bawah kaki Gunung membuat suasananya dingin dan udaranya pun sejuk. Air terjun dengan ketinggian 60 meter ini dikelilingi oleh hijaunya pepohonan yang menjulang tinggi. Pepohonan ini menambah kesan rindang dan asri wisata ini.

Mangli Sky View

Mangli Sky View berlokasi di Desa Mangli,Kecamatan Kaliangkrik,Magelang. Mangli Sky View ini berada di ketinggian 1.570 mdpl dan berada tepat di bagian timur Gunung Sumbing. Mangli Sky View menyajikan keindahan panorama hamparan langit yang cerah. Di atas sini kalian dapat melihat keindahan pegunungan yang nampak dari kejauhan.

Kalian juga bisa berkemah untuk dapat melihat view Gunung Merbabu,Gunung Merapi,Andong,Telomoyo,Giyanti,Tidar serta keindahan-keindahan lainnya yang dapat kalian saksikan di Mangli Sky View.

Candi Selogriyo

Candi Selocandi Selogriyo berada di sebuah desa yang berada di antara bukit giyanti,bukit condong dan juga bukit malang yakni Desa Candisari yang berada di Kecamatan Windusari.

Candi Selogriyo ini diperkirakan merupakan sebuah peninggalan pada zaman Mataram Kuno pada zaman dahulu. Candi ini juga memiliki nilai dan bukti bersejarah mengenai perkembangan agama hindu.

Saat berwisata ke candi ini tidak hanya akan mendapatkan informasi dan edukasi mengenai sejarah-sejarah pada zaman dahulu. Akan tetapi para wisatawan juga akan disuguhi pemandangan perbukitan dan pegunungan yang berjajar serta udara sekitar yang sejuk.

Gunung Sumbing

Berwisata di Dusun Butuh Kota Magelang tidak lengkap rasanya apabila tidak mendaki Gunung Sumbing yang merupakan titik tertinggi kedua yang ada di Jawa Tengah. Dengan ketinggian Gunung Sumbing kalian bisa melihat keindahan dari segala penjuru arah.

Kalian bisa melihat lautan awan yang begitu memukau serta bis menikmati indahnya sunrise dan sunset yang begitu indah. Namun untuk dapat mencapai titik tertinggi kedua di Provinsi Jawa Tengah ini kalian harus mendaki dan melewati jalur pendakian yang cukup berat dan terjal serta memacu adrenalin,namun tenang saja semua kerja keras itu akan terbayar dengan keindahan yang kalian lihat di atas.

Baca juga: Wisata Candi Borobudur – Sejarah Hingga Harga Tiket

Tips Sebelum Pergi ke Nepal Van Java

 

Nepal Van Java
Lokasi Nepal van Java (Photo by pegipegi.com)

Pastikan kendaraan yang anda gunakan dalam kondisi yang baik

Karena lokasi Nepal Van Java yang berada di pegunungan pastinya saat kalian menuju ke lokasi tersebut akan melewati jalanan yang menanjak.maka pastikan terlebih dahulu motor ataupun mobil yang kalian gunakan dalam kondisi yang baik,hal ini dilakukan sebagai antisipasi saat berada diperjalanan. 

Selain kendaraan harus kuat menanjak pada jalanan yang menanjak selain itu rem juga harus diperhatikan. Karena rute perjalnan merupakan jalanan pegunungan maka rem harus bekerja dengan baik.

Bagi kalian yang menggunakan kendaraan matic maka harus mewaspadai terjadinya rem blong, karena rute balik akan banyak sekali turunan yang cukup curam.

Membawa kamera ataupun drone

Karena lokai ini begitu indah maka para wisatawan diharapkan membawa kamera ataupun drone apabila memiliki. Kalian bisa mengambil gambar keindahan panorama dengan menggunakan kamera yang anda miliki.

Selain itu apabila kalian memiliki drone maka itu akan lebih baik, karena kalian bisa mengambil keindahan Nepal Van Java dari segala penjuru. Dengan mengambil gambar dari atas maka keindahan desa ini akan lebih terlihat dan tereksplor.

Datang pada pagi hari

Datanglah di pagi hari karena  udaranya masih sejuk dan dingin. Kalian akan merasa nyaman saat berkeliling kampung menikmati pemandangan dengan udara yang segar di pagi hari. Selain itu kalian juga bisa melihat aktivitas warga sekitar di pagi hari.

Demikian informasi mengenai Nepal Van Java yang dapat Advontura sampaikan. Semoga informasi diatas memberikan manfaat dan membantu kalian untuk menentukan destinasi wisata yang cocok untuk berlibur. Sampai jumpa pada destinasi wisata lainnya.

Baca juga: 30 Tempat Wisata Magelang: Surga yang Tersembunyi

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *