Harga Tiket Wisata Kebun Teh Pagilaran, Rute, dan Lokasinya

Daftar isi

Kabupaten Batang di Jawa Tengah tidak cuma menyimpan objek wisata bahari saja. Terdapat banyak sekali spot wisata menarik yang memesona, salah satunya Kebun Teh Pagilaran. 

Merasakan sejuknya udara khas perkebunan dengan pemandangan hamparan teh yang hijau tentu akan memanjakan mata dan pikiran siapa saja yang berkunjung. Penasaran kelanjutannya? Simak ulasan selengkapnya, Advonturers!

Sejarah Singkat Kebun Teh Pagilaran

Kebun teh yang awalnya milik orang Belanda ini sudah berdiri sejak tahun 1880. Pada tahun 1922, pemerintah Inggris yang bergabung dengan Pamanoekan and Tjiasem Land’s PT (P & T Land’s PT) sepakat untuk membeli area perkebunan tersebut.

Habisnya hak guna P & T Land’s PT pada tahun 1964 lantas membuat pemerintah mengambil alih yang kemudian diserahkan kepada Fakultas Pertanian UGM. Tujuannya adalah untuk mewujudkan peningkatan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, antara lain pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Selanjutnya, Kebun Teh Pagilaran juga terbentuk sebagai sebuah badan perusahaan bernama PN Pagilaran dan baru berubah menjadi PT Pagilaran pada tanggal 1 Januari 1974.

Artikel Terkait

Daya Tarik Kebun Teh Pagilaran

1. Hamparan Kebun Teh Yang Menyejukkan

Kebun teh Pagilaran (@instabatang on INstagram)

Perkebunan yang berada di kaki Gunung Kamulyan ini mempunyai luas sekitar 1.130 hektare dan terbagi ke dalam tiga zona berdasarkan ketinggian dan jenis teh yang ditanam.

Setiba di kawasan Kebun Teh Pagilaran Batang Jawa Tengah, atmosfer yang sejuk disertai kabut-kabut putih akan langsung terasa. Kamu juga bisa berfoto sambil menjelajahi setapak demi setapak kebun yang hijau ini.

2. Pesona Air Terjun di Sekitarnya

Curug Binorong (@bladopunyacerita on Instagram)

Di samping menawarkan keindahan kebun teh yang begitu luas, pengunjung juga bisa bermain-main di air terjun atau curug yang berada tidak jauh dari lokasi. Menurut pengelola setempat, terdapat dua air terjun yang dapat dijangkau, yaitu Curug Kembar dan Curug Binorong.

3. Aneka Spot Foto Ciamik

Spot foto ikonik Pagilaran (@ermahas on Instagram)

Panorama kebun teh yang sangat cantik pasti membuat siapa saja ingin mengabadikan setiap sudutnya. Salah satu spot yang menjadi kegemaran pengunjung yakni Dermaga Cinta, jembatan warna warni dengan bingkai berbentuk hati yang ada di ujungnya. Selain Dermaga Cinta, terdapat pula spot bertuliskan “Pagilaran” yang menjadi landmark atau ikon dari kebun teh yang satu ini.

4. Wahana Outbound yang Mengasyikkan

Jembatan gantung (@instabatang on Instagram)

Buat kamu yang datang bersama anak-anak, tenang saja karena Kebun Teh Pagilaran sudah menyediakan beragam wahana outbound yang pastinya bisa mengasah keberanian dan kelincahan mereka. Sebut saja dari flying fox, berjalan di atas tali, hingga melewati jembatan gantung kayu yang panjang.

Rute dan Lokasi Kebun Teh Pagilaran

Destinasi wisata ini berada di Pagilaran, Keteleng, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah. Apabila berangkat dari pusat Kota Batang, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 35 km selama 1 jam perjalanan.

Sesampai di Kantor Kepala Desa Wonorojo, beloklah ke kiri untuk menggunakan jalan pintas langsung menuju kebun teh. Jalurnya agak sedikit sempit dan menanjak, tetapi masih mampu untuk mobil lewati. Beberapa menit kemudian, maka kamu pun akan tiba di kawasan perkebunan tersebut.

Harga Tiket Kebun Teh Pagilaran

Cukup menggelontorkan uang sebesar Rp5.000 per orangnya, kamu sudah dapat masuk dan menghabiskan waktu di tempat ini. Murah sekali, bukan? Adapun terkait parkir, pengunjung mesti membayar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Jam Buka Kebun Teh Pagilaran

Ingin puas menikmati pesona hijaunya hamparan kebun teh di Pagilaran? Jangan khawatir, sebab tempat wisata yang satu ini dapat kamu datangi setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Setelah mengetahui informasi terlengkap mengenai Kebun Teh Pagilaran, apakah Advonturers tertarik untuk datang ke sini? Tempat ini sangat cocok untuk kamu masukkan ke dalam list wisata sewaktu berekreasi ke Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *