Wisata Kawah Ratu Gunung Salak – Info Harga, Rute dan Lokasinya

Kawah Ratu
Photo by pariwisataku.com
Daftar isi

Wisata Kawah Ratu Gunung Salak merupakan destinasi alam yang tak boleh dilewatkan jika Anda berkunjung ke daerah Bogor. Sesuai namanya, kawah berikut terletak di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Salak. Penasaran seperti apa ulasan lengkapnya? Yuk cek di sini.

Wisata Kawah Ratu Gunung Salak

Wisata Kawah Ratu Gunung Salak adalah salah satu banyaknya kawah cantik yang terdapat di Indonesia. Destinasi liburan berikut ini termasuk ke dalam daerah konservasi Provinsi Jawa Barat, lho. Keren, bukan?

Selama berada di sini, anda akan disuguhkan oleh berbagai keindahan alam yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Keelokan pesona kawah tersebut pun dapat dijadikan sebagai spot foto cantik nan instagramable. 

Salah satunya ialah pemandangan unik Sungai Cikuwulung. Dimana Sungai Cikuwulung akan berwarna biru apabila dilihat dari puncak kawah. Namun, bukan sulap bukan sihir, dasar air sungai berubah menjadi kuning jika wisatawan melihatnya dari dekat. 

Usut punya usut, perubahan warna kuning itu berasal dari endapan belerang yang telah lama berada di dasar sungai.

Artikel Terkait

Situasi ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung ataupun para pendaki gunung. Tak jarang mereka singgah sebentar untuk sekedar istirahat hingga hunting foto.

Jika anda merasa lelah, pihak pengelola kawah telah menyediakan fasilitas penginapan berupa villa dan hotel yang bisa disewa. 

Selain itu, pihak pengelola juga memiliki camping ground khusus bagi para pendaki maupun pengunjung yang ingin bermalam atau sekadar menikmati fajar di Gunung Halimun Salak. 

Menghabiskan waktu di camping ground bersama rombongan wisata sambil berbincang-bincang menanti fajar tentunya menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan.

Ketinggian Kawah Ratu

Salak Mountain, sebutan dalam Bahasa Inggris, merupakan salah satu gunung aktif di provinsi Jawa Barat. Meskipun begitu, gunung yang kental dengan aura mistisnya berikut ini pernah mengalami erupsi volcano dan menyebabkan terbentuknya kawah cantik bernama Kawah Ratu. 

Ketinggian Kawah Ratu Gunung Salak yakni 1437 mdpl. Sama seperti sang gunung, kawahnya juga termasuk ke dalam golongan kawah aktif. Sebab, aroma gas belerang masih bisa tercium bahkan sangat kuat khususnya di seputaran area kawah.

Tak sedikit pula wisatawan yang memanfaatkan belerang-belerang tersebut sebagai masker wajah. 

Akan tetapi, perlu anda ingat dan waspadai bahwa masih terdapat zat-zat berbahaya di sekitaran kawah. 

Ada baiknya bagi sobat Advontura yang berniat untuk mengunjungi kawah Gunung Salak agar membawa masker atau penutup hidung demi menghindari terhirupnya racun ke dalam tubuh. Stay safe!

Baca juga: Kawah Ijen Banyuwangi – Bluefire yang Menakjubkan

Lokasi

Kawah ratu gunung salak
Kawah Ratu (Photo by radarbandung.id)

Kawah dengan nama Ratu berikut merupakan kawah terluas di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. 

Kawah eksotis ini terletak tepat di perut Gunung Salak yang memiliki tinggi sekitar 2.221 mdpl. Lokasi Kawah Ratu berada di daerah Gunung Sari, kecamatan Pamijahan, Bogor.

Selama perjalanan, wisatawan akan menemukan berbagai macam tumbuhan yang membuat kawasan tersebut terlihat alami dan terasa sejuk. 

Sementara di area kawahnya sendiri, tumbuh-tumbuhan terlihat kering dan tidak berdaun. Hal berikut dikarenakan oleh suhu ekstrim dari kawah sehingga tidak banyak makhluk hidup bisa bertahan di sana. 

Sesuatu unik lainnya yang dapat ditemui saat berwisata ke kawah ini ialah adanya kawah kecil yang juga mengandung belerang tinggi. Namun, untuk dapat melihat kawah kecil berikut, anda harus memasuki area Crater dengan kepulan asap di sekelilingnya. Berani mencoba?

Rute ke Kawah Ratu dari Bogor untuk Pendakian

Kawah ratu
Wisata Kawah ratu

Wisata kawah gunung menjadi destinasi yang wajib dikunjungi pecinta alam. Nah, jika anda tinggal di kota hujan dan ingin melihat kawah, maka terdapat dua pilihan rute ke kawah Ratu dari Bogor.

Rute ke Kawah Ratu dari Bogor yang pertama yakni bisa ditempuh melalui Bumi Perkemahan Gunung Bunder. Jalur ini terletak di kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. 

Bumi Perkemahan Gunung Bunder sangat dekat lokasinya dengan pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Letaknya yang strategis tentu memudahkan pendaki untuk mencapai kawah dalam waktu singkat. 

Sebagai alternatif lain, anda juga dapat mencoba jalur Gunung Bunder melewati Curug Seribu. Panjang trekking yang ditempuh yaitu sekitar 5 km dengan waktu tempuh 3-4 jam.

Selanjutnya, rute ke Kawah Ratu dari bogor yang kedua ialah melalui jalur Pasir Reungit. Pasir Rengit sendiri sama-sama berada di kecamatan Pamijahan, kabupaten Bogor. 

Jalur Pasir Reungit ini memiliki panjang tracking sekitar 3,6 km dan bisa ditempuh selama kurang lebih 2 hingga 3 jam lebih cepat dibandingkan jalur Gunung Bunder.

Pasir Reungit menjadi jalur favorit pendaki sebab merupakan rute tercepat untuk mencapai lokasi kawah. Bahkan jika memiliki stamina yang kuat, jalur berikut bisa ditempuh selama 2 jam saja.

Meskipun begitu, kedua jalur di atas dapat dibilang cukup menantang. Akan banyak ditemui pohon-pohon berdiri merapat hingga sungai dan lelumpuran yang menambah suasana adventure

Apalagi jika melakukan pendakian saat musim hujan dimana tanah di jalur track lebih becek dan licin. Sungguh menantang adrenalin.

Tetapi jangan khawatir, karena semua tantangan yang dilewati akan tergantikan oleh pemandangan indah dari kawah. Rasa capek mendaki pun secara otomatis hilang sesaat setelah melihat kecantikan kawah tersebut.

Bagaimana? Apakah anda tertarik berkunjung ke Kawah Ratu Gunung Salak setelah melihat ulasan tadi? Yuk langsung saja datang ke kota Bogor tepatnya di daerah Gunung Sari, kecamatan Pamijahan, Bogor. Selamat mendaki!

Baca juga: Keindahan Pesona Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *