Rute dan Harga Paket Wisata Jeep Lava Tour Merapi 2022

Daftar isi

Kamu pecinta wisata alam? Jika iya, maka Lava Tour Merapi bisa menjadi salah satu destinasi terbaik sewaktu berkunjung ke Yogyakarta. Di sini, kamu akan berpetualang dengan mobil jip untuk menikmati eksotisme lereng Merapi dan mengunjungi sejumlah tempat bersejarah yang terdampak erupsi. Sebelum itu, simak dulu ulasan selengkapnya mengenai wisata yang satu ini, mulai dari lokasi, rute, sampai paket harganya, Advonturers!

Kegiatan yang Bisa Dinikmati Ketika Berkunjung Ke Gunung Merapi

Menikmati Lava Tour Merapi (@ayufarahfadilah on Instagram)

Tidak cuma menikmati pesona Gunung Merapi dari dekat, kamu bisa menyambangi berbagai tempat yang terdampak akibat erupsi pada tahun 2010 lalu, seperti batu alien di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan yang lumayan terkenal. 

Selanjutnya, ada Bunker Kaliadem yang menjadi saksi bisu gugurnya dua orang relawan Merapi kala itu. Apabila langit berada dalam kondisi terbaiknya, pengunjung berkesempatan untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dari sini.

Jangan lewatkan juga Museum Sisa Hartaku, bekas rumah dan sanggar seni yang terdampak akibat terjangan lahar panas. Adapun beberapa objek wisata lainnya yang patut kamu kunjungi, antara lain taman The Lost World Castle maupun rumah alm. Mbah Maridjan selaku mantan juru kunci Gunung Merapi.

Jam Operasional dan Lokasi Lava Tour Merapi

Destinasi ini buka setiap hari sejak dini hari sampai menjelang sore. Musim kemarau menjadi waktu terbaik untuk menyaksikan pemandangan di sekitar sini. Walaupun begitu, kamu mesti ingat bahwa masa terbaik ini sangat bergantung terhadap status dan kondisi gunung.

Artikel Terkait

Ingin merasakan langsung keseruan Lava Tour Merapi? Datanglah ke kawasan Kaliurang dan Kaliadem yang berlokasi di Kecamatan Cangkringan ataupun Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Paket dan Harga Lava Tour Merapi

Paket Lava Tour Merapi (@lavatourmerapi_ on Instagram)

Pengunjung bebas memilih paket wisata yang tersedia dengan harga bervariasi. Setiap paket sudah mencakup upah driver, bahan bakar, serta tiket masuk menuju berbagai spot sehingga lebih cocok untuk liburan rombongan bersama teman atau keluarga. 

1. Paket Sunrise

Sesuai namanya, Lava Tour Merapi Sunrise menyediakan trip khusus bagi kamu yang ingin menyaksikan langsung keindahan sunrise atau matahari terbit. Wisatawan bisa menyewa jeep seharga Rp 450.000 untuk setiap unit.

Perjalanan akan bermula sejak pukul 04.30 WIB dengan rute basecamp Kaliurang ke Kali Opak dan Kampung Petung. Dari sini, kamu akan bertolak menuju Museum Jam Erupsi, kemudian Kampung Kaliadem beserta bunker di dalamnya.

Spot selanjutnya adalah Batu Wajah hingga tempat pemberhentian terakhir yakni Kali Kuning. Total kamu akan menghabiskan waktu 3 jam untuk melalui semua tempat dalam rute tersebut.

2. Paket Short 1 

Menawarkan harga paling murah yakni Rp 350.000 per mobil, paket jangka pendek cocok bagi pengunjung yang mempunyai sedikit waktu di kota pelajar, Yogyakarta.

Perjalanan dengan durasi dua jam ini berawal dari basecamp Kaliurang dengan rute Sungai Opak menuju Kampung Petung dan Museum Sisa Hartaku. Sehabis itu, berlanjut ke Desa dan Bunker Kaliadem.

Jika sudah merasa puas, mobil akan membawa pengunjung singgah ke Batu Alien yang menyerupai wajah manusia, kemudian berhenti di trek Kali Kuning.

3. Paket Short 2

Bak pinang dibelah dua, paket jangka pendek opsi kedua juga menawarkan harga dan durasi yang sama, yaitu Rp 350.000 per 2 jam.

Rute yang dilewati pun terbilang mirip dengan paket short 1. Hanya saja, paket ini tidak akan membawa pengunjung untuk mampir ke Kampung Kaliadem, melainkan langsung menuju Petilasan Mbah Maridjan. 

4. Paket Medium 

Kalau memilih paket ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 450.000 per mobil untuk durasi 3 jam perjalanan.

Rute perjalanan pun cukup berbeda dengan sebelumnya. Wisatawan akan memulainya dari basecamp Kaliurang menuju Sungai Opak dan Kampung Petung. Berikutnya, mampir ke Museum Sisa Hartaku dan melanjutkan perjalanan ke Kampung dan Bunker Kaliadem.

Sehabis puas berswafoto di sana, petualanganmu akan berlanjut menuju Batu Alien dan Petilasan Mbah Maridjan untuk menyaksikan langsung bekas rumah sang juru kunci Merapi. Terakhir, selesai di track air Kali Kuning.

5. Paket Long

Harga paket Lava Tour Merapi ini memang lebih mahal ketimbang paket lainnya, mengingat tempat wisata yang akan kamu tuju juga lebih banyak nantinya. Kamu mesti merogoh kocek sebesar Rp 550.000/jip untuk 4 jam.

Tempat yang akan pengunjung datangi serupa dengan destinasi wisata di paket medium. Hanya saja, sehabis dari Petilasan Mbah Maridjan, perjalanan akan berlanjut ke makam sang juru kunci.

Lebih lanjut, kamu juga akan merasakan sensasi off-road yang luar biasa sesampai di Sungai Kuning selaku titik terakhir. Pengunjung nantinya akan kebasahan akibat cipratan mata air di sekitar sehingga disarankan untuk membawa baju ganti.

Kapasitas Mobil Jip

Dari kelima paket yang tersedia, setiap mobil jeep Lava Tour Merapi mempunyai kapasitas yang sama. Apabila penumpang terdiri dari orang dewasa, maka mobil mampu memuat maksimal empat orang. Sementara itu, mobil bisa menampung sampai 5 orang jika bersama anak kecil.

Demikianlah informasi mengenai rute dan harga paket wisata jeep Lava Tour Merapi di Yogyakarta. Berbekal panorama Gunung Merapi yang sangat ciamik, tur ini tentu akan sayang untuk kamu lewatkan selama liburan.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *