1. Uncategorized

Wisata Ketep Pass Magelang – Info Hotel dan Tiket Masuknya

Ketep Pass merupakan kawasan wisata yang terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Berada di ketinggian 1200 mdpl dengan luas daerah mencapai 800 meter persegi, titik pemandangan ini menawarkan panorama alam yang luar biasa .

Diresmikan sejak 17 Oktober 2002 sebagai destinasi wisata alam kegunungapian, kawasan ini telah berbenah dan berubah semakin indah dengan deretan pohon Pinus yang mengelilinginya.

Bukan hanya tempat melihat keindahan alam gunung-gunung sekitarnya, kawasan ini bisa menjadi pilihan wisata edukasi bagi liburan keluarga Anda. Penasaran dengan informasi lengkapnya? Yuk ikuti terus artikel di bawah ini!

Objek Wisata Ketep Pass Magelang 

Wisata Ketep Pass Magelang Jateng
Ketep pass Photo by ksmtour

Meskipun merupakan kawasan liburan tentang kegunungapian, terdapat berbagai objek wisata Ketep Pass yang bisa para pengunjung menikmati ketika berkunjung ke sini. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang dirangkum oleh Advontura khusus untuk Anda!

Kebun Strawberry Ketep Pass

Selain terkenal dengan pemandangan pegunungannya, Kebun Strawberry Ketep Pass menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan yang datang. 

Seperti namanya, di area ini Anda terdiri dari kumpulan kebun strawberry yang tumbuh subur di atas tanah seluas 100 meter persegi. Berbekal keranjang kecil, para pengunjung bisa memetik buah sepuasnya. 

Sebenarnya kawasan ini tidak menarik tarif tiket masuk, namun para pengunjung yang datang tetap perlu membayar sejumlah strawberry yang dipetik. Harga yang harus dibayarkan sebesar Rp60.000,00 per kilogramnya.

Menikmati Keindahan Puncak 5 Gunung

Berada di area lereng Merbabu, kawasan ini memberikan pemandangan lepas dari lima puncak gunung sekaligus. Yaitu Gunung Sindoro dan Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, hingga Gunung Merapi.

Bagi Anda yang berencana untuk berkunjung, datanglah pada saat cuaca cerah agar puncak gunung terlihat lebih jelas. Selain itu para pengunjung akan bisa menyaksikan sisa erupsi di tahun 2010 dan asam sulfat yang keluar dari kubah lava Merapi.

Pengalaman menikmati keindahan puncak 5 gunung juga semakin menyenangkan dengan adanya dua buah teropong jauh yang bisa Anda coba secara gratis.

Belajar di Museum Vulkanologi & Volcano Theater

Selain dirancang menjadi wisata alam, para pengunjung juga bisa belajar tentang berbagai hal tentang gunung berapi lewat museum dan theaternya. 

Di museumnya, Anda bisa menemukan miniatur gunung, bebatuan sisa erupsi, poster dan foto bersejarah atas peringatan dini lahar Merapi. 

Jika kurang puas, para pengunjung bisa mengunjungi Volcano Theater yang menayangkan film mini dokumenter bersejarah seperti penelitian Puncak Garuda hingga proses terbentuk dan letusan Merapi. 

Berburu Sunset dan Sunrise

Bag Anda yang ingin mencari waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan lama sekitar, datanglah pada saat matahari terbit atau terbenam.

Cuacanya yang sejuk dengan kabut tipis, serta matahari yang muncul atau turun pelan-pelan dari balik gunung tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Bahkan Anda juga bisa memesan jagung bakar atau kopi hangat sambil menikmati bukti kebesaran Tuhan ini.

Baca juga: Nepal Van Java, Desa Wisata Magelang Ala Negara Nepal

Lokasi Ketep Pass Magelang Jawa Tengah

Ketep Pass Magelang Jateng
Objek Wisata Ketep Pass (Photo by travelspromo)

Ketep Pass merupakan kawasan wisata terletak di Jalan Blabak-Boyolali KM.16, Ketep Pass, Magelang. Tempatnya juga mudah dijangkau dengan motor ataupun mobil. 

Apabila Anda berjalan dari kota Jogja, jarak yang harus ditempuh kurang lebih 45 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan dengan kecepatan normal. Selain itu ada dua jalur yang bisa ditempuh yaitu jalan umum dan pintas.

Melalui jalan umum Anda akan melewati Jalan Raya Jogja-Magelang dan tiba di Kota Muntilan. Sesampainya di daerah perkotaan jalan terus menuju Pertigaan Blabak. 

Luruslah terus sampai bertemu dengan billboard besar yang menunjukkan arah menuju tempat tujuan. Ikuti terus arahnya dan Anda akan sampai di lokasi wisatanya. 

Sedangkan untuk jalan pintasnya, Anda bisa melewati jalanan kecil sebelum Pasar Muntilan di samping Klenteng Hok An Kiong. 

Jam Buka & Tiket Masuk Ketep Pass 

Kawasan ini dibuka setiap harinya kecuali Senin dari jam 8 pagi hingga 3 sore. Sedangkan harga tiket masuk Ketep Pass di hari kerja adalah Rp10.500,00 dan setiap musim liburan atau tanggal merah sebesar Rp12.500,00.

Fasilitas yang Tersedia

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengunjung yang datang, berbagai fasilitas sudah tersedia di sini. Antara lain warung makan, mushola, toilet, toko souvenir, peralatan panca arga, hingga gardu pandangnya.

Tepi areanya juga sudah dilengkapi dengan pagar pembatas, jadi aman untuk dikunjungi. Namun tetap awasilah anak dan kerabat Anda untuk tetap berhati-hati. 

Hotel di Ketep Pass Magelang Jawa Tengah

Bagi Anda yang ingin menginap di sekitar kawasan ini, biasanya para penduduk sekitar akan menawarkan rumahnya untuk dijadikan penginapan. Namun ada beberapa rekomendasi hotel di Ketep Pass yang bisa dicoba apabila menginginkan pengalaman bermalam yang lebih prima.

Beberapa rekomendasi penginapannya antara lain Sanjaya 2, OYO 2290 Pondok Merapi Selo, RedDoorz Syariah near Kopeng Treetop Adventure, Nguntara Gati, OYO 908 Taman Wisata Kopeng, D’Kaliurang Resort & Convention dan lain sebaginya.

Untuk menginap di beberapa lokasi di atas, Anda bisa menyiapkan biaya sekitar Rp150.000,00 hingga Rp600.000,00 untuk satu malam tergantung dengan pilihan kamarnya.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Ketep Pass. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari destinasi liburan alternatif yang unik dan seru untuk keluarga. Sampai jumpa di pembahasan wisata Indonesia lainnya!

Baca juga: Wisata Kawah Ratu Gunung Salak – Rute dan Lokasinya

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Wisata Ketep Pass Magelang – Info Hotel dan Tiket Masuknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]