Gunung Putri Lembang, Bentangan Pesona di Atas Awan Bandung

Gunung Putri Lembang (sumber: @abdulkhamidasnawi on Instagram)
Gunung Putri Lembang (sumber: @abdulkhamidasnawi on Instagram)
Daftar isi

Kawasan Lembang di Bandung terkenal memiliki sederet objek wisata yang seru dan menarik. Aneka objek wisata alam dan wisata buatan yang asyik untuk dikunjungi seolah menjadi daya tarik dari kawasan di Bandung yang satu ini. Salah satu objek wisata alam yang asyik untuk kamu kunjungi adalah Gunung Putri Lembang.

Berwisata ke Gunung Putri sangat cocok bagi Advonturers yang ingin merasakan sensasi petualangan bak seorang pendaki sejati. Penasaran dengan objek wisata alam di Lembang yang satu ini? Yuk, cari tahu beberapa informasinya dalam penjelasan berikut ini!

Misteri Gunung Putri Lembang, Negeri di Atas Awan Tempat Persembunyian Dayang Sumbi

Gunung Putri (sumber: @melati_se on Instagram)
Gunung Putri (sumber: @melati_se on Instagram)

Gunung Putri Lembang Bandung memiliki keindahan alam mempesona yang layak diperhitungkan bila disandingkan dengan gunung-gunung lain. Namun, di balik keindahannya, tahukah kamu bila ada misteri Gunung Putri Lembang yang berkaitan secara langsung dengan cerita legenda Sangkuriang? Ya, gunung ini ditengarai menjadi tempat persembunyian Dayang Sumbi pada masa itu.

Sangkuriang yang tak bisa memendam perasaan kepada ibunya sendiri, yakni Dayang Sumbi, lantas membuat Dayang Sumbi merasa harus mengakhiri semuanya. Saat itu, Dayang Sumbi berlari ke Gunung Putri dan bersembunyi di sana. Sangkuriang yang terus mengejar Dayang Sumbi hingga ke Gunung Putri ternyata mendapatkan hasil yang nihil.

Kecewa karena tak dapat menemukan ibunda sekaligus orang yang ingin dinikahinya, Sangkuriang lantas menendang perahu buatannya sendiri hingga terbalik. Perahu yang terbalik itu kini ditengarai sebagai Gunung Tangkuban Perahu. Misteri Gunung Putri Lembang yang satu ini juga menjadi daya tarik bagi masyarakat, lho.

Artikel Terkait

Rute & Lokasi Gunung Putri

Advonturers, sudah tahukah kamu di mana lokasi Gunung Putri Lembang? Lokasi Gunung Putri Lembang sendiri berada di Desa Jayagiri, Lembang, Bandung Barat. Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini, ada beberapa rute perjalanan yang dapat kamu tempuh.

Objek wisata yang satu ini terletak sekitar 20 km dari pusat Kota Bandung, dan akan memakan waktu perjalanan sekitar 40 menit saja. Dari jalan raya Lembang, kamu dapat melewati rute yang menuju ke arah Gunung Tangkuban Perahu. Sebagai patokan awal, menujulah ke Villa Osmond Lembang. 

Dari sini, ikutilah jalan yang ada hingga sampai di sebuah warung yang juga memuat area parkir. Parkirkan kendaraanmu di sini, dan kamu harus berjalan kaki selama 30 menit untuk sampai di Gunung Putri Lembang Bandung. Kemudian, kamu harus berjalan melewati hutan pinus, dan tak lama kemudian kamu akan sampai di area wisata Gunung Putri Lembang Bandung.

Jam Buka & Tiket Masuk Gunung Putri Lembang Bandung

Semakin tak sabar untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini? Tak perlu risau, sebab kamu dapat mengunjungi wisata Gunung Putri Lembang Bandung ini selama 24 jam nonstop, karena objek wisata ini memang banyak disinggahi pendaki untuk bermalam di area camping. 

Selain itu, harga tiket masuk Gunung Putri Lembang pun sangat murah. Bagaimana tidak, untuk dapat mendaki dan berkemah di sini, kamu hanya perlu membayar harga tiket masuk Gunung Putri Lembang sebesar Rp 22.000 saja. Murah banget, kan?

Fasilitas Gunung Putri Lembang Bandung

Bagi Advonturers yang ingin berwisata di gunung eksotis yang satu ini, kamu tak perlu khawatir akan susah menemukan toilet. Wisata Gunung Putri Lembang Bandung merupakan objek wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani Lembang. Jadi, fasilitas seperti MCK tak akan susah kamu temukan di objek wisata yang satu ini.

Hal-Hal Menarik di Wisata Gunung Putri 

Sudah penasaran dan ingin segera berkemah serta berwisata asyik di gunung eksotis yang satu ini? Sebelum itu, ketahui hal-hal menarik di sana, supaya kamu makin penasaran!

1. Spot Camping Gunung Putri Lembang Bandung

Area Camping Gunung Putri (sumber: @willyyn_ on Instagram)
Area Camping Gunung Putri (sumber: @willyyn_ on Instagram)

Saat mendaki gunung, rasanya sangat kurang bila tak sekalian bermalam dengan menikmati camping Gunung Putri Lembang. Bersama orang-orang terdekat, kegiatan berkemahmu di objek wisata gunung yang satu ini akan terasa lebih menyenangkan. Ketinggian Gunung Putri Lembang yang lebih dari 1500 mdpl akan memberikan pengalaman camping berbeda untukmu.

Bagi kamu yang ingin menikmati camping Gunung Putri Lembang, kamu tak akan dikenai biaya mahal. Sebab, tiket masuk untuk wisatawan yang akan berkemah hanyalah Rp 22.000 saja. Sambil berkemah di sini, kamu bisa menikmati pemandangan berupa city light cantik Kota Bandung pada malam hari, lho. 

2. Benteng Belanda Gunung Putri

Benteng Belanda Gunung Putri (sumber: @fansafa_ on Instagram)
Benteng Belanda Gunung Putri (sumber: @fansafa_ on Instagram)

Gunung eksotis yang satu ini ternyata juga menyimpan saksi bisu kolonialisme Belanda di Bumi Pasundan. Pasalnya, terdapat sebuah bangunan yang ditengarai sebagai benteng persembunyian Belanda di masa lampau. Benteng tersebut dikenal dengan nama Benteng Jayagiri, atau Benteng Gunung Putri.

Kini, bangunan bersejarah yang sudah tak utuh itu menjadi spot foto yang cukup diburu oleh wisatawan. Sisa-sisa bangunan benteng ini turut menjadi daya tarik dari objek wisata Gunung Putri Lembang Bandung.

3. Sunrise dan Sunset Gunung Putri Lembang Bandung

Sunrise di Gunung Putri (sumber: @ery__ey on Instagram)
Sunrise di Gunung Putri (sumber: @ery__ey on Instagram)

Bila kamu berkemah dan bermalam di objek wisata yang satu ini, tentu saja kamu berkesempatan untuk menikmati indahnya matahari terbit dan matahari terbenam, alias sunrise dan sunset. Ya, menatap matahari terbit dan matahari terbenam dari ketinggian pasti memberikan pengalaman berbeda untukmu. Menyaksikan sunrise dan sunset Gunung Putri Lembang saat diselimuti awan akan membuatmu merasa sedang mengunjungi negeri di atas awan.

Tak hanya awan yang menyelimuti, pepohonan rimbun serta panorama alam sekitar pun seolah menjadi penyempurna bagi sunrise dan sunset Gunung Putri Lembang. Gimana, penasaran, kan?

4. Medan Offroad

Offroad dengan Mobil Jeep (sumber: @javarove on Instagram)
Offroad dengan Mobil Jeep (sumber: @javarove on Instagram)

Bagi Advonturers yang merupakan si pecinta offroad, kamu wajib banget mengunjungi objek wisata yang satu ini. Bukan tanpa alasan, medan offroad di gunung ini oke banget untuk ditaklukkan, lho. Biasanya, wisatawan akan melakukan offroad menggunakan mobil jeep.

Namun, tak hanya mobil jeep lho, Advonturers. Ada sebagian wisatawan yang melakukan offroad dengan motorcross. Bahkan tak jarang wisatawan akan menemukan komunitas offroad yang sedang melakukan gathering di sini. Tertarik untuk ikutan offroad di gunung yang satu ini?

5. Hutan Pinus

Pepohonan di Gunung Putri (sumber: @af_alfatih on Instagram)
Pepohonan di Gunung Putri (sumber: @af_alfatih on Instagram)

Di perjalanan menuju puncak gunung, kamu akan melewati kawasan hutan yang dipenuhi oleh hutan pinus. Hutan pinus yang ada di sini merupakan salah satu spot wisata favorit wisatawan. Pepohonan pinus yang rindang turut menyita perhatian wisatawan yang berkunjung ke wisata Gunung Putri.

Wisatawan seringkali menyinggahi hutan pinus ini hanya sekedar untuk berswafoto. Hutan pinus ini semakin terasa spesial untuk dijadikan spot foto saat kabut tebal sedang menyelimuti. Sebab, berfoto di hutan pinus ini saat kabut sedang tebal akan menciptakan foto dengan kesan mistis, lho. Menarik banget!

6. City Light Kota Bandung

Menikmati Pemandangan City Light (sumber: @fajar_sibolang97 on Instagram)
Menikmati Pemandangan City Light (sumber: @fajar_sibolang97 on Instagram)

Menyaksikan city light Kota Bandung yang indah saat malam hari merupakan sebuah keuntungan bagi Advonturers yang bermalam di gunung ini. Sambil duduk santai di dekat tendamu, kamu dapat menyaksikan indah gemerlap lampu kota yang nampak dari ketinggian. Momen ini membuatmu dapat melihat keindahan kota secara utuh dari ketinggian.

Sayangnya, city light hanya dapat terlihat sangat jelas bila malam sedang cerah-cerahnya. Bila malam sedang berkabut, pemandangan city light akan sedikit terganggu. Pokoknya, saat berwisata di gunung ini kamu wajib bermalam untuk menyaksikan city light yang indah.

7. Arena Trekking

Arena Trekking (sumber: @widikarlina on Instagram)
Arena Trekking (sumber: @widikarlina on Instagram)

Untuk menuju ke kawasan wisata atau area berkemah, kamu harus melakukan trekking. Bagi kamu yang suka mendaki, arena trekking di sekitar Gunung Putri ini akan memanjakanmu. Sebab, medan arena trekking di sini cukup bagus, sekaligus dikelilingi oleh panorama alam yang apik.

Untuk mencapai puncak gunung, kamu harus melakukan trekking kurang lebih sekitar 30 menit. Namun, disarankan untuk tak terlalu siang untuk memulai trekking, sebab saat kamu sampai di sana, matahari akan sangat terik dan jarang ada pepohonan yang bisa melindungimu dari sengatan sinar mentari.

Baca juga: 30 Wisata Lembang Hits, Terbaru, & Sudah Buka di Tahun 2021

Setelah membaca beberapa informasi mengenai objek wisata Gunung Putri Lembang Bandung, manakah hal menarik yang membuatmu penasaran? Bagi kamu yang ingin menikmati sensasi petualangan ala seorang pendaki, gunung eksotis yang satu ini sangat cocok untuk pendaki pemula. Saat kamu mendadak ingin menjadi petualang, kamu wajib banget, deh berkunjung ke objek wisata yang satu ini!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *