Aktivitas Wisata Seru & Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Hamparan Pohon Pinus di Hutan Pinus Pengger (Sumber: @n___dya1 on Instagram)
Daftar isi

Destinasi wisata Yogyakarta biasanya identik dengan Keraton Jogja dan juga kawasan Malioboro. Namun apabila Advonturers sudah bosan dengan destinasi tersebut, kalian dapat mencoba mengunjungi destinasi wisata alam yang tidak kalah keren dan iconic. Salah satu destinasi yang bisa Advonturers kunjungi adalah Hutan Pinus Pengger di daerah Bantul. Yuk kita simak pembahasannya.

Menikmati Indahnya Jogja dari Hutan Pinus Pengger

Hamparan Pohon Pinus di Hutan Pinus Pengger (Sumber: @n___dya1 on Instagram)
Hamparan Pohon Pinus di Hutan Pinus Pengger (Sumber: @n___dya1 on Instagram)

Hutan Pinus Pengger merupakan destinasi wisata alam yang iconic di Kota Yogyakarta. Bertempat di ketinggian Desa Terong, Bantul, destinasi ini adalah spot yang cocok untuk melihat pemandangan indah Kota Yogyakarta dari atas. Selain itu juga terdapat pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi menjadikan tempat ini sarat akan estetika alami. Selain itu juga, spot-spot foto instagrammable juga menghiasi kawasan destinasi ini.

Lokasi & Rute Menuju Hutan Pinus Pengger

Pohon pinus yang menjulang di Hutan Pinus Pengger (Sumber: @syahanmaula_ on Instagram)
Pohon pinus yang menjulang di Hutan Pinus Pengger (Sumber: @syahanmaula_ on Instagram)

Hutan Pinus Pengger secara administratif berlokasi di Jalan Dlingo-Patuk, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Hutan Pinus Pengger berjarak kurang lebih 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Waktu tempuh menuju kawasan Hutan Pinus Pengger kurang lebih akan memakan waktu 45 menit apabila jalanannya lancar dan tidak menemui hambatan.

Kawasan ini sudah dapat diakses dengan cukup mudah melalui jalan yang lebar. Bus pariwisata dapat mengakses kawasan Hutan Pinus Pengger tanpa harus mengalami kesulitan berarti apabila jalanannya kering. Advontura menyarankan untuk memulai perjalanan via Jalan Wonosari karena akan lebih mudah. Advonturers juga disarankan untuk memakai Google Maps sebagai asisten dalam mengarahkan kendaraan ke destinasi.

Jam Operasional Hutan Pinus Pengger

Destinasi wisata Hutan Pinus Pengger ini buka setiap hari selama sepekan. Untuk jam operasionalnya, Hutan Pinus Pengger buka dari pukul 06.30 WIB dan tutup pukul 00.00 WIB. Agar dapat masuk, Advonturers harus dapat menunjukkan kartu tanda vaksinasi atau melakukan scan QR Code pada aplikasi PeduliLindungi yang terdapat pada gerbang masuk Hutan Pinus Pengger.

Artikel Terkait

Apabila Advonturers ingin menikmati keindahan matahari terbenam di sore hari atau gemerlap city light malam hari Kota Yogyakarta, sangat disarankan bagi wisatawan untuk datang ke tempat ini pada sore menjelang malam hari.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Untuk harga tiket masuk Hutan Pinus Pengger Sendangsari tergolong sangat terjangkau. Bagaimana tidak, pengujung hanya akan dikenakan Rp 5.000,- per orang untuk harga tiket masuk Hutan Pinus Pengger Jogja ini. Harga tiket masuk tersebut dirasa sangat sepadan dengan berbagai spot daya tarik yang ditawarkan pada destinasi wisata ini.

Tentunya, harga tiket masuk Hutan Pinus Pengger ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari situasi, kondisi, serta regulasi yang dikeluarkan oleh pengelola maupun pemerintah. Advontura sangat menyarankan Advonturers sekalian untuk menyiapkan kocek yang sedikit lebih dalam untuk berjaga-jaga apabila ada perubahan harga tiket masuk Hutan Pinus Pengger secara mendadak.

Selain itu juga, Advonturers perlu mengetahui harga karcis parkir dari Hutan Pinus Pengger ini. Karcis parkir dibanderol dengan harga Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat, dan Rp 20.000,- untuk bus.

Aktivitas Wisata Seru di Hutan Pinus Pengger

Kawasan wisata Hutan Pinus Pengger tentunya memiliki banyak daya tarik yang Advonturers harus banget kunjungi. Letak Hutan Pinus Pengger ini yang ada pada perbukitan membuat pemandangan yang disuguhkan sarat akan panorama hijau dari hutan yang sangat asri dan cantik apabila dilihat dari kejauhan. Lalu di sekitar wilayah tentunya juga terdapat banyak pohon pinus yang gagah menjulang tinggi menambah estetika dari Hutan Pinus Pengger ini.

Instalasi rumah pohon yang menjadi spot foto unik (Sumber: @siskautami on Instagram)
Instalasi rumah pohon yang menjadi spot foto unik (Sumber: @siskautami on Instagram)

Selain banyaknya pohon pinus yang menjulang tinggi, kawasan wisata ini dikenal juga memiliki banyak instalasi seni unik yang terbuat dari kayu. Instalasi kayu yang ada di sini sangatlah beragam, mulai dari instalasi rumah pohon, jembatan kayu, hingga instalasi seni kayu dengan beragam bentuk lainnya. Beberapa instalasi unik ini dijadikan spot favorit oleh wisatawan untuk berfoto-foto. Advonturers wajib banget foto di spot-spot keren ini jikalau sempat berkunjung!

Instalasi seni kayu “Tangan Raksasa” di Hutan Pinus Pengger (Sumber: @princessaseanne on Instagram)
Instalasi seni kayu “Tangan Raksasa” di Hutan Pinus Pengger (Sumber: @princessaseanne on Instagram)

Masih dari spot unik seni instalasi kayu, salah satu bentuk instalasi yang juga menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto adalah instalasi berbentuk tangan raksasa. Instalasi tangan raksasa ini unik nan instagrammable dikarenakan kita seolah-olah berada di atas telapak tangan raksasa apabila berfoto di instalasi tersebut. Berfoto di tangan raksasa ini akan nampak lebih indah lagi apabila dihiasi dengan langit malam Kota Yogyakarta yang indah dan romantis.

Hammock bertingkat sebagai spot foto favorit (Sumber: @diannovitairiani on Instagram)
Hammock bertingkat sebagai spot foto favorit (Sumber: @diannovitairiani on Instagram)

Tidak kalah menarik, terdapat juga spot berfoto instagramable yang bisa dibilang cukup kekinian. Terdapat instalasi hammock bertingkat yang dapat digunakan untuk bersantai dan berfoto ria bersama keluarga dan kerabat terdekat. Spot berfoto hammock terlalu sayang untuk dilewatkan, Advonturers!

Sebagai destinasi wisata alam, Hutan Pinus Pengger juga menyediakan lokasi untuk berkemah atau camping. Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, wisatawan dapat leluasa menikmati pemandangan ketinggian Hutan Pinus Pengger dari malam hingga pagi hari. Kombinasi hutan pinus yang sejuk dan asri ditambah dengan keelokan langit malam dan langit saat terbit fajar membuat Hutan Pinus Pengger merupakan spot yang cocok untuk berkemah.

Nah, itu dia pembahasan Advontura tentang destinasi wisata alam Hutan Pinus Pengger. Semoga pembahasannya bermanfaat dan dapat dijadikan referensi liburan bagi Advonturers yang sedang mengunjungi Yogyakarta. Salam Traveling!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *