Kawah Sikidang Dieng – Legenda, Lokasi & Harga Tiket

Daftar isi

Kawah Sikidang Dieng Wonosobo atau biasa dikenal juga dengan nama Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara termasuk kawasan yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng.

Sedikit berbeda dari kawah lainnya yang berada di puncak gunung berapi, kawah ini berada di wilayah tanah yang datar sehingga para pengunjung lebih leluasa untuk menikmati fenomena alam lumpur meletup dan suasana alamnya yang tidak kalah unik.

Namun, kawah ini tidak hanya menawarkan pesona alamnya saja melainkan berbagai keberagaman budayanya. Tertarik untuk berkunjung? Yuk ikuti dulu info pentingnya di bawah ini ya.

Legenda Kawah Sikidang Dieng Wonosobo

Nama kawah ini diambil dari nama “Kijang” dalam bahasa Jawa, yaitu “Sikidang”. Disebut Kijang karena kondisi kawang yang melompat-lompat dalam kurun waktu sekitar 4 tahun.  Kawah ini juga tidak terlepas dari legendanya.

Legenda Kawah Sikidang Dieng bercerita tentang seorang pangeran kaya raya yang ingin menikahi putri Shinta Dewi, bernama Pangeran Kidang. Sayangnya pangeran ini berwujud kijang dan membuat Shinata Dewi terkejut dan mengajukan syarat sebelum menikahinya.

Artikel Terkait

Shinta Dewi meminta Pangeran Kidang untuk membuat sumur dalam satu malam, namun karena khawatir syaratnya akan terpenuhi dan dia harus menikahi sang pangeran. Shinta Dewi menimbun sumur dan Pangeran Kidang terkubur hidup-hidup.

Karena merasa dikhianati, Pangeran Kidang marah dan mengutuk keturunan Shinta Dewi akan berambut Gembel. Karena kemarahan ini pula, akhirnya terbentuk kawah baru yang diberi nama Kawah Sikidang.

Wisata Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng
Kawah Sikidang Dieng

Wisata Kawah Sikidang Dieng merupakan kawasan berlibur unggulan yang ada di Gunung Dieng. Keunikan kawahnya, kemudahan akses masuk dan kondisi alamnya yang serba putih menjadi daya tarik tersendiri.

Di sekitar kawah, Anda akan menemukan jalan jembatan yang dibatasi pagar untuk bisa berjalan-jalan santai dan berfoto-foto ria. Bukan itu saja, masih banyak kegiatan menarik lainnya yang Advontura ringkas untuk Anda! Yuk kita ceklisnya.

Memasak Telur Rebus di Kawah Kecil

Satu kegiatan utama yang wajib Anda coba ketika berkunjung di sini adalah mencoba untuk memasakan telur rebus di kawah kecil yang disediakan khusus untuk para pengunjung.

Anda cukup menyiapkan telur ayam/bebek, plastik dan kayu/bambu. Masukkan telur di dalam plastik dan gantungkan plastik di kayu/bambu lalu celupkan di kawah kecil yang sudah disediakan. Tidak perlu waktu lama, dalam 5 menit telur Anda sudah siap dimakan. 

Anda bisa membawa telur dari rumah atau membeli telur yang sudah disediakan oleh masyarakat sekitar. Tidak hanya telur, Anda bisa mencoba merebus kentang yang dijual oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Wisata Kawah Ratu Gunung Salak – Rute dan Lokasinya

Berpose di Sekitar Kawah

Kawah ini merupakan salah satu kawah yang masih aktif tapi tetap aman untuk dikunjungi. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kawah dengan jalan jembatan yang sudah tersedia. Namun, Anda sangat dilarang untuk berjalan keluar dari pagar yang sudah dipasang karena tanah disekitar cenderung rapuh.

Bagi Anda yang ingin punya foto cetak untuk kenang-kenangan, disini juga terdapat jasa fotografi dan cetak foto dengan harga yang lumayan murah. 

Mencoba Wahana Bermain

Wahana bermain di sini juga tidak kalah seru, ada sepeda, motor trail, ATV, flying fox dan kuda. Bagi Anda yang ingin uji nyali, bisa menyewa motor trail dengan biaya sewa sebesar Rp 50.000,00 per 30 menit.

Menikmati Makanan Khas Dieng

Kalau berkunjung di sini jangan takut kelaparan karena ada berbagai warung makan di sekitar kawasan ini. Menu yang wajib dicoba adalah minuman Purwaceng, minuman penghangat badan khas Dieng.

Membeli Oleh-Oleh Khas Dieng

Kawasan Dieng terkenal dengan keunggulan produk pertaniannya. Di sini Anda bisa berburu berbagai hasil pertanian yang tentunya lebih segar dan lebih murah daripada di tempat yang lain. Selain itu Anda bisa membeli bunga edelwis, baju dieng, shall dan belerang padat sebagai souvenir.

Dieng Culture Festival

Setiap tahunnya, warga Dieng akan merayakan Dieng Culture Festival. Sebuah perayaan pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng. Biasanya festival ini dilaksanakan pada pertengahan atau akhir tahun, sesuai dengan keinginan anak-anak mau kapan mereka memotong rambut.

Dalam festival ini Anda bisa menyaksikan kesakralan budaya Dieng dan menikmati berbagai hiburannya. Seperti Ritual Adat, Jazz di Atas Awan, Aksi Dieng Bersih dan lain sebagianya. Untuk mengikuti festival ini Anda bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 360.000,00 per orang.

Lokasi Kawah Sikidang Dieng

Lokasi Kawah Sikidang Dieng sebenarnya ada di Kabupaten Banjarnegara. Tepatnya di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Berjarak 23,2 kilometer atau selama sekitar 1 jam 1 menit dari Wonosobo.

Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng

Tiket masuk Kawah Sikidang Dieng per 1 Januari 2021 sebesar Rp 20.000,00 per orang. Dengan membayar satu tiket masuk ini, Anda sudah bisa menikmati Kawasan Candi Arjuna dan Candi Bima.

Jam Buka Kawah Sikidang Dieng

Sebelum pandemi, kawasan ini sangat ramai dengan pengunjung. Kawasan ini juga pernah ditutup sementara karena pengunjung yang membludak selama pandemi.

Saat ini kawasan wisata ini dibuka mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Namun, ada beberapa protokol baru dan beberapa jalur khusus yang dibuka selama pandemi.

Tips Berkunjung

kawah sikidang dieng
Wisata Kawah Sikidang Dieng (Photo by puspaindahdieng.com)

Kawah ini merupakan kawasan dengan gas belerang yang lumayan kuat hingga beracun, untuk itu ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips berkunjung berikut ini.

Pakai Masker atau Penutup Mulut

Sebelum berkunjung, siapkan masker atau penutup mulut untuk melindungi diri Anda dari gas beracun. Hal ini sangat penting untuk keamanan Anda selama berkunjung.

Patuhi Rambu-Rambu yang Ada

Karena kawasan kawah aktif, kondisi tanah di sekitarnya cenderung rapuh dan berbahaya. Jadi pahami dan patuhi rambu-rambu yang ada dan jangan pernah berjalan melewati pembatas yang ada.

Jaga Sampah dan Kebersihan

Dimana bumi berpijak, disitu langit dijunjung. Kawasan ini memang kawasan wisata, tapi bukan berarti Anda bisa bertindak seenaknya. Tetap jaga kebersihan dan hormati sekitar Anda.

Sekian pembahasan kita tentang Kawah Sikidang Dieng. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung atau sedang bingung mencari tempat berlibur. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata Indonesia lainnya!

Baca juga: Keindahan Pesona Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *