Hutan Pinus Mangunan Jogja: Tiket Masuk, Lokasi dan Fasilitas

hutan pinus mangunan
Photo by Yossie Harnowo
Daftar isi

Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Hutan Pinus Mangunan Jogja bisa menjadi alternatif! Yuk cari tahu hal-hal seputarnya di sini.

Berwisata di Kota Jogja merupakan suatu hal yang menyenangkan. Kota ini seperti memiliki seribu magnet  yang dapat membuat wisatawan kembali lagi. Kota dengan begitu banyak destinasi wisata yang menarik dan indah membuat Jogja selalu menjadi tujuan untuk pergi berlibur.

 Jogja memang begitu istimewa terlebih dengan adanya wisata hutan bernuansa beda, apalagi kalau bukan  Hutan Pinus. Berwisata ke Jogja akan terasa begitu lengkap apabila mengunjungi Hutan Pinus Mangunan yang sedang booming dan viral ini. Wisata ini banyak dijadikan pengunjung sebagai tempat menghilangkan stress dan kepenatan.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Jogja

Pihak pengelola wisata hutan pinus belum memberlakukan biaya untuk para pengunjung. Oleh karena itu hingga saat ini untuk memasuki wisata hutan pinus ini tidak dipungut biaya,hanya perlu membayar uang parkir kendaraan dan membayar jika ingin melakukan foto prewedding.

Keindahan Hutan Pinus Mangunan Jogja yang Rindang

Hutan Pinus Mangunan Jogja
Hutan Pinus (Photo by anekaunik.com)

Hutan yang eksotis ini berada di Desa Mangunan,Kecamatan Dlingo,Kabupaten Bantul,Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan Pinus Mangunan berjarak 24 km dari pusat Kota Jogja dengan waktu tempuh 45 menit perjalanan.

Artikel Terkait

Wisata Hutan Pinus  ini sangat cocok menjadi daftar wisata yang patut kalian kunjungi saat berada di Jogja. Hutan Pinus ini merupakan bagian hutan Resort Pengelolaan Hutan(RPH) yang banyak ditumbuhi dengan tanaman jenis pinus merkusii.

Lahan dengan luas 500 ha ini banyak ditanami jenis pepohonan seperti akasia,mahoni,kayu putih dan juga kemiri. Hutan Pinus ini selain menjadi tempat wisata kawasan ini juga berfungsi sebagai hutan lindung. 

Saat tiba di sini kalian akan merasakan udara yang segar serta sejuk,hutan yang teduh serta angin yang terasa sepoi-sepoi. Suasana ini akan membuat pengunjung merasa nyaman dan damai saat berada disini.

Sebelum hutan ini menjadi tempat wisata yang terkenal,hutan ini dulunya merupakan kawasan yang tandus dan gersang. Pengelola hutan akhirnya berinisiatif untuk melakukan penanaman pohon pada lahan yang tandus.

Akhirnya lambat laun inisiatif para pengelola membuahkan hasil dengan tumbuh ya pohon-pohon besar di kawasan yang dulunya tandus. Hutan Pinus Mangunan Jogja ini menawarkan pesona dan pemandangan yang menarik.

Banyak pengunjung yang datang ke wisata ini merasa suasana wisata hutan ini membuat hati merasa tenang dan damai. Pepohonan yang berdiri kokoh serta gesekan dedaunan yang melambai diterpa angin membuat wisata ini terasa mengasyikkan. 

Wisata Hutan pinus ini merupakan salah satu tempat favorit yang digunakan untuk pemotretan ataupun foto prewedding para calon pengantin.

Berfoto dengan latar belakang hutan pinus akan menjadi sebuah hal yang menarik. Hasil foto nya pun terlihat unik dan  aesthetic. Banyak millennial yang menggunakan spot hutan ini untuk berfoto dan selfie.

Bagi kalian para suka fotography juga bisa mengabadikan keindahan hutan ini dengan potret foto. Keindahan Hutan Pinus Mangunan ini sayang sekali apabila tidak diabadikan. Banyak para pengunjung yang mengatakan bahwa keindahan hutan ini tidak kalah dengan wisata-wisata lainnya.

Saat ini dengan banyaknya sosial media membuat kawasan Hutan Pinus Mangunan Jogja ini semakin banyak dikenal khalayak ramai. Maka wajar saja setiap hari tempat ini selalu ramai wisatawan lokal maupun asing.

Banyak dari mereka datang karena penasaran dengan keindahan hutan ini. Selain itu wisata ini juga menyediakan banyak spot foto sehingga para wisatawan dapat mengekspresikan setiap momen dengan berfoto ataupun selfie. Buah pinus kering dan dedaunan yang jatuh membuat pemandangan hutan pinus ini semakin menarik dan indah. 

Keunikan lainnya dari Hutan Pinus Mangunan ini yaitu adanya sebuah panggung serta kursi-kursi yang terbuat dari kayu. Panggung yang mirip panggung teater tersebutlah yang menjadi ikon dari wisata ini.

Para wisatawan dapat beristirahat ataupun bersantai dengan duduk di kursi tersebut. Selain itu wisatawan juga dapat mengabadikan momen dengan foto-foto saat berada di panggung tersebut.

Adanya panggung di dalam hutan pinus mangunan jogja inilah yang membedakan wisata hutan ini dengan wisata-wisata lainnya. Untuk itu jangan lupa untuk mengunjungi wisata ini saat kalian berada di Jogja.

Untuk dapat menikmati keindahan Hutan Pinus Mangunan Jogja kalian bisa datang kapan saja karena tempat ini belum menerapkan jam buka bagi para wisatawan.

Namun sebaiknya kalian datang pada pagi hari ataupun sore hari, karena pada waktu inilah waktu terbaik untuk dapat menikmati suasana hutan dengan aroma embun yang khas di pagi hari. Sedangkan di sore harinya suasana akan terasa lebih dingin dan kalian juga bisa menikmati sepoi angin sembari menunggu senja tiba.

Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan di hutan pinus ini antara lain:

Piknik

Bagi kalian yang suka berpiknik,Hutan Pinus Mangunan Jogja ini juga banyak dijadikan tempat piknik. kalian bisa membawa tikar dan aneka makanan dan cemilan untuk picnic party. Agar suasana lebih seru kalian juga bisa membawa gitar dan meramaikan suasana piknik kalian di hutan pinus ini.

Naik ke menara pandang

Menara Pandang adalah sebuah tempat yang bentuknya menyerupai rumah pohon yang dapat kalian temui di Hutan Pinus Mangunan Jogja. Dengan naik ke menara pandang  pertama kalian dapat menikmati dan melihat keindahan perbukitan yang berada di sekitar hutan pinus.

Di gardu pandang kedua ketinggiannya lebih tinggi dibandingkan gardu pandang pertama,disini angin akan sangat terasa kencang. Oleh karena itu para pengunjung diharapkan tetap waspada dan hati-hati saat berada di gardu pandang kedua.   

Hammocking

Menikmati keindahan hutan pinus ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan hammocking. Duduk-duduk santai di atas hammock sambil membaca buku merupakan salah satu cara yang terbaik untuk merileks kan pikiran dari kepenatan dan stress.

Namun bagi para pengunjung yang tidak membawa hammock tenang saja pengelola wisata ini juga menyediakan tempat persewaan hammock jadi para pengunjung tetap dapat duduk-duduk santai di atas hammock.

Trekking

Ternyata di dalam hutan ini terdapat sebuah sumber mata air yang bernama Watu Abang. Menurut cerita konon dahulu kala tempat ini digunakan sebagai tempat pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Kemudian sumber ini mengalami proses renovasi saat pemerintahan Belanda zaman dahulu. Untuk dapat sampai ke sumber air ini para pengunjung dapat menyusuri jalur outbond Watu Abang yang akan melewati pepohonan yang banyak dan tinggi-tinggi. Trekking di Hutan Pinus ini akan memberikan sensai dan pengalaman yang takan terlupakan. 

Baca juga: Air Terjun Sri Gethuk: Tips hingga Harga Tiket Masuk

Objek Wisata di Dekat Kawasan Hutan Pinus Mangunan Jogja

Wisata di Hutan pinus mangunan
Wisata Hutan pinus mangunan

Kebun Buah Mangunan

Tak jauh dari lokasi hutan pinus mangunan jogja terdapat sebuah wisata kebun buah mangunan. Kebun buah ini berada di ketinggian 150-200 mdpl inilah yang membuat kawasan ini penuh dengan pohon buah-buahan yang tumbuh dengan subur.

Salah satu spot menarik yang ditawarkan wisata ini yaitu terletak di puncak bukitnya. Dari puncak bukit ini kalian dapat melihat pemandangan yang sangat luar biasa yakni hamparan lembah dan juga Sungai Oyo.

Air Terjun Lepo

Setelah dari Hutan Pinus kalian bisa mampir ke wisata air terjun lepo. Air terjun ini berada tak jauh dari kawasan hutan pinus lebih tepatnya air terjun ini berada di Dusun Pokoh,Dlingo,Bantul. Air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya yaitu air nya mengalir dan masuk kedalam sebuah kolam alami yang bentuknya bertingkat-tingkat.

Walaupun air terjun ini tidak begitu tinggi namun adanya kolam tingkat membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk mampir ke air terjun ini.

Puncak Becici

Puncak becici juga merupakan wisata yang populer karena keindahannya. Saat berada disini kalian bisa melihat pemandangan luar biasa gunung merapi serta perbukitan yang terlihat dari puncak becici. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen serta view yang sangat luar biasa indahnya.

Jembatan Gantung Siluk

Jembatan gantung yang berwarna kuning mencolok ini membentang di atas SUngai Oya. karena keunikan jembatan ini banyak sekali wisatawan yang menggunakan jembatan ini sebagai tempat pemotretan dan selfie.

Filosofi Pohon Pinus Tanaman Lambang Cinta

Banyak masyarakat yang menyebutkan bahwa pohon pinus merupakan salah satu tanaman lambang cinta. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pohon pinus ini pohonnya lurus dan tidak bercabang.

Ini merupakan sebuah simbol dan harapan para pasangan yang menginginkan pasangannya memiliki cinta yang lurus dan tidak bercabang. Warna daun pinus yang berwarna hijau juga sebagai simbol tanda cinta yang abadi. 

Selain keindahannya filosofi ini lah yang membuat Hutan Pinus Mangunan dijadikan para calon pengantin sebagai tempat untuk prewedding dengan harapan cinta mereka akan seperti filosofi pohon pinus yakni lurus,tidak bercabang dan abadi. 

Baca juga: 30 Tempat Wisata Jogja Terhits: Kunjungan New Normal

Fasilitas yang tersedia di Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja

Wisata Hutan Pinus  ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan para pengunjung diantaranya adalah toilet,gardu pandang,mushola dan area parkir.

Toilet disini sangat bersih jadi kalian tidak perlu khawatir dan cemas mencari toilet bersih saat sedang berwisata. Selain itu bagi wisatawan yang akan menunaikan sholat disini juga telah disediakan mushola bagi para pengunjung.

Selain itu lokasi parkir yang cukup luas dan aman dapat menampung kendaraan para wisatawan. Ada juga gardu pandang yang dapat wisatawan coba untuk melihat keindahan sekitar hutan pinus dari ketinggian. Untuk kendaraan roda 2 biaya parkirnya sekitar Rp 3000 dan untuk roda 4 sebesar Rp 10.000.

Demikian informasi mengenai Hutan Pinus Mangunan Jogja yang dapat Advontura sampaikan. Semoga informasi diatas memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai objek wisata yang ingin kalian kunjungi. Sampai jumpa kembali pada pembahasan destinasi selanjutnya.

Baca juga: Benteng Vredeburg Yogyakarta – Tiket dan Sejarahnya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *