Lawu Park Tawangmangu | Tiket Masuk dan Penginapan Terdekat

lawu park
Phoyo by travel.kompas.com
Daftar isi

Karanganyar memiliki destinasi wisata yang populer dikalangan masyarakat yakni Lawu Park. Keindahan panorama alam pegunungan serta jajaran pohon pinus yang menjulang tinggi menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya. Saat libur tiba tempat ini selalu ramai diserbu wisatawan.

Selain itu saat musim libur tiba jumlah pengunjung taman wisata ini mengalami kenaikan hingga berkali-kali lipat daripada hari-hari biasa. 

Selain itu para wisatawan juga tertarik untuk mencoba menginap maupun bermalam di penginapan untuk dapat menikmati keindahan panorama yang disajikan The Lawu Park. Jangan lupa bagi kalian yang berdomisili di daerah Jawa Tengah atu sekitarnya bisa mencoba wisata yang ada di Karanganyar ini.

Pengalaman yang menarik bukan berwisata sekaligus menginap dengan disuguhkan pemandangan pegunungan serta suasana yang sejuk dan asri ala pegunungan.

Bagi sahabat advontura yang masih asing dengan destinasi wisata yang satu ini,maka pada kesempatan ini Advontura akan mengulas mengenai wisata Lawu Park yang populer. 

Artikel Terkait

Rute Menuju Lawu Park

Menuju lokasi wisata The Lawu Park berjarak sekitar 8 km dari Terminal Tawangmangu yang membutuhkan waktu tempuh hanya sekitar 13 menit perjalanan.

Dari pusat Kota Solo untuk menuju tawangmangu berjarak sekitar 47 km sedangkan apabila dari Telaga Sarangan hanya berjarak 9 km saja.

Para pengunjung yang datang melalui terminal tawangmangu dapat menaiki angkutan umum jurusan cemoro sewu yang dengan mudah kalian jumpai di terminal. Apabila wisatawan berangkat dari daerah Magetan kalian juga bisa mengikuti rute jalan utama yang menuju tawangmangu.

The Lawu Park berada sebelum Bukit sekipan, jadi para pengunjung dapat mengikuti rute yang sama menuju bukit sekipan untuk dapat tiba di taman wisata.

Panorama Keindahan dan Keasrian Lawu Park Tawangmangu

Lawu Park merupakan sebuah taman rekreasi yang berlokasi di daerah lereng Gunung Lawu, tepatnya berlokasi di daerah Bulakrejo,Gondosuli Kidul,Gondosuli,Tawangmangu,Karanganyar.

Wisata yang telah diresmikan pada tahun 2018 lalu ini memiliki begitu banyak penggemar, wisata ini menawarkan keindahan panorama alam pegunungan yang pastinya sulit untuk kalian jumpai di perkotaan.

Selain pemandangan pegunungan keelokan dan keunikan hutan pinus juga menjadi daya tarik tersendiri yang membuat kawasan wisata ini selalu ramai pengunjung yang datang setiap harinya.

Lawu Park juga menyediakan beberapa area rekreasi yang menarik dengan bermacam-macam wahana di dalamnya. Terdapat banyak hal menarik yang dapat pengunjung nikmati di sini.

Selain itu ada pula restoran,camping ground,resort,berbagai permainan outbond dan juga playground yang disajikan wisata Lawu Park ini. Menarik bukan? Bisa dikatakan The Lawu Park ini merupakan wisata paket komplit yang bisa kalian jadikan tujuan destinasi wisata bersama keluarga.

Pengunjung dapat berwisata alam sekaligus berwisata kuliner disini. Panorama lereng gunung yang begitu indah serta udaranya yang sejuk membuat wisata ini patut dijadikan destinasi wisata untuk menghilangkan kepenatan anda.

Selain itu akses transportasi menuju kawasan ini juga mudah dan mendukung jadi para wisatawan dengan mudah dapat menjangkau wisata ini. Taman wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 pagi hingga pukul 20.00 WIB.

Wahana dan Aktivitas Seru di  The Lawu Park

Lawu Park
Lawu Park (Photo by sanjayatour.com)

Terdapat banyak aktivitas dan wahana menarik yang dapat kalian coba saat berada di  The Lawu park. Selain bersantai menikmati keindahan alam kalian juga dapat mencoba hal-hal menantang adrenalin yang seru bersama teman-teman. Berikut beberapa wahana dan aktivitas yang dapat kalian coba diantaranya adalah :

Flying Fox dan ATV

Bagi kalian yang suka wahana yang memacu adrenalin kalian bisa mencoba bermain flying fox disini. Keamanan permainan ini sangat terjamin jadi tidak perlu khawatir. Setiap pengunjung yang akan bermain flying fox akan dipakaikan alat pengaman dan helm sebelum memulai permainan.

Para pengunjung dikenakan biaya untuk dapat merasakan permainan flying fox ini. Bagi kalian yang suka naik atv kalian juga bisa bermain atv di kawasan taman wisata ini. Telah disediakan jalur-jalur atv yang boleh dilewati yang telah ditentukan oleh pengelola taman wisata ini.

Trekking

Mengunjungi tempat wisata alam memang tidak lengkap rasanya apabila tidak trekking. Para pengelola Lawu Park telah menyediakan jalur trekking yang dapat digunakan wisatawan untuk berjalan kaki.

Berjalan-jalan sambil menikmati udara segar memanglah hal yang menyenangkan yang juga dapat menghilangkan kepenatan anda. Pohon pinus yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kiri membuat tempat ini rindang dan sejuk.

Taman Bunga

Para pengunjung juga dapat bersantai dan beristirahat di gazebo yang ada di  The Lawu Park sambil menikmati keindahan  bunga celosia yang beraneka warna.

Disisi lain pengunjung juga dapat melihat keindahan pemandangan Gunung Lawu  yang terlihat dari kawasan ini. Kalian juga bisa berfoto dan berselfie dengan latar belakan bunga yang indah ini. 

Outbond

Outbond yang ada di kawasan ini cukup seru dan menyenangkan untuk dicoba bersama teman anda. Wisata ini menyediakan tempat yang sangat luas yang diperuntukkan untuk kegiatan outbond. Ada berbagai permainan outbond yang dapat kalian coba.

Namun sebelum itu kalian harus membuat reservasi terlebih dahulu, biaya outbound di  The Lawu Park ini dipatok harga berkisar Rp 120.000 hingga Rp 145.000 biaya ini sudah termasuk dengan makan 1 ditambah snack yang disediakan. Outbond ini cukup menyenangkan karena kalian bisa memainkan 6 sampai 8 permainan yang seru.

Memberi makan Satwa

Pengunjung yang membawa anak-anak dapat mencoba untuk memberi makan domba dan kelinci yang ada di taman ini.

Kalian juga bisa membeli pakan secara langsung. Anak-anak dapat memberi makan ataupun berfoto dengan domba dan kelinci-kelinci lucu. Kegiatan ini pastinya menyenangkan untuk dilakukan anak-anak. 

Hunting Foto

Terdapat banyak spot foto menarik di The Lawu Park yang dapat kalian jadikan spot foto yang instagramable. Salah satu spot favorit pengunjung ialah lambang love yang terbuat dari akar, spot ini banyak digunakan pengunjung untuk berfoto dan berselfie.

Selain itu pengunjung juga dapat berfoto dengan latar belakang gagahnya Gunung Lawu. latar belakang pohon pinus dan juga penginapan juga tak kalah menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Untuk dapat menghasilkan hasil foto yang baik dan memuaskan dianjurkan para pengunjung untuk datang dipagi hari.

Mengapa demikian?  Hal ini dikarenakan pengunjung dapat mengabadikan keindahan panorama gunung ditambah dengan adanya kabut yang membuat kesan foto semakin aesthetic. Selain itu di sore harinya pengunjung dapat menyaksikan dan mengabadikan keindahan sunset di taman ini.

Makan di resto

Setelah lelah berkeliling menikmati taman ini kalian bisa berwisata kuliner di resto yang ada di taman rekreasi ini. Menu makanan yang ditawarkan pun sangat beragam dan juga harganya pun juga cukup terjangkau.

Menu andalan yang recomended adalah nasi liwet kendil yang banyak dipesan oleh para pengunjung. Mengapa dinamakan nasi liwet kendil? Hal ini dikarenakan nasi liwet disini disajikan dalam sebuah wadah kendil agar lebih menarik. Cita rasa makanan di sini pun tidak perlu diragukan lagi karena sudah pasti enak dan nikmat.

Baca juga: Danau Kelimutu : Pesona Danau tiga warna Flores

Jenis Penginapan yang Ada di Lawu Park

Bagi Para wisatawan yang ingin menginap atau bermalam di kawasan wisata ini untuk menikmati keindahan alam wisata ini terdapat bermacam-macam tipe penginapan yang dapat kalian pilih sesuai dengan keinginan,budget dan tema yang kalian inginkan seperti:

Cottage

Cottage ini dipatok harga sekitar Rp 300.000 dengan isi 1 bed besar yang berkapasitas untuk 2 orang. Fasilitas cottage ini diantaranya tv,kamar mandi dan juga water heater. Gratis breakfast juga untuk 2 orang.

Glamour Camping – The Lawu Park Glamping

glamping ini dipatok harga sekitar Rp 500.000 dengan isi 2 bed besar yang berkapasitas untuk 4 orang. Fasilitas cottage ini diantaranya tv,kamar mandi dan juga water heater. Gratis breakfast juga untuk 4 orang.

Berkemah

Tenda Dump ini dipatok harga sekitar Rp 100.000 .

Nah itulah jenis penginapan yang dapat kalian pilih dan juga harga penginapan di lawu park. Harga penginapan yang ada disini tergantung dengan jenis penginapan yang kalian pilih, bukan termasuk harga paket wisata.

Selain itu terdapat banyak tempat-tempat penginapan yang juga bagus dan terjangkau di daerah tawangmangu. Kalian bisa memesan penginapan sesuai dengan keinginan dan budget yang kalian miliki.

Fasilitas yang Ada di Lawu Park Tawangmangu

Wisata taman rekreasi ini merupakan salah satu wisata terkenal di Karanganyar oleh karena itu wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas umum yang dapat digunakan pengunjung antara lain mushola,toilet,tempat parkir,taman bersantai dan masih banyak lainnya.

Toilet di sini pun sangat bersih hal ini merupakan salah satu upaya pihak pengelola untuk menjaga kenyamanan para wisatawan selain itu pengunjung juga dapat melaksanakan ibadah sholat di mushola yang telah disediakan di sela-sela waktu berwisata.

Adanya Area parkir kendaraannya juga cukup luas dapat menampung kendaraan wisatawan dalam jumlah banyak dan besar sekalipun, selain itu area parkir ini juga sangat aman jadi wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai kendaraan mereka. 

Para pengunjung yang kelelahan juga telah disediakan tempat untuk beristirahat atau bersantai sebelum melanjutkan mengeksplor penjuru taman ini.

Tiket Masuk The Lawu Park

Para pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 saja untuk dapat menikmati keindahan taman wisata yang dipenuhi oleh pepohonan pinus yang begitu rindang ini. Namun harga tersebut tidak termasuk dengan penginapan yang ada disana.

Harga tersebut cukup terjangkau untuk dapat menikmati wisata dengan view pemandangan yang begitu luar biasa. Wajar saja jika wisata ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Demikian  informasi yang dapat Advontura sampaikan mengenai wisata The Lawu Park Tawangmangu. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu kalian menemukan referensi destinasi wisata yang menarik dan cocok untuk kalian. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi-destinasi wisata selanjutnya.

Baca juga: Bukit Jamur Rancabolang – Keunikan Cemara Mirip Jamur

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *