Kebun Teh Kemuning Karanganyar – Lokasi & Tiket Masuk

Lokasi Kebun Teh Kemuning Karanganyar
Photo by asahi sunac
Daftar isi

Kalau Jawa Barat punya Puncak Bogor, Jawa Tengah punya Kebun Teh Kemuning Karanganyar. Menyodorkan pemandangan kebun teh yang hijau membentang di segala penjuru, kesejukan udara dan masyarakat sekitar yang ramah tamah. Lokasi ini menjadi destinasi pilihan bukan hanya wisatawan dari dalam kota Solo saja.

Hal ini tidak mengherankan karena daya tariknya bukan hanya pemandangannya saja tetapi berbagai spot foto, wahana dan wisata kulinernya. Tertarik berkunjung? Yuk ikuti dulu pembahasan menarik di bawah ini. 

Kebun Teh Kemuning Solo

Sebelum menjadi PT Rumpun, Kebun Teh Kemuning Solo sudah sering berpindah tangan mulai dari zaman kerajaan, penjajahan Belanda dan Jepang, militer hingga akhirnya seperti sekarang.

Lokasi Kebun Teh Kemuning Solo berada di dataran tinggi yang lumayan dekat dari kota Solo. Sehingga beberapa orang lebih mengenal destinasi ini dengan nama wisata Kebun Teh Kemuning Solo. 

Kawasan ini sangat cocok bagi anda yang cenderung suka berlibur untuk menikmati pemandangan dari ketinggian, suasana alam yang sejuk dan tenang sekaligus punya hobi hunting foto. 

Artikel Terkait

Kawasan perkebunan teh ini berada di 800-1.540 mdpl dengan luas 439 hektar. Suasana juga cukup dingin, bahkan pada siang hari dengan kondisi langit cerah suhunya bisa mencapai 21,5 derajat celcius. Karena itu datanglah dengan membawa jaket tebal atau sweater. Apabila Anda datang pada subuh, membawa pakaian hangat dan syal juga disarankan. 

Bukan hanya kebun teh, dalam jarak 3 meter Anda bisa menemukan pohon-pohon lebat yang sengaja ditanam sebagai selingan dan peneduh bagi para pemetik daun teh. Kebun teh ini juga sudah memproduksi sebanyak 11 toh teh loh.

Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Kebun teh kemuning
Kebun Teh Kemuning (Photo by krjogja.com)

Selain menikmati keindahan alam dan suasana sejuknya, banyak wahana seru yang sudah menanti Anda. Berikut beberapa kegiatan rekomendasi Advontura yang diringkas khusus untuk Sobat Advontura!

Menikmati Matahari Terbit di Balik Perkebunan Teh

Pagi Anda pemburu matahari terbit, area perkebunan sudah dibuka untuk pengunjung umum sejak subuh. Pemandangan dari perbukitan kebun teh juga tidak kalah indah loh dari tempat lainnya.

Bagi Anda yang datang khusus untuk melihat matahari terbit, disarankan untuk datang mulai jam setengah 5 pagi dan mengenakan jaket tebal dan pakaian hangat.

Melihat Proses Pemetikan Daun Teh

Bagi Anda yang datang pagi-pagi, Anda pasti akan menemukan para ibu pemetik teh yang sudah mulai bekerja di ladang. Daun teh memang harus dipetik saat pagi untuk mendapatkan kualitas teh terbaik. Sehingga teh yang dihasilkan mempunyai aroma yang lebih wangi dan rasanya bertambah segar. 

Anda juga bisa saling menyapa dan mengobrol dengan para petani pemetik teh karena masyarakat sekitar ramah dengan para pengunjung. Akan tetapi jangan sampai mengganggu pekerjaan mereka ya.

Jelajah Alam dengan Mobil Jeep

Bagi Anda yang ingin mencoba pengalaman berbeda dalam menikmati alam, Sobat Advontura bisa mencoba pilihan wisata yang satu ini.

Biasanya jasa penyewaan Jeep ada di Terminal Kemuning, Air Terjun Jumog dan Terminal Kemuning. Dalam waktu 8 jam, Anda bisa menikmati pengalaman ini sepuasnya dengan membayar tarif sewa yang telah ditentukan. 

Biaya sewa ditentukan dari jenis mobil yang digunakan. Tipe Jeep Short kapasitas 4 penumpang ditarik biaya sebesar Rp350.000,00. 

Tipe Jeep Medium dengan kapasitas 4 penumpang dibagi menjadi 2. Pada model biasa tarif biaya Rp450.000,00. Sedangkan pada versi 1 ditarik tarif sebesar Rp500.000,00.

Begitu pula dengan mobill Jeep Long dengan kapasitas 4 penumpang, tipe ini juga  dibagi menjadi 2. Pada model 1 tarif biaya Rp600.000,00. Sedangkan pada versi 2 ditarik tarif sebesar Rp700.000,00. Bagaimana, tertarik mencoba?

Memacu Adrenalin dengan Paralayang di Tengah Kebun Teh

Landasan paralayang di sini cukup terkenal di kalangan orang banyak. Berada di ketinggian 1.350 meter membuat para pengunjung bisa menikmati bentangan kebun teh dengan lebih puas. Penerbangan Anda juga terjamin aman karena didampingi oleh para pendamping yang profesional. Tarif dalam satu kali penerbangan berkisar antara Rp350.000,00 hingga Rp400.000,00.

Namun, bagi Anda yang hanya ingin menikmati suasana dan pemandangan yang indah. Panorama pada spot ini selalu indah baik di siang hari dan malam hari.

Berkemah Seru

Tidak jauh dari lokasi perkebunan, Anda bisa mencoba berkemah di Bumi Perkemahan Segara Gunung. Area ini menjadi primadona para capres karena udaranya yang sejuk, suasananya yang alami dengan deretan pohon pinus. 

Untuk bisa menikmati pengalaman di atas, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 saja. Khusus bagi Anda yang tidak terlalu suka keramaian, disarankan untuk datang selain hari libur Tahun Baru.

Berfoto Ria di Spot Menarik

Kalau Anda gemar berfoto di spot yang instagramable, Anda bisa mencoba perg ke Taman Bintang yang ada di kawasan wisata ini. Hanya dengan Rp5.000,00 Anda sudah bisa bebas berfoto di balon udara, jembatan bintang dan beberapa spot foto lainnya. Menarik bukan?

Baca juga: Kebun Buah Mangunan Jogja – Tiket Masuk & Jam Buka

Menikmati Senja di Bukit Ganduman

Pilihan wisata lainnya adalah Bukit Ganduman. Cukup membayar Rp5.000,00 Anda sudah bisa menikmati senja dengan lebih jelas dan lepas dibanding spot yang lain. Bagi para penikmat senja, tempat ini bisa menjadi daftar liburan Anda selanjutnya!

Tubing, Susur Sungai di Taman Kemuning Bogor

Bagi Anda yang suka menantang adrenalin bisa mencoba kegiatan Tubir atau susur sungai menggunakan ban karet. Kegiatan ini hanya bisa ditemukan di Taman Kemuning Bogor.

Petik Buah di Tanggul Asri

Tertarik bermain di tengah kebun sambil memetik buah? Anda bisa mengajak keluarga pergi ke Tanggul Asri hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 saja.

Lokasi Kebun Teh Kemuning Tawangmangu

Kebun teh kemuning
Lokasi Kebun Teh Kemuning (Photo by travel.okezone com)

Lokasi Kebun Teh Kemuning Tawangmangu berjarak 25 kilometer dari kota Solo. Berada pada 10 km Timur Laut di jalur utama Solo-Tawangmangu. 

Berdasarkan administrasi resmi, kawasan wisata perkebunan teh ini  beralamat di Desa Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Berada di lereng Gunung Kawi, area ini menjadi primadona banyak wisatawan dalam dan luar negeri.

Tiket Masuk Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Tarif tiket masuk Kebun Teh Kemuning Karanganyar adalah Rp 0,- alias GRATIS. Namun Anda tetap harus membayar tarif parkir sebesar Rp2.000,00 untuk kendaraan bermotor dan Rp5.000,00 untuk kendaraan bermobil.

Selain itu, untuk bermain di wahananya Anda juga harus membayar terlebih dahulu. Ada 5 Paket Wisata Ceria yang berkisar dari harga Rp50.000,00 hingga Rp150.000,00.

Jam Buka Kebun Teh Kemuning Tawangmangu

Perkebunan ini sudah dibuka untuk pengunjung umum sejak subuh yaitu, pukul setengah 5 pagi hingga setengah 7 malam dan buka setiap hari.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia termasuk lengkap. Layanan yang disediakan antara lain rumah makan khusus untuk menikmati teh, mushola, toilet, toko souvenir dan penginapan. Namun, Anda harus bersiap-siap untuk membawa uang yang cukup karena belum ada ATM yang tersedia di kawasan ini.

Penginapan di Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Beberapa rekomendasi penginapan Kebun Teh Kemuning Karanganyar antara lain hotel, homestay dan villa di . Harga yang ditawarkan juga cukup beragam, dari rentang Rp120.000,00 hingga Rp450.000,00 untuk 2 orang pengunjung dalam 1 malam. Jika ingin lebih murah, Anda bisa mencoba menginap di homestay saja. 

Kali ini Advontura memberikan beberapa daftar penginapan di Kebun Teh Kemuning Tawangmangu yang bisa Anda dan keluarga coba, antara lain OYO 1175 Oemah Djowo Resort, Sekar Tanjung Homestay, Penginapan Adem Ayem, Villa Sri Widodo, Nava Hotel Tawangmangu, Putri Duyung Guest House, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Restoran Sekitar 

Kalau berkunjung ke sini, jangan lewatkan untuk mencoba berbagai jenis teh unik dengan nuansa perumahan Belanda di Rumah Makan dan Cafe Teh Ndoro Donker. Bukan hanya menikmati seduhan teh saja, Anda juga bisa menikmati berbagai kudapan tradisional seperti ubi rebus, pisang bakar dan aneka jajanan. 

500 meter sebelum memasuki area perkebunan, Anda bisa berkunjung ke rumah makan Bale Branti yang menawarkan berbagai makanan lezat dengan pemandangan dan udara luar khas pegunungan. Selain Bale Branti, bagi Anda yang suka makan dengan pemandangan alam bisa mencoba restoran Omah Ndeso yang menawarkan pengalaman makan di tengah aliran sungai-sungai kecil.

Sedangkan untuk Anda yang suka makan ikan dari hasil pancingan sendiri, bisa mencoba pergi ke Kemuning Resto yang ada di dalam kawasan wisata perkebunan teh.

Sekian artikel kita hari tentang Kebun Teh Kemuning Karanganyar. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata unggulan di sekitar Jawa Tengah. Sampai jumpa pembahasan tujuan wisata di Indonesia lainnya!

Baca juga: Kebun Teh Wonosari Malang – Tiket Masuk, Alamat, Rute

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *