Wisata Merapi Park, Asyiknya Keliling Dunia di Yogyakarta

Merapi Park (Sumber: @wondefuljogja on Instagram)
Daftar isi

Yogyakarta mempunyai banyak sekali tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Salah satunya adalah tempat wisata Merapi Park. Destinasi wisata satu ini menawarkan pemandangan indah Gunung Merapi yang dipadukan dengan berbagai replika landmark dunia. Seperti apa tempat wisata ini? Yuk, simak lebih lanjut di sini, Advonturers!

Merapi Park, Sensasi Asyik Wisata Keliling Dunia di Yogyakarta

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung paling aktif di Pulau Jawa, tapi gunung ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik. Suasananya yang asri dan pemandangannya yang indah membuat area sekitar Gunung Merapi dipenuhi dengan destinasi wisata.

Salah satu destinasi wisatanya adalah Merapi Park. Tempat wisata yang juga sering disebut The World Landmark Merapi Park ini mulai beroperasi pada tanggal 25 Juni 2017. Taman hiburan menyediakan beragam tempat foto berupa replika landmark atau ikon negara yang ada di seluruh dunia. 

Beberapa contoh replika landmark yang ada di taman ini adalah Menara Pisa dari Italia, Menara Eiffel dari Perancis, Big Ben dari Inggris, Patung Liberty dari Amerika Serikat sampai kotak pos dan telepon umum yang biasa ditemui di Kota London.

Replika-replika landmark tersebut dikelilingi oleh taman bunga yang warnanya bervariasi sehingga menambah keindahan di sekitar replika landmark. Pengunjung dapat mengunjungi beberapa wahana permainan yang tersedia di tempat wisata ini, seperti Jemparingan, Cowboy Town, dan Kids Waterpark.

Artikel Terkait

Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata lain, kamu juga dapat mengunjungi beberapa objek wisata yang berada di sekitar taman ini. Salah satu objek wisata yang dapat kamu kunjungi adalah Museum Gunung Merapi, yang bersebelahan dengan Merapi Park.

Berfoto dengan Background Menara Eiffel (Sumber: @juliani_tania on Instagram)

Rute & Lokasi Merapi Park

Lokasi Merapi Park Jogja berada di Jalan Kaliurang km 22, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di depan Museum Gunung Merapi (MGM).

Untuk menuju lokasi tersebut, kamu perlu mengambil arah ke utara dari pusat Kota Yogyakarta atau ke Jalan Kaliurang sampai menemukan papan petunjuk yang mengarahkan ke Museum Gunung Merapi.

Setelah dari papan petunjuk tersebut, kamu perlu berbelok ke kiri dan mengikuti jalan. Setelah perempatan, kamu perlu belok kanan sampai menemukan petunjuk lokasi museum. Tidak jauh dari papan petunjuk tersebut, kamu sudah dapat melihat tempat parkir untuk kawasan wisata Merapi Park. 

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Merapi Park

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata satu ini, catat informasi berikut. Taman Merapi ini buka setiap hari Senin, Rabu, Kamis, dan Jumat pada pukul 09.00 sampai 16.30. Untuk hari Sabtu, Minggu, dan tanggal merah, taman buka pada pukul 08.30 sampai 17.00. Taman hanya tutup pada hari Selasa saja.

Pengunjung akan ditarik harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang pada hari biasa dan harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang pada akhir pekan. Jika ingin masuk ke wahana seperti Kids Waterpark, pengunjung akan ditarik biaya sebesar Rp 10.000. Biaya parkir yang dipungut sebesar Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bus.

Fasilitas Wisata Merapi Park

Jangan khawatir, Merapi Park menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan pengunjung, antara lain:

  • Gazebo 
  • Area Parkir
  • Mushola
  • Minimarket
  • Toilet
  • Cafe yang menyediakan ragam hidangan
  • Tempat sampah
  • Kursi untuk bersantai
  • Tempat foto
Menikmati Keindahan Alam di Merapi Park (Sumber: @ryukeikenzou on Instagram)

Rekomendasi Aktivitas Wisata Seru di Merapi Park

Jika kamu bertanya, Kegiatan apa yang dapat dilakukan di Merapi Park? Advontura sudah merangkum beberapa rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata satu ini, yaitu seperti:

  • Berfoto dengan Gebang Brandenburg Berlin. Landmark ini tepat berada di depan halaman tempat pembelian tiket. Replika yang diambil adalah monumen Brandenburg Gate yang ada di Berlin.
  • Mengambil selfie di sebelah Menara Pisa. Menara Pisa sendiri adalah replika dari menara miring yang ada di Italia. Meskipun kamu berfoto di daerah Kaliurang, ketika berfoto di tempat ini, kamu akan terlihat seperti berfoto di Italia.
  • Menikmati nuansa romantis Paris di Menara Eiffel. Landmark yang terkenal dengan kesan romantisnya ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Replika Menara Eiffel yang ada di sini menjadi salah satu spot foto favorit bagi para pengunjung.
  • Mengambil foto di Big Ben London. Big Ben adalah menara jam yang berada di London Inggris. Monumen satu ini merupakan hadiah kepada Ratu Elizabeth II ketika merayakan 60 tahun penobatannya sebagai ratu.
  • Berfoto dengan latar belakang Patung Liberty. Monumen ini berasal dari New York, Amerika Serikat. Patung yang menggambarkan makna kebebasan ini sangat cocok untuk menjadi tempat berpose dan mengabadikan momen.
  • Berfoto dengan nuansa khas Belanda. Tempat foto satu ini dipenuhi dengan tulip, bunga nasional dari negara Belanda, dan sebuah kincir angin. Landmark ini menciptakan kesan lebih natural pada foto karena menunjukkan pesona bunga tulip juga.
  • Menyaksikan Pagoda khas Thailand. Jika kamu tertarik untuk menyaksikan Pagoda yang ada di Thailand. Tenang saja, kamu dapat mengunjungi taman ini untuk menyaksikan replikanya.
  • Menikmati waktu bersama keluarga dan sanak saudara di Kids Waterpark dan Taman Satwa. Wahana satu ini merupakan wahana yang sangat family-friendly, kamu dapat mengajak anak atau keponakan untuk menikmati bermain air atau menyaksikan satwa yang ada di sini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Padang Paling Populer 2022

Setelah mendengar penjelasan dari Advontura, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Merapi Park? Harganya yang terjangkau, tempatnya yang mudah diakses, serta fasilitas yang lengkap menjadikan tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat untuk kamu ketika memilih tempat wisata!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *