Kebun Buah Mangunan dan Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Wisata alam & wisata edukasi di Kebun Buah Mangunan
sewamobiljogja.info
Daftar isi

Apakah Anda mengenal wisata Kebun Buah Mangunan Jogja? Jika belum, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kota Gudeg Jogja memang tak habis-habisnya menawarkan pesona keindahan alam dan juga kekayaan adat dan budaya yang begitu menakjubkan. Memang benar adanya apabila kota ini banyak disebut sebagai kota istimewa.

Julukan ini sama seperti namanya yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta dengan begitu banyak hal istimewa di dalamnya. Jogja juga dikenal masyarakat luas akan keindahan alamnya yang begitu luar biasa yang mampu memukau dan membius setiap mata yang memandangnya.

Mengunjungi Kota Jogja yang indah ini tidak lengkap rasanya apabila tidak berlibur mengunjungi daerah wisata yang banyak sekali disuguhkan kota ini. Salah satu destinasi wisata alam yang selalu ramai di akhir pekan yakni Kebun Buah Mangunan.

Wisata ini juga dijuluki dengan Negeri Diatas Awan? Bagaimana bisa? Penasaran? Kali ini advontura akan mengulas wisata Kebun Buah di daerah  Mangunan Jogja yang sedang hits dikalangan masyarakat 

Artikel Terkait

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata ini lokasi kebun buah mangunan jogja berada di Jl.Imogiri-Dlingo,Sukorame,Desa Mangunan,Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Rute perjalanan untuk mencapai wisata ini juga mudah dan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Rute Kebun Buah Mangunan

Wisata ini berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Bantul sedangkan dari Pusat Kota Jogja berjarak sekitar 35 km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi Wisatawan yang memulai perjalanan dari pusat kota jogja kalian bisa menuju ke perempatan ring road dekat terminal terminal giwangan untuk menuju jalan imogiri timur.

Setelah sampai pada jalan imogiri timur kalian bisa mengikuti petunjuk arah yang ada pada papan petunjuk untuk bisa sampai ke wisata kebun buah daerah mangunan jogja.

Bagi para pengunjung yang memulai perjalanan dari arah kawasan kulon progo kalian bisa melewati jembatan progo untuk menuju ke jl sandakan kemudian melanjutkan perjalanan hingga sampai ke jl imogiri timur, setelah sampai di jl. Imogiri timur kalian bisa mengikuti petunjuk arah yang telah ada untuk tiba di kawasan wisata.

Sedangkan bagi pengunjung yang berada di Jl.Solo kalian bisa melanjutkan perjalanan hingga tiba di ringroad selatan jogja dan tiba di perempatan terminal giwangan, selanjutnya dari terminal giwangan kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju jl imogiri timur dan mengikuti petunjuk arah menuju kawasan wisata kebun buah.

Namun kalian tak perlu khawatir apabila bingung dan kesusahan menuju kawasan wisata tersebut, kalian bisa menggunakan maps yang akan mempermudah perjalanan anda untuk sampai di kebun mangunan jogja.

Keunikan dan Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

Wisata Kebun Bauh Mangunan
Kebun Bauh Mangunan (Photo by travelspromo. com)

Objek wisata ini juga dikenal dijuluki masyarakat sekitar sebagai “Negeri Diatas Awan” hal ini dikarenakan lokasi wisata ini memiliki sebuah gardu pandang dengan ketinggian sekitar 200 meter diatas laut,dimana pengunjung bisa melihat dan menikmati pemandangan dari atas ketinggian serta menikmati eksotisnya gumpalan awan yang membalut kawasan ini.

Tak hanya melihat keindahan gumpalan awan saja yang menyelimuti kawasan ini, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan gunung dari kejauhan yang terlihat begitu gagahnya.

Dari atas gardu pandang pengunjung juga bisa menikmati keindahan Kota Bantul dan juga bangunan-bangunan kota yang nampak terlihat dari atas gardu pandang.

Pada bagian selatan pengunjung juga bisa melihat keelokan dari Pantai Parangtritis yang juga nampak dari kawasan kebun buah mangunan jogja. Tak hanya pantai parangtritis,keelokan dan keindahan sungai oya yang membentang panjang juga terlihat dari kawasan objek wisata kebun buah ini. 

Tak hanya berwisata pengunjung juga akan menerima ilmu dan wawasan baru mengenai tumbuh-tumbuhan secara langsung di kebunnya. Kebun buah yang telah ada pada tahun 2003 ini berdiri diatas tanah dengan luas sekitar 23 hektar.

Kebun buah seluas ini akhirnya ditanami dengan beberapa jenis pohon buah yang tersebar di kebun seluas 23 hektar ini. Kebun ini konon katanya memiliki beberapa jenis pohon buah yang dapat kalian jumpai disana diantaranya 950 pohon mangga,220 pohon jeruk,1500 pohon durian,300 pohon jambu air dan masih banyak jenis lainnya pohon buah yang dapat kalian temukan di wisata ini.

Pengunjung juga bisa melihat pohon pinus dan juga pohon jati yang menjulang tinggi diantara pohon-pohon buah.

Adanya barisan pohon pinus yang menjulang tinggi ini membuat kawasan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang mendatangi kebun buah di mangunan jogja.

Tak hanya menikmati keindahan alamnya dan juga berbagai jenis pohon buah, pengunjung juga bisa menikmati taman buah ini dengan berbagai aktivitas menarik lainnya seperti hunting foto.

Kebun Buah Mangunan Jogja yang berada di atas ketinggian membuat kawasan ini memiliki suhu udara yang sejuk dan dingin. Tak heran rasanya pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama menikmati objek wisata buah ini.

Selain itu apabila libur akhir pekan tiba objek wisata ini akan sangat ramai dari hari-hari biasanya. Banyak sekali wisatawan yang berasal dari berbagai kota di Indonesia penasaran untuk mengunjungi wisata ini. 

Baca juga: Bukit Panguk Kediwung Jogja: Tiket Masuk dan Rutenya

Beragam Aktivitas Menarik di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Kebun Buah mangunan
Kebun buah (Photo by republika.co. id)

Tak hanya menikmati keindahan alam dengan pemandangan yang menakjubkan dan juga udara yang segar. Pengunjung juga bisa menikmati liburannya dengan melakukan berbagai aktivitas menarik di kebun mangunan ini diantaranya:

Hunting foto

Bagi kalian yang memiliki hobi photography wisata kebun buah mangunan jogja ini juga sangat menyenangkan untuk mengeksplor hobi yang kalian miliki. Selain itu keindahan pemandangan yang dimiliki wisata ini juga bisa menjadi objek foto yang sangat bagus dengan nuansa alam.

Selain itu kalian yang suka berselfie dan foto-foto wisata ini memiliki beberapa spot foto unik dan menarik yang dapat kalian jadikan latar belakang foto. Dijamin kalian akan pas dengan keindahan alam dan spot foto yang luar biasa indahnya.  

Camping

Bagi kalian para pecinta alam kawasan wisata ini juga menyediakan camping ground . kalian juga bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise saat bercamping disini. Selain itu biaya yang harus kalian keluarkan untuk camping cukup terjangkau hanya Rp 5000/orang.

Memancing

Pengelola wisata juga telah menyediakan kolam khusus untuk pengunjung yang ingin memancing. Memancing disini sangat menyenangkan apalagi memancing sembari menunggu sunset indah.

Pengunjung juga tidak perlu membawa alat pancing dari rumah karena pihak pengelola telah menyediakan alat pancing sekaligus dengan umpannya. Persewaan alat pancingnya pun cukup murah yakni sekitar Rp 2000/hari.

Outbond

Ada juga outbond yang dapat kalian coba saat berada disini diantaranya ada flying fox dan juga reflying. Harga yang ditawarkan untuk mencoba permainan tersebut juga sangat terjangkau dan ramah kantong.

Bersepeda

Kebun buah ini juga memiliki jalur khusus sepanjang 2.300 meter yang telah disediakan pihak pengelola wisata untuk para wisatawan yang melakukan downhill maupun wisatawan yang menuruni gunung dengan bersepeda. Para pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 50.000/5 orang untuk bisa menikmati lintasan downhill dan juga cross country.

Berjalan  di jembatan gantung

Kawasan wisata ini juga memiliki jembatan gantung sepanjang 100 meter yang ada di atas sungai opak. Bagi kalian yang suka memacu adrenalin berjalan melewati jembatan goyang ini cukup memberikan sensasi berbeda yang menegangkan.

Terlebih saat tertiup angin yang cukup kencang maka jembatan ini akan semakin terasa bergoyang. Pengunjung diharapkan tetap berhati-hati apabila ingin mencoba melewati jembatan ini.

Berkunjung ke kebun buah

Mengunjungi kebun buah mangunan jogja ini juga akan memberikan kalian banyak sekali pengetahuan mengenai tumbuh-tumbuhan. Selain itu banyaknya tumbuhan dan pohon yang ada disini yang terjaga dan tertata dengan baik memberikan keunikan tersendiri bagi kebun ini.

Selain itu saat musim panen tiba para pengun pengunjung juga bisa mencicipi beraneka ragam jenis buah dengan gratis. Selain itu pengunjung juga bisa membawa pulang buah-buah tersebut dengan membayar harga yang cukup murah dari harga pasar, hal ini juga bisa membantu untuk mendukung perekonomian petani buah sekitar.

Menyaksikan satwa dan proses pembibitan sapi

Setelah puas berkeliling kebun buah dan menikmati pemandangan sekitar kalian juga bisa melihat proses pembibitan sapi yang ada di kebun buah mangunan.

Kalian akan melihat bagaimana proses pembibitan sapi sehingga populasi ternak sapi disana sangat banyak selain itu kalian juga bisa menyaksikan bagaimana proses penghasilan pupuk kandang hewan ternak yang ada disana. 

Tiket Masuk

Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan sangatlah murah dan juga terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5000/orang. Biaya lainnya yaitu parkir kendaraan motor sebesar Rp 3000 dan juga Rp 5000 untuk mobil.

Jam Buka

Kebun Buah Mangunan Jogja buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 05.00 pagi sampai pukul 18.00 WIB. 

Demikian informasi mengenai Kebun Buah Mangunan yang dapat advontura sampaikan. Semoga informasi diatas berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa kembali di pembahasan destinasi wisata seru lainnya.

Baca juga: Pantai Sadranan – Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *