Wisata Horor: Menelusuri Cerita Mistis di Hotel Bedugul Bali

Hotel Bedugul Bali atau yang biasa dikenal dengan hotel Pondok Indah
Hotel Bedugul Bali atau yang biasa dikenal dengan hotel Pondok Indah (Sumber: @gorgiyeva on Instagram)
Daftar isi

Halo Advonturers! Kamu pasti sudah sering mendengar berbagai destinasi wisata Pulau Bali, mulai dari wisata alam, hotel, hingga villanya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi, tahukah kamu kalau Bali juga memiliki hotel yang terkenal dengan keangkerannya loh!

Hotel bernuansa mistis satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing maupun lokal. Yup, tidak salah lagi, Hotel Bedugul Bali atau yang biasa dikenal dengan Hotel Pondok Indah merupakan ‘hotel hantu’ yang sudah lama tidak ditempati. Lalu seperti apa sih bentuk dan kisahnya? Yuk mari cari tahu fakta tentang wisata Hotel Bedugul Bali angker di Advontura!

Sekilas Tentang Hotel Bedugul Bali

Bagian Depan Hotel yang Sudah Bikin Merinding (Sumber: @fnqsun on Instagram)
Bagian Depan Hotel yang Sudah Bikin Merinding (Sumber: @fnqsun on Instagram)

Walaupun ditumbuhi oleh lumut dan rumput liar, sebenarnya bangunan hotel masih berdiri dengan sangat megah. Bangunannya pun masih utuh secara keseluruhan. Karena sudah tidak terawat lagi, bangunan hotel menimbulkan kesan yang angker, lembab, dan gelap sehingga aura mistis pun sangat terasa walau hanya melihatnya melalui gambar.

Sayang sekali Advonturers, Hotel Bedugul Bali satu ini sudah terbengkalai dalam beberapa tahun silam. Oleh karena itu banyak cerita yang beredar mengenai sejarah dari hotel ‘berhantu’ tersebut. Sampai sekarang pun, hotel juga belum difungsikan lagi sebagai tempat penginapan.

Daya Tarik Wisata ‘Hotel Berhantu’ Bedugul Bali

1. Mengintip Bangunan Hotel

Bagian Bangunan yang Diperkirakan sebagai Lobby Hotel (Sumber: @fnqsun on Instagram)
Bagian Bangunan yang Diperkirakan sebagai Lobby Hotel (Sumber: @fnqsun on Instagram)

Saat berada di Bali, pastinya Advonturers akan memilih hotel berfasilitas baik dan mempertimbangkan arsitekturnya sebagai tempat penginapan. Akan tetapi, kalau kamu bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja kamu harus menjadwalkan kunjungan ke Hotel Bedugul Bali yang terkenal akan keangkerannya. Hal tersebut pasti akan menambah pengalaman yang berbeda dan tidak terlupakan.

Artikel Terkait

Ketika kamu sampai disini, mungkin kamu akan melihat sebuah hotel tua yang kental dengan arsitektur khas Bali. Hotel Bedugul Bali sebelum terbengkalai merupakan hotel mewah yang setara dengan resort. Maka dari itu bangunan dan beberapa benda yang ada di dalamnya dapat menjadi objek foto menarik bagi pecinta arsitektur dan fotografi.

2. Viralnya Hotel Bedugul Bali

Wisatawan Asing yang Mengabadikan Momennya di Hotel Bedugul Bali (Sumber: @frenchireyes)

Hotel Bedugul Bali yang terbengkalai ini sempat viral beberapa tahun lalu, tepatnya pada 2015. Awal mulanya seorang travel blogger dan YouTuber asing bernama Jacob Laukaitis mengunggah video tentang hotel tersebut. Vlog dan unggahannya pun viral, sehingga membuat banyak orang mulai mengetahui dan mencari tahu keberadaan hotel angker ini.

Pada tahun 2022 hotel di Bedugul Bali menjadi kembali menjadi sorotan media asing dan dijuluki sebagai istana hantu. Media Inggris Daily Star menyorot hotel ini sebagai hotel berhantu, yang berada di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

3. Sejarah Berdirinya Hotel

Umumnya warga sekitar menyebut bangunan ini sebagai The Ghost Palace Hotel. Tetapi nama asli dari bangunan ini sendiri adalah Pondok Indah Bedugul Taman Rekreasi Hotel and Resort yang dibangun pada tahun 1997. Bangunan satu ini dikatakan sebagai salah satu proyek investasi yang dimiliki oleh Tommy Soeharto yang merupakan putra Presiden kedua Indonesia yakni Soeharto.

Ragam Aktivitas Wisata Menarik

1. Jelajah Mistis

Bagian Dalam Bangunan Suasananya Mistis dan Mencekam (Sumber: @putriysamsu on Instagram)
Bagian Dalam Bangunan Suasananya Mistis dan Mencekam (Sumber: @putriysamsu on Instagram)

Walaupun terlihat seram, akan tetapi ternyata banyak wisatawan yang memang tertarik untuk datang. Bangunan hotel di Bedugul ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak resmi sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Beberapa pengunjung pun banyak yang haus akan rasa penasaran dan suasana mistis.

2. Merekam Video 

Ilustrasi membuat video di salah satu sisi bangunan hotel (Sumber: @lilithnorton on Instagram)
Ilustrasi membuat video di salah satu sisi bangunan hotel (Sumber: @lilithnorton on Instagram)

Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh pengunjung adalah melakukan merekam video. Hal ini pula yang dilakukan oleh YouTuber asing yang pertama kali menyorot bangunan ini. Kemudian, setelah melakukan perekaman, bisa mengunggahnya ke Youtube atau platform media sosial lainnya. Oleh karena itu, tak heran jika keberadaan bangunan semakin terkenal.

Kisah Menarik dari Hotel Bedugul Bali

Selain kisah dari keluarga Cendana, tepatnya dari Tommy Soeharto selaku pemilik hotel, ada pula kisah lain yang berasal dari warga sekitar. Kabarnya Hotel Bedugul Bali ini dulunya merupakan sebuah penginapan yang sudah beroperasi secara aktif. Bahkan sudah banyak wisatawan yang menginap di hotel ini.

Akan tetapi, menurut warga setempat, tamu yang menginap lambat laun menjadi sangat jarang dan akhirnya tidak ada sama sekali. Hal ini diduga karena tamu hotel diganggu oleh makhluk astral yang membuat tamu tidak betah. 

Kabar baiknya, kisah hotel yang angker dan sarat akan cerita mistis ini akan segera berakhir. Hal ini dikarenakan adanya rencana dari pemerintah daerah setempat yang akan melakukan renovasi agar bisa dihuni lagi. Rencananya, hotel mangkrak ini akan dijadikan hotel mewah dan bernama “The Bedugul Sunrise”.

Itulah hal yang perlu kamu ketahui tentang Hotel Bedugul Bali. Setelah mendengar ceritanya, kamu tidak perlu takut karena hotel ini memiliki keunikan dan pesonanya tersendiri. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk liburanmu ya!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *