Kebun Teh Wonosari Malang, Harga Tiket & Aktiitas Serunya

kebun teh wonosari
Photo by photomalang.com
Daftar isi

Selain terkenal dengan agrowisata apelnya, Kota malang juga memiliki agrowisata kebun teh yang tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Salah satunya yakni objek wisata Kebun Teh Wonosari Malang

Letaknya yang berada di wilayah dataran tinggi membuat suasana di kebun teh Malang tersebut terasa dingin dan sejuk. Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari destinasi liburan dengan nuansa santai dan rilex untuk penghilang penat.

Kali ini advontura akan mengulas secara lengkap mengenai objek wisata Kebun Teh Malang. Penasaran seperti apa ulasannya? Yuk baca artikel berikut sampai habis.

Sejarah Kebun Teh Wonosari Malang

Objek wisata Kebun Teh Wonosari Malang ini memiliki kisah sejarah yang cukup panjang sejak zaman kolonial Belanda. Tepat didirikan pada tahun 1910, kebun teh tersebut merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur yang berada dalam naungan perusahaan Belanda bernama NV. Cultur Maathappy.

Saat masa itu perkebunan ini ditanami tumbuhan teh dan kina. Namun, pada masa penjajahan Jepang yang memiliki misi swasembada pangan, sebagian tanaman teh tersebut diganti dengan tanaman pokok seperti singkong, ubi, kentang, dan sejenisnya.

Artikel Terkait

Setelah bebas dari penjajahan Belanda dan Jepang, kebun teh Malang ini diambil alih oleh pemerintahan Indonesia hingga sekarang.

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan kelembaban tanah yang baik, pengelola memilih untuk memfokuskan tumbuhan sejenis teh dan kopi untuk ditanam di kawasan tersebut.

Produk yang dihasilkan oleh perkebunan ini diberi nama Teh Rolas. Selain memproduksi teh, kawasan lokasi kebun teh Malang ini juga dijadikan agrowisata yang bisa Anda kunjungi.

Wisata Kebun Teh Wonosari Malang

Kebun teh Wonosari  Malang
Kebun Teh Wonosari Malang (Photo by traveldimalang.com)

Agrowisata Kebun Teh Wonosari ini terletak di dataran tinggi lereng Gunung Arjuna dengan ketinggian 1250 Mdpl dan memiliki temperatur sekitar 19-26 derajat celcius. 

Kondisi serupa membuat tempat wisata ini memiliki hawa yang dingin dan sejuk seakan-akan terbebas dari polusi udara. Hal berikut tentu mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Oleh sebab itu, kebun teh ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga, rekan, ataupun pasangan. Selama berada di lahan seluas 1.114 hektar, banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di kebun teh malang ini, antara lain:

Wisata Edukasi

Selain wisata alamnya, Kebun teh Malang ini juga bisa Anda jadikan sebagai wisata edukasi. Sebab di kawasan tersebut pengunjungdapat melihat pengolahan teh dari awal hingga akhir.

Pelancong bisa melihat sambil belajar bagaimana cara memetik teh, proses pelayuan, proses penggilingan, fermentasi, pengeringan, hingga proses pengepakan teh yang siap untuk dipasarkan.

Wisatawan diperbolehkan untuk mengunjungi pabrik pengolahan teh tersebut. Namun kegiatan ini hanya bisa Anda nikmati saat hari kerja saja. Sebab, pabrik tidak beroperasi saat hari libur atau weekend.

Tea Walk dan Berkuda

Selain wisata edukasinya, Anda bisa menelusuri area kebun teh Malang ini dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan yang indah.

Jika lelah untuk berjalan kaki, Anda juga bisa menggunakan kuda ataupun menggunakan kendaraan seperti kereta kelinci untuk mengelilingi area perkebunan.

Untuk berkuda, Anda akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 25.000, sedangkan untuk kendaraan kereta kelinci Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja.

ATV

Selain berkeliling area perkebunan dengan jalan kaki, berkuda ataupun menggunakan kereta kelinci, Anda juga dapat mencoba berkeliling menggunakan kendaraan ATV dengan tarif sebesar Rp 50.000 untuk 2 kali putaran.

Spot Foto 

Di beberapa sudut area kawasan wisata juga telah disediakan selfie deck dan jembatan kayu yang membelah salah satu sisi kebun. Tentunya spot ini sangat pas bagi pengunjung yang menyukai fotografi dan mencari spot foto instagramable.

Bahkan jalan-jalan setapak di sekeliling kebun teh juga bisa dimanfaatkan sebagai spot foto. Terlebih jika kabut tipis sedang menyelimuti area kebun. Dijamin akan menambah kesan indah hasil foto Anda.

Flying Fox

Bagi wisatawan yang menyukai tantangan, Anda bisa mencoba wahana flying fox pememacu adrenaline dengan membayar tarif sebesar Rp 25.000.

Paintball

Permainan simulasi perang dengan paintball bisa Anda temukan di kebun teh Malang ini. Selain bisa mengasah otak pengunjung untuk mengatur strategi perang, paintballl tentunya mampu menciptakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi sobat Advontura.

Pengunjung bisa merasakan keseruan wahana tersebut dengan membayar biaya sebesar Rp. 30.000 hingga Rp. 175.000.

Berendam di Kolam Air Hangat

Setelah lelah dengan bermain berbagai wahana dan merasakan dinginya area perkebunan tersebut, pengunjung bisa melepas penat dengan berendam di pemandian air hangat yang tersedia. Berendam air hangat di kawasan pegunungan tentu akan memberikan rasa rileks dan menyegarkan bagi Anda.

Mobil Baterai

Untuk pengunjung anak-anak, di wisata ini juga tersedia mobil baterai. Tentunya kendaraan ini lebih aman jika dibandingkan bermain ATV. Apabila ingin menyewa mobil baterai di sini, Anda akan dikenai biaya sewa sebesar Rp 10.000 saja.

Wedding Venue

Selain dikenal dengan kawasan wisata, pengelola kebun teh wonosari ini juga menyediakan area lahan yang bisa Anda sewa untuk dijadikan alternatif lokasi pernikahan dengan kesan yang sakral dan santai. 

Baca Juga: Wisata Coban Rais Malang – Lokasi, Tiket, & Jam Buka

Jam Buka Kebun Teh Wonosari Malang

Anda bisa mengunjungi agrowisata kebun teh Malang ini setiap hari dengan jam operasional pukul 07.00 hingga  17.00.

Tiket Masuk Kebun Teh Wonosari Malang

Harga tiket masuk Kebun Teh Wonosari terbilang cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 8.000/orang setiap hari Senin-Sabtu. 

Namun jika Anda berkunjung di hari Minggu dan hari libur nasional, harga tiket naik menjadi Rp 12.000/orang.

Untuk menikmati fasilitas yang ada seperti flying fox, kereta kelinci, kendaraan ATV dan lain sebagainya, pengunjung akan dikenai biaya tambahan mulai dari lima ribu sampai ratusan ribu.

Namun jika ingin lebih murah, Anda bisa mengambil pilihan paket yang telah disediakan pengelola tempat wisata. Harga paket yang ditawarkan berbeda-beda tergantung seberapa banyak jumlah peserta, kegiatan yang diikuti, hingga fasilitas yang dinikmati.

Lokasi

Alamat Kebun Teh Malang berada di Desa Bodean Putuk, Toyomarto Lawang, Kec. Singosari, Malang. Perkebunan teh ini terletak di perbatasan antara Kota Malang dan Surabaya, tepatnya berada di lereng Gunung Arjuna, 

Perkebunan ini berjarak sekitar kurang lebih 30 km dari Pusat Kota Malang dan membutuhkan waktu tempuh selama 51 menit hingga 60 menit untuk sampai di lokasi.

Rute

Lokasi Kebun teh Wonosari
Lokasi Kebun Teh Wonosari (Photo by superradio.id)

Jika Anda ingin berkunjung ke lokasi wisata ini jangan khawatir, sebab jalan menuju Kebun Teh Wonosari terbilang cukup mudah.

Bagi pengunjung yang berangkat dari arah Kota Surabaya, Anda hanya perlu mengikuti jalur utama Surabaya-Malang. Setelah kurang lebih 80 km ke kota Lawang, ikutilah plang penunjuk jalan yang menunjukkan arah belok kanan menuju tempat wisata.

Apabila Anda berangkat dari arah Kota Malang, Anda hanya perlu mengikuti arah menuju utara sekitar 30 km kemudian belok kiri ke arah perkebunan teh Wonosari.

Agar Anda tidak tersesat saat menjelajahi Perkebunan teh ini, sangat disarankan untuk meminta peta kepada pihak pengelolah saat telah tiba disana.

Demikian informasi mengenai wisata dan sejarah Kebun Teh Wonosari Malang. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda sebagai referensi untuk menghabiskan waktu liburan. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata seru lainnya!

Baca Juga: Danau Ranu Kumbolo, Surga di Balik Gagahnya Semeru

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *