Makam Bung Karno Blitar – Tiket Masuk & Hotel Terdekat

Makam Bung karno
Photo by travelspromo.com
Daftar isi

Makam Bung Karno Blitar merupakan tempat destinasi wisata yang kaya sejarah dan pembelajaran. Di kawasan ini para pengunjung akan diajak untuk menilik perjuangan bangsa Indonesia dan kehidupan pemimpin pertama negara kita, Presiden Soekarno. 

Meski menggunakan konsep pembelajaran sejarah dan wisata religi, kawasan ini jauh dari kata membosankan. Didesain dengan arsitektur khas Jawa dan berbagai media lainnya, membuat siapa saja betah berkunjung di sini. Penasaran dengan info lengkapnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Sejarah Makam Bung Karno Blitar

Sejarah Makam Bung Karno merupakan cerita lain yang tidak bisa dilepaskan dari kawasan. Mulai dari proses penempatan hingga peresmiannya selalu menjadi topik hangat bagi beberapa orang.

Presiden Ir. Soekarno wafat pada Minggu, 21 Juni 1970 sebagai tahanan rumah yang tidak boleh melakukan kegiatan politik apapun. Menurut penjelasan pihak keluarga, Ir. Soekarno telah berwasiat untuk dikuburkan secara sederhana di dekat Istana Bogor. 

Namun karena adanya perselisihan pendapat dari pihak sanak saudara, akhirnya Presiden Soeharto yang memerintah pada saat itu memutuskan untuk menguburkan beliau di Bogor bersebelahan dengan makam orang tuanya. 

Artikel Terkait

Keputusan ini tentu ditentang keluarga, tapi Presiden Soeharto akhirnya menjelaskan bahwa keputusan itu diambil karena Ir. Soekarno mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan ibunya.

Terlepas dari kontroversi itu, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan awalnya banyak orang yang datang sambil membawa pulang tanah makam. Karena khawatir makam akan ambles, akhirnya pihak pengelola melakukan pembatasan jumlah pengunjung.

Makam kemudian kembali dipulihkan pada tahun 1979, salah satunya dengan menambah kaca besar di sekitar makam. Tapi kaca itu akhirnya dilepaskan sepenuhnya di masa pemerintahan Gus Dur sampai sekarang.

Wisata Makam Bung Karno Blitar

Gong Perdamaian
Gong Perdamaian (Photo by backpackerjakarta.com)

Dengan luas hingga 1,8 hektar tempat ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu halaman, teras dan pendopo yang begitu kental dengan nuansa Jawa. Ketiga elemen di atas juga mempunyai makna tahapan kehidupan antara lain, janin, kehidupan dan kematian.

Selain keindahan arsitekturnya, banyak hal lain yang bisa Anda nikmati di sini. Berikut Advontura rangkum berbagai kegiatan wisata Makam Bung Karno Blitar!

Menghayati Sejarah di Museum Bung Karno

Anda bisa menemukan Museum ini di bagian Barat Gedung A. Di dalamnya, para pengunjung akan disambut dengan berbagai lukisan dan barang peninggalan Sang Proklamator.

Mulai lukisan “hidup” Bung Karno, mata uang rupiah kuno yang konon bisa menggulung sendiri ketika dipegang orang tertentu, koper kesayangan Presiden Soekarno yang dibuat di Jerman, keris kuno Kyai Sekar Jagad, dan masih banyak lagi.

Meski kebanyakan berisikan barang peninggalan Bung Karno, para pengunjung juga akan belajar sejarah pembangunan Indonesia secara tidak langsung dari berbagai koleksinya. 

Menyaksikan Film Dokumenter di Perpustakaan Bung Karno

Bangunan iconic ini diresmikan pada 3 Juli 2004 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Nama lengkapnya adalah Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Tujuan pembangunannya didasarkan pada visi misi kuat dalam mengembangkan Indonesia yang lebih baik di tengah terjangan ideologi liberalisme. 

Perpustakaan di sini mempunyai desain arsitektur yang modern dan minimalis yang enak dipandang mata. Koleksi bukunya juga cukup lengkap dan bisa dibaca oleh anak-anak, pelajar, hingga umum.

Beberapa koleksinya antara lain berbagai karya tentang Bung Karno, buku filsafat dan umum, ensiklopedia, tulisan elektronik, hingga novel seri berkala. Selain itu, ada beberapa koleksi langka dan memorabilia yang sudah sulit untuk ditemukan di tempat lain.

Salah satu kegiatan favorite para pengunjung adalah pemutaran film dokumenter Bung Karno. Hanya saja, video tersebut hanya diputarkan di waktu tertentu. 

Berfoto di Gong Perdamaian

Tepat di belakang museum dan perpustakaan, ada sebuah gong besar dengan diameter mencapai 2,5 meter yang merupakan sumbangan dari The World Peace Committee.

Gong Perdamaian adalah sebuah monumen khusus untuk mengingatkan pentingnya menjaga kedamaian dunia dengan harapan tidak ada lagi peperangan, konflik SARA, dan lain sebagainya.

Baca juga: Wisata Gua Sunyaragi Cirebon – Tiket Masuk & Jam Buka

Berziarah di Makam Presiden Soekarno

Kegiatan ini merupakan aktivitas wajib bagi kebanyakan orang. Sebelum memasuki pendopo makam, Anda akan menemui Gapura Agung seperti di Candi Bentar yang ada di Bali.

Ketika masuk, para pengunjung bisa menemukan pendopo atau makam dari Bung Karno dan kedua orang tuanya. Makam Sang Proklamator berbentuk memanjang dan mempunyai batu nisan hitam pualam yang bertuliskan:

Di sini dimakamkan Bung Karno. Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat.”

Lengkap dengan Bendera Merah Putih di sebelah kanannya dan Umbul Kuning di sisi kirinya. Para pengunjung juga diperbolehkan untuk duduk langsung di dekat makam asalkan tetap menjaga kesopanan dan kebersihan. 

Pada bagian sisi kiri pemakaman Anda akan menemukan sebuah mushola. Sedangkan apabila ingin keluar, para pengunjung akan diajak ke jalan kecil melewati berbagai kios souvenir tradisional.

Membeli Souvenir Khas

Setelah berziarah para pengunjung akan diarahkan menuju toko souvenir dan oleh-oleh sebelum mencapai pintu keluar.

Souvenir yang dijajakan berbagai macam, mulai gantungan kunci, gelang, kaos, patung kecil, lukisan dan lain sebagianya. Anda juga masih bisa menawar harga yang diinginkan. 

Wisata Seni di Istana Gebang

Jika masih mempunyai banyak waktu luang, Anda bisa mencoba berkunjung di rumah masa kecil Bung Karno di Jalan Sultan Agung Blitar.

Di dalamnya, Anda bisa melihat berbagai peninggalan Bung Karno seperti peralatan rumah hingga mobil yang biasa beliau gunakan.

Selain itu setiap tanggal 6 Juni, ada penyelenggaraan kesenian tahunan yang berjudul “Grebeg Pancasila” yang bisa Anda hadiri.

Alamat Makam Bung Karno di Blitar

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno (Photo by ranselsibungsu.wordpress.com)

Alamat Makam Bung Karno berada di Jalan Ir. Soekarno Nomor 152 Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. 

Akses jalan menuju kawasan ini juga juga sudah sangat baik. Apabila Anda berangkat dari Alun-Alun Kota Blitar hanya sekitar 2,5 kilometer saja.

Tiket Masuk Makam Bung Karno di Blitar

Para pengunjung umum yang datang tidak dikenakan biaya tiket masuk Makam Bung Karno. Hanya saja, Anda tetap harus membayar parkir.

Untuk jam buka kawasan ini dimulai sejak jam 7 pagi hingga pukul 5 sore. Anda bisa mendatangi tempat ini setiap hari baik hari libur nasional maupun akhir pekan.

Hotel di Blitar Dekat Makam Bung Karno

Bagi Anda yang berencana menginap di sekitar kawasan ini, Advontura telah menyiapkan beberapa rekomendasi hotel di Blitar dekat Makam Bung Karno dengan rentang harga yang sangat bervariasi. 

Beberapa rekomendasinya antara lain, RedDoorz @ Jalan Tanjung Blitar, SPOT ON 2417 Melati Residence, Grand Mansion Hotel Blitar, Patria Palace Hotel dan lain sebagainya. Untuk tarifnya Anda bisa menyiapkan uang sebesar Rp150.000,00 hingga Rp390.000,00.

Demikian penjelasan kita kali ini mengenai Makam Bung Karno di Blitar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata yang unik. Sampai jumpa di pembahasan wisata lainya!

Baca juga: Desa Trunyan, Pemakaman Unik khas Desa Tertua di Bali

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *