Kawah Rengganis Ciwidey – Tiket Masuk, Alamat & Hotel

Tiket masuk kawah rengganis ciwidey
Photo by garutselatan.info
Daftar isi

Kawah Rengganis Ciwidey atau sering dikenal dengan nama Cibuni oleh masyarakat sekitar adalah salah satu destinasi liburan yang cukup unik.

Berada di tengah perkebunan teh, kawasan ini menawarkan panorama alam yang begitu indah dengan perpaduan pepohonan dan kumpulan kolam air panasnya. 

Bukan hanya sebagai destinasi liburan keluarga, banyak dari pengunjung yang datang kemari untuk melakukan pengobatan. Ingin tahu informasinya lebih lanjut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini terlebih dahulu!

Sekilas Kawah Rengganis Bandung

Wisata kawah rengganis bandung
kawah rengganis (Photo by localguidesconnect.com)

Menurut sejarahnya, Kawah Rengganis Bandung terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba yang ada jutaan tahun yang lalu. Bahkan sampai sekarang pun kawahnya masih dalam keadaan aktif.

Berkat letusan yang terjadi jutaan tahun lalu itu, lahan di sekitarnya menjadi sangat subur. Bahkan sudah dimanfaatkan sebagai area perkebunan teh. Pemandangan hamparan karpet hijau ini juga bisa terlihat jelas dari puncak bukit.

Artikel Terkait

Bukan itu saja, udara di sekitarnya masih sangat bersih dan sejuk. Air dan lumpur yang ada di sini juga dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga banyak pengunjung yang berendam di kolam air panas atau melumuri tubuhnya dengan lumpur alaminya. 

Agrowisata Kawah Rengganis Ciwidey 

Menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga Bandung, kawasan agrowisata Kawah Rengganis Ciwidey menawarkan berbagai spot liburan yang cocok untuk Anda dan keluarga. 

Berikut ini adalah beberapa kegiatan seru yang bisa dicoba ketika berkunjung ke kawasan agrowisata Kawah Rengganis Bandung yang sudah Advontura siapkan untuk Anda!

Mandi di Pancuran Air Panas

Salah satu spot liburan yang menjadi primadona tempat ini adalah pancuran air panasnya yang dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Airnya sendiri mengandung belerang yang bagus untuk meredakan peradangan atau sakit kulit. Rindangnya pohon dan sejuknya udara yang ada akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Tapi jangan lupa bawa baju ganti ya.

Berendam di Kolam Hati

Bagi Anda yang merasa kurang puas mandi di pancuran air panas, Sobat Advontura bisa mencoba berendam di kolam hati satu ini.

Sebenarnya wahana ini adalah sebuah kolam buatan, namun air yang ada tetap berasal langsung dari Gunung Sunda Purba. Jadi tidak menghilangkan manfaat dan keunikannya.

Berfoto di Batu Berasap

Batu berasap ini memang unik, karena meski berasal dari letusan Gunung Sunda Purba jutaan tahun yang lalu, asapnya masih tetap ada sampai sekarang.

Karena keunikannya dan asap putih tebal yang muncul dari balik batunya membuat kawasan ini terkenal di kalangan pecinta fotografi. Jadi kalu Anda sedang berkunjung ke sini jangan lupa untuk mengambil foto ya.

Baca juga: Kawah Sikidang Dieng – Legenda, Lokasi & Harga Tiket

Tiket Masuk Kawah Rengganis Bandung

Tiket masuk Kawah Rengganis Bandung cukup murah, yaitu cukup membayar Rp5.000,00. Sedangkan untuk biaya parkirnya Anda hanya di tarif tarif retribusi Rp10.000,00 untuk mobil dan Rp5.000,00 bagi kendaraan bermotor.

Alamat Kawah Rengganis Ciwidey

Berdasarkan sistem administrasi resminya, alamat Kawah Rengganis Ciwidey berada di Desa Patengan, kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat. 

Kawasan ini dibuka pukul 8 pagi hingga 5 sore. Sebagai catatan bagi Anda yang ingin berkunjung, hindarilah pulang terlalu sore agar tidak terjebak kabut.

Rute Perjalanan

Rute perjalanan menuju kawasan ini sudah mudah. Anda cukup datang ke daerah Ciwidey yang ada di Situ Patenggang dan berjalan lurus sejauh 2 kilometer. 

Setelah bertemu dengan loket tiket masuk, para pengunjung masih harus berjalan 1 kilometer atau kurang lebih 5 menit perjalanan sebelum bertemu langsung dengan area kawahnya. Sebelum itu Anda diharuskan memarkirkan kendaraan di Cibuni. Selain menggunakan mobil pribadi, kawasan ini juga bisa dicapai menggunakan transportasi umum seperti bus. 

Fasilitas yang Tersedia

Untuk menjamin kenyamanan para pengunjung yang datang, pihak pengelola telah menyiapkan beberapa fasilitas pendukung. Seperti pancuran untuk mengalirkan air panas bagi yang ingin menghilangkan lelah, gazebo di beberapa titik, tempat ibadah, berbagai warung atau kedai, toilet hingga penginapan.

Selain itu ada juga ojek khusus yang siap membawa para pengunjung yang tidak kuat berjalan kaki menuju kawah.

Penginapan Terdekat

Bagi Anda wisatawan dari luar kota yang ingin menginap di sekitar kawasan liburan ini, ada beberapa rekomendasi penginapan yang bisa dicoba. 

Beberapa di antaranya adalah RedDoorz near Happy FAM Ciwidey, Glamping Lakeside Rancabali, Penginapan Ciwidey Pesona Alam, Argapuri Resort, RedDoorz @Jalan Raya Pangelan dan lain sebagainya.

Untuk menginap di beberapa penginapan di atas, Anda bisa menyiapkan biaya mulai dari Rp150.000,00 hingga Rp350.000,00 dalam satu malam untuk 2 orang.

Objek Wisata Terdekat Lainnya

Kawah putih Ciwidey
Kawah Putih (Photo by tourbandung.com)

Selain bermain-main di kawasan kawah ini, Anda juga bisa menikmati berbagai destinasi wisata lainnya yang ada di sekitar daerah ini. Seperti Situ Cileunca, Kawah Putih, Bukit Jamur Ciwidey, Situ Cisanti dan Situ Patenggang.

Demikian penjelasan kita kali ini mengenai Kawah Rengganis Bandung. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari tujuan wisata untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan kerabat. Sampai jumpa di pembahasan lainnya!

Baca juga: Wisata Kawah Ratu Gunung Salak – Rute dan Lokasinya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *