Wisata Gunung Kelud | Legenda, Lokasi dan Harga Tiketnya

Gunung Kelud
Daftar isi

Tepat 13 Februari lalu, masyarakat Kediri mengenang enam tahun pasca letusan Gunung Kelud yang melumpuhkan hampir semua industri di sekitarnya. Bahkan beberapa kota di pulau Jawa seperti Yogyakarta juga terkena dampak abu vulkaniknya.

Namun, setelah enam tahun berlalu kawasan ini sekarang telah berbenah diri. Kesan mengerikan sehabis bencana telah hilang sepenuhnya dan diganti dengan berbagai objek liburan baru. Penasaran akan penampilannya sekarang? Sebelum berkunjung, yuk simak informasi terbarunya di bawah ini!

Letusan Gunung Kelud Kediri

Letusan gunung kelud
Gunung Kelud (Photo by tribunnews.com)

Sejak peristiwa Gunung Kelud meletus 2014, tanggal 13 Februari menjadi waktu yang spesial bagi warga Kediri sekitarnya.

Karena bertepatan pada tanggal tersebut, terjadi erupsi pertama sejak tahun 2007 hingga Gunung Kelud meletus 2014. 

Letusannya kali ini dianggap menjadi yang terhebat daripada pada tahun 1990. Dampak letusannya terasa hampir di seluruh kawasan Pulau Jawa. Di Yogyakarta abu vulkaniknya membuat jarak pandang menjadi berkurang, langit menggelap, hingga atap rumah bolong karena tertutupi abu vulkanik yang berat.

Artikel Terkait

Untungnya berkat kesigapan pihak berwenang dan kemajuan teknologi, korban jiwa yang ditimbulkan dari bencana ini tidak besar dan itu bahkan bukan berasal dari letusannya secara langsung.

Legenda Gunung Kelud Kediri

Terlepas dari peristiwa di atas, kejadian ini tidak bisa lepas dari cerita legenda Gunung Kelud yang masih dipercaya warga sekitar hingga sekarang. 

Hal ini dikarenakan sebuah cerita tentang Lembu Suro yang bersumpah akan membalaskan dendamnya kepada keturunan Dewi Kilisuci karena merasa dikhianati.

Dikisahkan bahwa ada dua orang raja yang mencoba melamar Dewi Kilisuci karena terpikat dengan kecantikannya. Namun, keduanya bukan dari bangsa manusia.

Untuk menolak lamaran tersebut, Dewi Kilisuci membuat syarat untuk dibuatkan dua sumur yang berbau harum dan amis dalam satu malam. Ternyata dua tuntutan ini bisa dikerjakan dengan mudah oleh kedua raja tersebut. 

Khawatir karena harus menikahi keduanya, Dewi Kilisuci kemudian meminta kedua raja tersebut untuk membuktikan kalau syaratnya sudah benar terpenuhi dengan masuk ke dalam sumur. 

Namun, Dewi Kilisuci malah berkhianati dengan menimbun kedua sumur itu sehingga mereka yang ada di dalamnya tidak bisa keluar. Salah satu raja bernama Lembu Suro kemudian bersumpah untuk membalaskan dendamnya ke anak cucu sang Putri kelak.

Karena sumpah inilah, warga sekitar percaya bahwa setiap Gunung Kelud meletus itu merupakan bentuk balas dendam Lembu Suro kepada keturunan rakyat Kediri yang merupakan keturunan dari Dewi Kilisuci.

Wisata Gunung Kelud Kediri

Setelah meletus pada 2014 lalu, kini kawasan ini menjadi lebih cantik dan sudah bisa terbuka untuk umum. Bahkan area ini menjadi salah satu destinasi liburan lho.

Dalam artikel kali ini Advontura punya beberapa list kegiatan dan tempat menarik di kawasan wisata Gunung Kelud Kediri yang disiapkan khusus untuk Anda. Yuk cek daftarnya di bawah ini!

Berfoto di Belakang Kawah Hijau

Salah satu hal yang menarik dari kawasan ini adalah kawah hijau dan puncaknya yang masih berada dalam satu area. 

Pemandangan dari puncaknya sangat cantik dengan latar belakang kawah hijau yang mirip dengan Danau Kelimutu tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu dari sini Anda bisa melihat keindahan puncak Sumbing yang ada di sebelah kawah.

Bagi Anda berniat untuk berkunjung, datanglah pada waktu terbaiknya yaitu pada saat matahari terbit. Untuk mencapai puncak para pengunjung bisa menyewa jeep dengan supirnya selama 1 jam untuk sampai ke atas. 

Selain itu bila berangkat dari kota Kediri, di depan jembatan Anda akan menemukan banyak ojek motor yang bisa mengantar Anda sampai ke puncak dengan tarif Rp50.000,00 per orang untuk satu kali jalan.

Berendam di Pemandian Air Panas

Salah satu berkah dari gunung berapi aktif saat ini adalah sebuah kolam pemandian air panas yang terbentuk secara alami.

Setelah dikelola oleh pemerintah daerah kini kolam pemandian air panas tersebut sudah bisa dinikmati. Pengalaman bersantai juga akan semakin menyenangkan karena pemandangan sungai air dingin dengan tumbuhan hijau yang ada di sekelilingnya dan dapat menenangkan badan dan pikiran Anda.

Bermain Flying Fox dari Atas Gunung

Fasilitas satu ini bisa dibilang masih baru, karena dibuat pasca Gunung Kelud meletus 2014 lalu. Wahana ini melintas sepanjang 100 meter dengan pemandangan hijau yang indah di bawahnya. Selain bermain flying fox, terdapat permainan lain seperti ATV bagi para wisatawan yang menyukai wisata offroad.

Baca juga: Kawah Sikidang Dieng – Legenda, Lokasi & Harga Tiket

Melintasi Mystery Road

Mystery Road sebenarnya adalah jalan biasa menuju kawasan wisata Gunung Kelud. Namun yang unik dari lintasan ini adalah ketika kendaraan akan tetap bisa berjalan naik meski mesin dimatikan.

Bagi para pengunjung yang tertarik mencoba pengalaman langka ini, Anda akan menemukan papan penunjuk jalan yang bertuliskan Mystery Road dan tata caranya. Jangan sampai kelewatan ya.

Makan Durian Segar 

Sebelum memasuki kawasan wisatanya, para pengunjung akan disambut dengan berbagai tempat makan durian dengan harga yang lebih murah dari tempat lain. 

Soal rasa juga tidak perlu khawatir, karena dijamin akan segar dan lembut karena buahnya diambil langsung dari area Kebun Durian.

Bukan hanya makan durian, terdapat cafe aesthetic, playground dan gazebo untuk bersantai menikmati sejuknya udara pegunungan dan enaknya buah durian.

Berkunjung ke Agrowisata Margomulyo

Salah satu tempat wisata baru selain flying fox adalah taman agrowisata. Dalam kebunku penuh dengan puluhan jenis taman bunga seperti mawar, matahari, krisan, hujan mas, kana, dan lain sebagianya.

Lokasi Gunung Kelud
Lokasi Gunung Kelud (Photo by yukpigi.com)

Letak Gunung Kelud Kediri ada di perbatasan tiga kabupaten yaitu Kediri, Blitar dan Malang. Tepatnya berada di 35 kilometer sisi Timur pusat Kota Kediri dan 25 kilometer sebelah Utara Kota Blitar.

Rute wisata Gunung Kelud apabila dari Kota Kediri Anda bisa berjalan ke arah kecamatan Pesantren, kemudian Wates. Setelah itu menuju ke daerah Ngancar lalu Desa Sugihwara, terus mengikuti rambu-rambu hingga sampai ke lokasi.

Jam Buka & Tiket Masuk Gunung Kelud Kediri

Kawasan ini selalu buka selama 24 jam dalam 7 hari, namun tidak untuk objek wisatanya. Tiket masuk Gunung Kelud juga terbilang terjangkau. Hanya dengan Rp5.000,00 saja para pengunjung bisa menikmati keindahan suasana pegunungan sepuasnya.

Fasilitas Gunung Kelud Kediri

Agar menjamin kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola sudah menyiapkan beberapa fasilitas penunjang seperti mushola, kamar mandi, pendopo dan warung makan yang menjajakan makanan hangat. 

Tips Berkunjung

Sebelum berkunjung, ada baiknya untuk Anda mengetahui beberapa tips berlibur berikut ini yang sudah Advontura pilihkan pengalaman liburan yang aman dan nyaman.

Ketahui Jam Berkunjung

Meski dibuka selama 24 jam, datanglah saat pagi hari atau sore hari untuk menikmati pemandangan yang lebih cantik dan udara yang lebih sejuk. 

Gunakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Di area pegunungan ini, jalannya sedikit berbatu dan berdebu. Siapkan pakaian dan sepatu yang nyaman agar kaki Anda tidak lecet.

Jaga Keluarga dan Anak Kecil

Perlu diketahui kalau kondisi tanah di sini tidak rata dan sedikit berpasir. Jadi tetap waspada dan jagalah keluarga atau anak Anda agar tetap aman.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang wisata Gunung Kelud Kediri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari destinasi liburan keluarga. Sampai jumpa di pembahasan tempat destinasi liburan yang ada di Indonesia lainnya!

Baca juga: Wisata Kawah Ratu Gunung Salak – Rute dan Lokasinya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *