Masjid Agung Jawa Tengah, Spot Wisata Religi nan Megah

Masjid Agung Jawa Tengah (sumber: Flickr)
Masjid Agung Jawa Tengah (sumber: Flickr)
Daftar isi

Siapa yang tak tahu bahwa Ibukota Jawa Tengah, yakni Semarang, memiliki sederet tempat wisata yang bisa jadi referensi destinasi liburan terbaik. Dusun Semilir, Kota Tua, hingga Lawang Sewu pun memiliki nilai dan daya tariknya tersendiri. Tapi, apa jadinya jika Advonturers mencoba berwisata ke Masjid Agung Jawa Tengah?

Masjid yang satu ini dapat kamu jadikan referensi spot wisata religi yang bagus. Terlebih, masjid dengan bagunan megah ini sama sekali tak pernah sepi pengunjung, lho. Penasaran apa saja daya tarik yang ditawarkan oleh spot wisata religi yang satu ini? Yuk, cari tahu berbagai informasi tentang Masjid Agung Jawa Tengah dalam penjelasan berikut ini!

Kunjungi: Website Resmi Masjid Agung Jawa Tengah

Megahnya Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jateng merupakan sebuah masjid besar yang kerap menjadi destinasi wisata religi di Jawa Tengah. Masjid yang satu ini memiliki bagunan yang megah, dengan desain arsitektur yang menawan untuk dipandang. Uniknya, masjid yang satu ini memiliki payung yang bisa terbuka dan tertutup secara otomatis, yang mengadopsi dari Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Melangkah ke bagian dalam masjid, Advonturers dapat melihat betapa anggunnya desain di bagian mihrab masjid yang dilengkapi dengan pigura kayu. Lampu gantung yang terdapat di dalam masjid pun mampu menimbulkan kesan anggun dan bersahaja. Advonturers yang paham soal arsitektur pasti terkagum-kagum kala melihat megahnya bangunan Masjid Agung ini.

Artikel Terkait

Sejarah Masjid Agung Jawa Tengah

Sejarah Masjid Agung Jateng (sumber: @psshrrr on Instagram)
Sejarah Masjid Agung Jateng (sumber: @psshrrr on Instagram)

Masjid Agung Jateng merupakan masjid terbesar dan termegah yang kini menjadi salah satu bangunan ikonik di Jawa Tengah. Masjid yang satu ini mulai dibangun pada tahun 2001, dan selesai dibangun pada tahun 2006. Kala itu, masjid ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia periode 2004-2009, yakni Susilo Bambang Yudhoyono.

Mampu menampung sekitar 15.000 jamaah, Masjid Agung Jateng tak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah, melainkan juga difungsikan sebagai pusat syiar Islam, sarana pendidikan, hingga spot wisata religi di Jawa Tengah. Adapun fasilitas lain yang dimiliki oleh masjid yang satu ini adalah: auditorium, ruang akad nikah, perpustakaan, museum, hingga kafe yang terletak di menara.

Alamat Masjid Agung Jawa Tengah

Sampai di sini, tentu Advonturers sudah semakin penasaran dengan Masjid Agung Jawa Tengah ini. Kamu dapat segera mengunjungi spot wisata religi yang satu ini di Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah. Letaknya pun masih berada di tengah-tengah Kota Semarang, sehingga kamu tak akan kesusahan untuk menemukan lokasi dari masjid yang satu ini.

Fakta Unik Masjid Agung Jawa Tengah

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai Masjid Agung Jateng seperti sejarah dan lokasinya, yuk simak penjelasan tentang fakta-fakta unik dari masjid yang satu ini dalam ulasan berikut!

1. Menara Masjid Agung Jawa Tengah

Menara Masjid Agung Jawa Tengah, atau yang juga kerap disebut sebagai Menara Asmaul Husna ini memiliki ketinggian sekitar 99 meter, di mana angka tersebut melambangkan jumlah Asmaul Husna, yakni 99. Menara Asmaul Husna ini memiliki 19 lantai yang setiap lantainya dipergunakan untuk hal yang berbeda-beda. Dari puncak menara ini, wisatawan bisa menyaksikan keindahan Kota Semarang secara menyeluruh.

2. Arsitektur Arab-Jawa-Yunani

Tahukah kamu bahwa arsitektur megah dari masjid yang satu ini merupakan perpaduan antara arsitektur khas Arab, Jawa, dan Yunani? Arsitektur khas Arab bisa dilihat dari adanya kaligrafi serta payung hidrolik yang mengadaptasi dari Masjid Nabawi. Adapun corak batik di bagian atap masjid mengadaptasi ciri bangunan khas Jawa, dan pewarnaan bangunan masjid yang mengadaptasi ciri bangunan dari Yunani.

3. Al-Qur’an dan Bedug Raksasa

Di Masjid Agung Jawa Tengah, terdapat sebuah Al-Qur’an raksasa yang merupakan persembahan dari H. Hayatuddin, yang merupakan seorang penulis kaligrafi. Selain itu, di sini juga terdapat sebuah bedug raksasa yang merupakan pemberian para santri Pondok Pesantren Al-Falah, Jawa Tengah. Kedua benda raksasa ini kerap kali menjadi daya tarik bagi wisatawan kala berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah.

4. Memiliki Wisma untuk Penginapan

Karena telah didapuk menjadi salah satu spot wisata religi, masjid yang satu ini memiliki wisma yang dijadikan sebagai penginapan untuk wisatawan. Masjid ini memiliki 23 kamar yang difungsikan sebagai penginapan dengan berbagai kelas yang berbeda. Bila Advonturers mengunjungi masjid ini, tak ada salahnya lho, untuk coba menginap!

5. Kafe Berputar

Kafe berputar? Apa tuh? Nah, untuk Advonturers yang penasaran, di lantai 18 Menara Masjid Agung Jawa Tengah, kamu bisa menemukan sebuah kafe. Uniknya, kafe ini bisa berputar 360 derajat, lho! Menyantap aneka hidangan dari kafe sambil menikmati indahnya pemandangan Kota Semarang dari ketinggian mampu memberikan pengalaman wisata berbeda untuk Advonturers sekalian.

Galeri Gambar Masjid Agung Jawa Tengah

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Solo Paling Hits, Dekat dengan Stasiun Balapan

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai Masjid Agung Jawa Tengah, sudahkah kamu tertarik untuk berkunjung ke spot wisata religi yang satu ini? Selain beribadah, tentu banyak manfaat lain yang bisa kamu peroleh saat berkunjung ke sini. Saat kamu memiliki rencana untuk liburan ke Semarang, jangan lupa mampir ke Masjid Agung Jawa Tengah!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *