1. Rekomendasi Wisata

Liburan ke Luar Negeri dengan Budget Rp 5 juta, Bisa Banget! 

Pasti dulu kita berpikir bahwa liburan ke luar negeri hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu yang kaya dari lahir dan membutuhkan biaya yang mahal. Siapa yang sangka ternyata kamu juga bisa liburan ke luar negeri dengan budget sebesar Rp 5 juta saja. 

Kira-kira negara mana saja yang dapat kamu kunjungi? Yuk simak lebih dalam tentang pembahasan Advontura kali ini tentang liburan ke luar negeri dengan budget Rp 5 juta. Baca informasi selengkapnya supaya kamu tahu negara mana yang dapat kamu kunjungi!

Daftar Isi

1. Malaysia 

Malaysia menjadi opsi negara yang dapat dipilih untuk liburan dengan anggaran yang terjangkau. Selain kedekatannya, nilai tukar mata uangnya juga tidak berbeda jauh dari Indonesia, di mana 1 ringgit Malaysia setara dengan sekitar Rp 3.500. 

Terdapat beberapa cara untuk menikmati liburan di Malaysia tanpa menghabiskan banyak biaya. Salah satunya adalah dengan memilih tiket pesawat pada saat di luar musim liburan, dengan harga tiket pulang-pergi mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta.

Sumber: Pixabay

Selanjutnya, dalam hal transportasi di Malaysia, kamu dapat menggunakan transportasi umum seperti MRT, LRT, atau KTM dengan tarif sekitar Rp 5.000 per perjalanan. Untuk akomodasi, kamu dapat menginap di hotel bintang tiga atau di bawahnya, serta di hostel. Harga per kamar pun juga masih terjangkau, tidak jauh berbeda dengan harga penginapan di Indonesia, yaitu kisaran Rp125.000 hingga di bawah Rp500.000 per malam.

Terkait makanan dan minuman, harganya pun juga sangat terjangkau. Untuk makanan kaki lima atau street food,  kamu hanya perlu membayar sebesar Rp20.000 hingga Rp25.000 per porsi. Selain itu, rasa makanannya biasanya masih tidak begitu asing bagi lidah orang Indonesia, sehingga kamu tidak akan kesusahan mencari makanan yang cocok sesuai selera.

2. Singapura 

Tidak begitu mudah menemukan paket perjalanan yang memasukkan semua fasilitas dengan budget di bawah Rp 5 juta. Hal ini disebabkan oleh biaya hidup yang relatif tinggi di Singapura jika dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara lainnya lainnya, dan mata uangnya juga memiliki nilai yang lebih tinggi. Satu dollar Singapura setara dengan sekitar Rp 15.000.

Rata-rata agen perjalanan menawarkan paket wisata ke Singapura mulai dari Rp 3 jutaan untuk tiga hari dua malam, namun harga ini biasanya belum termasuk tiket pesawat. Sebagai contoh, Sentosa Wisata menawarkan paket dengan harga mulai Rp 3 jutaan yang mencakup transportasi lokal, akomodasi, tiket masuk wahana, dan pemandu wisata. Tetapi, harga tersebut belum termasuk tiket pesawat, biaya makan dan minum, tips, serta pengeluaran pribadi lainnya.

Sumber: Wikipedia

Salah satu agen perjalanan lainnya, yaitu Angkasa Tour & Travel, menyediakan paket wisata tiga hari dua malam ke Singapura dengan harga mulai Rp 4,3 juta. Paket ini sudah termasuk transportasi menggunakan mobil van, penginapan di hotel, tiket masuk wahana, city tour, serta layanan sopir. Namun, biaya tersebut belum termasuk tiket pesawat dari Jakarta ke Singapura, biaya porter, makanan, dan tips.

Itinerary perjalanan yang direncanakan meliputi city tour dengan mengunjungi tempat-tempat seperti Merlion Park, Garden by The Bay, Orchard Road, Bugis Street pada hari pertama. Pada hari kedua, rencananya adalah bermain di Universal Studio Singapore, sebelum akhirnya kembali ke Jakarta.

3. Thailand 

Thailand telah menjadi tujuan wisata yang populer berkat berbagai daya tarik menarik dan biaya yang terjangkau. Beberapa agen perjalanan bahkan menawarkan paket perjalanan ke Thailand dengan kisaran harga Rp 3 juta, tidak termasuk biaya tiket pesawat.

Dengan mulai Rp 3 jutaan saja, kamu sudah dapat penginapan hotel bintang tiga di Bangkok selama tiga malam empat hari, serta untuk melakukan city tour dan transportasi di dalam kota tersebut. Jika tiket pesawat sudah termasuk dalam paket tersebut, maka total anggaran yang dibutuhkan akan berkisar antara Rp 5 hingga 6 juta. Beberapa agen perjalanan juga menawarkan paket tour Bangkok Pattaya yang dimulai dari Rp 3,3 juta per orang.

Sumber: PxHere

Dalam paket tour tersebut, para wisatawan memiliki kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat menarik seperti Nongnooch Village di Pattaya, galeri seni Art in Paradise, Sungai Chao Phraya, Frost Magical Ice of Siam, Wat Arun, berbelanja di MBK & Platinum Mall, serta menjelajahi wisata kuliner di Jodd Fairs Night Market.

Apabila kami ingin berkeliling Thailand sendirian, pengeluaranmu juga dapat ditekan dengan memilih fasilitas yang paling murah. Sebagai contoh, kamu bisa mencari makanan di food street yang tersedia dengan harga mulai dari Rp20.000, menggunakan layanan transportasi online, menginap di hostel dengan tarif sekitar Rp100.000 hingga Rp400.000, dan berbelanja oleh-oleh di pasar dengan harga yang lebih terjangkau. 

4. Vietnam 

Vietnam telah menjadi tujuan favorit para pelancong backpacker dari seluruh dunia. Selain menawarkan daya tarik yang menarik dan tak terlupakan, biaya liburan di Vietnam cenderung terjangkau. 

Perjalanan wisata ke Vietnam selama tiga hari dua malam dapat ditemukan dengan harga mulai dari Rp 2,8 juta di Panorama JTB Tour. Harga ini belum termasuk tiket pesawat. 

Sumber: PxHere

Tour ini akan membawa kamu mengunjungi Kota Ho Chi Minh serta tempat-tempat seperti American Embassy, Notre Dame Cathedral, Old Saigon Post Office, Hong Ah Collection, Miss Ao Dai, Diamond Plaza, dan 3D Storey department store. 

Selain itu, terdapat pula paket tour ke Vietnam dengan harga mulai Rp 4,7 jutaan untuk lima hari empat malam. Biaya tersebut sudah mencakup tiket pesawat pulang-pergi, penginapan, pemandu wisata, transportasi lokal, makanan, serta tiket masuk tempat-tempat wisata.

 

5. Korea Selatan

Salah satu negara yang bisa menjadi pilihan liburan dengan anggaran 5 juta adalah Korea Selatan. Negara yang tengah menjadi pusat mode ini bisa menjadi alternatif yang cocok untuk perjalanan kamu.

Terutama jika kamu merupakan penggemar drama Korea, pastinya kamu ingin mengunjungi tempat-tempat yang sering menjadi latar belakang syuting drama, kan? Untuk mewujudkan impian liburan hemat ke Korea, kamu dapat mulai mencari tiket pesawat promo beberapa bulan sebelumnya. Dalam promo tersebut, tiket pulang-pergi bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 2,5 juta.

Sumber: Wikipedia

Ketika berada di Korea, kamu dapat memilih penginapan atau motel murah dengan harga sekitar 150 ribu per hari. Beberapa rekomendasi penginapan murah yang cukup nyaman adalah Kimchee Downtown Guesthouse, Hostel Korea Original, dan G Guesthouse Itaewon.

Mengenai makanan, untuk mengatur budget pengeluaran, kamu bisa mencoba street food yang dijual dengan harga terjangkau dan tetap enak, seperti egg toast atau tteokbokki. Jika ingin lebih nyaman, kamu juga dapat mencoba berbagai kedai fast food yang sudah banyak tersebar di Korea.

Kamu akan banyak mengunjungi berbagai tempat wisata gratis yang indah dan nyaman, seperti Namsan Park, Namsan Seoul Tower dengan tradisi gembok cinta yang terkenal, Sungai Han, Istana Deoksugung, dan menjelajahi Bukchon Hanok Village untuk merasakan atmosfer kerajaan khas Korea.

Baca Juga: Cimory Dairyland Puncak, Wisata Rekreasi Bersama Keluarga

Demikian pembahasan Advontura kali ini tentang liburan ke luar negeri dengan budget Rp 5 Juta. Kamu tidak perlu biaya yang besar untuk liburan ke luar negeri karena buktinya kamu hanya perlu budget mulai dari 5 juta saja untuk merasakan suasana negara lain.

Penting untuk kamu ingat supaya tetap berhati-hati juga pada segala bentuk penipuan yang mengiming-imingi liburan ke luar negeri dengan biaya murah. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Liburan ke Luar Negeri dengan Budget Rp 5 juta, Bisa Banget! 

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]