Wisata Lembah Harau Payakumbuh – Lokasi & Harga Tiket

lembah harau
Photo by padangkita. com
Daftar isi

Lembah Harau Payakumbuh adalah salah satu objek wisata alam favorit di provinsi Sumatera Barat. Destinasi liburan ini kabarnya menjadi ikon kota Payakumbuh karena keindahannya yang tak tertandingi.

Penasaran seperti apa penampakannya? Yuk baca artikel berikut sampai habis. Sebab, di sini Advontura telah menyajikan informasi lengkap tentang wisata Lembah Harau Sumbar mulai dari lokasi, harga tiket masuk, hingga penginapan terdekat.

Wisata Lembah Harau Payakumbuh 

Sumatera Barat memiliki banyak sekali tempat rekreasi menarik untuk dikunjungi. Terdapat kurang lebih 33 objek wisata alam di sana. Diantaranya yakni wisata Lembah Harau Payakumbuh yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ketika mendengar kata ‘lembah’, apakah otak Anda secara otomatis menggambarkan suatu bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan? 

Ya, seperti itulah lembah bernama Harau berikut. Harau merupakan lembah atau hamparan hijau seluas 669 hektar yang letaknya berada di tengah-tengah 4 bukit yakni bukit Singkarak, Tarantang, Air Putih, dan Jambu.

Artikel Terkait

Perbukitan tersebut membentuk tebing-tebing batu granit yang terjal dimana ketinggiannya mencapai angka 100 hingga 500 meter. 

Perpaduan antara luasnya hamparan hijau nan asri dengan bukit-bukit terjal dari granit tentu membuat area lembah ini terlihat seperti surga tersembunyi di Sumatera Barat. 

Sehingga, tidak heran rasanya jika lembah ikon Payakumbuh sering mendapat julukan sebagai Lembah Yosemite versi Indonesia.  

Selain itu, jika berkunjung kemari, wisatawan berkesempatan untuk melihat aneka spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang jarang ditemui di perkotaan. 

Tak hanya flora, hal serupa pun berlaku pada faunanya. Sebagai kawasan yang termasuk dalam Suaka Margasatwa, beragam jenis hewan yang dilindungi seperti Harimau Sumatera, Kambing Hutan, Tapir, Beruang, Landak, Simpai serta 19 spesies burung langka hidup di sini.

Bahkan terdapat pula monyet ekor panjang bernama latin Macaca Fasciluratis yang aktif menunjukkan aksinya kepada pengunjung dengan cara bergelantungan di ranting atau berpindah tempat dari satu pohon ke pohon lainnya. Seru sekali, bukan?

Keindahan Lembah Harau
Keindahan Lembah Harau (Photo by Instagram/ )backpackertampan

Air Terjun Lembah Harau 

Tempat wisata selalu memiliki daya tariknya sendiri, tak terkecuali lembah di Sumbar bernama Harau. Begitu memasuki kawasan berjulukan Lembah Yosemite versi Indonesia tersebut, pengunjung tak hanya disambut dengan indahnya perbukitan melainkan juga keeksotisan pemandangan air terjun.

Terdapat 5 air terjun Lembah Harau yaitu Sarasah Jambu, Sarasah Bunta, Sarasah Aie Lului, Sarasah Murai, dan Sarah Aie Angek. Sasarah adalah bahasa warga setempat untuk menyebut air terjun yang memiliki Ketinggian sekitar 100 meter lebih.

Diantara kelima sasarah tadi, Sarasah Jambu merupakan yang paling populer. Air terjun ini letaknya dekat dengan gerbang masuk jika pengunjung datang dari Payakumbuh.

Pemandangan air terjun di lembah wisata sangatlah bagus. Tak jarang wisatawan rela menghabiskan banyak waktu demi mengambil foto di sini sekaligus menghirup udara segar.

Belum berhenti di situ, Lembah bernama Harau berikut juga menyediakan resor seperti Resort Sarasah Bunta, Resort Aka Barayun, dan Resort Rimbo Piobang.  

Kata Bunta sendiri diambil dari bentuk air terjun yang terlihat seakan berunta-unta atau bertingkat-tingkat.

Resort selanjutnya yaitu Aka Barayu. Letaknya tidak terlalu jauh dari Sarasah Bunta. Di area Aka Barayun pula wisatawan dapat menikmati udara sejuk sambil melihat panorama air terjun dengan kolam renang di bawahnya. Keren sekali!

Dan apabila Anda seorang pecinta olahraga panjat tebing, resor Aka Barayun menyediakan fasilitas untuk melakukan hobby ekstrim tersebut. Dimana bukit-bukit batu terjal disekitar area dimanfaatkan oleh pihak resor sebagai media climbing.

Resort terakhir dari Lembah Yosemite versi Indonesia yaitu Rimbo Piobang. Akan tetapi, lokasi ini tidak terlalu banyak dikunjungi traveller. Sebab, fasilitas serta sarana di Rimbo Piobang masih terbatas karena proses pembangunan.

Tak hanya memiliki objek wisata alam, di lembah bernama Hurau juga terdapat taman wisata buatan yaitu Harau Dream Park. Ada banyak spot foto menarik di taman Harau seperti kampong Eropa dengan menara Eiffel tiruan.

Fasilitas di taman buatan pun cukup bagus. Ada jogging area, taman satwa, tempat bermain anak, musholla, kamar mandi dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Wisata Kawah Ratu Gunung Salak – Rute dan Lokasinya

Penginapan di Lembah Harau

Terdapat banyak penginapan di lokasi Lembah Harau Payakumbuh. Pengunjung yang ingin bermalam di sana bisa menyewa penginapan tersebut untuk beberapa hari.

Harga penginapan sangat terjangkau. Mulai dari harga Rp.50.000 saja, Anda bisa mendapatkan tempat penginapan dengan fasilitas yang bagus dan nyaman. 

Penginapan di sini umumnya berbentuk homestay dimana biasanya diisi oleh banyak orang dalam rombongan wisatawan. 

Lokasi

Lokasi Lembah Harau Payakumbuh ada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Kawasan Lembah Yosemite versi Indonesia ini lokasinya terletak sejauh 138 km dari kota Padang ibu kota Sumatera Barat

Jika ditempuh dari Bukittinggi jaraknya sekitar 47 km. Memang cukup jauh. Namun, apabila Anda berasal dari Payakumbuh, maka jarak tempuhnya yaitu sekitar 18 km atau 2 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Wisata lembah harau
Lembah Harau (Photo by phinemo. com)

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Lembah Yosemite versi Indonesia tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Harga tiket masuk Lembah Harau hanya sebesar Rp5.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Sedangkan untuk memasuki area Harau Dream Park, harga tiket masuknya adalah Rp5.000 untuk area kampong Sarosa, Rp15.000 untuk area kampong Eropa dan Rp15.000 untuk area Asian Heritage. 

Bagaiamana sobat Advontura? Tertarik berkunjung ke Lembah Harau Payakumbuh Sumbar? Ya, Lembah bernama Harau adalah satu dari banyaknya objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. 

Di sana, Anda bisa menemui tak hanya pemandangan cantik, tetapi juga jenis-jenis flora dan fauna langka cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saja. Selamat berlibur!

Baca juga: Bukit Holbung Samosir, Bukit dengan View Danau Toba

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *