Kampung Coklat Blitar | Tiket Masuk, Lokasi & Aktivitas Seru

Kampung coklat
photo by travelspromo.com
Daftar isi

Kampung Coklat merupakan salah satu destinasi wisata wajib yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Blitar. Kampung Coklat Blitar sendiri difungsikan sebagai wisata edukasi tentang pembudidayaan buah coklat yang telah dibudidayakan oleh masyarakat setempat.

Disini pengunjung dapat belajar tentang bagaimana proses pembudidayaan tanaman coklat, proses produksi coklat, dan juga membeli berbagai jenis olahan coklat dengan rasa yang beraneka macam.

Bagi para penggemar coklat, mengunjungi objek wisata ini pasti akan menjadi aktivitas yang menarik dan menyenangkan karena tempat wisata ini disebut sebagai surganya coklat yang ada di Blitar.

Lokasi Kampung Coklat Blitar selalu ramai dipenuhi oleh wisatawan lokal dan pecinta coklat terutama saat akhir pekan ataupun hari libur sekolah.

Tidak hanya rasa manis yang nikmat, coklat dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki banyak senyawa antioksidan di dalamnya. Selain rasa, bau harum yang dimiliki coklat membuat banyak orang menggemari makanan manis ini.

Artikel Terkait

Coklat sendiri berasal dari pohon coklat. Di objek wisata edukasi ini, pengunjung dapat menyaksikan secara langsung banyak pohon coklat yang sedang berbuah dan siap untuk dipanen. Hal ini memberikan pengalaman baru yang tidak dapat ditemukan di tempat wisata lain.

Lokasi Kampung Coklat Blitar

Lokasi Kampung Coklat berada di Kabupaten Blitar tepatnya di Jl. Banteng – Blorok, Desa Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab. Blitar, Jawa Timur. Lokasi Kampung Coklat hanya berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kota Blitar.

Jika mengalami kebingungan, wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi Kampung Coklat Blitar dapat bertanya ke masyarakat sekitar.

Perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke Lokasi Kampung Coklat Blitar melewati rute pedesaan dengan hamparan sawah yang asri dan hijau serta area perkebunan milik warga.

Agar lebih praktis, wisatawan dapat memanfaatkan teknologi Google Maps agar lokasi Kampung Coklat Blitar dapat dijangkau dengan lebih mudah dan cepat. 

Tiket Masuk Kampung Coklat Blitar

Untuk memasuki kawasan wisata Kampung Coklat Blitar pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk yang sangat terjangkau.

Tiket masuk Kampung Coklat Blitar dibandrol dengan harga Rp 5.000 untuk hari senin sampai jumat dan, sedangkan khusus untuk hari sabtu, minggu, dan juga hari libur tiket masuk Kampung Coklat Blitar akan berubah menjadi Rp 10.000 untuk setiap pengunjung.

Harga tiket masuk Kampung Coklat tersebut belum termasuk biaya wahana bermain anak yang ada di dalamnya. Jika pengunjung ingin menaiki wahana bermain, maka akan ditarik biaya tambahan sesuai dengan wahana yang dipilihnya.

Tiket masuk Kampung Coklat Blitar berlaku mulai dari anak usia diatas 2 tahun. Untuk anak yang berusia dibawahnya dapat masuk dengan gratis. Objek wisata Kampung Coklat Blitar dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Aktivitas Menarik di Kampung Coklat Blitar

Wisata Kampung Coklat
Wisata Kampung Coklat (Photo by belajarcuan.com)

Berburu kuliner khas Jawa

Tidak hanya makanan yang terbuat dari olahan coklat, objek wisata Kampung Coklat Blitar telah menyediakan warung dan juga kios – kios yang menjual berbagai menu kuliner khas Jawa.

Wisata kuliner yang ada di objek wisata milik Blitar ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat. Makanan yang dijual dibuat dan dimasak langsung oleh masyarakat setempat.

Selain cita rasa yang nikmat, makanan yang dijual di kios dan warung dibandrol dengan harga yang ramah di kantong.  

Baca juga: Coban Rondo, Tiket Masuk dan Wahana Coban Rondo

Kelas Memasak / Cooking Class

Cooking class dibuat khusus untuk pengunjung yang tertarik untuk belajar mengolah coklat menjadi hidangan yang nikmat. Pengunjung dapat menciptakan menu – menu baru dengan bahan dasar coklat. Disini pengunjung juga dapat menghias coklat sesuai dengan keinginan dan selera masing – masing.

Awalnya cooking class ini diperuntukan untuk anak – anak yang ingin belajar dan menghias coklat. Namun seiring berjalannya waktu banyak juga orang dewasa yang tertarik untuk mengolah dan membuat hidangan sederhana dengan bahan dasar coklat.

Aktivitas satu ini banyak dipilih dan cukup digemari oleh pengunjung yang datang karena selain menyenangkan, aktivitas ini juga mengajarkan cara mudah memasak dengan metode yang menarik. Hasil makanan yang telah dibuat disini dapat dibawa pulang dan dinikmati bersama dengan keluarga. 

Beristirahat sejenak di Lounge

Lounge yang ada di kawasan wisata andalan milik Blitar ini difungsikan sebagai ruang bagi pengunjung untuk beristirahat. Lounge berisikan banyak kursi dan meja yang terbuat dari kayu serta dilengkapi dengan pohon – pohon rindang yang membuat suasananya menjadi lebih teduh dan dingin.

Di tempat ini juga pengunjung dapat berfoto – foto pada beberapa spot foto yang telah disediakan. Dengan duduk bersantai di area lounge, pengunjung dapat melihat petugas memetik coklat langsung dari pohonnya.

Pengunjung juga dapat menikmati makanan yang dibawa dari rumah ataupun yang dibeli dari kios makanan yang ada di area lounge sambil duduk menikmati kesejukan udara Blitar. 

Terapi Ikan

Jika sudah kelelahan berkeliling dan ingin bersantai sejenak terapi ikan adalah aktivitas yang tepat untuk dipilih. Pengunjung hanya perlu mencelupkan kaki ke dalam kolam ikan sambil bersantai untuk sejenak menghilangkan lelah.

Pengunjung akan merasakan sensasi geli digigit ikan – ikan kecil yang ada di dalam kolam. Gigitan ikan tersebut dapat melancarkan sirkulasi darah dan secara tidak langsung dapat membuat pikiran lebih tenang. Wahana terapi ikan adalah salah satu aktivitas yang paling digemari oleh pengunjung.

Kolam Ikan

Kolam ikan merupakan wahana yang dibuat untuk pengunjung anak – anak. Kolam ikan yang ada disini memiliki beberapa macam jenis ikan yang dapat dilihat secara langsung oleh pengunjung. Pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung dan memberi makan ikan – ikan yang ada di dalam kolam.

Galeri Coklat

Galeri coklat merupakan tempat dimana produk khas buatan Kampung Coklat Blitar dipajang dan dijual. Di galeri coklat pengunjung dapat melihat berbagai macam jenis olahan coklat yang dapat dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Olahan coklat yang paling banyak diminati oleh pengunjung adalah brownies, keripik, dan juga coklat yang memiliki berbagai rasa dan bentuk. Selain olahan coklat, galeri coklat juga menyediakan beberapa souvenir cantik seperti tas, baju, dan juga mug yang dapat dipilih oleh pengunjung sebagai oleh – oleh.

Pulo Coklat

Pulo coklat merupakan pulau buatan yang lokasinya dikelilingi air. Di Lokasi ini telah disediakan kursi – kursi kayu yang dapat digunakan untuk menikmati udara sejuk dan pemandangan pohon – pohon yang indah.

Pengunjung juga dapat duduk santai di Pulo Coklat sambil menikmati makanan yang dipesan dari foodcourt yang lokasinya berada di sebelah pulo coklat

Pertunjukan Live Musik di Bale Coklat

Bale coklat merupakan ruang serbaguna yang difungsikan sebagai tempat untuk melangsungkan acara pertemuan, rapat, hingga pernikahan. Ruangan ini dapat disewa untuk acara formal maupun non formal.

Bale Coklat akan difungsikan sebagai tempat pagelaran live music setiap hari libur tiba. Live Band dan penyanyi telah disiapkan langsung oleh pengelola. Untuk pengunjung yang ingin bernyanyi dapat menyumbangkan suaranya dan tampil di atas panggung.

Wahana bermain anak

Di dalam kawasan objek wisata ini terdapat beberapa wahana bermain anak yang telah disediakan khusus oleh pengelola. Wahana bermain tersebut antara lain adalah kereta kelinci, perahu gayung, dan trampoline.

Kereta Kelinci adalah wahana bermain khusus anak – anak berupa kereta mini dengan rute rel kereta yang telah ditentukan. Karena objek wisata ini selalu ramai dipadati pengunjung, agar lebih aman anak – anak yang ingin bermain kereta kelinci berada dalam pengawasan orangtua.

Permainan selanjutnya adalah perahu gayung. Perahu gayung merupakan wahana permainan air dimana pengunjung akan menaiki perahu mini yang akan digerakkan secara manual menggunakan tangan. Walaupun cukup menguras tenaga, namun permainan ini cukup menarik dan seru untuk dimainkan.

Wahana bermain selanjutnya adalah Trampoline. Tidak jauh berbeda dengan permainan perahu gayung, trampoline juga merupakan wahana bermain yang cukup menguras energi.

Karena permainan trampoline ini cukup berbahaya, untuk anak kecil yang ingin bermain lebih baik didampingi oleh orangtua agar permainan lebih aman.

Baca juga: Flora Wisata San Terra, 700 Aneka Jenis Bunga Ada Disini

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *