Lembah Tumpang Malang : Lokasi & Harga Tiket Terbaru 2021

Lembah tumpang
Photo by phinemo.com
Daftar isi

Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang tidak henti-hentinya memunculkan tempat wisata baru dan selalu menarik banyak minat wisatawan. Salah satunya yakni wisata Lembah Tumpang Resort.

Objek wisata Lembah Tumpang dibangun dengan menghadirkan konsep arsitektur unik dengan nuansa kejayaan kerajaan Hindu pada masa lampau. Penasaran seperti apa penampakannya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Wisata Lembah Tumpang Malang

Penamaan wisata Lembah Tumpang Malang diambil karena lokasinya yang berada di sebuah lembah di Tumpang, Malang.

Kawasan wisata tersebut memang dibuat agak jauh dari perkotaan dengan tujuan agar pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekaligus suasana yang tenang. 

Begitu memasuki area resort seluas 20 hektar tersebut, Anda akan disambut oleh keindahan panorama alam yang dipadupadakan dengan replika candi, arca hingga 2000 patung yang tersebar di seluruh kawasan wisata. 

Artikel Terkait

Nuansa ini mampu membawa pengunjung kembali pada masa keagungan Kerajaan Hindu yang pernah berjaya di masa lalu. Sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur menarik bersama keluarga, sahabat maupun pasangan.

Aktivitas di Wisata Lembah Tumpang Malang

Aktivitas di Lembah Tumpang
Aktivitas di Lembah Tumpang (Photo by haryoprast.com)

Anda tidak usah merasa bingung aktivitas apa yang bisa dilakukan di tempat wisata, sebab telah tersedia beragam spot wisata yang bisa pengunjung coba.

Menyaksikan Kemegahan Karya Seni Berupa Candi & Arca

Spot menarik yang menjadi ikon lokasi wisata ini adalah adanya bangunan candi berukuran cukup besar berdiri di tengah-tengah kolam. Di sekelilingnya juga terdapat banyak patung-patung seorang putri dengan mahkota di kepalanya. 

Candi tersebut memiliki nama yaitu Candi Gito dimana bentuk arsitektur dari bangunannya dibuat menyerupai candi peninggalan Kerajaan Majapahit dan Singosari. Untuk menuju ke area tersebut, Anda dapat melewati sebuah jalan yang di sisi kanan kirinya dihiasi oleh aneka tanaman dan patung. 

Tepat sebelum memasuki area candi, pengunjung akan menjumpai dua buah gazebo berukuran besar yang biasa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat sambil memandangi kecantikan taman.

Area kawasan candi tersebut cukup besar dan memiliki 4 lantai yang bisa dimasuki oleh pengunjung. Dari lantai atas, Anda bisa melihat indahnya pemandangan danau atau kolam yang membentuk huruf U mengelilingi area candi.

Spot Foto Instagramable

Saat berada di sini, Anda pun tak akan pernah kekurangan spot foto menarik untuk mengabadikan momen liburan. Sebab setiap sudut dari area berikut memiliki keeksotisannya sendiri yang cukup instagramable.

Salah satu yang menjadi favorit pengunjung yaitu berfoto dengan latar arca berjajar. Replica arca berjajar tersebut menghiasi sepanjang jalan lorong di sela-sela taman.

Memberi Makan Ikan

Selain taman, di lokasi wisata ini juga terdapat kolam berisi berbagai jenis ikan khususnya ikan hias seperti ikan koi. Wisatawan pun diperbolehkan untuk memberi makan ikan-ikan tersebut. Makanan ikan bisa Anda beli di area pintu masuk resort.

Terdengar menyenangkan, bukan? Yuk ajak keluarga serta anak-anak untuk melakukan aktivitas seru berikut.

Berenang dan Bermain Air

Di kawasan wisata ini juga terdapat kolam renang dengan nuansa klasik kerajaan yang dilengkapi dengan ornamen berupa patung putri dan ukiran-ukiran bercorak tradisional di sekelilingnya.

Ada banyak pilihan kolam renang yang bisa Anda pilih, mulai dari kolam dangkal, agak dalam hingga paling dalam.  Airnya pun sangat segar, jernih, dan terjaga kebersihannya sebab berasal dari sumber asli pegunungan. Sehingga, mata Anda tidak akan terasa perih ketika terkena air kolam.

Wahana Dino Park

Tidak hanya daya tarik alam dan suasana kerajaannya. Wisata ini juga menyediakan lokasi bernama Dino Park yang dilengkapi dengan wahana-wahana seperti Flying Fox hingga River Tubing yang dapat menantang dan memacu adrenalin Anda.

Menginap di Resort 

Sesuai namanya, lokasi wisata ini juga menawarkan akomodasi penginapan atau resort, dengan bentuk cottage ala Bali. Berada di kawasan pegunungan, sudah pasti suasananya akan terasa sejuk, nyaman dan asri. 

Bangunan resort ini dibuka pada akhir pekan mulai dari hari Jumat hingga Sabtu malam. Harga kamar untuk menginap di resort tersebut bervariasi, dengan rata-rata tarif sebesar Rp. 400.000 per malam. 

Baca Juga: Wisata Sejarah Candi Sumberawan Singosari & Lokasinya

Tiket Masuk Lembah Tumpang Resort

lembah tumpang
Lembah tumpang (Photo by amazingmalang.id)

Harga tiket masuk Lembah Tumpang sebesar Rp 60.000 per orang. Dengan harga tersebut pengunjung dibebaskan untuk menikmati seluruh fasilitas yang ada di kawasan tersebut. 

Memang terasa sedikit lebih mahal dibanding tempat wisata lainnya di Malang. Namun, keindahan yang ditawarkan oleh lokasi wisata ini dijamin tidak akan mengecewakan Anda.

Para pengunjung yang membawa kendaraan juga dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4, dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda 2.

Lokasi Lembah Tumpang Malang

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, lokasi Lembah Tumpang Resort berada di Jl. Slamet Gg. Gumuk Agung, Dusun Glanggang, Desa Slamet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Tempat rekreasi ini berjarak 14,4 km dari pusat Kota Malang dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 34 menit untuk sampai di titik lokasi.

Rute Perjalanan

Rute perjalanan menuju Lembah Tumpang terbilang cukup mudah. Dari pusat Kota Malang Anda hanya perlu melintasi Sawojajar, kemudian ke arah selatan menuju arah Cemorokandang.

Dari situ Anda hanya perlu lurus mengikuti jalan, nantinya akan melewati kawasan Pakis hingga sampai di kawasan Tumpang. 

Tidak jauh dari situ Anda akan menemukan pangkalan ojek, dari pangkalan tersebut ambilah arah ke kiri, kemudian lurus hingga Anda menemukan pertigaan. Selanjutnya Anda hanya perlu belok ke kanan untuk sampai di kawasan tempat wisata.

Jam Buka

Pengunjung yang ingin liburan ke sini dapat datang di jam berapa saja. Sebab lokasi wisata Lembah Tumpang tersebut dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Demikian informasi mengenai wisata Lembah Tumpang Resort Malang yang wajib Anda ketahui. Semoga ulasan di atas bermanfaat khususnya bagi sobat Advontura yang tengah merencanakan liburan bersama keluarga. Sampai jumpa pada pembahasan tempat hiburan seru lainnya!

Baca Juga: Coban Rondo, Tiket Masuk dan Wahana Coban Rondo

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *